Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh

Posted on

biotifor.or.id – Manisan adalah salah satunya cemilan yang dicintai beberapa orang. Rasanya yang manis, renyah, dan terkadang sedikit asam membuat jadi opsi yang terkenal. Salah satunya macam manisan yang unik dan sedap ialah manisan belimbing wuluh. Dengan rasa asam ciri khas belimbing wuluh yang dipadankan gula, manisan ini jadi cemilan yang memikat hasrat. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas dengan dalam cara membuat manisan belimbing wuluh supaya Anda bisa membuat hidangan sedap ini di dalam rumah.

Tentang Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ialah buah yang terkenal di Indonesia dan dipakai sebagai bahan masakan dan obat tradisionil. Buah ini mempunyai bentuk yang kecil dan warna hijau kekuningan, dengan kulit yang tipis. Rasanya asam dan fresh, memberi sentuhan unik pada masakan.

Buah belimbing wuluh banyak digunakan dalam masakan tradisionil Indonesia, khususnya sebagai bumbu atau penyedap. Belimbing wuluh kerap dipakai untuk memberi rasa asam pada sajian seperti sambal, sayur asam, dan masakan ciri khas Jawa tengah seperti semur tahu dan sate kikil.

Selainnya dipakai dalam kulineran, belimbing wuluh dikenal juga mempunyai manfaat kesehatan. Sebagian orang memakai belimbing wuluh sebagai obat tradisionil untuk menangani permasalahan pencernaan, batuk, dan pilek. Nilai nutrisi dalam buah ini, seperti vitamin C dan anti-oksidan, diyakinkan bisa memberi faedah untuk kesehatan badan.

Penting untuk dikenang jika walaupun belimbing wuluh mempunyai nilai gizi dan faedah kesehatan, konsumsinya seharusnya masih tetap dalam batasan yang sehat. Bila Anda mempunyai keadaan kesehatan tertentu atau sedang konsumsi beberapa obat, seharusnya konsultasi dengan pakar kesehatan saat sebelum menambah belimbing wuluh pada diet setiap hari.

Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh, juga dikenal sebagai tamarillo, adalah buah yang kaya akan nutrisi. Berikut adalah beberapa informasi tentang kandungan gizi dalam belimbing wuluh:

  1. Kalori: Sekitar 31 kalori per 100 gram.
  2. Karbohidrat: Mengandung sekitar 7 gram karbohidrat per 100 gram.
  3. Protein: Terdapat sekitar 1 gram protein per 100 gram.
  4. Lemak: Sangat rendah lemak, sekitar 0,2 gram per 100 gram.
  5. Serat: Kaya serat, dengan sekitar 2,8 gram serat per 100 gram.
  6. Vitamin C: Belimbing wuluh mengandung jumlah vitamin C yang signifikan, membantu sistem kekebalan tubuh.
  7. Vitamin A: Berkontribusi pada kesehatan mata dan kulit.
  8. Zat Besi: Mengandung zat besi yang dapat membantu menjaga kesehatan darah.
  9. Kalsium: Meskipun dalam jumlah kecil, belimbing wuluh juga mengandung kalsium untuk kesehatan tulang.
Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Memandikan Kucing dengan Aman

Belimbing wuluh adalah sumber nutrisi yang baik dan dapat menjadi bagian dari pola makan sehat. Namun, perlu diingat bahwa nilai gizi dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti varietas buah dan kondisi pertumbuhan.

Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh

Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses cara membuat manisan belimbing wuluh, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Belimbing wuluh segar
  • Gula pasir
  • Air
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Minyak kelapa (opsional)

Langkah-langkah Pembuatan

a. Persiapan Belimbing Wuluh

  • Pilih belimbing wuluh yang masih segar dan bebas cacat.
  • Cuci belimbing wuluh dengan air bersih dan biarkan mengering.

b. Pengolahan Gula Cair

  • Campurkan gula pasir dengan air dalam panci dengan perbandingan tertentu.
  • Panaskan campuran dengan api kecil hingga gula larut sempurna dan membentuk sirup.

c. Pengolahan Belimbing Wuluh

  • Potong belimbing wuluh menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera.
  • Celupkan belimbing ke dalam sirup gula cair hingga merata.

d. Proses Pengeringan

  • Letakkan belimbing yang telah dicelupkan ke dalam sirup di atas rak pengering.
  • Diamkan selama beberapa jam hingga manisan belimbing wuluh mengering.

e. Penyempurnaan Rasa

  • Bubuhkan garam secukupnya pada manisan yang masih basah untuk memberikan sentuhan gurih.
  • Jika Anda menyukai aroma kelapa, Anda dapat menambahkan minyak kelapa pada proses ini.

f. Pewarnaan (Opsional)

  • Tambahkan pewarna makanan sesuai selera untuk memberikan warna menarik pada manisan.

Penyajian dan Penyimpanan

Manisan belimbing wuluh siap dihidangkan sesudah proses pengeringan usai. Tentukan tempat yang kedap udara untuk simpan manisan supaya masih tetap fresh dan bertahan lama. Suguhkan manisan ini di atas piring elok untuk menambahkan hasrat.

Efek Samping Daun Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Meskipun daun belimbing wuluh dapat memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi seperti halnya banyak bahan alami, ada kemungkinan adanya efek samping pada beberapa individu. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari mengonsumsi atau menggunakan daun belimbing wuluh meliputi:

  1. Iritasi Lambung: Beberapa orang mungkin mengalami iritasi pada lambung setelah mengonsumsi daun belimbing wuluh dalam jumlah besar. Ini dapat menyebabkan gejala seperti perut kembung, mulas, atau mual.
  2. Interaksi Obat: Orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun belimbing wuluh sebagai obat, karena dapat terjadi interaksi dengan obat-obatan tertentu.
  3. Alergi: Beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap belimbing wuluh. Gejala alergi dapat mencakup ruam kulit, gatal, pembengkakan, atau kesulitan bernapas. Jika ada tanda-tanda alergi, segera hentikan penggunaan dan dapatkan bantuan medis.
  4. Efek Laksatif: Konsumsi berlebihan daun belimbing wuluh dapat memiliki efek laksatif atau pencahar, yang dapat menyebabkan diare.
Baca Juga  Ikan Predator Untuk Pemula: Paling Gampang Dirawat!

Kesimpulan

Membuat manisan belimbing wuluh rupanya tidak sesusah yang dipikirkan. Dengan meng ikuti beberapa langkah di atas, Anda bisa membuat cemilan sedap yang pas dicicipi bersama keluarga atau jadi oleh-olehan. Selainnya memberi kesedapan, manisan belimbing wuluh memberi faedah kesehatan karena kandungan pada vitamin C yang lebih tinggi. Jangan sangsi untuk melakukan eksperimen dengan macam rasa dan bentuk supaya manisan yang Anda bikin makin menarik dan unik.

Mudah-mudahan artikel cara membuat manisan belimbing wuluh ini menolong Anda untuk membuat manisan belimbing wuluh yang sedap dan memberikan kepuasan hasrat. Selamat mempraktikkan dan cicipi hasil kreativitasnya!