Penyebab Trombosit Turun Mengetahui Gejala dan Pengobatannya

Biotifor.or.id – Penyebab Trombosit Turun, Trombosit adalah salah satunya tipe sel darah yang berperanan penting pada proses pembekuan darah. Saat terjadi cedera dalam tubuh, trombosit bekerja untuk membuat gumpalan darah buat hentikan pendarahan.

Tetapi, ada banyak keadaan yang bisa mengakibatkan pengurangan jumlah trombosit pada darah, yang dikenali istilah trombositopenia. Artikel berikut akan mengulas mengenai penyebab trombosit turun, tanda-tanda yang kemungkinan muncul, dan beberapa penyembuhan yang bisa dilaksanakan.

Penyebab Trombosit Turun

Pengenalan mengenai trombosit dan peranan keutamaan dalam pembekuan darah
Trombosit ialah komponen mobile pada darah yang menolong pada proses pembekuan darah. Saat terjadi cedera atau luka dalam tubuh, trombosit mengarah ke tempat yang cedera dan membuat gumpalan darah untuk hentikan pendarahan. Kedatangan jumlah trombosit yang cukup penting untuk jaga kesetimbangan pembekuan darah.

Pengertian trombositopenia dan jumlah trombosit yang normal

Trombositopenia ialah keadaan klinis di mana jumlah trombosit pada darah lebih rendah dari normal. Umumnya, jumlah trombosit normal sekitar di antara 150.000 sampai 450.000 per mikroliter darah. Trombositopenia bisa terjadi saat produksi trombosit turun, ada masalah dalam distribusi trombosit, atau bertambahnya kerusakan trombosit.

Penyebab Trombosit Turun

penyebab trombosit turun

Penyebab Primer

Penyebab primer trombositopenia ialah saat sumsum tulang tidak bisa hasilkan jumlah trombosit yang cukup. Beberapa penyebab primer mencakup:

  • Penyakit autoimun: Mekanisme ketahanan tubuh serang trombosit hingga mengakibatkan pengurangan banyaknya.
  • Penyakit genetik: Keadaan bawaan yang mempengaruhi produksi trombosit, seperti sindrom Wiskott-Aldrich atau anemia Fanconi.
  • Leukemia: Tipe kanker darah yang bisa memengaruhi produksi trombosit.

Penyebab Sekunder

Penyebab sekunder trombositopenia ialah keadaan yang memengaruhi pembangunan, peredaran, atau peranan trombosit sesudah dibuat oleh sumsum tulang. Beberapa penyebab sekunder mencakup:

  •  infeksi: Infeksi virus, seperti dengue atau HIV, bisa memengaruhi peranan trombosit dan produksi.
  • Penyakit hati: Kerusakan hati bisa mengusik pembangunan trombosit.
  • Penggunaan beberapa obat: Beberapa obat, seperti kemoterapi atau pemakaian periode panjang obat pencair darah, bisa mengakibatkan pengurangan jumlah trombosit.
Baca Juga  Manfaat Lampu: Penerangan yang Penting dalam Kehidupan

Tanda-tanda Trombosit Turun

Trombositopenia tidak selamanya memperlihatkan tanda-tanda yang terang pada awalnya. Tetapi, gejala-gejala yang kemungkinan muncul saat jumlah trombosit benar-benar rendah ialah:

  • Mudah bengkak dan berdarah, bahkan juga tanpa luka yang signifikan.
  • Perdarahan gusi atau hidung yang berkepanjangan.
  • Lelah dan kurang kuat secara umum.
  • Munculnya bercak-bercak merah atau ungu pada kulit.

Analisis dan pemeriksaan trombositopenia

Untuk menganalisis trombositopenia, dokter akan lakukan pemeriksaan fisik dan menyaksikan kisah kesehatan pasien. Pemeriksaan darah akan dilaksanakan untuk menghitung jumlah trombosit. Disamping itu, test tambahan kemungkinan dibutuhkan untuk ketahui penyebab trombositopenia, seperti test peranan hati atau pemeriksaan sumsum tulang.

Penyembuhan Trombosit Turun

Penyembuhan trombositopenia bergantung pada tingkat keparahannya dan penyebab. Beberapa opsi penyembuhan mencakup:

  1. Therapy kenaikan produksi trombosit
    Dokter dapat memberi resep obat untuk tingkatkan produksi trombosit oleh sumsum tulang, seperti kortikosteroid atau hormon stimulan trombosit.
  2. Therapy penghalangan perusakan trombosit
    Bila mekanisme ketahanan tubuh serang trombosit, dokter bisa memakai obat imunosupresan untuk hentikan gempuran itu.
  3. Therapy transfusi trombosit
    Dalam kasus yang kronis, bila jumlah trombosit benar-benar rendah, transfusi trombosit bisa dilaksanakan untuk tingkatkan jumlah trombosit dalam darah Penyebab Trombosit Turun.

Penangkalan dan perawatan trombositopenia

Tidak seluruhnya kasus trombositopenia bisa dihindari, tapi langkah-langkah bisa diambil untuk kurangi dampak negatif. Beberapa panduan penangkalan dan perawatan trombositopenia mencakup:

  • Menghin dari trauma dan luka yang bisa mengakibatkan pendarahan.
  • Menghindari beberapa obat tertentu yang bisa memengaruhi trombosit.
  • Memiliki skema makan yang imbang dan sehat untuk mempertahankan kesehatan umum.

Prognosis dan kompleksitas trombositopenia

Prognosis trombositopenia bergantung pada tingkat keparahannya dan penyebab. Dalam beberapa kasus, dengan penyembuhan yang pas, jumlah trombosit bisa bertambah lagi ke tingkat yang normal. Tetapi, beberapa kasus trombositopenia akut atau yang disebabkan karena keadaan yang semakin lebih serius bisa mempunyai prognosis yang berbeda. Kompleksitas trombositopenia bisa mencakup dampak negatif pendarahan yang meningkat.

Baca Juga  Cara Presto Bandeng Agar Duri Lunak Dengan Mudah

Ringkasan

Trombosit adalah bagian utama pada proses pembekuan darah. Trombositopenia, atau pengurangan jumlah trombosit pada darah, bisa disebabkan karena beragam factor, baik primer atau sekunder. Tanda-tanda trombositopenia mencakup gampang bengkak, pendarahan gusi atau hidung yang berkelanjutan, kecapekan, dan bercak-bercak pada kulit.

Diagnosis dan penyembuhan trombositopenia perlu dilaksanakan oleh dokter yang berkompeten. Beberapa penyembuhan yang kemungkinan dilaksanakan ialah therapy kenaikan produksi trombosit, therapy penghalangan perusakan transfusi trombosit, dan trombosit. Penangkalan dan perawatan penting juga untuk mengurus keadaan ini Penyebab Trombosit Turun.

FAQs (Frequently Asked Questions)

  1. Apakah trombositopenia dapat pulih?
    • Prognosis trombositopenia bergantung pada tingkat keparahannya dan penyebab. Dalam beberapa kasus, dengan penyembuhan yang pas, jumlah trombosit bisa bertambah lagi ke tingkat yang normal.
  2.  Bagaimana langkah menghambat trombositopenia?
    • Beberapa cara yang bisa diambil untuk menghambat trombositopenia diantaranya menghin dari trauma dan luka yang bisa mengakibatkan pendarahan, menghindar dari beberapa obat tertentu yang bisa memengaruhi trombosit, dan jaga skema makan yang sehat dan imbang.
  3. Apa yang mengakibatkan trombositopenia primer?
    • Penyebab primer trombositopenia ialah saat sumsum tulang tidak bisa hasilkan jumlah trombosit yang cukup. Beberapa penyebab primer mencakup penyakit autoimun, penyakit leukemia, dan genetik.
  4.  Apakah trombositopenia beresiko?
    • Trombositopenia bisa tingkatkan dampak negatif pendarahan, khususnya dalam kasus yang parah. Karena itu, penting untuk cari perawatan klinis bila alami tanda-tanda trombositopenia.
  5. Apa yang sudah dilakukan bila alami tanda-tanda trombositopenia?
    • Jika alami tanda-tanda trombositopenia, seperti gampang bengkak atau pendarahan gusi yang berkelanjutan, selekasnya diskusikan sama dokter untuk memperoleh analisis dan penyembuhan yang tepat.