Manfaat Berjemur di Pagi Hari: Terapi Mudah dan Menyehatkan

Posted on

biotifor.or.idManfaat Berjemur di Pagi Hari – Cuaca ceria dan matahari yang keluar di pagi hari tawarkan manfaat kesehatan yang tidak terbatas untuk badan kita. Berjemur di pagi hari sudah lama dikenali sebagai praktek yang sehat dan berguna untuk beragam faktor kesehatan kita. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri manfaat-manfaat itu dan bagaimana lakukan berjemur secara aman untuk kesehatan kulit kita.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

1. Mengisi Tubuh dengan Vitamin D

Berjemur di pagi hari ialah langkah alami untuk isi badan kita dengan vitamin D. Pancaran cahaya matahari di pagi hari menolong kulit kita hasilkan vitamin D yang terpenting untuk mempertahankan kesehatan tulang, tingkatkan peresapan kalsium, dan perkuat mekanisme ketahanan tubuh kita. Vitamin D berperanan saat mempertahankan kesehatan jantung dan kurangi dampak negatif penyakit tertentu seperti diabetes type 2 dan beberapa macam kanker.

2. Meningkatkan Mood dan Kesehatan Mental

Tidak bisa disangkal, berjemur di pagi hari bisa tingkatkan suasana hati dan kesehatan psikis kita. Pancaran cahaya matahari menolong tingkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang berperanan saat atur situasi hati. Mengakibatkan, kita berasa lebih berbahagia, santai, dan mempunyai tingkat depresi yang semakin lebih rendah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Selainnya menolong peresapan kalsium, vitamin D dari berjemur menolong mempertahankan kesehatan tulang dan persendian. Ini penting untuk menghambat osteoporosis dan permasalahan kesehatan tulang yang lain, khususnya saat kita menua.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari mencakup kenaikan ketahanan badan. Mekanisme ketahanan tubuh yang kuat menolong menantang infeksi dan penyakit. Pancaran cahaya matahari yang pas menolong tingkatkan produksi beberapa sel ketahanan tubuh yang terpenting untuk menantang bakteri.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kegiatan berjemur di pagi hari bisa menolong atur irama sirkadian kita. Pancaran cahaya matahari menolong atur jam biologis badan kita hingga kita tidur lebih pulas di malam hari. Tidur yang memadai dan berkualitas penting untuk rekondisi badan dan kesehatan keseluruhannya.

6. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Berjemur di pagi hari juga berhubungan dengan kesehatan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terpapar sinar matahari di pagi hari cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah daripada mereka yang jarang berjemur. Tentu saja, berjemur saja bukanlah kunci utama untuk menurunkan berat badan, namun menjadi bagian dari gaya hidup sehat dapat membantu dalam proses tersebut.

Baca Juga  Manfaat Jus Anggur Untuk Kesehatan

7. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat berjemur di pagi hari juga terkait dengan pengurangan risiko penyakit kronis. Dengan membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengatur tingkat gula darah, berjemur dapat membantu dalam pencegahan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

8. Meningkatkan Kadar Energi

Manfaat berjemur di pagi hari yang paling akhir. Berjemur di pagi hari bisa memberi dorongan energi alami. Pancaran cahaya matahari menolong menggairahkan badan dan pemikiran kita, membuat kita lebih siap hadapi kegiatan setiap hari dengan semangat dan vitalitas.

Berjemur di Pagi Hari dengan Aman

Berjemur di Pagi Hari dengan Aman

Meskipun berjemur di pagi hari memiliki banyak manfaat, penting untuk melakukannya dengan aman untuk menghindari dampak negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

1. Waktu yang Tepat untuk Berjemur

Waktu terbaik untuk berjemur di pagi hari adalah dalam rentang waktu pukul 7 pagi hingga 9 pagi. Pada jam-jam ini, intensitas sinar matahari belum terlalu tinggi sehingga lebih aman bagi kulit.

2. Durasi yang Disarankan

Durasi berjemur yang ideal adalah sekitar 15 hingga 30 menit setiap pagi. Jika kamu memiliki kulit yang lebih sensitif, cukup 10 hingga 15 menit saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

3. Penggunaan Pelindung Matahari

Meskipun berjemur di pagi hari relatif lebih aman, tetaplah gunakan pelindung matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya.

4. Hindari Berjemur di Waktu Berbahaya

Hindari berjemur saat matahari berada di puncak intensitasnya, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 3 sore. Paparan sinar matahari pada jam-jam ini bisa menyebabkan kerusakan kulit yang serius.

5. Perhatikan Kondisi Kulit

Jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu atau reaksi alergi terhadap sinar matahari, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan berjemur secara rutin.

Tips untuk Memaksimalkan Manfaat Berjemur

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur di pagi hari, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Baca Juga  Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

1. Berjemur di Alam Terbuka

Berjemur di alam terbuka memungkinkan tubuh kita mendapatkan paparan sinar matahari yang lebih maksimal dan udara segar.

2. Lakukan Aktivitas Ringan

Selagi berjemur, lakukan juga aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan atau senam ringan. Hal ini membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memberi tambahan manfaat bagi kesehatan jantung.

3. Perhatikan Pola Makan Sehat

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan salmon, kuning telur, dan susu. Asupan makanan yang sehat akan memberikan dukungan ekstra untuk manfaat berjemur.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih. Berjemur di pagi hari membuat tubuh lebih banyak berkeringat, sehingga penting untuk menggantinya dengan cukup cairan.

5. Tetap Gunakan Tabir Surya

Jangan lupa untuk tetap menggunakan tabir surya, terutama jika kamu berada di luar selama lebih dari 30 menit. Tabir surya melindungi kulit dari sinar UV berbahaya.

Menjaga Kesehatan Kulit saat Berjemur

Berjemur di pagi hari memang baik untuk mendapatkan manfaat vitamin D, namun kita juga perlu menjaga kesehatan kulit selama proses ini.

1. Gunakan Tabir Surya yang Sesuai

Pilihlah tabir surya dengan SPF yang sesuai untuk kulit kamu. Gunakan tabir surya minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA.

2. Gunakan Pelembap Kulit

Setelah berjemur, gunakan pelembap kulit yang lembut dan cocok untuk jenis kulit kamu. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya menjadi kering akibat paparan sinar matahari.

3. Hindari Berjemur saat Matahari Terlalu Terik

Sinar matahari terlalu terik dapat menyebabkan kulit terbakar dan merah. Hindari berjemur saat matahari terik dan gunakan payung atau topi sebagai perlindungan tambahan.

4. Perhatikan Tanda-tanda Kulit yang Berbahaya

Jika kamu melihat perubahan warna atau bintik-bintik pada kulit kamu setelah berjemur, segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ini bisa menjadi tanda-tanda kerusakan kulit yang serius.

Penutup

Itulah tadi manfaat berjemur di pagi hari yang harus kamu ketahui. Berjemur di pagi hari adalah kebiasaan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan cara yang aman dan bijak, kita dapat mengisi tubuh dengan vitamin D, meningkatkan kesehatan mental, menjaga kesehatan kulit, dan mengurangi risiko penyakit kronis. Tetap perhatikan kondisi kulit dan gunakan tabir surya untuk menjaga kesehatan kulit selama berjemur. Jadikan berjemur di pagi hari sebagai bagian dari gaya hidup sehat kamu.

Baca Juga  Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Tips dan Trik untuk Tampil Memukau

Pertanyaan Umum

  1. Apakah berjemur di pagi hari berbahaya untuk kulit?
    Berjemur di pagi hari sebenarnya relatif aman untuk kulit jika dilakukan dengan benar. Pastikan kamu menggunakan tabir surya yang tepat, menghindari jam-jam terik, dan memperhatikan kondisi kulit kamu.
  2. Berapa lama saya harus berjemur untuk mendapatkan manfaatnya?
    Durasi yang disarankan untuk berjemur adalah sekitar 15 hingga 30 menit setiap pagi. Namun, waktu yang tepat dan durasi dapat bervariasi tergantung pada kondisi kulit dan lokasi geografis.
  3. Bisakah saya menggunakan tabir surya saat berjemur di pagi hari?
    Ya, sangat disarankan untuk tetap menggunakan tabir surya saat berjemur di pagi hari. Meskipun sinar matahari belum terlalu terik, kulit tetap perlu perlindungan dari sinar UV berbahaya.
  4. Apakah berjemur di dalam ruangan juga efektif?
    Berjemur di dalam ruangan tidak memberikan manfaat yang sama seperti berjemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari alami mengandung vitamin D yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.
  5. Bagaimana saya dapat mengetahui apakah kulit saya terbakar sinar matahari?
    Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya tampak merah, terasa panas, dan kadang-kadang mengelupas. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, segera hentikan berjemur dan gunakan pelembap kulit yang menenangkan.