Manfaat Calendula untuk Kulit, Bunga untuk Perawatan Kulit Anda

Posted on

biotifor.or.idManfaat Calendula untuk kulit telah dikenal sejak zaman kuno. Bunga ini memiliki beragam sifat penyembuhan yang menjadikannya bahan yang sangat dihargai dalam perawatan kulit. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala hal tentang Calendula, mulai dari asal-usulnya hingga manfaatnya yang luar biasa untuk kulit Anda.

Sejarah Calendula

Calendula adalah tanaman yang telah digunakan selama berabad-abad karena sifat-sifatnya yang bermanfaat. Nama ilmiahnya adalah Calendula officinalis, dan tanaman ini juga dikenal dengan sebutan “marigold” dalam bahasa Inggris.

Asal usul calendula dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Calendula pertama kali ditemukan di wilayah Mediterania, tetapi kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia. Di Yunani Kuno dan Romawi, tanaman ini digunakan dalam berbagai aplikasi medis dan kuliner. Mereka percaya bahwa calendula memiliki sifat penyembuhan dan antiinflamasi. Kuncup bunga calendula sering digunakan dalam pembuatan salep, minyak, dan obat-obatan tradisional.

Selama Abad Pertengahan di Eropa, calendula tetap populer dalam pengobatan tradisional dan ramuan obat. Bunga calendula digunakan untuk mengobati luka, luka bakar, dan gangguan pencernaan. Selain itu, calendula juga digunakan dalam praktik-praktik sihir dan kepercayaan rakyat.

Penggunaan calendula dalam pengobatan terus berkembang sepanjang sejarah. Pada abad ke-18, tanaman ini dikenal di Amerika Utara dan digunakan dalam pengobatan oleh suku-suku asli. Pada abad ke-19, calendula dikenal dengan nama “marigold” di Amerika Serikat, meskipun sebenarnya berbeda dari marigold sejati.

Hingga saat ini, calendula masih digunakan dalam pengobatan herbal dan kosmetik. Minyak calendula digunakan dalam produk perawatan kulit, krim, dan salep. Kandungan antiinflamasi dan antimikroba dalam tanaman ini terus menjadi daya tarik bagi banyak orang yang mencari solusi alami untuk perawatan kulit dan kesehatan.

Jadi, calendula memiliki sejarah panjang sebagai tanaman obat dan dekoratif, dan warisan pengobatannya masih berlanjut hingga hari ini.

Komposisi Kimia Calendula

Calendula (Calendula officinalis) mengandung berbagai senyawa kimia yang memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan. Beberapa komponen kimia utama dalam calendula termasuk:

  1. Flavonoid: Flavonoid adalah senyawa yang memiliki sifat antioksidan, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Calendula mengandung flavonoid seperti quercetin dan kaempferol.
  2. Triterpenoid: Triterpenoid adalah senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi. Calendula mengandung triterpenoid seperti lupeol dan taraxasterol.
  3. Karotenoid: Calendula mengandung karotenoid seperti beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Beta-karoten memiliki sifat antioksidan dan baik untuk kesehatan mata.
  4. Asam lemak: Calendula mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat, yang berguna untuk kesehatan kulit dan menjaga tingkat kelembapan.
  5. Polisakarida: Polisakarida adalah senyawa yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mereka juga berperan dalam sifat antiinflamasi calendula.
  6. Sterol: Sterol, seperti beta-sitosterol, terkandung dalam calendula dan memiliki efek antiinflamasi serta manfaat untuk kesehatan jantung.
Baca Juga  7 Resep Bekal Anak Sekolah Yang Sederhana Dan Bergizi

Manfaat Calendula untuk Kulit

Manfaat Calendula untuk Kulit

Calendula memiliki berbagai manfaat untuk kulit dan telah lama digunakan dalam perawatan kulit. Berikut beberapa manfaat calendula untuk kulit:

1. Antiinflamasi

Calendula mengandung senyawa seperti flavonoid dan triterpenoid yang memiliki sifat antiinflamasi. Ini berarti bahwa calendula mampu mengurangi peradangan pada kulit, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit yang melibatkan peradangan, seperti jerawat, eksim, dan dermatitis. Ketika peradangan pada kulit berkurang, gejala seperti kemerahan dan pembengkakan juga dapat mereda.

2. Penyembuhan Luka

Calendula dikenal memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Ini terutama disebabkan oleh senyawa-senyawa seperti triterpenoid yang ditemukan dalam tanaman ini. Ketika calendula diterapkan pada luka bakar ringan, lecet, atau goresan, ia membantu dalam merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga luka sembuh lebih cepat. Ini juga membantu mengurangi risiko infeksi pada luka.

