Manfaat Susu UHT ( Ultra High Temperature ) Untuk Kesehatan

Posted on

biotifor.or.idManfaat Susu UHT , Susu telah menjadi bagian integral dari pola konsumsi masyarakat sejak zaman kuno, menjadi sumber gizi utama yang menyediakan berbagai nutrisi penting. Namun, seiring perkembangan teknologi, metode pengolahan susu juga mengalami inovasi untuk meningkatkan daya tahan dan keamanan produk. Salah satu terobosan signifikan dalam industri susu adalah penggunaan teknologi Ultra High Temperature (UHT) dalam proses produksi susu.

Proses UHT memanaskan susu pada suhu sangat tinggi, mencapai sekitar 135 hingga 150 derajat Celsius dalam waktu singkat, biasanya beberapa detik hingga beberapa detik. Hasil dari proses ini adalah susu UHT yang memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan dengan susu biasa yang diolah dengan metode pasterisasi konvensional. Kelebihan utama dari susu UHT tidak hanya terletak pada daya tahan yang lebih lama, tetapi juga pada sejumlah manfaat lainnya yang dapat memberikan kontribusi positif pada kesehatan dan gaya hidup kita.

15 Manfaat Susu UHT ( Ultra High Temperature )

manfaat susu uht

Tahukah Anda bahwa susu UHT juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda? Berikut adalah manfaat dari susu UHT yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi pada Anak-Anak

Susu UHT mengandung kalsium dan vitamin D yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak. Kalsium membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, sedangkan vitamin D membantu menyerap kalsium dari makanan. Selain itu, susu UHT juga mengandung protein yang dapat membantu pertumbuhan otot dan jaringan tubuh lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi pada Orang Dewasa

Susu UHT dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis pada orang dewasa. Pengeroposan tulang adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah akibat kurangnya nutrisi atau aktivitas fisik. Susu UHT dapat membantu menjaga kadar kalsium dan vitamin D dalam tubuh, serta meningkatkan produksi hormon paratiroid yang berperan dalam mengatur metabolisme kalsium.

3. Meningkatkan Fungsi Saraf

Susu UHT mengandung vitamin B kompleks yang berperan dalam sintesis neurotransmiter. Neurotransmiter adalah zat kimia yang mengirim sinyal antara sel-sel saraf di otak dan tubuh lainnya. Neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, dan acetylcholin berfungsi dalam mengatur suasana hati, mood, belajar, ingatan, motivasi, gerakan, sensasi, dan fungsi organ-organ vital lainnya.

Baca Juga  Manfaat Buah Jeruju: Keajaiban Kesehatan yang Tersembunyi

4. Sumber Energi

Susu UHT mengandung protein yang dapat diubah menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat berbagai macam zat kimia, termasuk energi. Asam amino adalah bahan dasar dari protein yang terdiri dari 20 jenis berbeda. Protein dapat membantu meningkatkan massa otot, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu proses metabolisme seluler.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu UHT mengandung zink yang berfungsi sebagai antioksidan dan imunomodulator. Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, penyakit kronis, atau kanker. Imunomodulator adalah zat yang dapat mempengaruhi respons imun tubuh terhadap mikroorganisme patogen atau alergen.

6. Membantu Proses Penyerapan Vitamin

Susu UHT dapat meningkatkan kadar vitamin A, C, D, E, dan K dalam tubuh. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, gigi, serta sistem reproduksi dan perkembangan janin pada ibu hamil atau menyusui. Vitamin C berperan dalam menjaga kesehatan kulit, lendir mata, sistem kekebalan tubuh, serta pembentukan kolagen dan elastin yang menjaga kekencangan kulit. Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tulang, serta membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan. Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan kulit, serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin K berperan dalam menjaga kesehatan pembekuan darah, serta membantu pembentukan faktor-faktor pembekuan darah.

7. Mendukung Perkembangan Otak

Susu UHT dapat meningkatkan kadar asam folat yang berperan dalam pembentukan sel-sel saraf baru. Asam folat juga berperan dalam mencegah cacat bawaan pada janin, seperti spina bifida atau anencephaly. Selain itu, susu UHT juga mengandung vitamin B12 yang berperan dalam sintesis DNA dan RNA, serta pembentukan sel-sel saraf dan saraf.

8. Menurunkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Susu UHT dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Kolesterol adalah zat yang membentuk lapisan di dinding pembuluh darah, yang dapat membantu mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, yang dapat mengganggu aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung atau stroke. Susu UHT dapat membantu mengatur kadar kolesterol dengan cara meningkatkan produksi HDL atau menurunkan produksi LDL.

Baca Juga  Bahaya Minuman Keras Mengenali Risiko dan Dampak Yang Ditimbulkan

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Susu UHT mengandung vitamin A, C, E, dan K yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dapat membantu memperbaiki luka, mencegah infeksi, serta mencegah penuaan dini pada kulit. Vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membantu pembentukan kolagen dan elastin yang menjaga kekencangan kulit. Vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta membantu pengaturan suhu tubuh. Vitamin K dapat membantu mengatur pembekuan darah, serta membantu pembentukan faktor-faktor pembekuan darah.

10. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Susu UHT mengandung vitamin B kompleks yang berperan dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, dan acetylcholin. Neurotransmiter ini berfungsi dalam mengatur suasana hati, mood, belajar, ingatan, motivasi, gerakan, sensasi, dan fungsi organ-organ vital lainnya. Susu UHT dapat membantu meningkatkan kadar neurotransmiter ini dengan cara meningkatkan produksi atau aktivitasnya di otak.

11. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Susu UHT mengandung vitamin B kompleks yang berperan dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, dan acetylcholin. Neurotransmiter ini berfungsi dalam mengatur suasana hati, mood, belajar, ingatan, motivasi, gerakan, sensasi, dan fungsi organ-organ vital lainnya. Susu UHT dapat membantu meningkatkan kadar neurotransmiter ini dengan cara meningkatkan produksi atau aktivitasnya di otak.

12. Meningkatkan Kecerdasan

Susu UHT mengandung asam folat yang berperan dalam pembentukan sel-sel saraf baru. Asam folat juga berperan dalam mencegah cacat bawaan pada janin, seperti spina bifida atau anencephaly. Selain itu, susu UHT juga mengandung vitamin B12 yang berperan dalam sintesis DNA dan RNA, serta pembentukan sel-sel saraf dan saraf.

13. Meningkatkan Kreativitas

Susu UHT mengandung protein yang dapat membantu meningkatkan massa otot dan jaringan tubuh lainnya. Protein juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron yang berperan dalam perkembangan seksual dan kreativitas pada pria. Selain itu, susu UHT juga mengandung vitamin B kompleks yang berperan dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin yang berpengaruh pada suasana hati dan kreativitas.

Baca Juga  Cara Menghitung Weton: Tabel beserta Perhitungan Jawa Lengkap

14. Meningkatkan Produktivitas

Susu UHT dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda dengan cara memberikan Anda energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari, serta meningkatkan fungsi otak Anda dengan cara meningkatkan kadar neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, dan acetylcholin. Selain itu, susu UHT juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi Anda dengan cara menjaga kadar kalsium dan vitamin D dalam tubuh Anda.

15. Meningkatkan Keseimbangan Hormon

Susu UHT dapat membantu meningkatkan keseimbangan hormon Anda dengan cara memberikan Anda asam folat yang berperan dalam pembentukan sel-sel saraf baru, serta vitamin B12 yang berperan dalam sintesis hormon testosteron. Selain itu, susu UHT juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, serta menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Susu Beruang 

Kesimpulan

Susu UHT adalah susu yang telah diproses dengan suhu tinggi sehingga dapat bertahan lama tanpa perlu disimpan dalam kulkas. Susu UHT memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, seperti meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak, menjaga kesehatan tulang dan gigi pada orang dewasa, meningkatkan fungsi saraf, sumber energi, daya tahan tubuh.