Manfaat Bengkoang Untuk Wajah: Rahasia Kecantikan Alami

Posted on

Biotifor.or.idManfaat bengkoang untuk wajah-Anda barangkali sempat dengar perihal bengkoang sebagai buah yang enak dikonsumsi, tapi tahukah Anda jika bengkoang mempunyai manfaat hebat untuk kecantikan muka Anda? Dalam artikel berikut, kami akan mengulas beragam manfaat bengkoang untuk wajah dan bagaimana Anda bisa memakainya dalam kegiatan rutin kecantikan Anda.

Apa Itu Bengkoang?

Bengkoang

Saat sebelum kita mengulas manfaat bengkoang untuk muka, silahkan kita ketahui lebih dulu apa itu bengkoang. Bengkoang, atau Pachyrhizus erosus, ialah tanaman umbi-umbian yang dari Amerika tengah. Buah ini mempunyai kulit yang cokelat dan daging yang putih. Rasanya yang manis dan fresh membuat jadi buah favorite di beberapa hidangan.

Kandungan Gizi dalam Bengkoang

Untuk pahami manfaat bengkoang untuk muka, kita harus ketahui apa nilai nutrisi yang ada dalam buah ini. Bengkoang kaya mineral dan vitamin yang terpenting untuk kesehatan kulit, termasuk vitamin C, vitamin B6, serat, dan zat besi. Vitamin C penting untuk memproduksi collagen, yang jaga kulit masih tetap kencang dan muda

Manfaat Bengkoang Untuk Wajah

Saat ini, silahkan kita ulas manfaat bengkoang untuk muka. Buah ini mempunyai beberapa manfaat yang hendak membuat kulit muka Anda berkilau.

1. Membuat cerah Kulit

Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi, yang bisa membantu membuat cerah kulit muka. Vitamin C mempunyai karakter pemutih alami yang bisa kurangi bintik dan sisa jerawat, memberi kulit tampilan lebih berkilau.

2. Mengatasi Jerawat

Bila Anda mempunyai permasalahan dengan jerawat, bengkoang menjadi solusi alami. Kandungan pada vitamin B6 dalam buah ini membantu kurangi produksi minyak berlebihan di kulit, hingga kurangi dampak negatif jerawat.

3. Mengencangkan Kulit

Manfaat lain dari vitamin C dalam bengkoang ialah kekuatannya untuk tingkatkan produksi collagen. Collagen ialah protein yang membuat kulit masih tetap kuat dan elastis. Lebih banyak collagen, kulit Anda akan kelihatan lebih muda dan kencang.

Baca Juga  Manfaat Creambath: Rahasia Perawatan Rambut yang Menakjubkan

4. Mengurangi Kemerahan

Bila Anda mempunyai permasalahan dengan kulit yang merah dan iritasi, bengkoang bisa menolong. Kandungan anti-inflamasi dalam buah ini dapat menurunkan kemerahan dan iritasi di kulit.

5. Menghidrasi Kulit

Bengkoang memiliki kandungan banyak air, yang terpenting untuk jaga kulit masih tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi secara baik kelihatan lebih sehat dan bersinar.

6. Mengurangi Penuaan Dini

Kandungan anti-oksidan dalam bengkoang membantu melawan tanda-tanda penuaan dini. Anti-oksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan karena radikal bebas dan cahaya UV.

7. Menghilangkan Komedo

Anda sering hadapi permasalahan dengan komedo? Coba gunakan masker bengkoang. Kandungan serat dalam buah ini membantu bersihkan pori-pori dan hilangkan komedo.

8. Menangani Kulit Kering

Kulit kering dapat membuat Anda merasakan tidak nyaman. Bengkoang memiliki kandungan banyak air dan gizi yang bisa menolong melembapkan kulit kering Anda.

9. Mengurangi Pembengkakan

Bila Anda mempunyai mata bengap atau kantung mata, Anda bisa juga memakai bengkoang. Potongan bengkoang dingin bisa membantu kurangi bengkak disekitaran mata.

10. Meredakan Gatal-gatal

Terakhir, bengkoang bisa dipakai untuk menurunkan gatal-gatal di kulit. Kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidan membantu menurunkan rasa gatal.

Bagaimana Menggunakan Bengkoang untuk Kulit Wajah?

Saat ini, Anda kemungkinan bertanya bagaimanakah cara memakai bengkoang untuk kulit muka Anda. Berikut langkah-langkah simpel:

  • Membersihkan Bengkoang: Bersihkan bengkoang sama air bersih dan kupas kulitnya. Pastikan untuk bersihkan secara baik supaya tidak ada tersisa tanah atau kotoran.
  • Potong dan Haluskan: Potong bengkoang jadi potongan kecil dan lumatkan dengan jus atau food prosesor. Anda bisa juga memakai parutan.
  • Aplikasikan ke Wajah: Usapkan pasta bengkoang yang sudah Anda bikin ke wajah Anda. Jauhi tempat mata dan bibir.
  • Diamkan Sepanjang 15-20 Menit: Diamkan masker bengkoang Anda jadi kering di muka sepanjang 15-20 menit. Ini ialah waktu yang cukup buat memberikan gizi pada kulit.
  • Basuh dengan Air Dingin: Sesudah masker mengering, basuh sama air dingin. Air dingin akan membantu merapatkan pori-pori kulit Anda.
Baca Juga  Efek Samping Kemoterapi, Segera Lakukan Antisipasi

Baca juga: Manfaat Bengkoang: Mengungkap Khasiat & Keajaiban Buah Ajaib

Catatan Penting: Alergi Bengkoang

Walaupun bengkoang banyak memiliki faedah, penting untuk dikenang jika sebagian orang kemungkinan alergi padanya. Bila Anda alami reaksi alergi seperti gatal-gatal atau lebam sesudah memakai bengkoang, segera stop penggunaannya dan konsultasikan sama dokter.

Kesimpulan

Bengkoang ialah rahasia kecantikan alami yang sudah dipakai sepanjang berabad-abad. Kandungan gizinya yang kaya membuat jadi bahan yang prima untuk perawatan kulit. Dari memudarkan bintik-bintik hitam sampai menangani jerawat dan jaga kulit masih tetap kuat, bengkoang banyak memiliki manfaat yang bisa Anda cicipi.

Manfaat bengkoang untuk muka sangat banyak. Dari membuat cerah kulit sampai menangani permasalahan jerawat, buah ini ialah opsi alami yang baik untuk menjaga kulit muka Anda. Jangan ragu untuk coba penggunaan bengkoang dalam perawatan kulit Anda.

Dengan masukkan bengkoang dalam kegiatan rutin perawatan kulit Anda, Anda dapat rasakan perubahan positif di kulit Anda dalam waktu singkat. Selamat mencoba!

Pertanyaan Umum

1. Apa Bengkoang pas untuk semuanya tipe kulit?

Ya, bengkoang pas untuk semuanya tipe kulit. Tetapi, seharusnya Anda lakukan test kecil lebih dulu untuk pastikan tidak ada reaksi alergi.

2. Berapakah kali seharusnya saya memakai bengkoang untuk perawatan kulit?

Anda bisa memakai bengkoang untuk perawatan kulit dua sampai 3x satu minggu untuk hasil yang maksimal.

3. Bagaimanakah cara membuat masker bengkoang yang efisien?

Campur bengkoang yang telah dilumatkan yogurt natural serta madu dalam pembagian yang masih sama. Poleskan di wajah Anda dan diamkan sepanjang 20-30 menit saat sebelum dibasuh.

4. Apa bengkoang membantu kurangi keriput?

Ya, bengkoang memiliki kandungan collagen alami yang menolong kurangi kerutan dan garis-garis halus.

Baca Juga  Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Aman, Penting!
Dapatkah saya konsumsi bengkoang dengan teratur untuk memperoleh manfaatnya?

Sudah pasti! Konsumsi bengkoang dengan teratur akan membantu jaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya, selainnya penggunaan topikalnya.

Saat ini Anda sudah tahu manfaat bengkoang untuk muka dan langkah memakainya. Selamat mencoba perawatan kulit alami ini dan nikmati kulit wajah yang lebih sehat dan bersinar!