Manfaat Kelapa Bakar yang Nikmat juga Menyehatkan

Posted on

biotifor.or.idManfaat Kelapa Bakar – Kelapa bakar adalah salah satu minuman tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini terbuat dari air kelapa muda yang dibakar di atas api hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar, serta aroma yang khas dan menggugah selera.

Manfaat Kelapa Bakar

Kelapa bakar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat kelapa bakar yang perlu Anda ketahui:

Menghidrasi tubuh

Kelapa bakar kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Elektolit ini dapat menggantikan cairan yang hilang akibat berkeringat, muntah, atau diare. Kelapa bakar sangat cocok diminum saat cuaca panas atau setelah beraktivitas fisik.

Menjaga kesehatan pencernaan

Selain menghidrasi tubuh, kelapa bakar juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Kelapa bakar juga dapat membantu mengurangi asam lambung dan mencegah maag. Kelapa bakar juga dapat membantu membersihkan usus dari racun atau kotoran yang menumpuk.

Menurunkan tekanan darah

Kelapa bakar dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan cara melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Kelapa bakar juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Menjaga kesehatan kulit

Kelapa bakar memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antijamur yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam maupun luar. Dengan kandungan vitaminnya, kelapa bakar dapat membantu menyembuhkan luka, infeksi, atau iritasi pada kulit dengan cara dioleskan secara langsung. Kelapa bakar juga dapat membantu mencerahkan, melembapkan, dan menghaluskan kulit dengan cara diminum secara rutin.

Baca Juga  Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Yang Populer

Meningkatkan mood dan konsentrasi

Kelapa bakar memiliki sifat antidepresan dan antistres yang dapat membantu meningkatkan mood dan konsentrasi Anda. Selain itu makanan ini dapat membantu mengurangi hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin, dan meningkatkan hormon bahagia, seperti serotonin dan dopamin. Kelapa bakar juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memori dengan cara meningkatkan aliran oksigen ke otak.

Itulah beberapa manfaat kelapa bakar yang bisa Anda rasakan jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara membuat kelapa bakar sendiri di rumah? Apakah Anda tahu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kelapa bakar? Apakah Anda tahu apa saja tips dan trik untuk membuat kelapa bakar yang enak dan sehat? Jika Anda belum tahu jawabannya, jangan khawatir.

Dalam artikel ini, kami juga akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat kelapa bakar sendiri di rumah dengan mudah dan praktis.

Baca Juga | Manfaat Air Kelapa Muda: Kesehatan dan Kecantikan Alami

Cara Membuat Kelapa Bakar Sendiri di Rumah

Cara Membuat Kelapa Bakar Sendiri di Rumah

Untuk membuat kelapa bakar sendiri di rumah, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana, yaitu:

  • Kelapa muda segar
  • Gula pasir atau madu
  • Rempah-rempah (jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, merica)
  • Air

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kelapa bakar sendiri di rumah:

  1. Siapkan kelapa muda segar yang masih berkulit hijau. Pilihlah kelapa muda yang masih segar dan berisi air banyak.
  2. Potong bagian atas kulit kelapa dengan pisau tajam hingga terbuka sedikit. Jangan potong terlalu dalam agar air kelapa tidak tumpah.
  3. Bakar kelapa di atas api arang atau kompor hingga kulitnya berubah warna menjadi kecoklatan. Balik-balik kelapa secara merata agar tidak gosong. Proses pembakaran ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam tergantung ukuran dan kematangan kelapa.
  4. Angkat kelapa dari api dan biarkan dingin sebentar. Potong lagi bagian atas kulit kelapa hingga terbuka lebar. Tuang air kelapa ke dalam gelas atau wadah lainnya.
  5. Tambahkan gula pasir atau madu sesuai selera untuk memberikan rasa manis. Aduk hingga larut.Tambahkan rempah-rempah yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda bisa memarut jahe, memecahkan kayu manis, menumbuk cengkeh, mengupas kapulaga, atau menumbuk merica. Masukkan rempah-rempah ke dalam air kelapa dan aduk rata.
  6. Panaskan air kelapa yang sudah dicampur dengan gula dan rempah-rempah di atas api kecil hingga mendidih. Matikan api dan saring air kelapa untuk memisahkan rempah-rempahnya.
  7. Tuang air kelapa yang sudah disaring ke dalam gelas atau botol. Kelapa bakar siap dinikmati.
Baca Juga  Pengaruh Dan Manfaat Timah Dalam Kehidupan

Tips dan Trik Membuat Kelapa Bakar yang Enak dan Sehat

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat kelapa bakar yang enak dan sehat:

  • Pilihlah kelapa muda yang masih segar dan berisi air banyak. Jangan pilih kelapa muda yang sudah tua atau busuk, karena rasanya akan pahit atau asam.
  • Jangan potong terlalu dalam bagian atas kulit kelapa saat membakarnya, agar air kelapa tidak tumpah atau menguap. Jika air kelapa tumpah atau menguap, rasanya akan menjadi hambar atau kurang segar.
  • Jangan membakar kelapa terlalu lama atau terlalu cepat, karena akan mempengaruhi kualitas nutrisi dan rasa air kelapanya. Jika terlalu lama, nutrisi akan berkurang dan rasa akan menjadi pahit. Jika terlalu cepat, kulit akan gosong dan rasa akan menjadi asap.
  • Sesuaikan jumlah gula pasir atau madu dengan selera Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena akan mengubah rasa asli air kelapanya. Anda juga bisa mengganti gula pasir atau madu dengan pemanis alami lainnya, seperti stevia, gula aren, atau gula merah.
  • Sesuaikan jenis dan jumlah rempah-rempah dengan selera Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena akan mengubah rasa asli air kelapanya. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti serai, daun pandan, daun jeruk, atau daun mint untuk memberikan aroma dan rasa tambahan.
  • Simpan air kelapa yang sudah dibakar di dalam kulkas agar tetap segar dan awet. Anda bisa menyimpannya hingga 3 hari tanpa mengubah rasanya.

Kelapa bakar adalah minuman tradisional yang tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga sehat dan bermanfaat bagi tubuh Anda. Dengan cara membuat kelapa bakar sendiri di rumah yang mudah dan praktis ini, Anda bisa menikmati kelapa bakar kapan saja dan di mana saja tanpa harus membelinya di luar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.