9 Manfaat Diet Pescatarian, Makanan Laut yang Menyehatkan

biotifor.or.idManfaat Diet Pescatarian – Dalam usaha untuk hidup lebih sehat, beberapa orang cari langkah yang lebih bagus untuk mengontrol pola makan mereka. Salah satunya opsi yang makin terkenal ialah diet pescatarian. Diet ini menyatukan beberapa unsur dari vegetarianisme dengan konsumsi makanan laut, seperti ikan dan seafood. Artikel berikut akan mengulas manfaat diet pescatarian yang sudah mengundang perhatian beberapa orang yang ingin hidup lebih sehat.

Apa Itu Diet Pescatarian?

Diet pescatarian ialah tipe diet di mana seorang mengkonsumsi makanan nabati (sayur, buah-buahan, beberapa bijian, kacang-kacangan, dan tumbuhan yang lain) dan ikan dan produk perikanan, tapi menghindar dari daging dari hewan darat seperti daging sapi, daging ayam, atau daging babi. Dalam diet pescatarian, ikan dan produk perikanan jadi sumber khusus protein hewani.

Tujuan diet pescatarian dapat bervariatif, tapi beberapa orang yang adopsi diet ini melakukan karena pemikiran kesehatan dan lingkungan. Diet pescatarian bisa memberi manfaat seperti konsumsi protein yang bagus, asam lemak omega-3 dari ikan, dan semakin sedikit lemak jemu dibanding diet yang kaya daging merah. Disamping itu, sebagian orang pilih diet pescatarian karena argumen lingkungan, karena produksi ikan kerap dipandang lebih berkesinambungan dibanding produksi daging dari hewan darat.

Diet pescatarian bisa disamakan opsi pribadi, dan banyak macam makanan yang bisa ditempatkan ke diet ini. Ini bisa meliputi beragam tipe ikan, seafood, dan makanan nabati. Penting untuk pastikan jika diet pescatarian Anda penuhi seluruh keperluan nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan Anda.

Manfaat Kesehatan Diet Pescatarian

Manfaat Kesehatan Diet Pescatarian

Diet pescatarian adalah jenis diet di mana seseorang mengonsumsi makanan nabati dan produk hewani, terutama ikan dan makanan laut, tetapi menghindari daging merah dan unggas. Diet ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari diet pescatarian:

Baca Juga  Manfaat Hair Mask: Transformasi Rambut Anda dengan Perawatan Intensif

1. Kesehatan Jantung

Diet pescatarian memberikan dukungan kesehatan jantung karena ikan dan makanan laut adalah sumber asam lemak omega-3, seperti EPA dan DHA, yang bisa menolong kurangi dampak negatif penyakit jantung. Asam lemak omega-3 menolong kurangi infeksi pada tubuh, tingkatkan fleksibilitas pembuluh darah, dan kurangi dampak negatif pembekuan darah. Ini bisa kurangi tekanan darah, kandungan cholesterol jahat (LDL), dan dampak negatif penyumbatan arteri.

2. Kesehatan Otak

Manfaat diet pescatarian yang selanjutnya. Omega-3 berperanan penting pada kesehatan otak. DHA ialah elemen khusus dalam susunan otak, dan EPA bisa menolong jaga kognisi yang bagus. Diet pescatarian bisa menolong membuat perlindungan otak dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer, dan memberikan dukungan perubahan otak yang maksimal pada beberapa anak.

3. Penurunan Berat Badan

Diet pescatarian cenderung lebih rendah kalori dan lemak dibandingkan dengan diet yang mengandung daging merah atau unggas. Ikan adalah sumber protein rendah lemak yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang membantu dalam mengendalikan nafsu makan dan mendukung upaya penurunan berat badan.

4. Kesehatan Kulit

Asam lemak omega-3 dalam ikan mempunyai karakter antiinflamasi yang bisa menolong menurunkan infeksi di kulit. Mereka bisa tingkatkan hidrasi kulit dan menolong menangani permasalahan kulit seperti jerawat, eksem, dan psoriasis.

5. Kesehatan Mata

Manfaat diet pescatarian yang berikutnya. Nutrisi penting seperti vitamin A, D, dan asam lemak omega-3 dalam ikan dapat mendukung kesehatan mata. Vitamin A penting untuk penglihatan yang baik, sedangkan asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula, penyakit mata yang umum terjadi pada usia lanjut.

6. Manfaat Protein

Ikan dan makanan laut adalah sumber protein berkualitas tinggi yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Protein adalah bahan dasar untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut.

Baca Juga  Cara Mengatasi Mata Minus, Panduan Lengkap

7. Pencegahan Kanker

Diet pescatarian condong memiliki kandungan semakin banyak serat dan anti-oksidan dari makanan nabati dibanding diet yang kaya daging merah. Ini bisa menolong dalam penangkalan kanker usus dan beberapa macam kanker yang lain. Disamping itu, asam lemak omega-3 sudah disangkutkan pengurangan dampak negatif beberapa macam kanker.

8. Sumber Mikronutrien

Diet pescatarian dapat memberikan sejumlah besar mikronutrien penting, seperti vitamin D, vitamin B12, yodium, dan zat besi. Vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang, B12 penting untuk fungsi saraf yang baik, yodium penting untuk kesehatan kelenjar tiroid, dan zat besi mendukung pembentukan sel darah merah.

9. Keberlanjutan

Manfaat diet pescatarian yang terakhir. Diet pescatarian kerap dipandang lebih berkesinambungan dibanding diet yang kaya daging merah karena ikan dan makanan laut condong mempunyai imbas lingkungan lebih rendah. Ini bisa menolong jaga kesetimbangan ekosistem laut dan membuat perlindungan spesies yang hampir musnah.

Tips untuk Sukses dengan Diet Pescatarian

  • Variasi: Pastikan untuk mencoba berbagai jenis makanan laut untuk menjaga keanekaragaman nutrisi.
  • Perencanaan Makanan: Rencanakan makanan Anda dengan cermat untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan.
  • Suplemen: Bicarakan dengan profesional kesehatan Anda tentang suplemen yang mungkin Anda butuhkan, seperti omega-3 atau vitamin B12.

Penutup

Itulah tadi beberapa manfaat diet pescatarian yang bisa kalian ketahui. Diet pescatarian adalah pilihan yang sehat dan berkelanjutan bagi banyak orang. Dengan mengurangi konsumsi daging dan unggas serta meningkatkan asupan makanan laut, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan, mendukung lingkungan, dan menghormati etika terkait hewan. Jadi, jika Anda ingin merasakan manfaat-manfaat ini, pertimbangkan untuk beralih ke diet pescatarian.

Pertanyaan Umum

  1. Apa perbedaan antara vegetarian dan pescatarian?
    Diet vegetarian menghindari semua produk hewani, termasuk ikan, sementara diet pescatarian memungkinkan konsumsi ikan dan seafood.
  2. Apa makanan laut yang baik untuk diet pescatarian?
    Makanan laut seperti salmon, sarden, dan trout kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.
  3. Apakah saya perlu mengonsumsi suplemen dengan diet pescatarian?
    Beberapa orang mungkin perlu suplemen, terutama vitamin B12. Konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda.
  4. Apa yang harus saya hindari dalam diet pescatarian?
    Hindari daging merah, unggas, dan produk hewani lainnya selain ikan dan seafood.
  5. Bisakah anak-anak mengikuti diet pescatarian?
    Ya, asalkan asupan nutrisi mereka dipantau dengan cermat untuk memastikan pertumbuhan yang sehat.