Pengertian Lengkap Marhaban Artinya untuk Interaksi Sosial yang Harmonis

Posted on

Pengertian Lengkap Marhaban Artinya untuk Interaksi Sosial yang Harmonis

Marhaban artinya adalah ucapan selamat datang yang biasa diucapkan dalam bahasa Arab. Kata ini berasal dari kata kerja “rahaba” yang berarti “memperluas” atau “melapangkan”. Dalam konteks ini, “marhaban” digunakan untuk menyambut seseorang dan membuatnya merasa diterima.

Ucapan “marhaban” memiliki makna yang sangat penting dalam budaya Arab. Ini menunjukkan rasa hormat, keramahan, dan kehangatan. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka.

Selain makna budaya, ucapan “marhaban” juga memiliki manfaat psikologis. Hal ini dapat membantu menciptakan suasana yang positif dan bersahabat, serta membuat orang merasa dihargai dan dihormati.

marhaban artinya

Ucapan “marhaban” memiliki banyak aspek penting, di antaranya:

  • Ucapan selamat datang
  • Tanda hormat
  • Ungkapan keramahan
  • Membuat orang merasa diterima
  • Menciptakan suasana positif
  • Membangun hubungan baik
  • Merupakan bagian dari budaya Arab
  • Didasarkan pada nilai-nilai Islam
  • Memiliki makna yang dalam
  • Dapat digunakan dalam berbagai situasi

Semua aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada makna keseluruhan dari ucapan “marhaban”. Ucapan ini tidak hanya sekadar kata-kata, tetapi juga merupakan cerminan dari nilai-nilai budaya dan agama yang mendasari masyarakat Arab. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka tidak hanya menyambut Anda, tetapi juga menunjukkan bahwa mereka menghormati dan menghargai Anda.

Ucapan selamat datang

Ucapan selamat datang merupakan salah satu aspek terpenting dari “marhaban artinya”. Hal ini karena ucapan selamat datang menunjukkan bahwa seseorang diterima dan dihargai. Dalam budaya Arab, mengucapkan selamat datang kepada tamu merupakan kewajiban. Hal ini dianggap sebagai bentuk penghormatan dan keramahan. Ada banyak cara untuk mengucapkan selamat datang dalam bahasa Arab, namun yang paling umum adalah dengan mengatakan “marhaban”.

Selain sebagai bentuk penghormatan, ucapan selamat datang juga dapat menciptakan suasana yang positif dan bersahabat. Ketika seseorang merasa diterima, mereka akan lebih cenderung merasa nyaman dan terbuka. Hal ini dapat mengarah pada percakapan yang lebih bermakna dan hubungan yang lebih kuat. Dalam konteks bisnis, mengucapkan selamat datang kepada pelanggan dapat membantu menciptakan pengalaman yang positif dan membuat mereka lebih cenderung kembali.

Memahami hubungan antara ucapan selamat datang dan “marhaban artinya” sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat dan menciptakan suasana yang positif. Dengan mengucapkan selamat datang kepada orang lain, kita menunjukkan bahwa kita menghormati dan menghargai mereka. Hal ini dapat membantu menciptakan dunia yang lebih ramah dan bersahabat.

Tanda hormat

Tanda hormat merupakan salah satu komponen penting dari “marhaban artinya”. Hal ini karena ucapan “marhaban” tidak hanya sekadar ucapan selamat datang, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan kepada orang lain. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka menghormati dan menghargai Anda. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

  • Ucapan “marhaban” biasanya diucapkan dengan nada yang sopan dan penuh hormat.
  • Ucapan “marhaban” sering disertai dengan gerakan tubuh yang menunjukkan rasa hormat, seperti menundukkan kepala atau menjabat tangan.
  • Ucapan “marhaban” digunakan dalam berbagai situasi formal dan informal, seperti saat bertemu dengan tamu, menghadiri acara resmi, atau sekadar menyapa teman.

Dengan memahami hubungan antara tanda hormat dan “marhaban artinya”, kita dapat menggunakan ucapan ini dengan tepat untuk menunjukkan rasa hormat kita kepada orang lain. Hal ini dapat membantu kita membangun hubungan yang lebih baik, menciptakan suasana yang lebih positif, dan menunjukkan bahwa kita menghargai nilai-nilai budaya dan agama yang mendasari masyarakat Arab.

Ungkapan keramahan

Dalam budaya Arab, keramahan merupakan nilai yang sangat dijunjung tinggi. Hal ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bahasa. Salah satu ungkapan yang paling umum digunakan untuk menunjukkan keramahan adalah “marhaban”.

Ucapan “marhaban” tidak hanya sekadar ucapan selamat datang, tetapi juga merupakan ungkapan keramahan yang tulus. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka. Ucapan ini sering disertai dengan senyuman, jabat tangan, atau bahkan pelukan. Dengan mengucapkan “marhaban”, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghargai kehadiran Anda dan mereka ingin membuat Anda merasa nyaman.

Sebagai ungkapan keramahan, “marhaban” memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat Arab. Hal ini membantu menciptakan suasana yang positif dan bersahabat, serta membuat orang merasa diterima dan dihargai. Ucapan “marhaban” juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan mempererat tali silaturahmi.

Memahami hubungan antara “ungkapan keramahan” dan “marhaban artinya” sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang Arab. Dengan menggunakan ucapan “marhaban” dengan tepat, kita dapat menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya Arab dan nilai-nilai keramahan yang dijunjung tinggi.

Membuat orang merasa diterima

Dalam budaya Arab, membuat orang merasa diterima merupakan aspek penting dari interaksi sosial. Hal ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bahasa yang digunakan. Salah satu kata yang paling umum digunakan untuk membuat orang merasa diterima adalah “marhaban”.

Baca Juga  Arti "Innalillahi Wainailaihi Rojiun", Penghiburan Saat Mendengar Kabar Duka

Kata “marhaban” tidak hanya sekadar ucapan selamat datang, tetapi juga merupakan ungkapan untuk membuat orang merasa diterima. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka. Ucapan ini sering disertai dengan senyuman, jabat tangan, atau bahkan pelukan. Dengan mengucapkan “marhaban”, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghargai kehadiran Anda dan mereka ingin membuat Anda merasa nyaman.

Sebagai ungkapan untuk membuat orang merasa diterima, “marhaban” memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat Arab. Hal ini membantu menciptakan suasana yang positif dan bersahabat, serta membuat orang merasa dihargai dan dihormati. Ucapan “marhaban” juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan mempererat tali silaturahmi.

Memahami hubungan antara “Membuat orang merasa diterima” dan “marhaban artinya” sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang Arab. Dengan menggunakan ucapan “marhaban” dengan tepat, kita dapat menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya Arab dan nilai-nilai keramahan yang dijunjung tinggi.

Menciptakan suasana positif

Dalam budaya Arab, menciptakan suasana positif merupakan aspek penting dari interaksi sosial. Salah satu kata yang paling umum digunakan untuk menciptakan suasana positif adalah “marhaban”.

  • Keramahan dan Kehangatan

    Kata “marhaban” menciptakan suasana yang ramah dan hangat. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka. Ucapan ini sering disertai dengan senyuman, jabat tangan, atau bahkan pelukan. Dengan mengucapkan “marhaban”, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghargai kehadiran Anda dan mereka ingin membuat Anda merasa nyaman.

  • Rasa Hormat dan Penghargaan

    Ucapan “marhaban” juga menunjukkan rasa hormat dan penghargaan. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka menghormati Anda dan mereka menghargai kehadiran Anda. Hal ini dapat dilihat dari nada bicara yang sopan dan penuh hormat yang biasanya digunakan ketika mengucapkan “marhaban”.

  • Mencairkan Suasana

    Ucapan “marhaban” dapat membantu mencairkan suasana, terutama dalam situasi yang tegang atau canggung. Dengan mengucapkan “marhaban”, seseorang dapat menunjukkan bahwa mereka ingin meredakan ketegangan dan menciptakan suasana yang lebih positif. Hal ini dapat membantu membuka jalan bagi percakapan yang lebih produktif dan membangun hubungan yang lebih baik.

  • Mempererat Hubungan

    Ucapan “marhaban” dapat membantu mempererat hubungan. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka ingin membangun hubungan yang baik dengan Anda. Ucapan ini dapat membantu menumbuhkan rasa percaya dan saling pengertian, yang merupakan dasar dari hubungan yang kuat.

Dengan memahami hubungan antara “Menciptakan suasana positif” dan “marhaban artinya”, kita dapat menggunakan ucapan ini dengan tepat untuk menciptakan suasana yang ramah, hangat, dan positif. Hal ini dapat membantu kita membangun hubungan yang lebih baik, mempererat tali silaturahmi, dan membuat orang merasa diterima dan dihargai.

Membangun hubungan baik

Dalam budaya Arab, membangun hubungan baik merupakan salah satu tujuan utama dalam interaksi sosial. Hal ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bahasa yang digunakan. Salah satu kata yang paling umum digunakan untuk membangun hubungan baik adalah “marhaban”.

Kata “marhaban” memiliki peran yang sangat penting dalam membangun hubungan baik. Hal ini karena kata “marhaban” menciptakan suasana yang positif dan bersahabat, yang merupakan dasar dari hubungan yang baik. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka. Ucapan ini sering disertai dengan senyuman, jabat tangan, atau bahkan pelukan. Dengan mengucapkan “marhaban”, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghargai kehadiran Anda dan mereka ingin membuat Anda merasa nyaman.

Selain menciptakan suasana yang positif, ucapan “marhaban” juga menunjukkan rasa hormat dan penghargaan. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka menghormati Anda dan mereka menghargai kehadiran Anda. Hal ini dapat dilihat dari nada bicara yang sopan dan penuh hormat yang biasanya digunakan ketika mengucapkan “marhaban”.

Dengan memahami hubungan antara “Membangun hubungan baik” dan “marhaban artinya”, kita dapat menggunakan ucapan ini dengan tepat untuk membangun hubungan yang baik dengan orang Arab. Hal ini dapat membantu kita memperluas jaringan, meningkatkan peluang bisnis, dan memperkaya kehidupan kita secara keseluruhan.

Merupakan bagian dari budaya Arab

Kata “marhaban” merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya Arab. Kata ini telah digunakan selama berabad-abad untuk menyambut tamu dan menunjukkan keramahan. Ucapan “marhaban” mencerminkan nilai-nilai budaya Arab yang menjunjung tinggi rasa hormat, keramahan, dan kebersamaan.

Baca Juga  Pengertian Cosplay: Panduan Lengkap untuk Hobi Kreatif

Ada beberapa alasan mengapa “marhaban” merupakan bagian penting dari budaya Arab. Pertama, kata ini menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka menghormati Anda dan mereka senang melihat Anda. Kedua, kata ini menunjukkan keramahan. Ucapan “marhaban” menciptakan suasana yang hangat dan bersahabat, membuat orang merasa diterima dan nyaman. Ketiga, kata ini menunjukkan kebersamaan. Ucapan “marhaban” digunakan untuk membangun hubungan dan mempererat tali silaturahmi.

Dalam kehidupan sehari-hari, “marhaban” digunakan dalam berbagai situasi. Kata ini dapat digunakan untuk menyambut tamu di rumah, menyapa teman di jalan, atau bahkan sebagai salam pembuka dalam percakapan bisnis. Ucapan “marhaban” selalu diucapkan dengan senyum dan nada yang ramah, yang semakin memperkuat makna keramahan dan kebersamaan.

Memahami hubungan antara “Merupakan bagian dari budaya Arab” dan “marhaban artinya” sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang Arab. Dengan menggunakan ucapan “marhaban” dengan tepat, kita dapat menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya Arab dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi.

Didasarkan pada nilai-nilai Islam

Kata “marhaban” memiliki hubungan yang erat dengan nilai-nilai Islam. Hal ini karena Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai seperti keramahan, kasih sayang, dan persaudaraan. Nilai-nilai ini tercermin dalam ucapan “marhaban”, yang merupakan ungkapan selamat datang dan penerimaan.

  • Keramahan

    Islam mengajarkan umatnya untuk bersikap ramah dan baik kepada sesama, termasuk kepada tamu dan orang asing. Ucapan “marhaban” merupakan wujud dari nilai keramahan ini. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya menunjukkan bahwa mereka senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka.

  • Kasih Sayang

    Islam juga mengajarkan umatnya untuk saling mengasihi dan menyayangi. Ucapan “marhaban” mencerminkan nilai kasih sayang ini. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya menunjukkan bahwa mereka peduli kepada Anda dan mereka ingin membuat Anda merasa nyaman.

  • Persaudaraan

    Islam menekankan pentingnya persaudaraan dan kebersamaan. Ucapan “marhaban” merupakan salah satu cara untuk membangun dan mempererat persaudaraan. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya mengatakan bahwa mereka menganggap Anda sebagai saudara atau saudari mereka.

