8 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

biotifor.or.idManfaat Sereh – Sereh, yang dikenal juga nama ilmiah Cymbopogon citratus, ialah tanaman herbal yang terkenal karena manfaat kesehatan dan wewangian yang wangi. Tanaman ini sudah lama dipakai dalam penyembuhan tradisionil dan mengolah di beberapa budaya di penjuru dunia. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri beragam manfaat sereh untuk kesehatan dan kehidupan setiap hari.

Apa itu Sereh?

sereh

Sereh ialah semacam rerumputan yang tumbuh di wilayah tropis dan subtropis. Tanaman ini mempunyai tangkai yang lebih tinggi, hijau, dan beruas-ruas. Sisi yang tersering dipakai dari sereh ialah batangnya yang berwujud bundar dan beraroma kuat.

Sereh dalam Sejarah dan Budaya

Semenjak jaman kuno, sereh sudah dipakai dalam penyembuhan tradisionil di beberapa penjuru dunia. Di Asia Tenggara, sereh kerap dipakai dalam ramuan tradisionil untuk menangani permasalahan pencernaan, demam, dan permasalahan kulit. Di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, dan India, sereh sebagai bahan penting pada masakan lokal.

Komposisi Nutrisi Sereh

Sereh memiliki kandungan beragam senyawa aktif yang memberi manfaat kesehatan. Beberapa senyawa itu mencakup citral, geraniol, myrcene, dan limonene. Disamping itu, sereh memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, folat, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Manfaat Kesehatan Sereh

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat sereh yang pertama yakni sisi pencernaan. Sereh sudah lama dipakai sebagai obat tradisionil untuk menangani permasalahan pencernaan seperti perut kembung, diare, dan mual. Senyawa-senyawa aktif dalam sereh bisa menolong menurunkan kejang di aliran pencernaan dan menggairahkan produksi enzim pencernaan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan pada vitamin C dalam sereh bisa menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh. Vitamin C ialah anti-oksidan yang menolong menantang radikal bebas pada tubuh dan tingkatkan produksi beberapa sel kebal.

3. Menenangkan Sistem Saraf

Minum teh sereh hangat bisa memberi dampak menentramkan pada mekanisme saraf. Senyawa-senyawa dalam sereh mempunyai karakter relaksan yang bisa menolong kurangi kekhawatiran, depresi, dan tingkatkan kualitas tidur.

4. Mengurangi Nyeri dan Peradangan

Manfaat sereh selanjutnya yakni meminimalkan infeksi. Sereh mempunyai karakter antiinflamasi yang bisa menolong kurangi ngilu dan infeksi dalam tubuh. Senyawa citral dalam sereh sudah bisa dibuktikan mempunyai dampak analgesik dan antiinflamasi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam sereh bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung. Kalium ialah mineral penting yang menolong atur tekanan darah dan jaga denyut jantung yang sehat.

6. Mengatasi Gangguan Tidur

Minum teh sereh saat sebelum tidur bisa menolong menangani masalah tidur seperti insomnia. Karakter menentramkan sereh bisa menolong menginduksi tidur yang pulas dan membenahi kualitas tidur.

7. Mencegah Penyakit Menular

Beberapa senyawa dalam sereh mempunyai karakter antimikroba dan antijamur yang bisa menolong menantang infeksi bakteri dan jamur. Konsumsi sereh dengan teratur bisa menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh dan menghambat penyakit menyebar.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sereh yang terakhir adalah sehatkan kulit. Sereh bisa dipakai untuk menjaga kulit secara alami. Karakter antiseptik dan antiinflamasi sereh bisa menolong kurangi jerawat, infeksi kulit, dan infeksi jamur di kulit.

Penggunaan Sereh dalam Masakan

Sereh memiliki aroma yang khas dan menyegarkan, sehingga sering digunakan dalam masakan tradisional di berbagai negara. Berikut adalah beberapa penggunaan sereh dalam masakan:

1. Aromatisasi Makanan

Sereh sering digunakan untuk memberikan aroma yang khas pada hidangan seperti sup, gulai, dan semur. Kamu dapat menambahkan batang sereh utuh saat memasak dan mengangkatnya sebelum menyajikan hidangan.

2. Bumbu Tradisional

Di beberapa masakan Asia Tenggara, sereh digunakan sebagai salah satu bumbu utama. Kamu dapat mencincang atau mememarkan batang sereh untuk menambahkan rasa khas pada hidangan seperti rendang, sate, dan nasi goreng.

3. Minuman Penyegar

Sereh juga dapat digunakan untuk membuat minuman penyegar. Kamu dapat merebus batang sereh bersama dengan jahe, daun pandan, dan gula untuk membuat teh sereh yang harum dan menyegarkan.

Sereh sebagai Repelan Serangga Alami

Selain manfaat kesehatan dan penggunaan dalam masakan, sereh juga dikenal sebagai repelan serangga alami. Aroma kuat yang dihasilkan oleh sereh dapat membantu mengusir nyamuk, lalat, dan serangga lainnya. Kamu dapat menempatkan potongan batang sereh di sekitar area yang sering terkena gangguan serangga.

Meningkatkan Kualitas Udara dengan Sereh

Selain aromanya yang harum, sereh juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar kamu. Kamu dapat menempatkan beberapa potongan batang sereh di dalam ruangan untuk memberikan aroma segar dan membersihkan udara dari bau tak sedap.

Tips untuk Membeli dan Menyimpan Sereh

  • Pilihlah sereh yang memiliki batang yang segar dan berwarna hijau.
  • Simpan sereh di dalam kantong plastik di dalam lemari es untuk menjaga kelembapannya.
  • Kamu juga dapat menyimpan sereh yang sudah dicincang atau dipemarkan dalam wadah kedap udara di dalam freezer untuk memperpanjang umur simpannya.

Efek Samping dan Peringatan Penggunaan Sereh

Meskipun sereh umumnya aman untuk dikonsumsi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadapnya. Jika kamu mengalami reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, atau sesak napas setelah mengonsumsi sereh, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan profesional medis.

Beli: Di Shopee (Harga Rp 9.000)

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa manfaat sereh pada kesehatan kita yang sayang sekali jika kita tidak tau. Sereh adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Dari kualitas kesehatan hingga penggunaan dalam masakan, sereh merupakan bahan alami yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan keajaiban herbal ini dalam kehidupan sehari-hari kamu.

FAQ (Pertanyaan Umum)

  1. Apakah sereh dapat membantu menurunkan berat badan?
    Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sereh dapat secara langsung membantu menurunkan berat badan. Namun, sereh dapat digunakan sebagai pengganti minuman yang tinggi gula dan kalori.
  2. Bagaimana cara mengonsumsi sereh untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?
    Kamu dapat mengonsumsi sereh dalam bentuk teh, ekstrak, atau menggunakan sereh segar dalam masakan kamu.
  3. Bisakah sereh digunakan oleh ibu hamil?
    Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi sereh jika kamu sedang hamil atau menyusui.
  4. Apakah sereh dapat membantu menghilangkan stres?
    Sereh memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres. Minum teh sereh hangat dapat memberikan efek relaksasi.
  5. Bisakah sereh membantu mengatasi migrain?
    Beberapa orang melaporkan bahwa sereh dapat membantu meredakan gejala migrain. Namun, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum mengandalkan sereh sebagai pengobatan migrain.