Manfaat Daun Kratom untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Posted on

Biotifor.or.idManfaat daun Kratom. Kratom, secara ilmiah dikenal dengan nama Biek atau Ketum dengan nama latin Mitragyna speciosa, adalah pohon cemara tropis asli Asia Tenggara. Daunnya telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai khasiat obat dan rekreasi.

Tumbuhan kratom yang juga dikenal bernama purik atau ketua umum banyak tumbuh di negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, sampai Papua Nugini. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi sepuluh manfaat daun Kratom yang luar biasa, metode persiapan yang berbeda, dan potensi efek sampingnya.

Manfaat Daun Kratom

Manfaat daun kratom

Kandungan Daun Kratom

Bermacam manfaat yang ditawari oleh daun kratom tidak terlepas dari kandungan yang terdapat didalamnya. Daun kratom memiliki kandungan beberapa macam senyawa alkaloid yang bagus untuk badan, diantaranya:

Kratom mempunyai nama latin Mitragyna speciosa (dari keluarga Rubiaceae). Daun kratom punyai beberapa ciri yaitu berwujud oval dan warna hijau tua mengilap pada segi atasnya.

Daun kratom minimal memiliki kandungan sekitaran 37 tipe senyawa alkaloid yang beda, dengan senyawa partnergynine dan 7-hydroxymitragynine yang paling mempunyai potensi dengan klinis.

Namun, akhir-akhir ini daun kratom mulai disalahpergunakan sebagai narkoba karena dampaknya yang serupa dengan morfin dan kokain. United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) juga bahkan juga masukkan kratom sebagai salah satunya tipe zat psikoaktif baru (new psychoactive substances/NPS) semenjak 2013 lalu. Berikut ini kami sajikan Manfaat daun kratom yang bagus untuk kesehatan :

1. Pereda Nyeri Alami

Salah satu manfaat Kratom yang paling terkenal adalah sifat analgesiknya. Alkaloid yang ada dalam daun Kratom berinteraksi dengan reseptor opioid tubuh, yang menyebabkan pereda nyeri dan meningkatkan rasa relaksasi.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Pepaya Muda untuk Wajah, Dapatkan Kulit Cerah & Bebas Cacat Secara Alami

2. Meningkatkan Mood

Kratom bisa menjadi penambah suasana hati yang sangat baik, karena dapat memicu pelepasan serotonin dan endorfin. Ini dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan depresi, membuat pengguna merasa lebih bahagia dan lebih positif.

3. Penguat Energi

Strain Kratom tertentu bertindak sebagai penguat energi yang kuat. Mereka merangsang metabolisme tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan aliran darah beroksigen, memberikan dorongan energi alami untuk mengatasi kelelahan.

4. Mendukung Sistem Kekebalan

Daun kratom kaya akan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari stres oksidatif dan berbagai infeksi.

5. Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

Beberapa varietas Kratom dapat meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi, menjadikannya bermanfaat bagi siswa dan profesional.

6. Bantuan dalam Penarikan Opioid

Kratom telah menunjukkan potensi dalam membantu individu yang berjuang melawan kecanduan opioid. Sifatnya yang mirip opioid dapat meredakan gejala penarikan, membuat proses pemulihan lebih mudah dikelola.

7. Manajemen Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa Kratom dapat membantu mengatur kadar gula darah, menjadikannya bantuan tambahan yang potensial dalam mengelola diabetes.

8. Stimulan Seksual

Dalam praktik tradisional, daun Kratom digunakan sebagai afrodisiak untuk meningkatkan performa seksual dan libido.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Strain Kratom tertentu memiliki sifat vasodilatasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

10. Pemulihan Kecanduan

Di luar dukungan penarikan opioid, Kratom juga dapat membantu individu mengatasi ketergantungan zat lainnya.

Tips dan Cara Mengolah Daun Kratom

Manfaat daun kratom

Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi daun kratom. Yang paling umum meliputi:

1. Mengunyah Daun Segar

Di daerah di mana Kratom dibudidayakan, orang sering mengunyah daun segar untuk efek langsungnya.

Baca Juga  Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Mudah: Tips Sehat untuk Hidup Lebih Baik
2. Menyeduh Teh Kratom

Daun Kratom kering bisa diseduh menjadi teh yang manjur dan menenangkan.

3. Aduk dan Cuci

Metode ini melibatkan memasukkan dosis Kratom yang diinginkan ke dalam mulut dan mencucinya dengan air atau minuman lain.

4. Menambah Makanan atau Minuman

Bubuk kratom bisa dicampurkan ke berbagai makanan atau minuman untuk menutupi rasanya.

Potensi Efek Samping dari Daun Kratom

Sementara Kratom menawarkan banyak manfaat, penting untuk menyadari potensi efek samping, yang dapat meliputi:

1. Mual dan muntah

Konsumsi berlebihan atau kepekaan terhadap Kratom dapat menyebabkan mual dan muntah.

2. Rasa Pusing

Beberapa pengguna mungkin mengalami pusing atau pusing, terutama dalam dosis yang lebih tinggi.

3. Ketergantungan

Penggunaan Kratom secara teratur dan berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan.

4. Masalah Hati

Dalam kasus yang jarang terjadi, konsumsi Kratom dikaitkan dengan masalah hati.

5. Sembelit

Kratom dapat memperlambat pergerakan usus, menyebabkan sembelit pada beberapa pengguna.

Bahaya Penyalahgunaan Daun Kratom

Sebagian orang salah gunakan daun kratom karena dampaknya yang serupa narkoba. Beberapa bahaya berkaitan penyimpangan daun ini ialah seperti berikut.

1. Ketergantungan

Bukannya memberi manfaat, pemakaian kratom dalam periode panjang dapat memacu keterikatan. Bila disetop tiba-tiba, ini dapat mengakibatkan tanda-tanda withdrawal syndrome atau sakau.

Gejala-gejala yang kemungkinan ada di antaranya:

  • Ngilu otot dan tulang,
  • Rasa Tremor,
  • Rasa Mual,
  • Pilek,
  • Peralihan situasi hati (Mood Menurun),
  • Fantasi,
  • Delusinasi,
  • Kecapekan,
  • Insomnia, sampai
  • Stres dan depresi.

2. Hubungan dengan obat yang lain

Daun kratom umumnya diproses berbentuk kapsul, tablet, bubuk, atau cairan. Oleh karena itu, kratom bisa secara mudah digabungkan obat yang lain. Menambah kratom dengan zat psikoaktif yang lain pasti benar-benar beresiko. Ini beresiko memunculkan hubungan negatif, seperti mengakibatkan kejang.

Baca Juga  Manfaat Santan: Rahasia Kesehatan Tersembunyi dalam Kelapa dan Resikonya

3. Kemungkinan Overdosis

Produk kratom umumnya dipasarkan tanpa dibarengi info batasan jumlah yang disarankan. Ini pasti bisa tingkatkan dampak negatif berlangsungnya overdosis kratom. Tanda-tanda overdosis kratom diantaranya tubuh lemas, tremor, mual, delusional, dan fantasi. Konsumsi jumlah tinggi untuk waktu lama bisa juga mengakibatkan kerusakan hati dan gagal ginjal.

Kesimpulan

Daun Kratom menawarkan beragam manfaat, mulai dari pereda nyeri alami dan peningkatan suasana hati hingga bantuan potensial dalam pemulihan kecanduan. Namun, penggunaan yang bertanggung jawab dan kesadaran akan potensi efek samping sangat penting. Konsultasi dengan profesional kesehatan dianjurkan sebelum memasukkan Kratom ke dalam rutinitas kesehatan Anda. Rangkullah keajaiban Kratom, tetapi selalu utamakan kesejahteraan dan keselamatan Anda.