Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer Tips untuk Kulkas Bersih

Biotifor.or.id – Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer Sudah pernahkah Anda buka freezer Anda cuma untuk temukan bunga es yang melekat di dinding freezer? Ini ialah permasalahan umum yang kerap ditemui oleh beberapa orang.

Tetapi, membersihkan bunga es di freezer tidak susah bila Anda ketahui caranya. Artikel berikut akan memberi tutorial langkah setiap langkah mengenai cara membersihkan bunga es di freezer Anda, hingga Anda bisa jaga freezer masih tetap efektif dan bersih.

Apa Anda sebelumnya pernah buka freezer Anda cuma untuk temukan bunga es yang membeku di dinding? Bunga es ini menjadi permasalahan yang menyebalkan, tapi jangan cemas! Artikel berikut akan memberikan Anda tutorial langkah setiap langkah mengenai cara membersihkan bunga es di freezer Anda.

Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer

Dalam artikel berikut, kita akan menerangkan beberapa langkahnya secara jelas dan simpel, hingga Anda bisa jaga freezer Anda masih tetap efektif dan bersih. Kulkas adalah piranti rumah tangga yang terpenting di rumah kita. Ini ialah tempat di mana kita simpan minuman dan makanan yang kita konsumsi tiap hari.

Salah satunya permasalahan umum yang kerap ditemui oleh pemilik kulkas ialah bunga es yang menimbun di dalam freezer. Bunga es ini bukanlah cuma mengusik, tapi juga bisa kurangi efektivitas pendinginan kulkas Anda. Maka bagaimana cara membersihkan bunga es di freezer secara cepat dan efisien? Baca tutorial ringkas berikut ini.

Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer

Alat yang Dibutuhkan

Saat sebelum kita awali membersihkan bunga es, pastikan Anda mempunyai beberapa alat yang dibutuhkan. Berikut beberapa alat yang Anda perlukan:

  1.  Spatula Plastik
    Anda akan membutuhkan spatula plastik untuk mengurangi bunga es dari dinding freezer tanpa menghancurkan permukaannya.
  2. Ember Kecil
    Anda pun membutuhkan ember kecil untuk memuat beberapa potongan bunga es yang telah Anda keluarkannya dari freezer.
  3.  Handuk
    Handuk akan dipakai untuk keringkan freezer sesudah Anda usai membersihkannya.
  4.  Air Hangat
    Air hangat akan menolong longgarkan bunga es yang telah mengeras.
Baca Juga  Manfaat Daun Suruhan Keajaiban Alami untuk Kesehatan

Beberapa langkah untuk Membersihkan Bunga Es di Freezer

Saat ini, silahkan kita ulas beberapa langkahnya:

Matikan Freezer dan Kosongkan Didalamnya

Cara pertama kali yang harus Anda kerjakan ialah mematikan mengosongkannya dan freezer. Anda harus keluarkan semua makanan yang terdapat di dalamnya dan menempatkannya di lokasi yang aman.

Diamkan Freezer Memanas

Sesudah freezer mati dan kosong, diamkan freezer memanas sepanjang beberapa menit. Ini akan membuat bunga es lebih gampang diikis.

Pakai Spatula Plastik

Pakai spatula plastik untuk mengurangi bunga es dari dinding freezer. Kerjakan secara berhati-hati supaya Anda tidak menghancurkan permukaan freezer.

Taruh Beberapa potongan Bunga Es

Saat Anda mengurangi bunga es, tempatkan beberapa potongan itu ke ember kecil supaya tidak membuat kerusuhan di dalam freezer.

Membersihkan Beberapa sisa dengan Air Hangat

Sesudah Anda mengurangi sebanyak-banyaknya bunga es, pakai air hangat untuk membersihkan beberapa sisa yang melekat di dinding freezer. Ini akan menolong membersihkan freezer secara menyeluruh.

Keringkan Freezer

Sesudah Anda usai membersihkan freezer, keringkan permukaan atasnya dengan handuk. Memastikan tidak ada air yang masih ada di dalamnya saat sebelum Anda menggonggongannya kembali.

Hidupkan Freezer dan Balikkan Makanan

Paling akhir, hidupkan freezer kembali dan balikkan semua makanan yang Anda keluarkannya barusan ke dalamnya. Pastikan pintu freezer tertutup rapat.

Penyebab Slju ES

Kulkas dapat alami pembangunan salju di dalamnya karena beberapa argumen berikut ini:

  1.  Suhu Terlampau Rendah: Salah satunya pemicu khusus kulkas bersalju ialah temperatur terlampau rendah. Saat temperatur di dalam kulkas turun terlampau jauh di bawah titik embun, kelembapan udara di dalamnya bisa membeku dan membuat susunan salju.
  2.  Pintu Tidak Tertutup Rapat: Bila pintu kulkas terbuka atau seal kulkas rusak, udara panas di luar dapat masuk ke kulkas. Saat udara panas ini berjumpa dengan udara dingin di dalam kulkas, dia bisa membuat salju dan mengembun.
  3.  Terlalu Kerap Buka Pintu: Buka pintu kulkas sering atau kelamaan bisa mengakibatkan temperatur di dalamnya naik, yang selanjutnya dapat menyebabkan pembangunan salju saat pintu kulkas ditutup kembali.
  4. Kondensor atau Evaporator Kotor: Sisi dalam kulkas seperti kondensor atau evaporator yang kotor bisa menghalangi saluran udara di dalam kulkas. Ini bisa mengusik perputaran udara dingin dan mengakibatkan temperatur turun dengan tidak rata di dalam kulkas, yang pada gilirannya bisa mengakibatkan salju terbentuk.
Baca Juga  Cara Membuat Google Form Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk menghambat pembangunan salju di dalam kulkas, pastikan temperatur kulkas ditata betul, check seal pintu dengan periodik, jauhi buka pintu sering, dan melakukan perawatan teratur seperti membersihkan evaporator dan kondensor.

Ringkasan

Membersihkan bunga es di freezer Anda ialah pekerjaan yang simpel tapi penting untuk jaga freezer masih tetap pada keadaan baik. Dengan meng ikuti beberapa langkah di atas, Anda bisa secara gampang membersihkan bunga es tanpa masalah. Selalu ingat untuk melakukan dengan periodik supaya freezer Anda masih tetap efektif dan bersih.

Membersihkan bunga es di freezer bisa jadi pekerjaan yang tidak menggembirakan, tapi dengan meng ikuti beberapa langkah di atas, Anda bisa jaga freezer Anda pada keadaan terbaik. Pastikan untuk lakukan pembersihan dengan periodik untuk menghambat bunga es yang terlalu berlebih dan jaga makanan Anda masih tetap segar Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer.

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1.  Berapa kerap saya harus membersihkan bunga es di freezer?
    Sebaiknya anda membersihkan bunga es di freezer minimal sekali satu bulan untuk jaga performanya.
  2.  Apa saya dapat memakai pisau untuk mengurangi bunga es?
    Tidak dianjurkan, karena pisau dapat menghancurkan permukaan freezer Anda. Pakai spatula plastik yang lembut.
  3.  Apa saya harus mematikan freezer sepanjang proses pembersihan?
    Ya, matikan freezer dan kosongkan didalamnya saat sebelum mengawali proses pembersihan.
  4.  Bagaimana bila bunga es terlampau susah untuk diikis?
    Anda bisa coba menghangatkan dinding freezer dengan memakai pengering rambut untuk longgarkan bunga es.
  5.  Apa saya perlu membersihkan freezer berbahan kimia khusus?
    Tidak perlu. Air hangat umumnya cukup buat membersihkan freezer secara efektif.

Janganlah lupa untuk meng ikuti tutorial ini dengan periodik supaya freezer Anda masih tetap bersih dan bekerja secara baik. Bila Anda mempunyai pertanyaan selanjutnya, jangan sangsi untuk mengontak kami. Terima kasih atas perhatiannya!

Baca Juga  Manfaat Pelembab Wajah: Rahasia Kulit Cantik dan Sehat