Manfaat Totok Wajah, Cara Mudah Merawat Kecantikan Kulit

biotifor.or.id – Totok wajah adalah salah satu jenis terapi tradisional yang berasal dari Cina dan memiliki banyak manfaat. Totok wajah merupakan teknik memijat atau menekan titik-titik tertentu di wajah dengan menggunakan jari tangan atau alat khusus. Totok wajah dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, seperti mengurangi kerutan, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, dan meredakan stres.

Totok wajah memiliki prinsip yang sama dengan akupuntur, yaitu merangsang aliran energi vital (qi) di dalam tubuh melalui jalur-jalur yang disebut meridian. Dengan demikian, totok wajah dapat membantu menghilangkan hambatan atau ketidakseimbangan energi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan atau kecantikan.

Bagaimana cara melakukan totok wajah? Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Melakukan Totok Wajah

Cara Melakukan Totok Wajah

Totok wajah dapat dilakukan sendiri di rumah atau dengan bantuan terapis profesional. Sebelum melakukan totok wajah, pastikan wajah Anda bersih dari kotoran, minyak, atau sisa-sisa kosmetik. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan bilas dengan air bersih.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan totok wajah:

  1. Posisikan tubuh Anda dalam keadaan santai dan nyaman. Anda bisa duduk atau berbaring di tempat yang sepi dan tenang. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan untuk menghilangkan ketegangan.
  2. Mulailah dengan memijat area dahi dengan gerakan melingkar ke arah luar. Lakukan selama satu menit sambil menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan perlahan-lahan.
  3. Pindah ke area mata dan tekan titik-titik di sekitar mata dengan lembut. Tekan titik di sudut dalam mata, di bawah alis, di sudut luar mata, dan di bawah mata. Lakukan selama satu menit sambil menutup mata dan merasakan sensasi pijatan.
  4. Pindah ke area hidung dan tekan titik-titik di sepanjang tulang hidung dengan lembut. Tekan titik di antara kedua alis, di pangkal hidung, di sisi hidung, dan di ujung hidung. Lakukan selama satu menit sambil bernapas normal.
  5. Pindah ke area pipi dan tekan titik-titik di sepanjang tulang pipi dengan lembut. Tekan titik di bawah mata, di tengah pipi, di dekat telinga, dan di rahang bawah. Lakukan selama satu menit sambil tersenyum lebar.
  6. Pindah ke area mulut dan tekan titik-titik di sekitar mulut dengan lembut. Tekan titik di atas bibir atas, di bawah bibir bawah, di sudut mulut kanan dan kiri, dan di dagu. Lakukan selama satu menit sambil menggerakkan bibir Anda seperti sedang mencium.
  7. Pindah ke area leher dan tekan titik-titik di sepanjang leher dengan lembut. Tekan titik di bawah dagu, di tengah leher, di sisi kanan dan kiri leher, dan di belakang telinga. Lakukan selama satu menit sambil menggerakkan kepala Anda ke kanan dan kiri.
  8. Selesaikan dengan memijat seluruh wajah dengan gerakan melingkar ke arah atas. Lakukan selama satu menit sambil menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan perlahan-lahan.

Setelah melakukan totok wajah, Anda bisa mengaplikasikan pelembap atau serum yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menjaga kelembapan kulit.

Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan

Totok wajah memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, antara lain:

  • Meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di wajah, sehingga membantu mengangkut nutrisi dan mengeluarkan racun dari kulit.
  • Merangsang produksi kolagen dan elastin, yaitu protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit.
  • Mengurangi kerutan dan garis halus di wajah, terutama di area dahi, mata, hidung, dan mulut.
  • Mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih segar dan berseri.
  • Mengatasi jerawat dan komedo, dengan membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat.
  • Meredakan stres dan rasa cemas, dengan memberikan efek relaksasi pada otot-otot wajah dan saraf-saraf di wajah.
  • Meningkatkan mood dan rasa percaya diri, dengan memberikan efek positif pada psikologis Anda.
Baca Juga  Manfaat Buah Kecubung : Buah Yang Menakjubkan !