3. Melembapkan

Minyak calendula alami sangat baik dalam melembapkan kulit. Ini menjadikannya solusi yang cocok untuk masalah kulit kering dan kasar. Minyak calendula membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, mengurangi ketegangan, dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat dan segar.

4. Antioksidan

Manfaat Calendula untuk kulit yang selanjutnya. Calendula mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan paparan lingkungan seperti polusi dan sinar UV. Dengan cara ini, calendula membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit dini, seperti keriput dan bintik-bintik usia.

5. Pengobatan Jerawat

Terkadang, jerawat disebabkan oleh peradangan dan infeksi. Calendula membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatasi infeksi kulit. Ini juga membantu menjaga kulit tetap seimbang, mengurangi produksi minyak berlebih, dan dapat membantu dalam mengurangi bekas jerawat.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirih Untuk Rahim Wanita

6. Eksim dan Dermatitis

Calendula sering digunakan dalam perawatan eksim dan dermatitis. Kondisi-kondisi ini seringkali menyebabkan kemerahan, peradangan, dan rasa gatal pada kulit. Calendula dapat membantu meredakan gejala-gejala ini dan mempercepat proses penyembuhan. Salep atau krim yang mengandung calendula sering direkomendasikan oleh profesional medis dalam perawatan kondisi ini.

7. Perlindungan dari Sinar UV

Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung calendula mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Meskipun tidak boleh digunakan sebagai pengganti tabir surya, calendula dapat menjadi tambahan yang baik dalam perawatan kulit Anda untuk membantu melindungi kulit dari bahaya paparan matahari.

8. Perawatan Kulit Bayi

Manfaat Calendula untuk kulit yang berikutnya. Karena sifatnya yang lembut, calendula sering digunakan dalam produk perawatan kulit bayi. Ini membantu mengatasi masalah umum seperti ruam popok dan iritasi kulit bayi. Karena calendula cenderung lebih lembut daripada banyak bahan kimia dalam produk perawatan kulit, banyak orang merasa nyaman menggunakannya pada kulit bayi.

9. Merangsang Kollagen

Calendula mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Dengan merangsang produksi kolagen, calendula membantu menjaga kulit tetap terlihat muda, kenyal, dan bebas dari tanda-tanda penuaan seperti keriput.

Cara Menggunakan Calendula untuk Kulit Anda

Ada beberapa cara untuk memanfaatkan manfaat Calendula untuk kulit Anda:

  1. Minyak Calendula: Oleskan minyak Calendula ke kulit Anda untuk mengatasi kulit kering dan iritasi.
  2. Krim Calendula: Krim khusus dengan ekstrak Calendula tersedia untuk meredakan peradangan dan iritasi kulit.
  3. Sabun Calendula: Mandi dengan sabun Calendula dapat membantu menjaga kulit tetap sehat.
  4. Salep Calendula: Salep Calendula digunakan untuk merawat luka dan goresan.
Baca Juga  Cara Mencegah Cantengan, Tips dan Trik yang Efektif

Peringatan

Meskipun Calendula memiliki banyak manfaat, ada beberapa peringatan yang perlu diingat. Jika Anda alergi terhadap tumbuhan keluarga Asteraceae, Anda harus menghindari Calendula. Selalu lakukan tes kulit kecil sebelum menggunakan produk baru yang mengandung Calendula untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi alergi.

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang manfaat Calendula untuk kulit. Calendula adalah bunga ajaib yang telah digunakan selama berabad-abad untuk perawatan kulit. Manfaatnya yang luas, mulai dari meredakan peradangan hingga merawat luka, menjadikannya bahan yang sangat berharga dalam dunia perawatan kulit. Dengan menggunakan Calendula dengan bijak, Anda dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.

FAQ

  1. Apakah Calendula aman digunakan pada semua jenis kulit?
    Calendula cocok untuk semua jenis kulit, tetapi sebaiknya lakukan uji kulit kecil terlebih dahulu jika Anda memiliki kulit sensitif.
  2. Bagaimana cara menggunakan minyak Calendula?
    Anda dapat mengoleskan minyak Calendula langsung ke kulit atau mencampurkannya dengan krim atau lotion kulit Anda.
  3. Berapa lama hasilnya terlihat?
    Hasil dari penggunaan Calendula dapat bervariasi tergantung pada masalah kulit yang Anda alami. Beberapa orang melihat perubahan dalam beberapa hari, sementara yang lain mungkin memerlukan beberapa minggu.
  4. Apakah Calendula efektif dalam mengatasi jerawat?
    Ya, Calendula memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat.
  5. Bagaimana cara menyimpan produk perawatan kulit yang mengandung Calendula?
    Simpan produk perawatan kulit yang mengandung Calendula di tempat yang sejuk dan kering, terhindar dari sinar matahari langsung untuk menjaga kualitasnya.