Cara Komplain di Lazada Paling Gampang & Wajib Diketahui

biotifor.or.id – Apakah Anda pernah mengalami masalah saat berbelanja online di Lazada? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah lengkap tentang cara mengajukan komplain di Lazada ketika Anda mengalami kendala dengan pesanan Anda. Dari mengidentifikasi masalah hingga menyelesaikannya, artikel ini akan membantu Anda memahami prosesnya.

Mengapa Komplain Penting?

Mengapa Komplain Penting

Sebagai pembeli online, Anda berhak menerima produk sesuai harapan Anda. Namun, terkadang ada kemungkinan terjadi masalah dalam prosesnya. Inilah mengapa memiliki kemampuan untuk mengajukan komplain di Lazada penting. Ini memberi Anda keamanan bahwa hak Anda sebagai konsumen dihormati.

Masuk ke Akun Anda

Langkah pertama adalah masuk ke akun Lazada Anda. Pastikan Anda menggunakan kredensial yang benar agar dapat mengakses semua informasi terkait pesanan Anda.

Buka Halaman Pesanan

Setelah Anda berhasil masuk ke akun Lazada Anda, langkah berikutnya adalah membuka halaman pesanan. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman utama Lazada, cari dan klik ikon akun pengguna di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka menu drop-down.
  2. Pilih opsi “Pesanan Saya” dari menu tersebut. Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi daftar semua pesanan yang pernah Anda lakukan di Lazada.
  3. Di halaman “Pesanan Saya”, Anda akan melihat daftar pesanan terbaru Anda. Klik pada pesanan yang ingin Anda ajukan komplainnya.

Dengan membuka halaman pesanan ini, Anda akan dapat melihat secara rinci informasi tentang pesanan Anda, termasuk produk yang Anda beli, jumlah pesanan, tanggal pembelian, dan status pengiriman. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih pesanan yang tepat untuk diajukan komplainnya.

Pilih Pesanan yang Ingin Dikomplain

Setelah Anda membuka halaman pesanan, langkah selanjutnya adalah memilih pesanan yang ingin Anda ajukan komplainnya. Berikut adalah cara melakukan langkah ini:

  1. Di halaman “Pesanan Saya”, Anda akan melihat daftar pesanan yang pernah Anda lakukan di Lazada.
  2. Scroll atau gulir ke bawah untuk menemukan pesanan yang ingin Anda komplain.
  3. Klik pada pesanan tersebut untuk membukanya. Anda akan diarahkan ke halaman rincian pesanan.
Baca Juga  Cara Belanja Gratis di Lazada: Tips dan Trik Terbaru

Pada halaman rincian pesanan ini, Anda akan melihat informasi lengkap tentang pesanan tersebut, termasuk daftar produk yang Anda beli, jumlah pesanan, total harga, dan informasi lain yang terkait. Pastikan Anda memilih pesanan yang tepat dan relevan untuk diajukan komplainnya. Setelah memilih pesanan, Anda siap melanjutkan ke langkah berikutnya dalam proses komplain di Lazada.

Klik “Komplain”

Di halaman pesanan, Anda akan melihat opsi “Komplain”. Klik opsi ini untuk memulai proses.

Pilih Jenis Komplain

Setelah Anda memilih pesanan yang ingin Anda ajukan komplainnya, langkah berikutnya adalah memilih jenis komplain yang sesuai dengan masalah yang Anda alami. Berikut adalah langkah-langkah untuk memilih jenis komplain:

  1. Di halaman rincian pesanan, Anda akan melihat opsi-opsi yang tersedia terkait pesanan tersebut.
  2. Cari dan klik opsi yang bertuliskan “Komplain” atau “Laporkan Masalah” (istilah ini dapat bervariasi).
  3. Lazada akan memandu Anda ke halaman berikutnya di mana Anda diminta untuk memilih jenis komplain yang ingin Anda ajukan.

Pada halaman ini, Anda akan melihat beberapa opsi yang menggambarkan jenis masalah yang umum terjadi, seperti barang rusak, barang tidak sesuai, keterlambatan pengiriman, dan sebagainya. Pilihlah opsi yang paling relevan dengan masalah yang Anda alami.

Pemilihan jenis komplain yang tepat akan membantu Lazada memahami dengan jelas masalah yang Anda hadapi dan memberikan solusi yang sesuai. Setelah Anda memilih jenis komplain, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam proses komplain di Lazada.

Berikan Detail Komplain dengan Jelas

Ini adalah langkah penting. Berikan detail komplain Anda dengan jelas dan rinci. Semakin lengkap informasi yang Anda berikan, semakin baik Lazada dapat membantu Anda.

Tunggu Konfirmasi dari Lazada

Setelah mengajukan komplain, Anda akan menerima konfirmasi dari Lazada. Konfirmasi ini akan memberikan nomor referensi untuk komplain Anda.

Baca Juga  5 HP Sony Terbaru 2023 Lengkap dengan Spesifikasinya

Pantau Status Komplain Anda

Anda dapat melacak status komplain Anda melalui akun Lazada Anda. Ini memungkinkan Anda tetap up-to-date tentang kemajuan yang telah dicapai.

Baca Juga | Arti Wishlist di Lazada dan Fitur yang Perlu Dipahami

Tips Mencegah Masalah dengan Pesanan di Masa Depan

  • Periksa deskripsi produk dengan teliti sebelum membeli.
  • Pastikan alamat pengiriman benar dan lengkap.
  • Simpan bukti transaksi dan komunikasi dengan penjual.

Kesimpulan

Cara mengajukan komplain di Lazada bukanlah hal yang rumit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah dengan pesanan Anda dengan mudah dan efisien. Ingatlah bahwa hak Anda sebagai konsumen harus dihormati, dan Lazada siap membantu Anda dalam proses komplain.

FAQs

  1. Apakah saya dapat mengajukan komplain untuk produk yang telah digunakan?
    Tidak semua produk dapat dikomplain setelah digunakan. Namun, jika ada masalah yang tidak sesuai dengan deskripsi, Anda masih berhak mengajukan komplain.
  2. Berapa lama Lazada biasanya memproses komplain?
    Waktu pemrosesan komplain dapat bervariasi tergantung pada jenis masalah yang Anda laporkan. Lazada akan berusaha menyelesaikan komplain sesegera mungkin.
  3. Apa yang harus dilakukan jika penjual tidak merespons komplain?
    Jika penjual tidak merespons komplain Anda dalam waktu yang wajar, Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan Lazada untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
  4. Apakah saya perlu mengirim kembali produk yang bermasalah?
    Terkadang Lazada mungkin meminta Anda mengembalikan produk yang bermasalah. Namun, hal ini akan dijelaskan dalam proses komplain.
  5. Apakah saya bisa mendapatkan pengembalian dana setelah komplain?
    Ya, jika komplain Anda dinyatakan valid, Lazada akan mengatur pengembalian dana sesuai dengan kebijakan yang berlaku.