Mengenal Besaran Turunan: Pengertian dan Contohnya

Posted on

Mengenal Besaran Turunan: Pengertian dan Contohnya

Dalam fisika, besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran yang tidak dapat diturunkan dari besaran lain, seperti panjang, massa, dan waktu. Besaran turunan, di sisi lain, dapat dinyatakan dalam kombinasi besaran pokok. Misalnya, kecepatan adalah besaran turunan yang dapat dinyatakan sebagai jarak dibagi waktu, dan percepatan adalah besaran turunan yang dapat dinyatakan sebagai perubahan kecepatan dibagi waktu.

Besaran turunan sangat penting dalam fisika karena memungkinkan kita untuk mengukur dan menggambarkan berbagai aspek dunia di sekitar kita. Misalnya, kita dapat menggunakan besaran turunan seperti kecepatan dan percepatan untuk menggambarkan gerak benda, atau kita dapat menggunakan besaran turunan seperti gaya dan tekanan untuk menggambarkan interaksi antara benda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis besaran turunan, serta cara mengukur dan menggunakannya. Kita juga akan membahas sejarah besaran turunan dan perannya dalam pengembangan fisika.

Yang Termasuk Besaran Turunan Adalah

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran yang tidak dapat diturunkan dari besaran lain, seperti panjang, massa, dan waktu. Besaran turunan, di sisi lain, dapat dinyatakan dalam kombinasi besaran pokok. Misalnya, kecepatan adalah besaran turunan yang dapat dinyatakan sebagai jarak dibagi waktu, dan percepatan adalah besaran turunan yang dapat dinyatakan sebagai perubahan kecepatan dibagi waktu.

  • Kecepatan
  • Percepatan
  • Gaya
  • Tekanan
  • Energi
  • Daya
  • Momentum
  • Impuls
  • Kerja

Besaran turunan sangat penting dalam fisika karena memungkinkan kita untuk mengukur dan menggambarkan berbagai aspek dunia di sekitar kita. Misalnya, kita dapat menggunakan besaran turunan seperti kecepatan dan percepatan untuk menggambarkan gerak benda, atau kita dapat menggunakan besaran turunan seperti gaya dan tekanan untuk menggambarkan interaksi antara benda. Dengan memahami besaran turunan, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar kita dan bagaimana cara kerjanya.

Kecepatan

Kecepatan adalah besaran turunan yang menyatakan seberapa cepat suatu benda bergerak. Kecepatan didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh per satuan waktu. Satuan SI untuk kecepatan adalah meter per sekon (m/s).

  • Komponen Kecepatan
    Kecepatan memiliki dua komponen, yaitu besaran dan arah. Besaran kecepatan menyatakan seberapa cepat benda bergerak, sedangkan arah kecepatan menyatakan ke arah mana benda bergerak.
  • Contoh Kecepatan
    Contoh kecepatan antara lain kecepatan mobil, kecepatan pesawat terbang, dan kecepatan suara.
  • Implikasi Kecepatan
    Kecepatan memiliki implikasi penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kecepatan kendaraan bermotor dibatasi untuk memastikan keselamatan di jalan raya. Kecepatan juga merupakan faktor penting dalam perancangan dan pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, rel kereta api, dan bandara.
  • Hubungan dengan Besaran Turunan Lainnya
    Kecepatan terkait dengan besaran turunan lainnya, seperti percepatan, gaya, dan energi. Misalnya, percepatan adalah perubahan kecepatan terhadap waktu, gaya adalah penyebab perubahan kecepatan, dan energi kinetik berbanding lurus dengan kuadrat kecepatan.

Secara keseluruhan, kecepatan adalah besaran turunan yang penting dalam fisika dan memiliki aplikasi luas dalam kehidupan sehari-hari. Memahami kecepatan sangat penting untuk memahami gerak benda dan merancang sistem yang melibatkan benda bergerak.

Percepatan

Percepatan adalah besaran turunan yang menyatakan seberapa cepat kecepatan suatu benda berubah terhadap waktu. Percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan per satuan waktu. Satuan SI untuk percepatan adalah meter per sekon kuadrat (m/s).

Percepatan merupakan komponen penting dari besaran turunan karena memberikan informasi tentang bagaimana kecepatan suatu benda berubah. Misalnya, percepatan positif menunjukkan bahwa kecepatan benda bertambah, sedangkan percepatan negatif menunjukkan bahwa kecepatan benda berkurang. Memahami percepatan sangat penting untuk menganalisis gerak benda dan merancang sistem yang melibatkan benda bergerak.

Dalam kehidupan sehari-hari, percepatan memiliki banyak aplikasi. Misalnya, percepatan kendaraan bermotor diukur untuk menguji performa mesin dan memastikan keselamatan pengemudi. Percepatan juga merupakan faktor penting dalam perancangan dan pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, rel kereta api, dan landasan pacu pesawat terbang.

Secara keseluruhan, percepatan adalah besaran turunan yang penting karena memberikan informasi tentang perubahan kecepatan suatu benda. Memahami percepatan sangat penting untuk menganalisis gerak benda dan merancang sistem yang melibatkan benda bergerak, baik dalam bidang fisika maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Gaya

Dalam fisika, gaya adalah besaran turunan yang menyatakan interaksi antara dua atau lebih benda. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak, berubah bentuk, atau berubah kecepatan. Gaya merupakan salah satu besaran turunan yang paling penting karena merupakan dasar dari banyak konsep fisika lainnya, seperti gerak, energi, dan momentum.

Baca Juga  Ketahui Angka Romawi 9: Pengertian, Penggunaan, dan Tips Memahaminya

  • Jenis-Jenis Gaya
    Ada banyak jenis gaya, antara lain gaya gravitasi, gaya elektromagnetik, gaya nuklir kuat, dan gaya nuklir lemah. Setiap jenis gaya memiliki karakteristik dan jangkauannya sendiri.
  • Hukum-Hukum Gaya
    Gaya dijelaskan oleh beberapa hukum fisika, seperti hukum gravitasi Newton dan hukum Coulomb. Hukum-hukum ini memungkinkan kita untuk menghitung gaya antara benda-benda.
  • Pengaruh Gaya
    Gaya dapat mempengaruhi benda dengan berbagai cara. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak, berubah bentuk, atau berubah kecepatan. Gaya juga dapat menyebabkan benda berputar atau bergetar.
  • Penerapan Gaya
    Gaya memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, gaya digunakan untuk menggerakkan kendaraan, mengangkat benda, dan membangun struktur.

Sebagai kesimpulan, gaya adalah besaran turunan yang penting dalam fisika. Gaya merupakan dasar dari banyak konsep fisika lainnya, dan memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami gaya sangat penting untuk memahami dunia di sekitar kita dan bagaimana cara kerjanya.

Tekanan

Dalam fisika, tekanan adalah besaran turunan yang menyatakan gaya yang bekerja pada suatu permukaan per satuan luas. Tekanan merupakan besaran turunan karena dapat dinyatakan dalam kombinasi besaran pokok, yaitu gaya dan luas. Satuan SI untuk tekanan adalah pascal (Pa), yang didefinisikan sebagai satu newton per meter persegi (N/m).

Tekanan merupakan komponen penting dari besaran turunan karena memberikan informasi tentang gaya yang bekerja pada suatu permukaan. Memahami tekanan sangat penting dalam berbagai bidang, seperti teknik, geologi, dan biologi. Misalnya, dalam teknik, tekanan digunakan untuk menganalisis kekuatan dan stabilitas struktur, seperti jembatan dan gedung. Dalam geologi, tekanan digunakan untuk mempelajari pembentukan dan pergerakan batuan di kerak bumi. Dalam biologi, tekanan digunakan untuk memahami fungsi sistem peredaran darah dan pernapasan.

Dalam kehidupan sehari-hari, tekanan memiliki banyak penerapan. Misalnya, tekanan ban mobil diukur untuk memastikan keselamatan dan performa berkendara. Tekanan air diukur untuk memastikan pasokan air yang cukup dan mencegah kebocoran. Tekanan darah diukur untuk mendiagnosis dan memantau kondisi kesehatan. Secara keseluruhan, memahami tekanan sangat penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari.

Energi

Dalam fisika, energi adalah besaran turunan yang menyatakan kemampuan suatu sistem untuk melakukan kerja. Energi dapat berubah-ubah dan ditransfer dari satu sistem ke sistem lainnya. Energi merupakan salah satu besaran turunan yang paling penting karena merupakan dasar dari banyak konsep fisika lainnya, seperti gerak, gaya, dan momentum.

Energi memiliki banyak bentuk, antara lain energi kinetik, energi potensial, dan energi panas. Setiap bentuk energi memiliki karakteristik dan penggunaannya sendiri. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda yang bergerak, energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya atau kondisinya, dan energi panas adalah energi yang dimiliki benda karena suhunya.

Energi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Energi digunakan untuk menggerakkan kendaraan, menghasilkan listrik, dan memanaskan rumah. Energi juga merupakan faktor penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Memahami energi sangat penting untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan kita pada sumber daya yang tidak terbarukan.

Daya

Daya adalah besaran turunan yang menyatakan laju perubahan energi terhadap waktu. Daya didefinisikan sebagai energi yang dipindahkan atau diubah per satuan waktu. Satuan SI untuk daya adalah watt (W), yang didefinisikan sebagai satu joule per detik (J/s).

Daya merupakan komponen penting dari besaran turunan karena memberikan informasi tentang seberapa cepat energi diubah atau dipindahkan. Memahami daya sangat penting dalam berbagai bidang, seperti teknik, fisika, dan biologi. Misalnya, dalam teknik, daya digunakan untuk menganalisis efisiensi mesin dan sistem kelistrikan. Dalam fisika, daya digunakan untuk mempelajari perubahan energi dalam sistem tertutup dan terbuka. Dalam biologi, daya digunakan untuk memahami metabolisme dan fungsi fisiologis organisme hidup.

  • Jenis-Jenis Daya
    Ada banyak jenis daya, antara lain daya listrik, daya mekanik, dan daya termal. Setiap jenis daya memiliki karakteristik dan penggunaannya sendiri.
  • Pengaruh Daya
    Daya dapat mempengaruhi benda dengan berbagai cara. Daya dapat menyebabkan benda bergerak, berubah bentuk, atau berubah kecepatan. Daya juga dapat menyebabkan benda memanas atau mendingin.
  • Penerapan Daya
    Daya memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, daya listrik digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik, daya mekanik digunakan untuk menggerakkan kendaraan, dan daya termal digunakan untuk memanaskan rumah dan memasak makanan.
Baca Juga  Temukan 5 Manfaat Kado Nikahan Bermanfaat yang Jarang Diketahui

Sebagai kesimpulan, daya adalah besaran turunan yang penting karena memberikan informasi tentang perubahan energi terhadap waktu. Memahami daya sangat penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari.

Momentum

Dalam fisika, momentum adalah besaran turunan yang menyatakan besaran gerak suatu benda. Momentum didefinisikan sebagai massa benda dikalikan kecepatannya. Satuan SI untuk momentum adalah kilogram meter per sekon (kg m/s).

  • Hubungan Momentum dengan Besaran Turunan Lainnya
    Momentum terkait dengan besaran turunan lainnya, seperti gaya dan impuls. Gaya adalah penyebab perubahan momentum, dan impuls adalah gaya yang bekerja selama selang waktu tertentu. Hubungan antara momentum, gaya, dan impuls dirumuskan dalam hukum kedua Newton.
  • Jenis-Jenis Momentum
    Ada dua jenis momentum, yaitu momentum linear dan momentum sudut. Momentum linear adalah momentum yang dimiliki benda yang bergerak dalam garis lurus, sedangkan momentum sudut adalah momentum yang dimiliki benda yang bergerak melingkar.
  • Kekekalan Momentum
    Momentum merupakan besaran kekal, artinya momentum total suatu sistem tertutup tetap konstan. Hukum kekekalan momentum sangat penting dalam banyak aplikasi fisika, seperti tumbukan dan roket.
  • Penerapan Momentum
    Momentum memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, momentum digunakan dalam desain kendaraan bermotor untuk memastikan keselamatan penumpang. Momentum juga digunakan dalam olahraga, seperti sepak bola dan bola basket.

Secara keseluruhan, momentum adalah besaran turunan yang penting karena memberikan informasi tentang besaran gerak suatu benda. Memahami momentum sangat penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari.

Impuls

Dalam fisika, impuls adalah besaran turunan yang menyatakan perubahan momentum suatu benda. Impuls didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada benda selama selang waktu tertentu. Satuan SI untuk impuls adalah newton sekon (N s).

  • Hubungan Impuls dengan Besaran Turunan Lainnya
    Impuls terkait dengan besaran turunan lainnya, seperti gaya dan momentum. Gaya adalah penyebab perubahan momentum, dan impuls adalah gaya yang bekerja selama selang waktu tertentu. Hubungan antara impuls, gaya, dan momentum dirumuskan dalam hukum kedua Newton.
  • Jenis-Jenis Impuls
    Ada dua jenis impuls, yaitu impuls linear dan impuls sudut. Impuls linear adalah impuls yang bekerja pada benda yang bergerak dalam garis lurus, sedangkan impuls sudut adalah impuls yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar.
  • Penerapan Impuls
    Impuls memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, impuls digunakan dalam desain kendaraan bermotor untuk memastikan keselamatan penumpang. Impuls juga digunakan dalam olahraga, seperti sepak bola dan bola basket.

Secara keseluruhan, impuls adalah besaran turunan yang penting karena memberikan informasi tentang perubahan momentum suatu benda. Memahami impuls sangat penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari.

Kerja

Dalam fisika, kerja merupakan besaran turunan yang menyatakan perpindahan energi dari satu sistem ke sistem yang lain yang disebabkan oleh gaya. Kerja didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada suatu benda dikali perpindahan benda tersebut searah dengan gaya. Satuan SI untuk kerja adalah joule (J), yang didefinisikan sebagai satu newton meter (N m).

  • Komponen Kerja

    Komponen utama kerja adalah gaya dan perpindahan. Gaya adalah interaksi yang menyebabkan benda bergerak, sedangkan perpindahan adalah perubahan posisi benda dari satu titik ke titik lainnya.

  • Jenis-Jenis Kerja

    Ada dua jenis kerja, yaitu kerja positif dan kerja negatif. Kerja positif terjadi ketika gaya searah dengan perpindahan, sedangkan kerja negatif terjadi ketika gaya berlawanan arah dengan perpindahan.

  • Penerapan Kerja

    Kerja memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kerja digunakan untuk mengangkat benda, menggerakkan kendaraan, dan menghasilkan listrik.

  • Hubungan Kerja dengan Besaran Turunan Lainnya

    Kerja terkait dengan besaran turunan lainnya, seperti energi dan daya. Energi adalah kemampuan suatu sistem untuk melakukan kerja, sedangkan daya adalah laju perubahan energi terhadap waktu. Hubungan antara kerja, energi, dan daya dirumuskan dalam persamaan kerja-energi.

Secara keseluruhan, kerja merupakan besaran turunan yang penting karena memberikan informasi tentang perpindahan energi dari satu sistem ke sistem lainnya. Memahami kerja sangat penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Sifat Royal: Ciri-Ciri Mulia yang Menginspirasi

Pertanyaan Umum tentang Besaran Turunan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan tentang besaran turunan:

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan besaran turunan?

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran yang tidak dapat diturunkan dari besaran lain, seperti panjang, massa, dan waktu. Besaran turunan, di sisi lain, dapat dinyatakan dalam kombinasi besaran pokok.

Pertanyaan 2: Sebutkan beberapa contoh besaran turunan.

Contoh besaran turunan antara lain kecepatan, percepatan, gaya, tekanan, energi, daya, momentum, impuls, dan kerja.

Pertanyaan 3: Mengapa besaran turunan penting?

Besaran turunan sangat penting dalam fisika karena memungkinkan kita untuk mengukur dan menggambarkan berbagai aspek dunia di sekitar kita. Misalnya, kita dapat menggunakan besaran turunan seperti kecepatan dan percepatan untuk menggambarkan gerak benda, atau kita dapat menggunakan besaran turunan seperti gaya dan tekanan untuk menggambarkan interaksi antara benda.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengukur besaran turunan?

Besaran turunan dapat diukur menggunakan berbagai alat dan teknik. Misalnya, kecepatan dapat diukur menggunakan speedometer, percepatan dapat diukur menggunakan accelerometer, gaya dapat diukur menggunakan dinamometer, dan tekanan dapat diukur menggunakan barometer.

Pertanyaan 5: Apa saja penerapan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari?

Besaran turunan memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita menggunakan besaran turunan seperti kecepatan untuk menentukan batas kecepatan kendaraan, percepatan untuk menganalisis performa kendaraan, gaya untuk merancang struktur bangunan, dan tekanan untuk mengukur tekanan ban mobil.

Kesimpulan:

Besaran turunan adalah komponen penting dari fisika dan memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami besaran turunan sangat penting untuk memahami dunia di sekitar kita dan bagaimana cara kerjanya.

Artikel Berikutnya:

Penerapan Besaran Turunan dalam Berbagai Bidang

Tips Memahami Besaran Turunan

Memahami besaran turunan sangat penting dalam fisika dan bidang terkait lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memahami konsep besaran turunan dengan lebih baik:

Tip 1: Pahami besaran pokok
Langkah pertama untuk memahami besaran turunan adalah memahami besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran yang tidak dapat diturunkan dari besaran lain, seperti panjang, massa, dan waktu.

Tip 2: Pelajari rumus besaran turunan
Besaran turunan dapat dinyatakan dalam kombinasi besaran pokok menggunakan rumus atau persamaan. Pelajari rumus-rumus ini dan pahami bagaimana besaran turunan dihitung.

Tip 3: Gunakan alat bantu visual
Diagram, grafik, dan tabel dapat membantu Anda memvisualisasikan hubungan antara besaran turunan dan besaran pokok. Gunakan alat bantu visual ini untuk meningkatkan pemahaman Anda.

Tip 4: Latih soal-soal
Cara terbaik untuk menguasai konsep besaran turunan adalah dengan berlatih soal-soal. Kerjakan soal-soal latihan sebanyak mungkin untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam menghitung dan menerapkan besaran turunan.

Tip 5: Diskusikan dengan teman atau mentor
Diskusikan konsep besaran turunan dengan teman atau mentor yang lebih berpengalaman. Bertukar pikiran dan ajukan pertanyaan untuk memperjelas pemahaman Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang besaran turunan dan menerapkannya secara efektif dalam studi fisika Anda.

Kesimpulan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok, dan sangat penting dalam fisika karena memungkinkan kita untuk mengukur dan menggambarkan berbagai aspek dunia di sekitar kita. Berbagai jenis besaran turunan, seperti kecepatan, percepatan, gaya, dan energi, memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Memahami besaran turunan sangat penting untuk menganalisis gerak benda, merancang sistem, dan mengembangkan teknologi. Dengan mempelajari besaran turunan, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang dunia di sekitar kita dan bagaimana cara kerjanya.

Youtube Video: