Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil: 7 Alasan untuk Mengonsumsinya

biotifor.or.id – Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil – Buah apel adalah salah satu buah yang paling populer dan mudah ditemukan di mana saja. Buah ini memiliki rasa yang segar dan manis, serta kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, buah apel juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Apel termasuk buah yang bermanfaat untuk ibu hamil karena mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Kalori yang rendah dan tetap bernutrisi membuat buah ini cocok untuk ibu hamil yang ingin menjaga berat badan tanpa mengurangi asupan makanan. Berdasarkan keterangan dari Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram buah apel mengandung nutrisi:

  • Energi: 58 kalori
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 14,9 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Kalsium: 6 miligram
  • Fosfor: 10 miligram
  • Vitamin C: 5 miligram

Kandungan gizi dan nutrisi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk ibu, tetapi juga perkembangan janin. Agar lebih jelas, berikut adalah tujuh manfaat buah apel untuk ibu hamil dan janin:

Mencegah Asma dan Alergi pada Anak

Salah satu manfaat buah apel untuk ibu hamil adalah mencegah asma dan alergi pada anak. Sebuah penelitian terbitan dari Thorax menunjukkan bahwa ibu yang makan apel saat hamil membuat anaknya terhindar dari masalah asma dan alergi1.

Peneliti membuat kuesioner tentang pola makan makan ibu saat hamil. Selanjutnya, peneliti mendapat 1924 anak-anak responden yang lahir dari ibu yang rutin makan buah, sayur, dan ikan. Hasilnya, apel dan ikan adalah dua makanan yang berpotensi mencegah penyakit pernapasan seperti asma dan mengi, serta alergi pada anak-anak.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan polifenol, seperti flavonoid, pada kulit apel yang memiliki aktivitas antioksidan. Nutrisi-nutrisi dengan sifat antioksidan memiliki kemampuan untuk mengatur sistem imun, sehingga dapat mencegah terjadinya asma dan alergi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah apel cukup tinggi sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta janin. Kalsium sangat penting untuk ibu hamil karena selama masa ini kebutuhannya meningkat tajam. Ibu hamil harus memberikan cadangan kalsium tubuhnya demi pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut: Kunci Keindahan Alami

Mengutip dari American Academy Association (APA), ibu berisiko mengalami osteoporosis bila tidak mencukupi asupan kalsium harian saat hamil2. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2019, ibu membutuhkan asupan kalsium tambahan sebanyak 200 miligram per hari. Bila ditotal, kebutuhan kalori ibu hamil usia 19-35 tahun adalah 1200 miligram3.

Meski buah apel sudah cukup menyumbang sejumlah kalsium untuk ibu hamil, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk mengoptimalkan asupannya. Pasalnya, tubuh tidak bisa memproduksi kalsium sendiri dan hanya bisa mendapatkannya dari makanan sehari-hari.

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Mengutip dari Harvard School of Public Health, kandungan antioksidan dalam buah apel memiliki manfaat untuk melindungi sel darah ibu hamil dari kerusakan di pankreas. Pankreas merupakan organ yang bertanggung jawab untuk sekresi insulin sebagai respons gula darah berlebih dalam darah4.

Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Bila insulin tidak bekerja dengan baik, maka gula darah akan menumpuk dan menyebabkan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin, karena dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti pre-eklampsia, kelahiran prematur, bayi besar, dan cacat lahir5.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah apel secara teratur dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 pada ibu hamil. Selain itu, buah apel juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara memperlambat penyerapan gula dari makanan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah apel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan janin. Hal ini karena buah apel mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan imunomodulator. Vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi, radikal bebas, dan peradangan.

Vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan, yang penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia adalah kondisi kurang darah yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing, sesak napas, dan komplikasi kehamilan. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2019, ibu hamil usia 19-35 tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 85 miligram per hari.

Selain vitamin C, buah apel juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, E, K, dan asam folat yang juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Vitamin-vitamin ini dapat membantu perkembangan organ-organ vital janin, seperti otak, mata, jantung, tulang, dan kulit.

Baca Juga  9 Makanan Penyebab Sembelit saat Berpuasa: Membuka Kesehatan Pencernaan

Membantu Pencernaan

Buah apel memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu pencernaan ibu hamil. Serat dapat membantu mencegah sembelit atau konstipasi yang sering dialami oleh ibu hamil akibat perubahan hormon dan tekanan rahim pada usus. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penyakit jantung.

Selain itu, buah apel juga mengandung pektin, yaitu jenis serat larut yang dapat membentuk gel di usus. Pektin dapat membantu mengatur gerakan usus dan menyerap racun dari makanan. Pektin juga dapat membantu mengurangi gejala-gejala gangguan pencernaan seperti diare, kembung, dan sakit perut.

Untuk mendapatkan manfaat serat dari buah apel, sebaiknya konsumsi buah apel dengan kulitnya. Kulit apel mengandung lebih banyak serat daripada dagingnya. Namun, pastikan untuk mencuci buah apel dengan bersih sebelum mengonsumsinya agar terhindar dari pestisida atau bakteri yang menempel pada kulitnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah apel juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan janin. Buah apel mengandung flavonoid, yaitu senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif. Flavonoid juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah.

Selain itu, buah apel juga mengandung pektin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kolesterol jahat adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Menurut American Heart Association (AHA), ibu hamil harus menjaga kadar kolesterol total di bawah 200 miligram per desiliter (mg/dL).

Mengonsumsi buah apel secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan janin. Namun, buah apel tidak bisa menggantikan obat-obatan atau pengobatan medis jika Anda sudah memiliki masalah jantung sebelumnya. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi buah apel jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung.

Meningkatkan Kecerdasan Janin

Manfaat buah apel untuk ibu hamil yang terakhir adalah meningkatkan kecerdasan janin. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian terbitan dari European Journal of Nutrition yang menunjukkan bahwa ibu yang makan apel saat hamil memiliki anak yang lebih cerdas dan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik.

Baca Juga  Cara Mengusir Laron Saat Musim Hujan Tips Ampuh

Peneliti mengikuti perkembangan 562 anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saat hamil. Hasilnya, anak-anak yang ibunya makan apel saat hamil memiliki skor tes IQ yang lebih tinggi dan kemampuan memori yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak makan apel saat hamil.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan asam folat dalam buah apel. Asam folat adalah vitamin B yang sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan cacat tabung saraf, seperti spina bifida, pada janin. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2019, ibu hamil usia 19-35 tahun membutuhkan asupan asam folat sebanyak 600 mikrogram per hari.

Kesimpulan

Buah apel adalah buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Buah apel memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan pektin yang dapat membantu menjaga kesehatan dan perkembangan ibu hamil dan janin. Beberapa manfaat buah apel untuk ibu hamil dan janin adalah:

  • Mencegah asma dan alergi pada anak
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan kecerdasan janin

Untuk mendapatkan manfaat buah apel secara optimal, sebaiknya konsumsi buah apel dengan kulitnya setelah dicuci bersih. Anda juga bisa mengonsumsi buah apel dalam bentuk jus, salad, pie, atau camilan sehat lainnya. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi buah apel karena dapat menyebabkan efek samping seperti gas, diare, atau sakit perut.