Macam-Macam Obat Gatal Selangkangan Alami Yang Terbukti Ampuh !

biotifor.or.idObat Gatal Selangkangan Alami , Gatal selangkangan adalah salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Gatal selangkangan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi jamur, bakteri, atau virus, alergi, iritasi, atau gangguan sistem kekebalan tubuh. Gatal selangkangan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi gatal selangkangan, banyak orang memilih untuk menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di apotek atau toko obat. Namun, obat-obatan tersebut mungkin memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti iritasi kulit, keringat berlebih, atau bahkan ketergantungan. Selain itu, obat-obatan tersebut juga tidak selalu efektif dalam menyembuhkan penyebab gatal selangkangan.

Oleh karena itu, banyak orang mencari alternatif pengobatan alami untuk gatal selangkangan. Pengobatan alami adalah pengobatan yang menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Pengobatan alami biasanya lebih aman dan lebih ramah lingkungan daripada pengobatan kimia.

7 Obat Gatal Selangkangan Alami Termanjur

obat gatal selangkangan alami

Berikut adalah beberapa macam obat gatal selangkangan alami yang dapat Anda coba:

1. Daun Sirih

Daun sirih dikenal mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang mampu memberikan kontribusi signifikan dalam proses penyembuhan infeksi pada kulit. Selain itu, kemampuan daun sirih juga terbukti efektif dalam meredakan peradangan dan mengurangi iritasi pada kulit yang mengalami rasa gatal. Dengan demikian, penggunaan daun sirih dapat dianggap sebagai solusi alami yang bermanfaat dalam mempromosikan kesehatan dan keamanan kulit.

. Cara menggunakan daun sirih untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu batang daun sirih segar.
  • Rebus daun sirih dalam air mendidih selama 10 menit.
  • Saring air rebusan daun sirih dan biarkan dingin.
  • Oleskan air rebusan daun sirih pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa, dengan sifat antimikroba yang dimilikinya, tidak hanya berperan sebagai agen pembersih yang efektif tetapi juga sebagai pelembap yang mampu memberikan kelembapan pada kulit yang mengalami gatal. Selain itu, khasiat minyak kelapa juga mencakup kemampuan untuk mengurangi tingkat peradangan dan menanggulangi potensi infeksi yang dapat timbul pada kulit. Oleh karena itu, pemanfaatan minyak kelapa dapat dianggap sebagai pilihan alami yang komprehensif untuk menjaga kebersihan, kelembutan, dan kesehatan kulit.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur | Demi Kenyamanan Pasangan Kamu

. Cara menggunakan minyak kelapa untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu sendok makan minyak kelapa murni.
  • Oleskan minyak kelapa pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya diketahui mengandung substansi antiinflamasi dan komponen yang dapat memberikan efek penenang pada kulit, sehingga dapat efektif meredakan sensasi nyeri dan kemerahan pada area kulit yang mengalami gatal. Selain itu, lidah buaya juga terbukti memiliki sifat penyembuhan yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka atau mengatasi bekas luka pada kulit yang mungkin terinfeksi. Oleh karena itu, pemanfaatan lidah buaya sebagai perawatan kulit dapat dianggap sebagai pendekatan holistik untuk mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan kondisi kulit secara keseluruhan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu sendok makan lidah buaya segar.
  • Oleskan lidah buaya pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.

4. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree dikenal memiliki sifat antijamur dan antiseptik yang mampu secara efektif menghambat perkembangan jamur atau bakteri pada kulit yang mengalami rasa gatal. Tidak hanya itu, minyak tea tree juga memiliki potensi untuk memfasilitasi proses penyembuhan luka atau mengatasi bekas luka pada kulit yang mengalami infeksi. Dengan demikian, pemanfaatan minyak tea tree dapat dianggap sebagai pilihan yang holistik dan efektif dalam merawat kulit, tidak hanya menenangkan rasa gatal tetapi juga menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Cara menggunakan minyak tea tree untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu sendok makan minyak tea tree murni.
  • Oleskan minyak tea tree pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.
Baca Juga  Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi, Terbukti!

5. Yoghurt

Yoghurt, berkat kandungan probiotiknya, terbukti mampu mengoptimalkan keseimbangan bakteri pada kulit. Kehadiran probiotik dalam yoghurt membawa manfaat signifikan dalam mencegah dan mengatasi potensi infeksi pada kulit yang mengalami rasa gatal. Dengan cara ini, pemanfaatan yoghurt tidak hanya menciptakan kondisi yang lebih sehat untuk kulit tetapi juga memberikan dukungan yang efektif dalam menjaga stabilitas mikroorganisme pada permukaan kulit.

Cara menggunakan yoghurt untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu sendok makan yoghurt alami tanpa gula.
  • Oleskan yoghurt pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.

6. Kulit Pisang

Kulit pisang memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit pada kulit yang gatal. Kulit pisang juga dapat membantu menyembuhkan luka atau bekas luka pada kulit yang terinfeksi. Cara menggunakan kulit pisang untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah pisang matang.
  • Potong kulit pisang menjadi beberapa potongan tipis.
  • Oleskan potongan-potongan pisang pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.

7. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi pada kulit yang gatal. Kunyit juga dapat membantu menyembuhkan luka atau bekas luka pada kulit yang terinfeksi. Cara menggunakan kunyit untuk gatal selangkangan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu sendok teh bubuk kunyit.
  • Campur kunyit dengan air secukupnya hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta kunyit pada area yang gatal dengan kapas atau spons.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari sampai gejala hilang.

Peringatan dan Pertimbangan

Sebelum Anda menggunakan obat gatal selangkangan alami, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Konsultasi dengan ahli kesehatan sebelum penggunaan, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, sedang hamil, atau sedang menggunakan obat-obatan tertentu.
  • Perhatikan reaksi alergi yang mungkin terjadi setelah Anda mengoleskan bahan-bahan alami tersebut pada kulit Anda. Jika Anda mengalami gejala seperti ruam, bengkak, kemerahan, atau kesulitan bernapas, segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter.
  • Gunakan bahan-bahan alami tersebut dengan cara yang benar dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan terlalu banyak mengoleskan bahan-bahan alami tersebut pada kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi atau overdosis.
Baca Juga  10 Manfaat Bunga Dandelion bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga : 5 Obat Gatal Kulit Alami Yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Obat gatal selangkangan alami adalah alternatif pengobatan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan kulit Anda tanpa menggunakan obat-obatan kimia sintetis. Obat gatal selangkangan alami biasanya lebih aman dan lebih ramah lingkungan daripada obat-obatan kimia.

Beberapa macam obat gatal selangkangan alami yang dapat Anda coba adalah daun sirih, minyak kelapa, lidah buaya, minyak tea tree, yoghurt, dan kunyit. Masing-masing bahan memiliki kandungan dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Pilihlah bahan-bahan alami tersebut sesuai dengan kondisi dan preferensi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih