Manfaat Bekam: Terapi Kuno untuk Kesehatan Optimal

biotifor.or.idManfaat Bekam – Di dunia klinis yang semakin berkembang cepat, kadangkala kita lupa mengenai sistem penyembuhan tradisionil yang sudah dipakai sepanjang beratus-ratus tahun untuk memiara kesehatan. Salah satunya praktek kuno yang memperoleh perhatian baru akhir-akhir ini ialah bekam. Bekam ialah tehnik penyembuhan alternative yang mengikutsertakan penempatan gelas kaca di kulit untuk membuat penekanan negatif dan menggairahkan saluran darah lokal. Artikel berikut akan mengeruk lebih dalam mengenai “manfaat bekam” dan bagaimana tehnik ini bisa tingkatkan kesehatan keseluruhannya.

Sejarah Bekam

Sejarah Bekam

1. Asal Usul Bekam

Juga dikenal sebagai cupping terapi dengan bahasa Inggris, bekam sudah dipakai sepanjang beberapa ribu tahun di beberapa budaya seperti Cina, Mesir Kuno, Yunani, dan Timur tengah. Praktek ini mempunyai akar sejarah yang kaya dan sudah jadi sisi penting dari penyembuhan tradisionil di beberapa warga.

2. Berbagai Jenis Bekam

Dalam sejarahnya, ada beberapa macam bekam yang sudah berkembang, termasuk bekam basah, bekam kering, bekam api, dan bekam plastik. Tiap tipe mempunyai arah dan manfaat yang berbeda saat menjaga beragam penyakit.

Proses Bekam

1. Teknik Bekam Modern

Seiring berjalannya waktu, teknik bekam telah mengalami peningkatan dan modifikasi untuk memenuhi tuntutan medis modern. Saat ini, metode yang paling umum digunakan adalah bekam kering dan bekam basah. Bagaimana kedua teknik ini dilakukan dan mengapa mereka efektif dalam merawat masalah kesehatan tertentu?

2. Area yang Dapat Diobati dengan Bekam

Walaupun bekam kerap disangkutkan perawatan permasalahan muskuloskeletal seperti ngilu punggung dan ngilu leher, sebetulnya ada beberapa permasalahan kesehatan yang lain yang bisa diobati bekam. Dari permasalahan pernafasan sampai keadaan kulit, bekam berpotensi untuk menolong menurunkan beragam tanda-tanda.

Baca Juga  Cara Mengkonsumsi Daun Sukun untuk Obat Asam Urat

Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Peredaran Darah

Salah satunya manfaat bekam yang khusus ialah tingkatkan peredaran darah di tempat yang diobati. Dengan membuat penekanan negatif, bekam menolong melebarkan pembuluh darah dan tingkatkan saluran oksigen dan gizi ke jaringan yang terserang.

2. Mengurangi Nyeri dan Inflamasi

Manfaat bekam seterusnya, bekam sudah bisa dibuktikan efisien saat kurangi ngilu dan infeksi. Sistem ini bekerja dengan menggairahkan mekanisme saraf dan memacu pelepasan endorfin, yang bertindak selaku analgesik alami badan.

3. Meredakan Masalah Pernapasan

Bekam bisa dipakai untuk menurunkan permasalahan pernafasan seperti asma dan bronkitis. Tehnik ini menolong bersihkan aliran udara dan kurangi tanda-tanda yang berkaitan dengan permasalahan pernafasan.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Selainnya manfaat fisik, manfaat bekam untuk kesehatan psikis. Therapy ini menolong menurunkan depresi dan kekhawatiran dengan menggairahkan beberapa titik akupunktur tertentu yang berkaitan dengan kesetimbangan emosi.

Peringatan dan Pertimbangan

1. Bekam dan Efek Sampingnya

Walaupun bekam adalah sistem penyembuhan yang relatif aman, ada banyak efek yang penting dicurigai. Bekam bisa mengakibatkan sisa cedera dan tinggalkan bercak-bercak merah di kulit, tapi umumnya ini memiliki sifat sementara dan akan lenyap dalam sekian hari.

2. Konsultasi dengan Profesional Medis

Saat sebelum coba therapy bekam, penting untuk konsultasi dengan professional klinis lebih dulu, terlebih bila kamu mempunyai keadaan klinis yang memicu atau sedang konsumsi beberapa obat tertentu.

Kesimpulan

Itu barusan bberapa manfaat bekam untuk kesehatan. Bekam ialah praktek kuno yang berkaitan di dunia klinis kekinian. Dengan faedahnya yang bervariatif dimulai dari tingkatkan peredaran darah sampai kurangi depresi, therapy ini tawarkan pendekatan holistik untuk tingkatkan kesehatan keseluruhannya. Dengan konsultasi dengan professional klinis dan pahami tipe bekam yang pas untuk permasalahan kesehatan kamu, kamu dapat raih manfaat optimal dari therapy ini.

Baca Juga  Manfaat Daun Miana Rahasia Kesehatan Alami Perlu Anda Ketahui

Pertanyaan Umum (FAQ)

  1. Apakah bekam efektif untuk merawat nyeri punggung?
    Ya, bekam telah terbukti efektif dalam merawat nyeri punggung dan masalah muskuloskeletal lainnya.
  2. Apakah bekam bisa membantu meredakan gejala asma?
    Ya, bekam dapat membantu meredakan gejala asma dengan membersihkan saluran udara dan mengurangi peradangan.
  3. Apakah bekam meninggalkan bekas luka?
    Bekam dapat meninggalkan bekas luka kecil dan bintik merah pada kulit, tetapi ini biasanya bersifat sementara.
  4. Apakah semua orang cocok untuk terapi bekam?
    Tidak, sebelum mencoba terapi bekam, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan profesional medis terlebih dahulu, terutama jika kamu memiliki kondisi medis yang mendasari.
  5. Berapa kali sebaiknya saya menjalani terapi bekam?
    Jumlah sesi terapi bekam dapat bervariasi tergantung pada masalah kesehatan yang ingin diatasi. Diskusikan dengan terapis bekam kamu untuk menentukan jadwal yang tepat.