Tetap Enak ! Ini Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Posted on

biotifor.or.idCara Memasak Pare Agar Tidak Pahit , tidak sedikit orang yang mungkin merasa agak enggan saat mencicipi pare. Ini mungkin karena pare memiliki cita rasa pahit yang khas. Meskipun begitu, jangan sampai kita melewatkan manfaat luar biasa yang tersimpan di dalamnya untuk kesehatan kita. Pare ini sebenarnya merupakan paket lengkap nutrisi yang bisa memberikan banyak hal positif untuk tubuh kita.

Pare ini sebenarnya ialah teman baik bagi kesehatan kita. Di dalamnya terkandung vitamin A, C, dan K yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita. Selain itu, pare juga merupakan sumber antioksidan yang kuat, serat, dan bahkan zat besi. Jadi, walaupun mungkin agak pahit di lidah, kita sebenarnya sedang memberikan “superfood” untuk tubuh kita.

Salah satu hal menarik lainnya tentang pare ialah kemampuannya untuk membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Jadi, dengan mengonsumsi pare secara teratur, kita bisa menjaga kesehatan jantung dan mengontrol masalah-masalah kesehatan yang berhubungan dengan gula darah.

Jadi, meskipun pare mungkin tidak menjadi favorit bagi semua orang, mari berpikir lagi tentang manfaat kesehatan yang luar biasa yang bisa kita dapatkan dari sayuran ini. Mungkin kita bisa mencoba berbagai resep yang kreatif untuk membuat pare lebih lezat, sehingga kita bisa menikmatinya sambil tetap menjaga kesehatan kita.

Lalu, bagaimana cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap enak?

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

cara memasak pare agar tidak pahit

Ternyata, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa pahit pare saat memasaknya. Berikut ialah beberapa di antaranya:

1. Pilih Pare

Saat hendak memilih pare untuk dimasak, sebaiknya kita memilih yang masih muda dan tampil segar. Biasanya, pare yang masih muda memiliki rasa pahit yang tidak terlalu intens jika dibandingkan dengan pare yang sudah matang. Selain itu, pare yang segar akan memberikan pengalaman makan yang lebih nikmat karena memiliki tekstur yang lebih renyah dan warna yang hijau yang sangat menggiurkan.

Baca Juga  Manfaat Sulfur Untuk Tanaman : Memahami Pentingnya Nutrisi

Jika kita sedang mencari pare yang ideal, perhatikan beberapa panduan berikut ini. Pilihlah pare yang berukuran kecil atau sedang, karena biasanya mereka lebih lezat dan lebih mudah diolah. Pastikan juga kulit pare tampak halus dan tidak memiliki bintik-bintik cokelat yang menunjukkan kematangannya. Dengan memilih pare yang memenuhi kriteria ini, kita bisa memastikan bahwa hidangan yang kita buat akan menjadi lezat dan menyehatkan.

2. Bersihkan

Pastikan kita menjalani proses pembersihan pare dengan benar sebelum memasaknya. Tahapan awal yang perlu kita lakukan ialah mencuci pare secara menyeluruh. Kemudian, mari kita lanjutkan dengan menjalankan proses pengupasan kulitnya. Mengapa ini penting? Sebab, kulit pare ialah sumber utama dari rasa pahit yang khas pada sayuran ini.

Untuk melakukan pengupasan ini, kita bisa memanfaatkan pisau atau peeler. Caranya cukup sederhana, yaitu mengupas kulit pare hingga permukaannya menjadi halus. Dengan cara ini, kita akan berhasil menghilangkan getah yang menjadi penyebab rasa pahit yang seringkali mengganggu beberapa orang.

3. Buang Biji Dan Selaput

Ini karena biji dan selaput putih juga bisa menjadi penyebab rasa pahit yang kurang enak , Caranya cukup sederhana, teman-teman. Pertama, belah pare menjadi dua bagian dengan hati-hati. Setelah itu, kita bisa memakai sendok atau pisau untuk mengeluarkan biji dan selaput putihnya. Dengan menghilangkan bagian ini, kita akan membuat pare kita jauh lebih lezat untuk disantap.

Setelah biji dan selaput putihnya sudah dibuang, tinggal potong-potong pare sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Rendam

Nah, ada trik tambahan yang bisa membuat pare kita lebih enak dan kurang pahit saat dimasak. Caranya ialah dengan merendamnya dalam air garam atau cuka sebelum proses memasak. Ini ialah trik rahasia yang cukup efektif!

Baca Juga  Manfaat Sinom, Minuman Tradisional Sehat Dengan Berbagai Manfaatnya

Caranya sangat simpel, teman-teman. Ambil beberapa liter air, lalu tambahkan sekitar satu sendok makan garam atau cuka ke dalamnya. Rendam pare dalam larutan ini selama beberapa menit sebelum memasaknya. Mengapa? Karena air garam atau cuka ini akan membantu menetralisir rasa pahit pada pare dan membuatnya lebih lembut.

5. Rebus

Saat ingin merebus pare, ada cara tambahan yang bisa membuatnya lebih lezat. Nah, trik ini ialah dengan menambahkan daun jambu biji atau daun salam ke dalam air saat merebusnya. Kok bisa? Karena kedua jenis daun ini memiliki rasa sepat yang bisa menyeimbangkan rasa pahit pada pare.

Cara melakukannya sangat mudah, teman-teman. Ketika Anda sedang merebus pare, cukup tambahkan beberapa lembar daun jambu biji atau daun salam ke dalam air rebusan. Biarkan pare dan daun-daun tersebut berkenalan dalam panci selama sekitar lima menit saja. Dengan begitu, pare kita tidak akan terlalu lembek, tetapi rasa pahitnya akan lebih terkontrol.

6. Tumis

Ketika kita ingin menumis pare, jangan ragu untuk bermain dengan bumbu-bumbu yang kuat untuk menghadirkan cita rasa dan aroma yang semakin menggugah selera. Ini ialah kunci agar masakan kita semakin nikmat!

Apa saja bumbu yang bisa kita pakai? Nah, kita punya banyak pilihan. Mulai dari bawang putih yang aromanya harum, bawang merah yang manis, hingga cabai yang bisa memberikan sedikit kepedasan. Jika kita suka dengan cita rasa yang lebih khas, terasi bisa menjadi tambahan yang pas. Selain itu, tambahkan juga kecap manis atau gula merah untuk sentuhan manis yang lezat. Dan jika kita menginginkan sajian yang lebih kental dan gurih, santan bisa menjadi tambahan yang sempurna.

Baca Juga  Manfaat Apel Hijau: Keajaiban Kesehatan yang Tersembunyi

7. Campurkan

Campurkan pare dengan sayuran atau lauk lainnya. Jika Anda ingin membuat variasi menu dengan pare, Anda bisa mencampurkannya dengan sayuran atau lauk lainnya yang memiliki rasa manis, asam, pedas, atau gurih.Beberapa contoh kombinasi yang bisa Anda coba ialah oseng-oseng teri kacang panjang pare .

Akhir Kata

Itulah beberapa cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap enak yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan tips dan trik ini, Anda bisa menikmati manfaat kesehatan dari pare tanpa harus mengorbankan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!