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang manfaat totok wajah:

Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Oksigen di Wajah

Salah satu manfaat totok wajah yang paling penting adalah meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di wajah. Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat merangsang aliran darah di pembuluh-pembuluh darah kecil yang ada di bawah kulit.

Hal ini dapat membantu mengangkut nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit untuk tumbuh dan beregenerasi. Selain itu, aliran darah yang lancar juga dapat membantu mengeluarkan racun atau zat-zat sisa metabolisme yang dapat merusak kulit.

Sirkulasi darah yang baik juga dapat meningkatkan suplai oksigen ke sel-sel kulit. Oksigen adalah salah satu elemen penting untuk menjaga kesehatan kulit. Oksigen dapat membantu proses pernapasan sel-sel kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mempercepat penyembuhan luka atau iritasi pada kulit.

Dengan meningkatnya sirkulasi darah dan oksigen di wajah, Anda dapat mencegah berbagai masalah kulit, seperti kusam, kering, berminyak, kotor, atau berjerawat. Kulit Anda juga akan terlihat lebih sehat, bersih, lembap, dan bercahaya.

Merangsang Produksi Kolagen dan Elastin

Manfaat totok wajah selanjutnya adalah merangsang produksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin adalah dua jenis protein yang sangat penting untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Kolagen adalah protein yang membentuk struktur dasar jaringan ikat pada kulit. Elastin adalah protein yang memberikan elastisitas atau kemampuan kembali ke bentuk semula pada kulit.

Sayangnya, produksi kolagen dan elastin akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, keriput, atau bergelambir. Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi produksi kolagen dan elastin antara lain paparan sinar matahari, polusi udara, rokok, alkohol, gula berlebihan, atau stres.

Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat merangsang produksi kolagen dan elastin dengan cara meningkatkan aliran darah dan oksigen ke sel-sel fibroblas. Fibroblas adalah sel-sel yang bertugas untuk memproduksi kolagen dan elastin pada dermis atau lapisan tengah kulit. Dengan demikian, totok wajah dapat membantu mengencangkan kulit Anda dari dalam.

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus di Wajah

Manfaat totok wajah yang tidak kalah penting adalah mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Kerutan dan garis halus adalah tanda-tanda penuaan yang dapat mengurangi kecantikan dan kepercayaan diri Anda. Kerutan dan garis halus biasanya muncul di area dahi, mata, hidung, dan mulut.

Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat mengurangi kerutan dan garis halus dengan cara merelaksasikan otot-otot wajah yang tegang atau kaku. Otot-otot wajah yang tegang atau kaku dapat menyebabkan kulit menjadi berkerut atau berlipat. Dengan memijat atau menekan titik-titik tertentu di wajah, Anda dapat melepaskan ketegangan pada otot-otot wajah dan membuat kulit menjadi lebih rata dan halus.

Baca Juga  Jenis Tanaman Kuburan: Menghiasi Pemakaman dengan Indah

Selain itu, totok wajah juga dapat mengurangi kerutan dan garis halus dengan cara merangsang produksi kolagen dan elastin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolagen dan elastin adalah protein yang menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin, Anda dapat mengembalikan elastisitas kulit yang hilang akibat penuaan.

Baca Juga | Manfaat Daun Pucuk Merah bagi Kesehatan dan Lingkungan

Mencerahkan Kulit dan Meratakan Warna Kulit

Manfaat totok wajah selanjutnya adalah mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Kulit yang kusam atau tidak merata dapat membuat wajah Anda tampak lelah, tua, atau tidak sehat. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam atau tidak merata antara lain paparan sinar matahari, polusi udara, rokok, alkohol, gula berlebihan, stres, atau kurang tidur.

Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di wajah. Dengan demikian, Anda dapat membantu mengangkut nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit untuk meregenerasi diri.

Selain itu, Anda juga dapat membantu mengeluarkan racun atau zat-zat sisa metabolisme yang dapat membuat kulit menjadi kusam atau bercak-bercak. Sirkulasi darah dan oksigen yang baik juga dapat membantu mencerahkan kulit dengan cara meningkatkan produksi melanin.

Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Melanin juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sel-sel kulit. Dengan meningkatkan produksi melanin, Anda dapat membuat kulit Anda menjadi lebih bercahaya dan terlindungi dari sinar matahari.

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Manfaat totok wajah yang lain adalah mengatasi jerawat dan komedo. Jerawat dan komedo adalah masalah kulit yang sangat umum dan mengganggu. Jerawat adalah peradangan pada folikel rambut atau kelenjar minyak yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Komedo adalah sumbatan pada pori-pori kulit yang disebabkan oleh kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati.

Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat mengatasi jerawat dan komedo dengan cara membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati. Dengan demikian, Anda dapat mencegah terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit yang dapat menyebabkan jerawat atau komedo.

Selain itu, Anda juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dengan cara meningkatkan aliran darah dan oksigen ke area yang berjerawat atau berkomedo. Sirkulasi darah dan oksigen yang baik juga dapat membantu mengatasi jerawat dan komedo dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh adalah sistem pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit atau infeksi.

Dengan meningkatkan sistem imun tubuh, Anda dapat membantu membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes yang menyebabkan jerawat. Selain itu, Anda juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka atau bekas jerawat pada kulit.

Meredakan Stres dan Rasa Cemas

Manfaat totok wajah yang juga penting adalah meredakan stres dan rasa cemas. Stres dan rasa cemas adalah kondisi psikologis yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Stres dan rasa cemas dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan pekerjaan, masalah keluarga, masalah keuangan, atau masalah kesehatan.

Baca Juga  Meski Serupa, Inilah Perbedaan Temulawak dan Kunyit yang Perlu Diketahui

Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat meredakan stres dan rasa cemas dengan cara memberikan efek relaksasi pada otot-otot wajah dan saraf-saraf di wajah. Otot-otot wajah dan saraf-saraf di wajah adalah bagian dari sistem saraf otonom, yaitu sistem saraf yang mengatur fungsi-fungsi tubuh yang tidak disadari, seperti detak jantung, tekanan darah, pernapasan, pencernaan, dan lain-lain.

Dengan memijat atau menekan titik-titik tertentu di wajah, Anda dapat merangsang saraf-saraf yang terhubung dengan sistem saraf otonom. Hal ini dapat membantu mengurangi aktivitas sistem saraf simpatis, yaitu bagian dari sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk respon “fight or flight” atau “lawan atau lari” saat menghadapi situasi stres.

Sebaliknya, hal ini dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis, yaitu bagian dari sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk respon “rest and digest” atau “istirahat dan mencerna” saat berada dalam keadaan santai.

Dengan demikian, totok wajah dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah, pernapasan, dan kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Sebaliknya, totok wajah dapat meningkatkan kadar hormon bahagia seperti endorfin, serotonin, dan dopamin. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

Meningkatkan Mood dan Rasa Percaya Diri

Manfaat totok wajah yang terakhir adalah meningkatkan mood dan rasa percaya diri. Mood adalah keadaan emosi atau perasaan seseorang pada saat tertentu. Rasa percaya diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan atau kualitas dirinya sendiri. Mood dan rasa percaya diri dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kesehatan fisik dan mental, lingkungan sosial, prestasi pribadi, atau penampilan fisik.

Dengan melakukan totok wajah, Anda dapat meningkatkan mood dan rasa percaya diri dengan cara memberikan efek positif pada psikologis Anda. Dengan merasakan sensasi pijatan yang menyenangkan di wajah Anda, Anda dapat merangsang produksi hormon-hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood Anda.

Selain itu, dengan melihat hasil totok wajah yang membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, bersih, lembap, dan bercahaya, Anda dapat merasakan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Dengan mood dan rasa percaya diri yang baik, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih semangat dan optimis. Anda juga dapat berinteraksi dengan orang lain dengan lebih mudah dan menyenangkan. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat totok wajah yang perlu Anda ketahui. Totok wajah tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi, tetapi juga memiliki nilai kesehatan dan psikologis yang luar biasa. Anda bisa memanfaatkan totok wajah sebagai salah satu cara mudah dan murah untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit Anda.