Makna Paskah: Kemenangan, Harapan, dan Kehidupan Baru

Posted on

Makna Paskah: Kemenangan, Harapan, dan Kehidupan Baru

Makna Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, yang diperingati oleh umat Kristen di seluruh dunia. Peristiwa ini menandai kemenangan atas dosa dan kematian, serta membawa harapan baru bagi orang percaya.

Paskah memiliki makna yang sangat penting bagi umat Kristen karena merupakan dasar dari iman mereka. Kebangkitan Kristus membuktikan keilahian-Nya dan bahwa Ia telah menaklukkan maut. Hal ini memberikan penghiburan dan harapan kepada orang percaya, karena mereka tahu bahwa mereka juga akan dibangkitkan pada hari terakhir dan menerima kehidupan kekal bersama Tuhan.

Selain makna religiusnya, Paskah juga memiliki makna budaya dan sosial yang penting. Ini adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman, berbagi makanan, dan merayakan kehidupan baru. Paskah juga merupakan waktu untuk berrefleksi atas pengorbanan Kristus dan memperbarui komitmen kita untuk mengikut Dia.

Makna Paskah

Makna Paskah sangatlah penting bagi umat Kristen, karena merupakan dasar dari iman mereka. Kebangkitan Kristus membuktikan keilahian-Nya dan bahwa Ia telah menaklukkan maut. Hal ini memberikan penghiburan dan harapan kepada orang percaya, karena mereka tahu bahwa mereka juga akan dibangkitkan pada hari terakhir dan menerima kehidupan kekal bersama Tuhan.

  • Kebangkitan Kristus
  • Kemenangan atas dosa dan maut
  • Harapan baru bagi orang percaya
  • Dasar iman Kristen
  • Bukti keilahian Kristus
  • Penghiburan dan harapan
  • Kehidupan kekal bersama Tuhan
  • Perayaan kebangkitan Kristus
  • Waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman
  • Waktu untuk berrefleksi dan memperbarui komitmen

Makna Paskah mencakup berbagai aspek, mulai dari kemenangan Kristus atas dosa dan maut hingga harapan baru yang diberikan-Nya kepada orang percaya. Paskah adalah waktu untuk merayakan kebangkitan Kristus dan memperbarui komitmen kita untuk mengikut Dia. Ini juga merupakan waktu untuk berrefleksi atas pengorbanan-Nya dan makna mendalam dari kematian dan kebangkitan-Nya bagi kita.

Kebangkitan Kristus

Kebangkitan Kristus adalah peristiwa yang sangat penting dalam iman Kristen. Ini adalah dasar dari iman kita, dan tanpa kebangkitan, tidak akan ada kekristenan. Kebangkitan Kristus membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah, bahwa Ia telah mengalahkan maut, dan bahwa Ia menawarkan kehidupan kekal kepada semua yang percaya kepada-Nya.

  • Kebangkitan Kristus membuktikan keilahian-Nya. Jika Kristus tidak bangkit dari kematian, maka Ia tidak akan lebih dari sekadar guru atau nabi yang baik. Namun, kebangkitan-Nya membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah, bahwa Ia memiliki kuasa untuk menaklukkan maut, dan bahwa Ia adalah satu-satunya jalan keselamatan.
  • Kebangkitan Kristus mengalahkan maut. Kematian adalah musuh terakhir manusia, tetapi Kristus telah mengalahkannya. Kebangkitan-Nya membuktikan bahwa kita tidak perlu takut akan kematian, karena Kristus telah membuka jalan bagi kita untuk hidup kekal.
  • Kebangkitan Kristus menawarkan kehidupan kekal. Karena Kristus telah bangkit dari kematian, kita juga dapat dibangkitkan. Kebangkitan Kristus menawarkan kita harapan hidup kekal bersama Tuhan.

Kebangkitan Kristus adalah dasar dari iman Kristen. Ini adalah bukti keilahian-Nya, kemenangan-Nya atas maut, dan tawaran-Nya tentang kehidupan kekal. Kebangkitan Kristus adalah peristiwa terpenting dalam sejarah manusia, dan berdampak besar pada kehidupan kita hari ini.

Kemenangan atas dosa dan maut

Kemenangan Kristus atas dosa dan maut adalah bagian penting dari makna Paskah. Kemenangan ini menunjukkan bahwa Kristus memiliki kuasa untuk mengalahkan kekuatan-kekuatan kegelapan dan menawarkan keselamatan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Kemenangan ini juga memberikan pengharapan bagi orang Kristen, karena mereka tahu bahwa mereka juga akan mengalahkan dosa dan maut melalui Kristus.

Dosa dan maut adalah dua kekuatan yang sangat nyata di dunia kita. Dosa memisahkan kita dari Tuhan dan satu sama lain, dan maut adalah akhir dari kehidupan fana kita. Namun, kemenangan Kristus atas dosa dan maut memberikan kita pengharapan. Kita tahu bahwa kita dapat diampuni dari dosa-dosa kita dan menerima kehidupan kekal melalui Kristus. Kemenangan Kristus juga memberi kita kekuatan untuk melawan dosa dan maut dalam kehidupan kita sendiri.

Kemenangan Kristus atas dosa dan maut adalah kabar baik bagi seluruh dunia. Kemenangan ini menunjukkan bahwa ada harapan bagi kita semua, tidak peduli seberapa besar dosa kita atau seberapa dekat kita dengan kematian. Kemenangan ini juga merupakan pengingat bahwa Kristus lebih besar dari kuasa-kuasa kegelapan dan bahwa Ia berkuasa untuk menyelamatkan kita.

Harapan baru bagi orang percaya

Kebangkitan Kristus membawa harapan baru bagi orang percaya. Sebelum kebangkitan-Nya, para pengikut-Nya merasa putus asa dan kehilangan arah. Mereka mengira bahwa Yesus telah dikalahkan oleh kematian, dan bahwa harapan mereka akan keselamatan telah pupus. Namun, kebangkitan Kristus mengubah segalanya. Ini membuktikan bahwa Yesus lebih besar dari kematian, dan bahwa Ia memiliki kuasa untuk memberikan kehidupan kekal kepada semua orang yang percaya kepada-Nya.

Harapan baru ini sangat penting bagi orang percaya. Ini memberi mereka kekuatan untuk menghadapi tantangan hidup dengan keberanian dan keyakinan. Mereka tahu bahwa tidak peduli apa yang terjadi, Kristus telah mengalahkan maut, dan bahwa mereka memiliki pengharapan akan kehidupan kekal bersama-Nya. Harapan ini juga memotivasi orang percaya untuk hidup kudus dan taat, karena mereka tahu bahwa mereka bertanggung jawab untuk mencerminkan Kristus di dunia.

Baca Juga  Panduan Lengkap Nolep Artinya: Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Harapan baru bagi orang percaya adalah salah satu aspek terpenting dari makna Paskah. Ini adalah pengingat bahwa bahkan di tengah kegelapan dan keputusasaan, selalu ada harapan. Kristus telah mengalahkan maut, dan Ia menawarkan kehidupan kekal kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Harapan ini adalah jangkar bagi jiwa kita, dan itu memberi kita kekuatan untuk menghadapi tantangan hidup dengan keberanian dan keyakinan.

Dasar Iman Kristen

Dasar iman Kristen sangat erat kaitannya dengan makna Paskah. Kebangkitan Kristus adalah peristiwa sentral dalam iman Kristen, dan menjadi dasar dari seluruh kepercayaan dan praktik Kristen.

  • Kebangkitan Kristus membuktikan keilahian-Nya. Kebangkitan Kristus dari kematian adalah bukti bahwa Ia adalah Anak Allah dan memiliki kuasa atas hidup dan mati.
  • Kebangkitan Kristus mengalahkan maut. Kebangkitan Kristus menunjukkan bahwa kematian bukanlah akhir, dan bahwa ada harapan akan kehidupan setelah kematian bagi semua orang yang percaya kepada-Nya.
  • Kebangkitan Kristus menawarkan keselamatan. Melalui kebangkitan-Nya, Kristus mengalahkan dosa dan maut, dan menawarkan keselamatan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya.
  • Kebangkitan Kristus adalah dasar bagi kehidupan Kristen. Kebangkitan Kristus memberi orang Kristen kekuatan dan harapan untuk menjalani hidup mereka sesuai dengan kehendak Tuhan.

Dasar iman Kristen yang dibangun di atas kebangkitan Kristus memberikan makna dan tujuan bagi kehidupan orang Kristen. Kebangkitan Kristus adalah pengingat bahwa bahkan di tengah kesulitan dan penderitaan, ada harapan bagi masa depan. Kebangkitan Kristus juga menjadi dasar bagi perintah-perintah Kristen untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama, karena perintah-perintah ini didasarkan pada pengorbanan Kristus bagi kita.

Bukti Keilahian Kristus

Kebangkitan Kristus dari kematian adalah bukti keilahian-Nya. Hanya Tuhan yang memiliki kuasa atas hidup dan mati, dan fakta bahwa Kristus dapat bangkit dari kematian membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah. Kebangkitan Kristus juga merupakan penggenapan dari banyak nubuat dalam Perjanjian Lama, yang semakin menegaskan keilahian-Nya.

Keilahian Kristus sangat penting bagi makna Paskah karena membuktikan bahwa Ia adalah Juruselamat yang kita butuhkan. Hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan kita dari dosa dan kematian, dan fakta bahwa Kristus adalah Tuhan berarti bahwa Ia memiliki kuasa untuk melakukan hal itu. Kebangkitan Kristus adalah bukti kemenangan-Nya atas dosa dan maut, dan memberikan kita harapan akan keselamatan.

Memahami keilahian Kristus dan hubungannya dengan makna Paskah sangatlah penting bagi kehidupan Kristen. Hal ini memberi kita dasar yang kuat untuk iman kita dan memberi kita harapan akan masa depan. Ketika kita memahami bahwa Kristus adalah Tuhan, kita dapat yakin bahwa Ia memiliki kuasa untuk menyelamatkan kita dan memberikan kita kehidupan kekal.

Penghiburan dan Harapan

Penghiburan dan harapan merupakan bagian penting dari makna Paskah. Kebangkitan Kristus membawa penghiburan bagi mereka yang berduka dan kehilangan, serta menawarkan harapan bagi masa depan. Berikut adalah beberapa aspek penghiburan dan harapan yang terkait dengan makna Paskah:

  • Penghiburan dalam penderitaan: Kebangkitan Kristus memberikan penghiburan bagi mereka yang menderita, karena menunjukkan bahwa bahkan di tengah penderitaan dan kematian, ada harapan akan kehidupan baru dan sukacita.
  • Harapan akan kehidupan kekal: Kebangkitan Kristus menawarkan harapan akan kehidupan kekal bersama Tuhan. Ini adalah penghiburan yang besar bagi orang-orang Kristen, karena mereka tahu bahwa kematian bukanlah akhir, dan bahwa mereka akan dipersatukan kembali dengan orang-orang yang mereka kasihi di surga.
  • Harapan akan kemenangan atas dosa dan maut: Kebangkitan Kristus menunjukkan bahwa Kristus telah mengalahkan dosa dan maut, dan bahwa Ia menawarkan kemenangan yang sama kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Harapan ini memberi orang Kristen kekuatan dan keberanian untuk menghadapi tantangan hidup.
  • Harapan akan pembaruan: Kebangkitan Kristus melambangkan pembaruan dan awal yang baru. Ini adalah pengingat bahwa tidak peduli seberapa sulit kehidupan saat ini, selalu ada harapan akan hari esok yang lebih baik.

Penghiburan dan harapan yang dibawa oleh Paskah adalah aspek penting dari iman Kristen. Hal ini memberi orang Kristen kekuatan, keberanian, dan sukacita untuk menghadapi tantangan hidup dan menjalani hidup mereka sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kehidupan kekal bersama Tuhan

Kehidupan kekal bersama Tuhan adalah salah satu aspek terpenting dari makna Paskah. Kebangkitan Kristus menawarkan kita harapan akan kehidupan setelah kematian, di mana kita akan hidup bersama Tuhan selamanya. Ini adalah hadiah yang luar biasa, dan merupakan bagian dari rencana keselamatan Tuhan bagi kita.

  • Kemenangan atas maut: Kebangkitan Kristus adalah kemenangan atas maut. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak perlu takut akan kematian, karena Kristus telah membuka jalan bagi kita untuk hidup kekal.
  • Kehidupan yang penuh sukacita dan damai: Kehidupan kekal bersama Tuhan akan menjadi kehidupan yang penuh sukacita dan damai. Kita akan dibebaskan dari semua penderitaan dan kesedihan, dan kita akan mengalami kebahagiaan yang sempurna.
  • Persatuan dengan Tuhan dan orang-orang yang kita kasihi: Kehidupan kekal bersama Tuhan adalah kehidupan di mana kita akan dipersatukan dengan Tuhan dan orang-orang yang kita kasihi yang telah meninggal dunia. Kita akan dapat melihat mereka lagi dan mengalami sukacita bersama mereka selamanya.
  • Pelayanan dan penyembahan: Kehidupan kekal bersama Tuhan juga merupakan kehidupan pelayanan dan penyembahan. Kita akan melayani Tuhan dan sesama kita dengan sukacita, dan kita akan menyembah Tuhan di hadapan takhta-Nya selamanya.
Baca Juga  Panduan Lengkap Makna Tersirat: Pemahaman Mendalam untuk Komunikasi Efektif

Kehidupan kekal bersama Tuhan adalah hadiah yang luar biasa yang ditawarkan kepada kita melalui kebangkitan Kristus. Ini adalah harapan yang memberikan kita penghiburan dan sukacita, dan memotivasi kita untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Perayaan Kebangkitan Kristus

Perayaan Kebangkitan Kristus merupakan bagian integral dari makna Paskah. Kebangkitan Kristus adalah peristiwa sentral dalam iman Kristen, dan perayaannya mengungkapkan berbagai aspek makna Paskah.

  • Kemenangan atas Dosa dan Maut: Perayaan Kebangkitan Kristus melambangkan kemenangan-Nya atas dosa dan maut. Kristus bangkit dari kematian dengan kuasa-Nya sendiri, mengalahkan kuasa kegelapan dan menawarkan keselamatan kepada umat manusia.
  • Pemberian Harapan dan Kehidupan Baru: Kebangkitan Kristus membawa harapan dan kehidupan baru bagi orang percaya. Ini menandakan bahwa bahkan dalam menghadapi kematian, ada harapan akan kehidupan kekal di dalam Dia. Perayaan ini menginspirasi umat Kristen untuk menjalani kehidupan yang penuh makna dan tujuan, mengetahui bahwa mereka memiliki masa depan yang penuh harapan.
  • Penggenapan Nubuat: Kebangkitan Kristus menggenapi banyak nubuat dalam Kitab Suci. Ini membuktikan keilahian-Nya dan rencana keselamatan Allah bagi dunia. Perayaannya menegaskan kebenaran firman Tuhan dan memperkuat iman orang percaya.
  • Persekutuan dan Kesaksian: Perayaan Kebangkitan Kristus mendorong persekutuan dan kesaksian di antara orang-orang percaya. Saat mereka berkumpul untuk merayakan kebangkitan-Nya, mereka memperbarui komitmen mereka kepada-Nya dan saling menguatkan iman mereka. Perayaan ini juga berfungsi sebagai kesaksian kepada dunia tentang kuasa dan kasih Allah yang menyelamatkan.

Dengan demikian, Perayaan Kebangkitan Kristus mengungkapkan makna Paskah yang mendalam dengan menyoroti kemenangan Kristus atas dosa dan maut, memberikan harapan dan kehidupan baru, menggenapi nubuat, serta mendorong persekutuan dan kesaksian. Perayaan ini adalah momen yang penuh sukacita dan refleksi, yang memperkuat iman orang percaya dan menginspirasi mereka untuk hidup bagi kemuliaan Tuhan.

Waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman

Di tengah hiruk pikuk perayaan Paskah, berkumpul bersama keluarga dan teman memegang makna yang dalam, memperkuat hubungan kita dan memperdalam pemahaman kita tentang makna Paskah.

  • Merefleksikan Pengorbanan Kristus: Berkumpul bersama orang-orang terkasih menciptakan ruang untuk refleksi mendalam tentang pengorbanan Kristus di kayu salib. Melalui berbagi cerita dan kesaksian, kita merenungkan penderitaan dan kematian-Nya yang membawa keselamatan.
  • Memperbarui Ikatan Persaudaraan: Kebersamaan Paskah memperbarui ikatan persaudaraan di antara umat Kristen. Kita diingatkan akan kesatuan kita dalam iman, melampaui perbedaan kita dan merayakan kasih Kristus yang mempersatukan kita.
  • Saling Menguatkan Iman: Saat kita berkumpul, kita saling menguatkan iman kita. Kita berbagi pengalaman, doa, dan bimbingan rohani, membangun satu sama lain dalam perjalanan mengikuti Kristus.
  • Menghayati Kasih Kristus: Berkumpul bersama selama Paskah mencerminkan kasih Kristus yang mengasihi kita. Melalui persekutuan dan pelayanan, kita mengungkapkan rasa syukur atas pengorbanan-Nya dan berupaya meneladani kasih dan pengampunan-Nya dalam kehidupan kita.

Dengan demikian, waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman selama Paskah tidak hanya mempererat hubungan kita tetapi juga memperdalam pemahaman kita tentang makna Paskah. Melalui refleksi, penguatan iman, dan penghayatan kasih Kristus, kita merayakan kebangkitan-Nya dan terus bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Dia.

Waktu untuk berrefleksi dan memperbarui komitmen

Paskah adalah waktu untuk berrefleksi dan memperbarui komitmen kita kepada Kristus. Itu adalah waktu untuk merenungkan pengorbanan-Nya di kayu salib dan kebangkitan-Nya yang jaya. Saat kita merenungkan peristiwa-peristiwa ini, kita diingatkan akan kasih dan anugerah Tuhan yang luar biasa. Kita juga diingatkan akan tanggung jawab kita untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Refleksi dan pembaruan adalah bagian penting dari kehidupan Kristen. Hal ini memungkinkan kita untuk menilai kemajuan kita dan mengidentifikasi area di mana kita perlu bertumbuh. Ini juga memungkinkan kita untuk memperbarui komitmen kita kepada Kristus dan untuk memperkuat hubungan kita dengan-Nya. Ada banyak cara untuk melakukan refleksi dan pembaruan, seperti membaca Alkitab, berdoa, dan bersekutu dengan orang percaya lainnya.

Baca Juga  Struktur Tubuh Virus: Kunci Pemahaman Sifat dan Patogenitas Virus

Paskah adalah waktu yang tepat untuk memulai atau memperbarui perjalanan refleksi dan pembaruan ini. Saat kita merayakan kebangkitan Kristus, marilah kita juga berkomitmen untuk hidup lebih dekat dengan-Nya. Marilah kita merenungkan pengorbanan-Nya dan membiarkannya mengubah hidup kita. Marilah kita memperbarui komitmen kita untuk mengikuti-Nya dan untuk melayani-Nya dengan segenap hati kita.

Pertanyaan Umum tentang Makna Paskah

Paskah merupakan perayaan penting bagi umat Kristen. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait makna Paskah:

Pertanyaan 1: Apa makna Paskah bagi umat Kristen?

Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, yang melambangkan kemenangan atas dosa dan maut. Kebangkitan Kristus memberikan harapan dan keselamatan bagi umat yang percaya.

Pertanyaan 2: Mengapa kebangkitan Kristus sangat penting?

Kebangkitan Kristus membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah dan memiliki kuasa atas hidup dan mati. Ini juga membuktikan bahwa kematian bukanlah akhir, dan ada harapan akan kehidupan kekal bagi mereka yang percaya kepada-Nya.

Pertanyaan 3: Bagaimana kita merayakan Paskah?

Paskah dirayakan dengan berbagai cara, termasuk ibadah khusus di gereja, kebaktian kebangunan rohani, dan perayaan bersama keluarga dan teman. Perayaan ini menjadi pengingat akan pengorbanan Kristus dan kasih-Nya yang besar.

Pertanyaan 4: Apakah ada makna budaya dari Paskah?

Selain makna religius, Paskah juga memiliki makna budaya yang kuat. Telur Paskah, misalnya, melambangkan kehidupan baru dan harapan akan kebangkitan, sementara kelinci Paskah melambangkan kesuburan dan kelimpahan.

Pertanyaan 5: Bagaimana Paskah memengaruhi kehidupan orang Kristen?

Paskah memberikan penghiburan, harapan, dan kekuatan bagi orang Kristen. Ini adalah pengingat akan kasih dan pengorbanan Kristus, yang memotivasi mereka untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Pertanyaan 6: Apa pesan utama Paskah?

Pesan utama Paskah adalah kemenangan atas kematian dan harapan akan kehidupan kekal melalui Yesus Kristus. Ini adalah pesan yang membawa sukacita, kedamaian, dan keselamatan bagi semua yang percaya.

Memahami makna Paskah sangatlah penting bagi umat Kristen untuk menghargai pengorbanan Kristus dan untuk hidup sesuai dengan ajaran-ajaran-Nya. Paskah adalah waktu untuk refleksi, pembaruan, dan perayaan.

Beralih ke bagian selanjutnya dari artikel…

Tips Menghayati Makna Paskah

Paskah adalah perayaan penting bagi umat Kristen yang memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Untuk menghayati makna Paskah secara mendalam, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Refleksi dan Renungan:Luangkan waktu untuk merenungkan pengorbanan dan kasih Kristus di kayu salib, serta kemenangan-Nya atas kematian. Bacalah kisah Paskah dalam Alkitab dan renungkan maknanya bagi kehidupan Anda.

2. Beribadah dan Bersekutu:Hadiri ibadah Paskah di gereja Anda dan bersekutu dengan sesama umat Kristen. Berpartisipasilah aktif dalam perayaan dan renungkan pesan Paskah bersama.

3. Melayani Sesama:Tunjukkan kasih Kristus kepada orang lain melalui tindakan melayani. Bantu mereka yang membutuhkan, bagikan makanan, atau kunjungi mereka yang kesepian. Melayani sesama adalah cara nyata untuk menghayati pengorbanan Kristus.

4. Bersyukur dan Menghargai:Ekspresikan rasa syukur Anda atas pengorbanan Kristus dan kasih Allah. Bersyukurlah atas keselamatan dan kehidupan baru yang Anda terima melalui kebangkitan-Nya.

5. Berbagi Kesaksian:Bagikan cerita tentang bagaimana Paskah telah mengubah hidup Anda dan memberikan Anda harapan. Kesaksian Anda dapat menguatkan iman orang lain dan menginspirasi mereka untuk menghayati makna Paskah.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghayati makna Paskah secara lebih mendalam. Paskah adalah waktu untuk merenungkan pengorbanan Kristus, merayakan kemenangan-Nya, dan memperbarui iman Anda. Jadikan Paskah ini sebagai kesempatan untuk bertumbuh dalam kasih dan pengenalan akan Kristus.

Beralih ke bagian selanjutnya dari artikel…

Kesimpulan

Makna Paskah adalah pengingat akan kasih, pengorbanan, dan kemenangan Yesus Kristus. Kebangkitan-Nya membawa harapan, keselamatan, dan kehidupan baru bagi semua yang percaya kepada-Nya. Melalui pengorbanan-Nya di kayu salib, Yesus mengalahkan dosa dan maut, memberikan kita kemenangan atas kuasa kegelapan.

Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk merayakan Paskah dengan sukacita dan syukur. Ini adalah waktu untuk merefleksikan pengorbanan Kristus, memperbarui komitmen kita kepada-Nya, dan hidup dalam terang kebangkitan-Nya. Marilah kita menghayati makna Paskah dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan mengasihi sesama, melayani orang lain, dan menjadi saksi kasih dan kuasa Kristus.

Youtube Video: