Samsung Galaxy A54 – Spesifikasi, Fitur & Harga

biotifor.or.id – HP kelas menengah terbaru Samsung sangat mengesankan. Samsung Galaxy A54 menawarkan masa pakai baterai yang solid, layar yang cerah dan penuh warna, serta kamera utama yang ditingkatkan yang unggul dalam cahaya redup. Ini hp terbaik di bawah Rp. 7,5 jutaan, setidaknya sampai Anda tahu apa yang ditawarkan Google Pixel 7a.

Spesifikasi Samsung Galaxy A54

Spesifikasi
Ukuran layar: AMOLED 6,4 inci (2340 x 1080)
Prosesor: Exynos 1380
Kamera: utama 50MP, ultrawide 12MP, makro 5MP, depan 32MP
RAM / Penyimpanan: 6GB, 8GB / 128GB, 256GB
Berat: 7,1 ons
Masa pakai baterai: 10:20 (diadaptasi); 11:46 (60Hz)

Kelebihan

  • + Peningkatan kamera utama 50MP
  • + Foto luar biasa dalam cahaya redup
  • + warna yang menyenangkan
  • + Tampilan cerah dan penuh warna
  • + masa pakai baterai yang sangat baik

Kekurangan

  • – Tidak ada pengisian nirkabel
  • – Sedikit peningkatan kinerja dibandingkan pendahulunya
  • – Bezel yang menonjol

Samsung Galaxy A54 adalah entri terbaru dalam jajaran hp kelas menengah yang semakin mengesankan dari pembuat hp, dan ini mencapai titik yang menarik. Selama lebih dari setahun, Samsung dan Google telah berjuang untuk mengalahkan satu sama lain dalam pertempuran untuk membuat hp termurah yang bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp. 7,5 jutaan.

Galaxy A54 dapat mengklaim klaim yang cukup bagus untuk judul itu. Ini meningkatkan semuanya dengan baik pada Galaxy A53 tahun lalu, dengan layar yang lebih cerah, masa pakai baterai yang lebih lama, dan kamera utama yang jauh lebih baik. Google Pixel 7a tidak akan berfungsi saat ponsel entry-level berikutnya mengalahkan Galaxy A54.

Dalam ulasan Samsung Galaxy A54 ini, kita akan melihat apa yang baru di smartphone kelas menengah terbaru Samsung dan mengapa Anda harus mengambil smartphone Android jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih dari Rp. 7,5 jutaan untuk handset berikutnya.

Harga dan Ketersediaan

Galaxy A54 sekarang tersedia seharga kurang dari Rp. 7,5 jutaan. Itu akan memberi Anda hp 128GB dengan RAM 6GB, yang dapat ditambahkan ke penyimpanan onboard melalui slot microSD hp. Model dasar Inggris memiliki RAM ekstra 2GB, dan Anda dapat meningkatkan ke penyimpanan 256GB.

Penawaran Galaxy A54 terbaik memungkinkan Anda melacak diskon dari Samsung, operator nirkabel, dan pengecer yang menawarkan telepon. Galaxy A54 dihargai lebih murah dari Galaxy S23, memberi Anda kesempatan untuk berhemat besar jika Anda tidak memerlukan fitur premium dari unggulan Samsung.

Di antara hp dalam kisaran harganya, Galaxy A54 harganya sama dengan Google Pixel 6a dan Pixel 7a yang akan datang dikabarkan lebih mahal. iPhone SE (2022) menurunkan semua perangkat dengan harga mulai dari Rp. 6,4 jutaan.

Desain Samsung Galaxy A54

Desain Samsung Galaxy A54

Samsung menggunakan bahasa desain yang serupa untuk hp kelas menengahnya seperti halnya untuk hp andalannya, yang merupakan kabar baik untuk Galaxy A54. Alih-alih tonjolan kamera terpisah, bagian belakang hp menampilkan tiga lensa menurun pada Galaxy A54, seperti model Galaxy S23 terbaru.

Lensa Galaxy A54 sedikit lebih menonjol daripada kamera S23, jadi ponsel kelas menengah Samsung sedikit lebih goyah saat Anda meletakkannya menghadap ke atas. Bahan yang lebih murah digunakan di Galaxy A54.

Bagian belakang hp terasa plastik dan Samsung menggunakan Gorilla Glass 5 pada A54, bukan Gorilla Glass Victors 2 yang ditampilkan pada model Galaxy S23. A54 memiliki peringkat tahan air IP67, yang berarti dapat menahan dunk dalam air sedalam 1 meter hingga 30 menit. Ini tidak seluas peringkat IP68 Galaxy S23, tetapi masih menunjukkan banyak daya tahan untuk ponsel kelas menengah.

Satu perbedaan antara Galaxy A54 dan Galaxy S23 adalah penggunaan warna oleh Samsung. Warna ungu yang sama yang menghiasi panel belakang hp di unit ulasan Awesome Violet saya juga terlihat di bingkai samping. Pilihan warna lainnya termasuk grafit, putih, dan kapur.

Galaxy A54 memiliki pembaca sidik jari di bawah tampilan depan. Selama penyiapan, kami merasa agak rumit. Ini adalah pertama kalinya dalam satu setengah dekade pengujian telepon gagal mendaftarkan sidik jari pada percobaan pertama. Namun, akhirnya sensor dapat memindai sidik jari saya dan saya tidak mengalami masalah saat membuka kunci ponsel setelahnya.

Tampilan Samsung Galaxy A54

Samsung telah melengkapi Galaxy A54 dengan layar AMOLED 6,4 inci, menjadikannya ponsel kelas menengah yang cocok antara Galaxy S23 6,1 inci dan Galaxy S23 Plus 6,6 inci dalam hal ukuran layar. Layar Galaxy A54 memiliki kesamaan lain dengan flagships ini. Kecepatan refresh dapat diperpanjang hingga 120Hz saat aksi di layar mendapat manfaat dari pengguliran yang lebih halus atau grafik yang lebih imersif.

Baca Juga  Aplikasi Nonton Film Gratis: Hiburan Tanpa Batas di Ujung Jari

Galaxy A53 tahun lalu memiliki kecepatan refresh 120Hz, tetapi telah dimodifikasi untuk mengharuskan Anda beralih secara manual antara 120Hz dan 60Hz dan beralih ke kecepatan refresh yang lebih rendah saat Anda ingin menghemat baterai.

Kecepatan refresh pada Galaxy A54 tahun ini ditandai sebagai adaptif, memungkinkannya untuk meningkatkan hingga 120Hz sendiri. Ini adalah langkah maju yang besar dan semakin memperlebar jarak antara hp dan perangkat Samsung seperti Pixel 6a dan iPhone SE. Keduanya menampilkan layar 60Hz statis.

Saat membandingkan tampilan ketiga hp ini, Galaxy A54 adalah yang paling berwarna, menampilkan 127,1% spektrum warna sRGB dan 90% gamut warna DCI-P3 yang lebih menuntut.

Dalam mode Alami, Pixel 6a, juga menggunakan panel OLED, menampilkan 111,1% spektrum sRGB dan 78,7% gamut warna DCI-P3, sedangkan iPhone SE yang dilengkapi LCD memiliki gamut warna 114,7% dan 81,2%. %. Galaxy A54 juga menunjukkan akurasi warna tertinggi dengan Delta-E sebesar 0,06 yang merupakan standar akurasi warna paling mendekati 0.

Streaming trailer untuk Kumbang Biru di YouTube, pakaian neon biru Jaime Reyes sangat kontras dengan laut biru beriak yang hampir dia terjun setelah terjun bebas di luar angkasa. Menonton Cocaine Bear di Peacock ternyata pas di layar Galaxy A54.

Sungguh, satu-satunya keluhan tentang tampilan Galaxy A54 adalah bezelnya. Bezel cukup terlihat di bagian atas dan bawah hp. Mungkin karena kami meninjau semua jenis hp dengan tampilan tepi-ke-tepi, tetapi semua jenis bezel menonjol. Jika Anda mengupgrade dari hp entry-level lain, Anda mungkin tidak mengalami masalah ini.

Galaxy A54 dapat menandingi kecepatan refresh 120Hz dari Galaxy S, tetapi ada satu area yang lebih terbatas. Ini kecerahan layar. Ketiga model Galaxy S23 memiliki kecerahan maksimal 1.750 nits, sedangkan Galaxy A54 memiliki kecerahan maksimal 1.000 nits.

Galaxy A54 sebenarnya mendekati batas itu, mencapai 854 nits saat saya menggunakan pengukur cahaya untuk mengukur kecerahan. Itu lebih baik daripada pembacaan 778-nit Pixel 6a, dan tentunya cukup terang untuk melihat layar Samsung di siang hari. (Namun, sebaiknya matikan kecerahan adaptif untuk tampilan layar yang lebih baik.)

Kamera Samsung Galaxy A54

Hari-hari produsen hp menempatkan kamera kelas dua pada model kelas menengah sudah berakhir. Jika Anda akan menganggap handset Anda serius sebagai alternatif dari hp unggulan, Anda memerlukan perangkat keras berkualitas. Dan Galaxy A54 sesuai dengan tugasnya, setidaknya dalam hal kamera utama.

Lensa 50MP dengan bukaan f/1.8 cocok dengan spesifikasi Galaxy S23 dan kamera utamanya. Mempertimbangkan seberapa baik kinerja perangkat terakhir dalam pengujian kamera kami (saat ini kami menyertakan Galaxy S23 di antara ponsel kamera terbaik yang kami uji, meskipun tidak sekaya fitur Galaxy S23 Ultra), itu membantu Galaxy A54. .

Pengaturannya mirip dengan yang ditawarkan Galaxy A52, meskipun Galaxy A54 memiliki dua kamera belakang yang berbeda. Anda mendapatkan penembak ultra lebar 12MP bersama dengan lensa makro 5MP. Saya akan sangat menghargai jika seseorang dapat menjelaskan kepada saya mengapa produsen hp terus memasang lensa makro di perangkat mereka.

Tapi mari kita fokus pada kamera yang benar-benar akan Anda gunakan dan lihat bagaimana mereka dibandingkan dengan Pixel 6a dan iPhone SE, yang merupakan hp kamera beranggaran besar dengan sendirinya.

Jika ada satu area di mana kamera Galaxy A54 tidak rata, itu adalah potret. Contoh khusus ini menunjukkan komitmen Galaxy A54 terhadap Pixel 6a, tetapi hal yang sama berlaku saat mengambil potret dengan iPhone SE. Galaxy A54 mengecat wajah putrinya dengan warna putih, membuatnya tampak sangat pucat.

HP lain (Pixel 6a dalam hal ini) menawarkan warna yang lebih hangat yang menghasilkan foto yang lebih menarik. Menurut saya efek bokeh Pixel 6a juga lebih menyeluruh. Pindah ke lensa ultra lebar Galaxy A54, Anda mendapatkan hasil yang beragam. HP Samsung telah mengorbankan detail untuk warna.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Performa HP Vivo untuk Setiap Penggunaan

Foto-foto A54 jauh lebih terang dan lebih menarik daripada yang dikumpulkan oleh Pixel 6a. Tetapi meskipun segelap cetakan dalam gambar dari blok bangunan Pixel 6a, Anda akan melihat lebih banyak detail. Kedua hp kamera telah menambahkan efek mata ikan yang mencolok pada setiap gambar.

Samsung telah banyak menekankan pada fotografi cahaya redup dengan peluncuran hpnya baru-baru ini, dan senang melihat upaya tersebut diteruskan ke model kelas menengah seperti Galaxy A54. Mural ini terlihat jauh lebih cerah dan berwarna dalam foto-foto dari Galaxy A54. Bunga sakura di sisi kanan dinding lebih menonjol daripada foto Pixel 6a. di lampu jalan.

Pixel 6a memberikan kompensasi yang berlebihan untuk semburat kuning di lampu jalan, menggelapkan keseluruhan gambar, menghasilkan gambar yang lebih tajam pada Galaxy A54. Saya suka bagaimana foto Samsung berfokus pada rumah di sisi kiri foto, sedangkan upaya Pixel 6a memiliki sedikit efek buram.

Lensa makro pada Galaxy A54 juga harus diperhatikan. Meskipun saya terus mempertanyakan berapa banyak yang didapat rata-rata orang dengan tambahan seperti itu. Close-up tulip ini relatif detail. Anda bisa melihat jeruk bermunculan dan tonjolan-tonjolan terbentuk di kelopaknya.

Namun demikian, ada sedikit keburaman yang tidak dapat sepenuhnya saya hilangkan dalam bidikan close-up, jadi saya berharap tangan saya lebih stabil jika benar-benar menggunakan lensa ini. Galaxy A54 mengusung kamera depan 32MP, dan seperti kamera selfie di hp Samsung lainnya, wajahnya cenderung terlalu apik.

Efeknya tidak terlalu terlihat di foto saya di A54, tetapi ini mencoba untuk menghilangkan bintik-bintik dan noda lainnya dengan cara yang tidak dilakukan oleh kamera depan iPhone SE. IPhone SE meningkatkan warnanya sedikit dengan nada yang lebih hangat, tetapi dalam hal ini berhasil. Saya lebih suka jepretan iPhone, tapi saya bisa hidup dengan berfoto selfie seperti itu di Galaxy A54.

Kinerja Samsung Galaxy A54

Samsung mencoba meningkatkan performa Galaxy A54 dibandingkan pendahulunya dengan mengganti chipset Exynos 1280 di Galaxy A54 dengan system-on-chip Exynos 1380 yang lebih bertenaga. Pada peluncuran Galaxy A54, Samsung menjanjikan peningkatan kinerja CPU sebesar 20% dan peningkatan kinerja GPU sebesar 26% berkat pergantian chipset.

Kami melihat beberapa keuntungan ini dalam tes benchmark Galaxy A54. Sayangnya untuk Samsung, itu tidak cukup untuk menutup kesenjangan kinerja yang ada dengan Pixel 6a yang ditenagai Tensor G1.

Di Geekbench 5, skor single-core Galaxy A54 781 nyaris mengalahkan A53 745, sementara kinerja multi-core meningkat lebih jauh lagi, dari 1.888 menjadi 2.664. Namun, Pixel 6a masih mencetak skor tunggal dan multi-core yang lebih baik, masing-masing 1.057 dan 2.918.

Tes grafis adalah cerita yang serupa, karena Exynos 1380 Galaxy A54 membantu menghasilkan 16,9 frame per detik dalam tes Wilde Life Unlimited 3DMark. Ini sedikit keuntungan dari hasil 14fps Galaxy A53. Namun, itu jauh di belakang hasil 41,7fps Pixel 6a, belum lagi 50fps yang dihasilkan iPhone SE.

Untuk pengujian dunia nyata, Adobe Premiere Rush membiarkan ponsel mentranskode video. Tindakan ini membingungkan Galaxy A53 setahun yang lalu. Kami senang untuk mengatakan bahwa Galaxy A54 menyelesaikan transcoding dalam 1 menit dan 12 detik, memangkas waktu A53 sebanyak 46 detik.

Itu masih jauh dari kecepatan 49 detik yang ditetapkan oleh Pixel 6a. Dan memanfaatkan chipset A15 Bionic Apple, iPhone SE hanya membutuhkan 27 detik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pixel 7a akan menampilkan chipset Tensor G2 baru, jadi menurut Anda kesenjangan kinerja hanya akan bertambah saat Pixel 7a diluncurkan. Demikian pula, Pixel 7 yang berjalan pada Tensor G2 mendapatkan angka kinerja yang sedikit lebih baik daripada Pixel 6a, dan kami berharap ponsel kelas menengah baru Google melakukan hal yang sama.

Hasil benchmark mungkin tidak menggembirakan, tapi setidaknya Galaxy A54 tampil baik dalam penggunaan hp sehari-hari.Anda dapat beralih antar aplikasi dengan sedikit kelambatan yang terlihat, dan game yang menuntut seperti PUBG Mobile bekerja dengan baik di perangkat.

Kami juga mengapresiasi bahwa speaker teratas Galaxy A54 diposisikan di depan sehingga tangan Anda tidak mengganggu audio saat bermain game dalam mode lanskap. (Speaker lainnya ada di tepi bawah ponsel.) Panggilan telepon pun terdengar jelas dari speaker atas.

Baca Juga  Cara Membersihkan Speaker HP: Panduan Lengkap

Masa Pakai Baterai dan Pengisian Daya

Jika Exynos 1380 tidak memberikan peningkatan kinerja yang kami cari, setidaknya Exynos 1380 mengelola daya dengan cukup baik untuk memanfaatkan baterai 5.000 mAh Galaxy A54.

Dengan layar A54 yang diatur ke kecepatan refresh adaptif yang dapat membentang hingga 120Hz, hp rata-rata bertahan selama 10 jam 20 menit dalam pengujian baterai kami, yang mengatur setiap perangkat untuk terus menjelajahi web melalui seluler. Hasil Galaxy A54 mengungguli rata-rata smartphone sekitar 30 menit.

Masa pakai baterai lebih ditingkatkan dengan mematikan fitur kecepatan refresh adaptif. Dengan tampilan terkunci pada kecepatan 60Hz, Galaxy A54 bertahan 11 jam 46 menit, menjadikannya unggulan di daftar masa pakai baterai hp terbaik kami.

Untuk menempatkan hasil ini dalam konteks, Galaxy A54 bertahan sedikit lebih lama dari Galaxy S23 (10 jam dan 27 menit), tetapi andalan Samsung memiliki baterai yang lebih kecil dan chipset yang jauh lebih hemat daya.  Di antara hp dalam kisaran harga A54, ponsel terbaru Samsung ini bertahan lebih lama dari semuanya.

IPhone SE bertahan 9 jam 5 menit saat pengulas kami mengujinya, sedangkan Pixel 6a mengecewakan di bawah 6,5 jam. Pastinya, Galaxy A54 adalah hp kelas menengah yang harus Anda dapatkan jika Anda menginginkan sesuatu yang tahan lama dengan sekali pengisian daya.

Galaxy A54 juga memiliki kecepatan pengisian kabel 25W yang sama dengan Galaxy S23, jadi Anda harus mengisi daya dengan klip yang layak. (Galaxy A54 tidak memiliki dukungan pengisian daya nirkabel.) Menggunakan pengisi daya 20W, saya dapat mengisi daya A54 mati hingga 31% setelah 30 menit.

Mungkin menggunakan pengisi daya yang memanfaatkan sepenuhnya kecepatan pengisian daya A54 akan memberi Anda hasil yang mendekati 55%. Namun, kami berharap Samsung menerapkan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat seperti yang dilakukan OnePlus untuk ponsel kelas bawah. OnePlus Nord CE3 Lite yang baru dirilis memungkinkan Anda mengisi daya dengan klip 67W.

Perangkat Lunak dan Fitur Khusus

Jika Anda membeli Galaxy A54 yang menjalankan Samsung One UI 5.1 di atas OS seluler, Anda akan mendapatkan Android 13. Ini adalah perangkat lunak yang sama yang memulai debutnya dengan Galaxy S23, jadi ponsel kelas menengah ini akan mendukung fitur yang sama, termasuk mode dan rutinitas.

Lebih baik lagi, bahkan setelah pembaruan Android 14 tiba, Anda masih dapat mengharapkan tiga pembaruan OS lagi untuk Galaxy A54 berkat kebijakan Samsung yang mendukung total empat pembaruan dan pembaruan keamanan selama lima tahun.

Kesimpulan

Masih ada bab yang harus ditulis dalam ulasan Samsung Galaxy A54 ini. Tentu saja, ponsel baru ini mengungguli Pixel 6a dalam banyak hal, termasuk masa pakai baterai yang lebih baik, tampilan yang lebih cerah dan berwarna, serta kebijakan pembaruan perangkat lunak yang memperpanjang usia hp ini selama bertahun-tahun.

Kamera utama yang ditingkatkan bersaing dengan baik dengan Pixel 6a, dan harga Rp. 6,4 jutaan masih sulit dikalahkan. Tapi Pixel 6a bukanlah kata terakhir Google di smartphone harga menengah. Mungkin pada awal Mei, Pixel 7a akan diluncurkan, dan pertarungan Galaxy A54 vs Pixel 7a akan menjadi faktor penentu bagi siapa pun yang ingin membeli smartphone termurah.

Kami tidak dapat menilai Galaxy A54 untuk apa pun yang dapat terjadi. Kamu disini sekarang. Dan sambil mengabaikan prosesor, yang menawarkan peningkatan kinerja paling baik, Galaxy A54 menentukan area yang penting bagi sebagian besar pengguna smartphone: kamera, masa pakai baterai, dan tampilan. Dan itu semua dalam paket yang sangat terjangkau, meningkatkan peringkat ponsel Android terbaik kami.