Dengan memahami hubungan antara “Didasarkan pada nilai-nilai Islam” dan “marhaban artinya”, kita dapat menggunakan ucapan ini dengan tepat untuk membangun hubungan yang baik dengan umat Islam. Hal ini dapat membantu kita memperluas jaringan, meningkatkan peluang bisnis, dan memperkaya kehidupan kita secara keseluruhan.

Memiliki makna yang dalam

Kata “marhaban” memiliki makna yang sangat dalam dalam budaya Arab. Makna ini tidak hanya sebatas ucapan selamat datang, tetapi juga mencakup nilai-nilai budaya, agama, dan sosial yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Arab.

Salah satu nilai yang terkandung dalam ucapan “marhaban” adalah rasa hormat. Ketika seseorang mengucapkan “marhaban” kepada Anda, mereka pada dasarnya menunjukkan bahwa mereka menghormati Anda dan kehadiran Anda. Hal ini tercermin dari nada bicara yang sopan dan penuh hormat yang biasanya digunakan ketika mengucapkan “marhaban”.

Selain rasa hormat, ucapan “marhaban” juga mengandung nilai keramahan. Ucapan ini menunjukkan bahwa seseorang senang melihat Anda dan mereka menyambut Anda dengan tangan terbuka. Keramahan ini merupakan salah satu ciri khas budaya Arab, dan “marhaban” merupakan salah satu cara untuk mengekspresikannya.

Nilai lain yang terkandung dalam ucapan “marhaban” adalah kebersamaan. Ucapan ini menciptakan suasana hangat dan bersahabat, yang membuat orang merasa diterima dan nyaman. Kebersamaan merupakan nilai penting dalam masyarakat Arab, dan “marhaban” merupakan salah satu cara untuk membangun dan mempererat kebersamaan.

Memahami makna yang dalam dari ucapan “marhaban” sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang Arab. Dengan menggunakan ucapan ini dengan tepat, kita dapat menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya Arab dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi.

Dapat digunakan dalam berbagai situasi

Kata “marhaban” memiliki fleksibilitas yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai situasi. Hal ini menunjukkan bahwa “marhaban” bukan hanya sekadar ucapan selamat datang, tetapi juga memiliki peran penting dalam interaksi sosial.

  • Sebagai salam pembuka

    Ucapan “marhaban” dapat digunakan sebagai salam pembuka dalam berbagai situasi, baik formal maupun informal. Misalnya, Anda dapat menggunakan “marhaban” ketika bertemu dengan teman, kolega, atau bahkan orang asing. Ucapan ini akan menciptakan suasana yang ramah dan bersahabat.

  • Sebagai ungkapan selamat datang

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, “marhaban” adalah ucapan selamat datang yang umum digunakan dalam budaya Arab. Ucapan ini menunjukkan bahwa Anda senang melihat kehadiran seseorang dan Anda menyambut mereka dengan tangan terbuka.

  • Sebagai ungkapan terima kasih

    Dalam beberapa situasi, “marhaban” juga dapat digunakan sebagai ungkapan terima kasih. Misalnya, Anda dapat mengucapkan “marhaban” kepada seseorang yang telah membantu Anda atau memberi Anda sesuatu.

  • Sebagai ungkapan pujian

    Ucapan “marhaban” juga dapat digunakan sebagai ungkapan pujian. Misalnya, Anda dapat mengucapkan “marhaban” kepada seseorang yang telah melakukan sesuatu yang baik atau membanggakan.

Baca Juga  Inilah Jadwal Debat Capres Kedua yang Dinanti

Fleksibilitas penggunaan “marhaban” menunjukkan bahwa kata ini memiliki peran yang sangat penting dalam interaksi sosial. Dengan memahami cara menggunakan “marhaban” dalam berbagai situasi, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan orang Arab dan menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya mereka.

Marhaban Artinya

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang “marhaban artinya” beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa artinya “marhaban”?

Jawaban: Marhaban adalah ucapan selamat datang dalam bahasa Arab yang berarti “Selamat datang”.

Pertanyaan 2: Dalam situasi apa saja “marhaban” dapat digunakan?

Jawaban: Marhaban dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti saat menyambut tamu, memulai percakapan, atau mengungkapkan rasa terima kasih.

Pertanyaan 3: Apakah ada cara khusus untuk mengucapkan “marhaban”?

Jawaban: Marhaban biasanya diucapkan dengan nada yang ramah dan sopan, sering kali disertai dengan senyuman atau jabat tangan.

Pertanyaan 4: Apa pentingnya “marhaban” dalam budaya Arab?

Jawaban: Marhaban merupakan bagian penting dari budaya Arab karena mencerminkan nilai-nilai keramahan, rasa hormat, dan kebersamaan.

Pertanyaan 5: Apakah ada perbedaan antara “marhaban” dan “ahlan wa sahlan”?

Jawaban: Ya, “ahlan wa sahlan” juga merupakan ucapan selamat datang dalam bahasa Arab, tetapi biasanya digunakan dalam situasi yang lebih formal dibandingkan “marhaban”.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara membalas ucapan “marhaban”?

Jawaban: Anda dapat membalas ucapan “marhaban” dengan mengucapkan “marhaban” kembali, diikuti dengan ucapan terima kasih atau salam lainnya.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, kita dapat menggunakan ucapan “marhaban” dengan tepat dan menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya Arab.

Beralih ke topik artikel berikutnya: Manfaat Menggunakan “Marhaban” dalam Interaksi Sosial.

Tips Menggunakan “Marhaban” dalam Interaksi Sosial

Penggunaan kata “marhaban” dalam interaksi sosial dapat memberikan sejumlah manfaat dan keuntungan. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan “marhaban” dengan tepat dan efektif:

Tip 1: Ucapkan dengan Tulus dan Hangat
Ucapkan “marhaban” dengan nada yang tulus dan ramah. Biarkan senyum Anda terlihat dan jabat tangan Anda terasa hangat. Ketulusan Anda akan membuat orang merasa diterima dan dihargai.

Tip 2: Gunakan dalam Berbagai Situasi
“Marhaban” adalah ucapan yang fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai situasi. Gunakan “marhaban” untuk menyambut tamu, memulai percakapan, atau mengungkapkan rasa terima kasih. Fleksibilitas ini akan menunjukkan bahwa Anda menguasai budaya Arab dan menghargai nilai-nilainya.

Tip 3: Perhatikan Nada Suara
Nada suara Anda saat mengucapkan “marhaban” sangat penting. Hindari nada yang terburu-buru atau tidak antusias. Ucapkan “marhaban” dengan perlahan dan jelas, menunjukkan bahwa Anda menghargai kehadiran orang tersebut.

Tip 4: Gunakan Bahasa Tubuh yang Positif
Bahasa tubuh Anda dapat melengkapi ucapan “marhaban” Anda. Tersenyumlah, buat kontak mata, dan berdiri tegak. Bahasa tubuh yang positif akan membuat orang merasa nyaman dan menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk berinteraksi dengan mereka.

Tip 5: Hormati Perbedaan Budaya
Ingatlah bahwa “marhaban” adalah bagian dari budaya Arab. Hormati perbedaan budaya dan gunakan “marhaban” dengan cara yang sesuai dengan konteksnya. Jangan gunakan “marhaban” dalam situasi yang tidak pantas atau menyinggung.

Kesimpulan
Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menggunakan “marhaban” secara efektif dalam interaksi sosial dan menunjukkan rasa hormat Anda terhadap budaya Arab. “Marhaban” adalah lebih dari sekadar ucapan selamat datang; ini adalah kunci untuk membangun hubungan positif dan memperkaya pengalaman Anda dalam berinteraksi dengan orang Arab.

Kesimpulan

Kata “marhaban” merupakan ucapan selamat datang dalam bahasa Arab yang memiliki makna yang dalam dan peran penting dalam interaksi sosial. Ucapan ini mencerminkan nilai-nilai budaya Arab seperti keramahan, rasa hormat, dan kebersamaan. Dengan memahami “marhaban artinya”, kita dapat menggunakan ucapan ini dengan tepat untuk membangun hubungan baik, mempererat tali silaturahmi, dan menunjukkan rasa hormat kita terhadap budaya Arab.

“Marhaban” tidak hanya sekedar kata, tetapi juga merupakan cerminan dari nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Arab. Dengan menggunakan ucapan ini dengan tulus dan tepat, kita dapat berkontribusi pada terciptanya suasana yang positif dan harmonis dalam interaksi sosial.

Youtube Video: