Misteri yang Menarik: Jelajahi Legenda Monster Loch Ness di Skotlandia

Posted on

Misteri yang Menarik: Jelajahi Legenda Monster Loch Ness di Skotlandia

Monster Loch Ness di Skotlandia, juga dikenal sebagai Nessie, adalah makhluk mitos yang dipercaya hidup di Loch Ness, sebuah danau besar dan dalam di Dataran Tinggi Skotlandia. Deskripsi Nessie bervariasi, namun yang paling umum digambarkan sebagai makhluk besar dengan leher panjang, tubuh seperti ular, dan punuk di punggungnya.

Legenda Nessie telah ada selama berabad-abad, dengan penampakan pertama yang dilaporkan pada abad ke-6. Penampakan paling terkenal terjadi pada tahun 1933, ketika sebuah foto yang diduga menangkap Nessie diterbitkan di surat kabar. Foto tersebut kemudian terbukti palsu, namun legenda Nessie tetap hidup.

Apakah Nessie benar-benar ada atau tidak masih menjadi misteri. Beberapa orang percaya bahwa Nessie adalah makhluk nyata, sementara yang lain percaya bahwa Nessie hanyalah legenda. Namun, Loch Ness tetap menjadi tujuan wisata populer bagi mereka yang ingin melihat sekilas makhluk mitos tersebut.

Monster Loch Ness di Skotlandia

Monster Loch Ness di Skotlandia, atau Nessie, adalah makhluk mitos yang telah menarik perhatian dan daya tarik selama berabad-abad. Berikut adalah 8 aspek penting yang mengeksplorasi berbagai dimensi seputar fenomena ini:

  • Legenda dan Mitos
  • Penampakan dan Bukti
  • Investigasi Ilmiah
  • Pariwisata dan Budaya
  • Dampak Ekonomi
  • Misteri dan Spekulasi
  • Signifikansi Budaya
  • Pelestarian dan Konservasi

Aspek-aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada daya tarik abadi Nessie. Legenda dan mitos seputar Nessie telah mengakar kuat dalam budaya Skotlandia, menarik wisatawan dari seluruh dunia. Penampakan dan bukti yang dilaporkan, meskipun seringkali kontroversial, menambah aura misteri. Investigasi ilmiah telah berupaya mengungkap kebenaran di balik Nessie, sementara pariwisata dan budaya telah berkembang pesat karena daya tariknya. Dampak ekonomi yang dihasilkan oleh Nessie sangat signifikan, karena menarik banyak pengunjung dan mendukung bisnis lokal. Misteri dan spekulasi seputar Nessie terus memikat imajinasi orang, menjadikannya fenomena budaya yang unik dan abadi. Terakhir, pelestarian dan konservasi Loch Ness dan sekitarnya sangat penting untuk melindungi habitat dan warisan yang terkait dengan legenda Nessie.

Legenda dan Mitos

Legenda dan mitos memainkan peran penting dalam membentuk persepsi dan daya tarik abadi Monster Loch Ness di Skotlandia. Cerita-cerita rakyat dan legenda yang diturunkan dari generasi ke generasi telah membentuk citra Nessie di mata publik, menjadikannya makhluk yang penuh misteri dan intrik.

  • Asal Usul Legenda

Legenda Monster Loch Ness sudah ada sejak abad ke-6, dengan penampakan pertama yang dilaporkan oleh Santo Columba. Sejak itu, banyak cerita rakyat dan legenda yang berkembang, memperkuat mitos tentang makhluk besar yang mendiami perairan Loch Ness.

Pengaruh Budaya

Legenda Nessie telah menjadi bagian integral dari budaya Skotlandia. Makhluk ini telah menjadi simbol negara dan ditampilkan dalam berbagai karya seni, sastra, dan film. Legenda ini juga telah menarik wisatawan dari seluruh dunia, memikat mereka dengan kisah misteri dan keajaiban.

Dampak Psikologis

Legenda Monster Loch Ness memiliki dampak psikologis yang mendalam pada masyarakat. Kisah-kisah tentang makhluk yang belum ditemukan membangkitkan rasa ingin tahu, ketakutan, dan kegembiraan. Legenda ini telah membentuk persepsi publik tentang alam dan batas-batas pengetahuan manusia.

Pentingnya Pelestarian

Legenda Monster Loch Ness juga menyoroti pentingnya pelestarian danau dan lingkungan sekitarnya. Upaya untuk melindungi Loch Ness dan spesies yang menghuninya sangat penting untuk melestarikan warisan budaya dan legenda yang terkait dengan Nessie.

Legenda dan mitos seputar Monster Loch Ness telah membentuk persepsi publik, menarik wisatawan, dan berkontribusi pada budaya Skotlandia. Mereka terus memainkan peran penting dalam menjaga daya tarik dan misteri abadi Nessie.

Penampakan dan Bukti

Penampakan dan bukti memainkan peran penting dalam membentuk persepsi publik tentang Monster Loch Ness di Skotlandia. Laporan penampakan telah terjadi selama berabad-abad, beberapa di antaranya didukung oleh bukti fisik, sementara yang lain tetap menjadi spekulasi. Berikut adalah beberapa aspek penting dari penampakan dan bukti terkait Nessie:

  • Laporan Penampakan

    Laporan penampakan Monster Loch Ness telah terjadi selama berabad-abad, dengan penampakan pertama yang dilaporkan pada abad ke-6. Penampakan tersebut bervariasi, dengan deskripsi yang beragam mulai dari makhluk besar dengan leher panjang hingga benda-benda misterius di permukaan danau.

  • Bukti Fotografi dan Video

    Beberapa penampakan Nessie telah didukung oleh bukti fotografi dan video. Foto dan rekaman paling terkenal adalah “Foto Ahli Bedah” tahun 1934, yang menunjukkan kepala dan leher makhluk yang muncul dari air. Namun, keaslian foto tersebut telah diperdebatkan.

  • Sonar dan Pemindaian

    Teknologi sonar dan pemindaian telah digunakan untuk mencari Nessie di Loch Ness. Pada tahun 2016, sebuah tim ekspedisi menggunakan sonar multi-beam dan menemukan sebuah objek besar yang belum dapat diidentifikasi di dasar danau. Namun, tidak ada bukti konklusif bahwa objek tersebut adalah Nessie.

  • Bukti DNA

    Studi DNA lingkungan telah dilakukan pada sampel air dari Loch Ness. Studi-studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi DNA dari makhluk besar yang tidak diketahui, tetapi hingga saat ini belum ditemukan bukti yang meyakinkan untuk mendukung keberadaan Nessie.

Baca Juga  Nama-Nama Kerajaan di Indonesia Terlengkap dan Terpercaya

Meskipun ada banyak laporan penampakan dan bukti yang diduga, masih belum ada bukti konklusif yang membuktikan keberadaan Monster Loch Ness. Namun, penampakan dan bukti ini terus memikat imajinasi publik dan berkontribusi pada legenda dan misteri Nessie.

Investigasi Ilmiah

Investigasi Ilmiah memainkan peran penting dalam upaya mengungkap misteri Monster Loch Ness di Skotlandia, yang dikenal sebagai Nessie. Berikut adalah beberapa aspek penting dari Investigasi Ilmiah terkait Nessie:

  • Pengumpulan Data
    Investigasi ilmiah dimulai dengan pengumpulan data dari berbagai sumber, seperti laporan penampakan, bukti fotografi, dan rekaman sonar. Data ini digunakan untuk membangun profil makhluk yang diyakini sebagai Nessie.
  • Ekspedisi Lapangan
    Ekspedisi lapangan dilakukan untuk melakukan pengamatan langsung terhadap Loch Ness dan mengumpulkan data lebih lanjut. Teknik-teknik seperti sonar multi-beam, kamera bawah air, dan pengambilan sampel DNA digunakan untuk mencari tanda-tanda keberadaan Nessie.
  • Analisis Ilmiah
    Data yang dikumpulkan dari pengamatan dan ekspedisi lapangan dianalisis menggunakan metode ilmiah. Analisis ini mencakup pemeriksaan bukti fotografi dan rekaman, serta interpretasi data sonar dan DNA.
  • Konsultasi Ahli
    Para ilmuwan dari berbagai bidang, seperti biologi, geologi, dan oseanografi, berkonsultasi untuk memberikan keahlian dan perspektif mereka dalam menafsirkan data dan menarik kesimpulan tentang keberadaan Nessie.

Investigasi ilmiah seputar Monster Loch Ness di Skotlandia telah memberikan wawasan berharga tentang danau dan penghuninya. Meskipun keberadaan Nessie belum terbukti secara konklusif, penyelidikan yang berkelanjutan terus berkontribusi pada pemahaman kita tentang misteri alam.

Pariwisata dan Budaya

Legenda Monster Loch Ness di Skotlandia, dikenal sebagai Nessie, telah menjadi pusat perhatian global selama berabad-abad. Kehadiran Nessie dalam budaya populer telah berdampak signifikan pada pariwisata dan budaya di Skotlandia.

Nessie telah menjadi simbol Skotlandia dan menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Loch Ness dan sekitarnya telah menjadi tujuan wisata populer, dengan banyak tur perahu dan pusat pengunjung yang didedikasikan untuk legenda Nessie. Pariwisata yang berhubungan dengan Nessie telah menciptakan lapangan kerja dan mendukung bisnis lokal di wilayah tersebut.

Selain itu, Nessie telah menginspirasi berbagai karya seni, sastra, dan film. Lukisan, patung, dan karya sastra telah menggambarkan Nessie dan legenda di sekitarnya. Film-film seperti “Loch Ness” (1996) dan “The Water Horse: Legend of the Deep” (2007) telah mempopulerkan legenda Nessie di seluruh dunia.

Legenda Nessie juga telah berdampak pada budaya dan identitas Skotlandia. Nessie telah menjadi bagian dari cerita rakyat dan tradisi Skotlandia, dan banyak orang Skotlandia bangga dengan asosiasi negara mereka dengan makhluk misterius ini. Nessie telah menjadi simbol kebanggaan nasional dan identitas budaya.

Memahami hubungan antara pariwisata dan budaya seputar Monster Loch Ness sangat penting untuk mengelola dan mempromosikan potensi wisata daerah tersebut secara berkelanjutan. Dengan menyeimbangkan kebutuhan industri pariwisata dengan pelestarian legenda dan budaya Nessie, Skotlandia dapat terus menarik wisatawan sambil melindungi warisan budayanya yang unik.

Dampak Ekonomi

Keberadaan Monster Loch Ness di Skotlandia, atau Nessie, telah memberikan dampak ekonomi yang signifikan pada wilayah Skotlandia dan sekitarnya. Berikut adalah beberapa aspek penting dari dampak ekonomi Nessie:

  • Pariwisata

    Legenda Nessie telah menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia, menjadikan Loch Ness dan daerah sekitarnya sebagai tujuan wisata populer. Tur perahu, pusat pengunjung, dan atraksi lainnya telah didirikan untuk memenuhi permintaan wisatawan yang ingin melihat sekilas Nessie atau mempelajari lebih lanjut tentang legendanya.

  • Bisnis Lokal

    Pariwisata yang berkaitan dengan Nessie telah mendukung bisnis lokal di wilayah tersebut. Hotel, restoran, toko suvenir, dan perusahaan lain telah mendapatkan keuntungan dari masuknya wisatawan. Nessie telah menjadi pendorong ekonomi yang penting bagi masyarakat setempat.

  • Penciptaan Lapangan Kerja

    Industri pariwisata yang berkembang pesat seputar Nessie telah menciptakan lapangan kerja di bidang perhotelan, transportasi, dan layanan pelanggan. Banyak orang lokal telah menemukan peluang kerja di sektor-sektor ini, berkontribusi pada perekonomian lokal.

  • Investasi Infrastruktur

    Meningkatnya jumlah wisatawan ke Loch Ness telah mendorong investasi pada infrastruktur daerah. Jalan, jembatan, dan fasilitas umum telah ditingkatkan untuk mengakomodasi peningkatan lalu lintas dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung.

Dampak ekonomi dari Monster Loch Ness di Skotlandia sangatlah signifikan dan telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan wilayah tersebut. Dengan mengelola industri pariwisata secara berkelanjutan dan mempromosikan legenda Nessie secara bertanggung jawab, dampak ekonomi positif ini dapat terus dirasakan oleh generasi mendatang.

Misteri dan Spekulasi

Misteri dan spekulasi merupakan bagian integral dari legenda Monster Loch Ness di Skotlandia, yang dikenal sebagai Nessie. Kurangnya bukti konklusif tentang keberadaan Nessie telah memicu banyak teori dan spekulasi, yang terus memikat imajinasi publik.

  • Asal Usul dan Sejarah

    Misteri seputar Nessie berakar pada legenda dan cerita rakyat selama berabad-abad, menciptakan lapisan misteri dan intrik seputar makhluk tersebut. Penampakan yang dilaporkan dan bukti yang diduga berkontribusi pada aura misteri, mengundang spekulasi tentang asal-usul dan sejarah Nessie.

  • Bukti Ilmiah dan Penyelidikan

    Meskipun kurangnya bukti konklusif, upaya ilmiah berkelanjutan untuk mengungkap kebenaran di balik Nessie telah menghasilkan berbagai teori dan spekulasi. Penggunaan sonar, pemindaian, dan analisis DNA telah memicu perdebatan dan diskusi tentang kemungkinan keberadaan makhluk tersebut, menambah lapisan spekulasi pada legenda Nessie.

  • Pengaruh Budaya dan Media

    Misteri dan spekulasi seputar Nessie telah meresap ke dalam budaya populer, menginspirasi banyak karya seni, sastra, dan film. Penggambaran Nessie dalam budaya media telah membentuk persepsi publik dan berkontribusi pada daya tarik abadi makhluk tersebut, memperkuat siklus misteri dan spekulasi.

  • Dampak pada Pariwisata dan Ekonomi

    Misteri dan spekulasi seputar Nessie telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari seluruh dunia, yang tertarik untuk menyaksikan langsung makhluk legendaris tersebut. Hal ini telah menciptakan dampak ekonomi yang signifikan pada wilayah Loch Ness, berkontribusi pada industri pariwisata dan mendukung ekonomi lokal.

Misteri dan spekulasi yang terkait dengan Monster Loch Ness di Skotlandia terus memikat imajinasi publik. Perpaduan antara bukti yang terbatas dan penampakan yang dilaporkan, ditambah dengan pengaruh budaya dan media, telah menciptakan siklus misteri dan spekulasi yang berkelanjutan, memastikan bahwa legenda Nessie akan terus memikat dan menginspirasi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Signifikansi Budaya

Monster Loch Ness di Skotlandia, atau yang dikenal sebagai Nessie, telah menjadi fenomena budaya yang signifikan selama berabad-abad. Legenda, penampakan, dan misteri seputar Nessie telah memikat imajinasi publik dan memberikan dampak yang mendalam pada budaya dan identitas Skotlandia.

  • Simbol Nasional

    Nessie telah menjadi simbol nasional Skotlandia. Makhluk misterius ini mewakili semangat petualangan, penemuan, dan legenda yang terkait dengan negara tersebut. Gambar Nessie dapat ditemukan di berbagai suvenir, produk, dan logo, menjadikannya ikon yang mudah dikenali di seluruh dunia.

  • Daya Tarik Wisata

    Legenda Nessie telah menarik banyak wisatawan ke Loch Ness dan sekitarnya. Tur perahu, pusat pengunjung, dan atraksi lainnya telah didirikan untuk memenuhi permintaan wisatawan yang ingin melihat sekilas makhluk legendaris tersebut. Pariwisata yang berkaitan dengan Nessie telah menjadi sumber pendapatan penting bagi masyarakat setempat.

  • Inspirasi Seni dan Budaya

    Nessie telah menginspirasi banyak karya seni, sastra, dan film. Lukisan, patung, novel, dan film telah menggambarkan Nessie dan legendanya. Penggambaran ini telah membentuk persepsi publik tentang Nessie dan berkontribusi pada daya tarik abadi makhluk tersebut.

  • Dampak pada Identitas Budaya

    Legenda Nessie telah menjadi bagian dari identitas budaya Skotlandia. Banyak orang Skotlandia bangga dengan asosiasi negara mereka dengan makhluk misterius ini. Nessie telah menjadi simbol kebanggaan nasional dan identitas budaya, yang memperkuat rasa kebersamaan dan identitas Skotlandia.

Signifikansi budaya Monster Loch Ness di Skotlandia sangatlah luas dan telah membentuk persepsi publik, menarik wisatawan, menginspirasi karya kreatif, dan berkontribusi pada identitas budaya Skotlandia. Dengan terus melestarikan legenda dan misteri Nessie, dampak budaya yang mendalam ini akan terus dirasakan oleh generasi mendatang.

Pelestarian dan Konservasi

Pelestarian dan konservasi erat kaitannya dengan legenda Monster Loch Ness di Skotlandia, yang dikenal sebagai Nessie. Melindungi Loch Ness dan lingkungan sekitarnya sangat penting untuk melestarikan warisan budaya dan legenda yang terkait dengan Nessie.

  • Perlindungan Habitat

    Loch Ness merupakan rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna. Melestarikan habitat ini sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup Nessie dan spesies lain yang bergantung pada danau. Upaya konservasi meliputi pengendalian polusi, pengelolaan perikanan, dan perlindungan tepi danau.

  • Pelestarian Legenda

    Legenda Nessie telah menjadi bagian dari budaya Skotlandia selama berabad-abad. Melestarikan legenda ini melibatkan mendokumentasikan penampakan, mengumpulkan cerita rakyat, dan mendidik masyarakat tentang pentingnya warisan budaya. Upaya ini membantu memastikan bahwa legenda Nessie terus hidup untuk generasi mendatang.

  • Pariwisata Berkelanjutan

    Pariwisata yang berkaitan dengan Nessie dapat memberikan dampak positif pada pelestarian. Dengan mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, wisatawan dapat menikmati keindahan Loch Ness sambil meminimalkan dampak lingkungan dan budaya. Hal ini melibatkan pengelolaan limbah, penggunaan transportasi berkelanjutan, dan menghormati lingkungan alam.

  • Penelitian Ilmiah

    Penelitian ilmiah memainkan peran penting dalam pelestarian dan konservasi Loch Ness. Penelitian ini membantu kita memahami ekosistem danau, mengidentifikasi ancaman, dan mengembangkan strategi konservasi yang efektif. Pemantauan kualitas air, studi populasi, dan analisis DNA berkontribusi pada upaya pelestarian dan konservasi yang terinformasi.

Melalui upaya pelestarian dan konservasi, kita dapat memastikan bahwa keindahan dan legenda Loch Ness, termasuk Monster Loch Ness, akan terus dinikmati dan dihargai oleh generasi mendatang.

Pertanyaan Umum tentang Monster Loch Ness di Skotlandia

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai Monster Loch Ness di Skotlandia:

Pertanyaan 1: Apakah Monster Loch Ness itu nyata?

Meskipun terdapat banyak laporan penampakan dan dugaan bukti, keberadaan Monster Loch Ness belum terbukti secara meyakinkan. Namun, legenda dan misteri seputar makhluk ini terus memikat imajinasi publik.

Pertanyaan 2: Apa bukti yang mendukung keberadaan Monster Loch Ness?

Sepanjang sejarah, telah dilaporkan penampakan Monster Loch Ness, termasuk foto dan rekaman. Namun, keaslian bukti ini seringkali dipertanyakan. Selain itu, penelitian ilmiah, termasuk pemindaian sonar dan analisis DNA, belum menemukan bukti konklusif.

Pertanyaan 3: Mengapa Monster Loch Ness begitu populer?

Popularitas Monster Loch Ness didorong oleh kombinasi legenda, misteri, dan daya tarik wisata. Legenda tersebut telah mengakar dalam budaya Skotlandia selama berabad-abad, memicu rasa ingin tahu dan spekulasi.

Pertanyaan 4: Apa dampak Monster Loch Ness terhadap pariwisata?

Legenda Monster Loch Ness telah menarik banyak wisatawan ke Skotlandia. Loch Ness dan sekitarnya telah menjadi tujuan wisata populer, dengan tur perahu, pusat pengunjung, dan atraksi lain yang didedikasikan untuk makhluk legendaris ini.

Pertanyaan 5: Apakah ada upaya untuk membuktikan atau membantah keberadaan Monster Loch Ness?

Ya, telah dilakukan banyak upaya untuk membuktikan atau membantah keberadaan Monster Loch Ness. Ekspedisi ilmiah, penelitian, dan penyelidikan telah dilakukan, namun belum ada bukti konklusif yang ditemukan.

Pertanyaan 6: Apa pentingnya Monster Loch Ness?

Monster Loch Ness memiliki signifikansi budaya sebagai legenda dan simbol Skotlandia. Makhluk ini telah menginspirasi banyak karya seni, sastra, dan film, menjadikannya fenomena yang dikenang dan dinikmati oleh orang-orang di seluruh dunia.

Meskipun misteri seputar Monster Loch Ness belum terpecahkan, legenda dan daya tariknya terus memikat imajinasi publik, menjadikannya bagian abadi dari cerita rakyat dan budaya Skotlandia.

Bagian Artikel Selanjutnya: Jelajahi aspek lain dari Monster Loch Ness di Skotlandia, seperti budaya, pariwisata, dan misteri yang berkelanjutan.

Tips Mengenai Monster Loch Ness di Skotlandia

Sebagai salah satu misteri paling terkenal di dunia, Monster Loch Ness telah memikat imajinasi publik selama berabad-abad. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat bagi mereka yang ingin mendalami legenda dan misteri makhluk legendaris ini:

Tip 1: Kunjungi Loch Ness Secara Langsung

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengalami misteri Monster Loch Ness selain dengan mengunjungi Loch Ness secara langsung. Nikmati pemandangan indah danau yang luas dan nikmati ketenangan alam sambil membayangkan makhluk yang dikatakan menghuninya.

Tip 2: Pelajari Legenda dan Cerita Rakyat

Legenda Monster Loch Ness telah diceritakan selama berabad-abad, berkembang seiring berjalannya waktu. Jelajahi cerita rakyat dan legenda seputar Nessie untuk memahami akar sejarah dan pentingnya budaya dari makhluk ini.

Tip 3: Ikuti Tur Perahu

Banyak tur perahu menawarkan kesempatan untuk menjelajahi Loch Ness dan mencari Nessie. Tur ini seringkali dipimpin oleh pemandu yang berpengetahuan luas yang akan berbagi cerita dan wawasan tentang legenda dan penampakan yang dilaporkan.

Tip 4: Kunjungi Pusat Pengunjung Loch Ness

Pusat Pengunjung Loch Ness menawarkan informasi mendalam tentang sejarah, legenda, dan penyelidikan ilmiah seputar Monster Loch Ness. Jelajahi pameran dan saksikan bukti yang diduga terkait dengan makhluk misterius ini.

Tip 5: Hormati Lingkungan

Loch Ness adalah rumah bagi flora dan fauna yang beragam. Hormati lingkungan selama kunjungan Anda dengan tidak membuang sampah dan meminimalkan gangguan terhadap satwa liar. Jaga kelestarian keindahan alam danau untuk generasi mendatang.

Menyelami misteri Monster Loch Ness di Skotlandia adalah pengalaman yang mempesona. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan penjelajahan Anda, menghargai keindahan alam, dan mengungkap legenda yang terus memikat dunia.

Kesimpulan

Monster Loch Ness di Skotlandia, atau yang dikenal sebagai Nessie, telah menjadi fenomena budaya yang telah menarik perhatian dan daya tarik selama berabad-abad. Legenda, penampakan, dan misteri seputar Nessie telah membentuk persepsi publik, menarik wisatawan, menginspirasi karya kreatif, dan berkontribusi pada identitas budaya Skotlandia.

Meskipun keberadaan Nessie belum terbukti secara meyakinkan, legenda dan daya tariknya terus memikat imajinasi. Upaya pelestarian dan konservasi sangat penting untuk melindungi keindahan dan warisan Loch Ness, memastikan bahwa legenda Nessie akan terus hidup untuk generasi mendatang. Dengan menghargai misteri dan menghormati lingkungan, kita dapat terus menikmati dan menjelajahi legenda Monster Loch Ness di Skotlandia.

Youtube Video: