10 Buah Rendah Gula, Bagus untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Posted on

Biotifor.or.idBuah Rendah Gula. Buah-buahan adalah salah satunya sumber makanan yang kaya gizi, vitamin, dan mineral yang bagus untuk kesehatan badan. Tetapi, tidak seluruhnya buah-buahan mempunyai kandungan gula yang masih sama. Beberapa buah-buahan mempunyai kandungan gula yang lebih tinggi, yang bisa tingkatkan kandungan gula darah dan berat tubuh bila dimakan dengan terlalu berlebih.

Karena itu, untuk Anda yang ingin jaga berat tubuh dan kandungan gula darah masih tetap normal, Anda perlu pilih buah-buahan yang rendah gula. Berikut ialah 10 buah Low Sugar yang bisa Anda konsumsi sebagai sisi dari skema makan imbang dan pola hidup sehat.

Buah Rendah Gula, Cocok untuk Diet & Penderita Diabetes

Buah Rendah Gula

1. Buah Beri

Buah Rendah Gula

Ada beberapa jenis Buah beri, seperti strobery, raspberry, blackberry, dan blueberry, adalah buah rendah gula yang bisa Anda cicipi tanpa cemas akan menambahkan kalori. Buah berikan rerata cuma memiliki kandungan 4-10 gr gula per 100. Disamping itu, buah berikan kaya serat, anti-oksidan, vitamin C, dan flavonoid, yang bisa menolong turunkan cholesterol, tekanan darah, infeksi, dan dampak negatif penyakit jantung. Anda bisa konsumsi buah berikan sebagai cemilan sehat atau menambahkannya dengan yogurt, oatmeal, atau smoothie.

2. Semangka

Buah Rendah Gula

Semangka adalah buah yang beri kesegaran dan memiliki kandungan banyak air. Walaupun mempunyai rasa yang manis, semangka rupanya termasuk buah rendah gula, yakni cuma sekitaran 6 gr per 100. Semangka memiliki kandungan likopen, beta-karoten, vitamin A, vitamin C, dan potasium, yang bisa menolong mempertahankan kesehatan kulit, mata, mekanisme imun, dan ginjal.

Anda bisa konsumsi semangka sebagai alternatif minuman manis atau membuat jadi juice atau salad.

3. Buah Alpukat

manfaat buah alpukat

Alpukat adalah buah yang tinggi sekali lemak sehat, tapi benar-benar rendah gula. Buah ini memiliki rerata kandungan sekitaran 1 gr gula per 100 g. Alpukat memiliki kandungan serat, asam folat, vitamin E, vitamin K, dan magnesium, yang bisa menolong turunkan cholesterol, tingkatkan peranan otak, dan menghambat anemia. Anda bisa konsumsi alpukat sebagai olesan roti, bahan salad, atau kombinasi smoothie.

Baca Juga  Jenis Anjing Termahal Di Dunia Yang Harganya Fantastis !

4. Buah Kiwi

manfaat buah kiwi

Kiwi adalah buah yang mempunyai rasa asam-manis dan struktur halus. Buah ini termasuk buah rendah gula, yakni sekitaran 9 gr per 100 g. Kiwi adalah sumber vitamin C yang baik sekali untuk badan. Satu buah kiwi ukuran sedang bisa penuhi keperluan vitamin C harian Anda.Vitamin C bisa menolong tingkatkan mekanisme imun, membuat perlindungan beberapa sel dari kerusakan oksidatif, dan tingkatkan peresapan zat besi. Anda bisa konsumsi kiwi sebagai cemilan sehat atau menambahkannya dengan yogurt atau sereal.

5. Lemon dan jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis ialah buah-buahan yang asam dan umumnya tidak langsung dikonsumsi. Tetapi, ke-2 buah ini banyak memiliki faedah untuk kesehatan badan. Lemon dan jeruk nipis termasuk buah rendah gula, yakni cuma sekitaran 1-2 gr per 100 g. Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, dan asam sitrat, yang bisa menolong bersihkan racun pada tubuh, tingkatkan metabolisme, dan menghambat batu ginjal. Anda bisa konsumsi lemon dan jeruk nipis dengan menambahnya ke air minum, teh, atau salad.

6. Jeruk bali

manfaat jeruk bali

Grapefruit atau Jeruk bali ialah buah yang mempunyai rasa asam-manis dan warna merah muda atau kuning. Jeruk bali termasuk buah rendah gula, yakni sekitaran 7 gr per 100 g. Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan naringin, yang bisa menolong turunkan berat tubuh, tingkatkan kesehatan jantung, dan menghambat infeksi.

Anda bisa konsumsi jeruk bali dengan mengkonsumsinya langsung, membuat jadi juice, atau menambahkannya dengan salad.

7. Cantaloupe atau Melon Jingga (Blewah)

manfaat blewah

Buah Cantaloupe atau melon jingga ialah buah yang mempunyai rasa yang manis dan warna oranye. Cantaloupe termasuk buah rendah gula, yakni sekitaran 8 gr per 100 g. Cantaloupe memiliki kandungan beta-karoten, vitamin A, vitamin C, dan potasium, yang bisa menolong mempertahankan kesehatan mata, kulit, mekanisme imun, dan tekanan darah.

Baca Juga  Manfaat Makan Biji Pepaya, Sehat Optimal dengan Nutrisi Alami

Anda bisa konsumsi cantaloupe dengan mengkonsumsinya langsung, membuat jadi juice, atau menambahkannya dengan yogurt atau smoothie.

8. Buah Persik

manfaat buah persik

Persik ialah buah yang mempunyai rasa yang manis dan warna kuning atau merah. Buah persik termasuk buah rendah gula, yakni sekitaran 8 gr per 100 g. Buah persik memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan anti-oksidan, yang bisa menolong mempertahankan kesehatan kulit, rambut, gigi, dan tulang. Anda bisa konsumsi buah persik dengan mengkonsumsinya langsung, membuat jadi juice, atau menambahkannya dengan oatmeal atau sereal.

9. Buah Aprikot

manfaat buah aprikot

Aprikot ialah buah yang mempunyai rasa yang manis dan warna oranye. Buah aprikot termasuk buah rendah gula, yakni sekitaran 9 gr per 100 g. Buah aprikot memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium, yang bisa menolong mempertahankan kesehatan mata, kulit, pencernaan, dan jantung. Anda bisa konsumsi buah aprikot dengan mengkonsumsinya langsung, membuat jadi juice, atau menambahkannya dengan yogurt atau smoothie.

10. Jambu

manfaat jambu biji

Buah Jambu ialah buah yang mempunyai rasa asam-manis dan warna hijau atau merah. Jambu termasuk buah rendah gula, yakni sekitaran 10 gr per 100 g. Jambu memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan anti-oksidan, yang bisa menolong mempertahankan kesehatan mekanisme imun, kulit, pencernaan, dan gusi. Anda bisa konsumsi jambu dengan mengkonsumsinya langsung, membuat jadi juice, atau menambahkannya dengan salad.

Demikianlah 10 buah rendah gula yang bagus untuk jaga berat tubuh Anda. Selainnya konsumsi buah-buahan yang rendah gula, Anda pun perlu menghindar dari buah-buahan yang lebih tinggi gula, seperti pisang, mangga, anggur, dan kurma. Disamping itu, Anda pun perlu atur jatah dan waktu konsumsi buah-buahan supaya tidak terlalu berlebih dan tidak mengakibatkan kenaikan gula darah. Mudah-mudahan artikel berikut berguna dan selamat mempraktikkan! blush