Manfaat Terapi Ikan: Pengobatan Alami yang Menenangkan

biotifor.or.id – Dalam usaha untuk tingkatkan kesejahteraan dan kesehatan manusia, terapi alternative makin terkenal. Satu diantara tipe therapy yang populer ialah “terapi ikan” atau dengan bahasa Inggris dikenali sebagai “fish spa therapy.” Artikel berikut akan menggali manfaat dari terapi ikan, bagaimana cara kerjanya, dan kenapa makin banyak orang cari solusi alami ini buat menangani beragam permasalahan kesehatan.

Apa Itu Terapi Ikan?

Terapi ikan menyertakan menyelup kaki atau tangan dalam bak berisi ikan kecil yang umumnya diketahui sebagai ikan dokter (Garra rufa). Ikan-ikan ini selanjutnya akan “memijat” bagian yang direndam cara melenyapkan sel-sel kulit mati dengan halus.

Praktek ini sudah ada semenjak beratus-ratus tahun di sejumlah budaya, tapi belakangan ini memperoleh reputasi di penjuru dunia sebagai cara alternative untuk rileksasi serta perawatan kesehatan.

Reputasi Terapi Ikan di Budaya Indonesia

Di Indonesia, terapi ikan bukan hal yang baru. Sebetulnya, praktek ini sudah ada semenjak jaman dulu dan adalah bagian penting dari budaya tradisional. Hari ini, terapi ikan makin terkenal di seluruh negeri, serta banyak pusat terapi ikan sudah bermunculan.

Bagaimana Terapi Ikan Bekerja?

Ikan-ikan dokter yang dipakai dalam terapi ikan mempunyai rutinitas alami untuk makan sel-sel kulit mati. Saat seorang merendam kaki atau tangan mereka dalam bak yang berisi ikan-ikan ini, ikan-ikan itu mulai akan makan sel-sel kulit mati, tinggalkan area yang direndam jadi lebih lembut dan halus.

Baca Juga | Manfaat Kol: Sayuran Sehat Penuh Gizi

Manfaat Terapi Ikan

Manfaat Terapi Ikan

Manfaat kesehatan dari terapi ikan bisa dibuktikan benar-benar mengagumkan. Pertama, terapi ini menolong hilangkan sel-sel kulit mati, tinggalkan kulit yang tambah lembut dan bersinar. Tidak hanya itu, proses merumputi oleh ikan-ikan ini bisa tingkatkan aliran darah, menolong kurangi kemelut otot, dan memberi dampak rileksasi.

Baca Juga  Cara Agar Cepat Tidur, Rahasia untuk Tidur Nyenyak dan Mengatasi Masalah Tidur dengan Mudah dan Efektif

Kurangi Kulit Kering

Satu diantara manfaat penting dari terapi ikan ialah kekuatannya untuk hilangkan sel-sel kulit mati dan menangani permasalahan kulit kering. Sesudah terapi, kulit akan berasa lebih lembut dan terhidrasi.

Meredakan Psoriasis

Psoriasis ialah keadaan kulit yang mengakibatkan kulit jadi kering, merah, dan mengalami iritasi. Terapi ikan sudah memperlihatkan efisiensinya saat menghilangkan tanda-tanda psoriasis dan memberi pertolongan untuk pasiennya.

Kurangi Ketegangan dan Depresi

Disamping manfaat kesehatan fisiknya, terapi ikan mempunyai dampak psikis yang positif. Proses yang menentramkan dan nyaman ini bisa menolong kurangi kekhawatiran, tingkatkan suasana hati, dan tingkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Tingkatkan Aliran Darah

Pergerakan ikan-ikan dokter yang memijat bisa menolong tingkatkan aliran darah di tempat yang direndam. Sirkulasi yang lebih bagus menolong membawa gizi dan oksigen ke sel-sel badan.

Menurunkan Ngilu Persendian

Terapi ikan bisa memberi manfaat untuk mereka yang menderita ngilu persendian. Efek rileksasi dari terapi ini bisa menolong kurangi rasa sakit dan ketaknyamanan pada persendian.

Baca Juga | Manfaat Daun Sukun: Menggali Kekayaan Khasiat dari Alam

Siapa yang Tidak Dianjurkan buat Terapi Ikan?

Walaupun terapi ikan banyak memiliki manfaat, tidak semua orang pas untuk jalani terapi ini. Terapi ikan tidak dianjurkan untuk orang dengan keadaan berikut ini:

  1. Diabetes
    Orang dengan diabetes harus waspada karena terapi ikan bisa tingkatkan resiko infeksi di kulit yang cedera.
  2. Luka Terbuka atau Luka Bakar
    Bila seorang mempunyai luka terbuka atau luka bakar, terapi ikan harus dijauhi untuk menghindar dari infeksi atau iritasi lebih lanjut.
  3. Ibu Hamil
    Ibu hamil seharusnya tidak jalani terapi ikan karena peralihan hormon sepanjang kehamilan bisa membuat kulit lebih sensitif.
Baca Juga  17 Olahraga Paling Populer di Dunia: The Ultimate Guide

Melakukan Terapi Ikan di Rumah

Bila Anda ingin coba terapi ikan di rumah, ada banyak hal yang harus diperhitungkan. Anda bisa membuat penataan terapi ikan simpel di dalam rumah dengan bak air dan ikan-ikan yang cocok. Tetapi, pastikan untuk jaga kebersihan dan meng ikuti proses keamanan dengan betul.

Terapi Ikan: Fakta atau Fiksi?

Sebagian orang masih skeptis mengenai efektifitas terapi ikan dan memandangnya sebagai hal yang aneh atau mungkin tidak bermanfaat. Tetapi, terdapat bukti ilmiah yang memberikan dukungan manfaat terapi ikan. Tidak hanya itu, beberapa orang sudah rasakan manfaat nyata dari terapi ini.

Baca Juga | Manfaat Daun Ciplukan: Khasiat Luar Biasa dari Tanaman Herbal

FAQ

1. Apa Terapi Ikan Aman?
Ya, terapi ikan umumnya aman bila dilaksanakan di lokasi yang terkendali serta dengan ikan-ikan dokter yang sehat.

2. Berapa Sering Saya Dapat Lakukan Terapi Ikan?
Seharusnya Anda tidak lakukan terapi ikan sangat sering. Umumnya, seans terapi ikan satu bulan sekali sudah cukup.

3. Apa Terapi Ikan Menyakitkan?
Tidak, terapi ikan umumnya tidak mengakibatkan rasa sakit. Sensasi yang barangkali Anda rasa hanya sedikit geli.

4. Bagaimana Saya Harus Jaga Kebersihan Bak Terapi Ikan?
Taruh bak terapi ikan di lingkungan yang bersih dan pastikan bak itu dibikin bersih dengan teratur.

5. Apa Terapi Ikan Bisa Mengobati Psoriasis Secara Tetap?
Walaupun terapi ikan dapat menurunkan gejala psoriasis, belum terdapat bukti jika terapi ini bisa mengobati keadaan itu secara permanen.

Ringkasan

Terapi ikan tawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit serta kesejahteraan umum. Dengan potensinya buat kurangi kulit kering, menurunkan psoriasis, kurangi kemelut, dan tingkatkan perputaran darah, therapy ikan sudah memancing ketertarikan beberapa orang.

Baca Juga  Apa Itu Pasaran Weton? Panduan Lengkap dan Maknanya

Tetapi, perlu tetap waspada dan konsultasi sama dokter saat sebelum jalani terapi ikan, terlebih bila Anda mempunyai keadaan kesehatan tertentu. Untuk mereka yang cocok, terapi ikan bisa jadi pengalaman yang menggembirakan dan menyegarkan.