Populer ! 10 Jenis Ikan Arwana Yang Paling Dicari

Posted on

biotifor.or.id Jenis Ikan Arwana , Ikan arwana adalah salah satu ikan hias yang paling populer di dunia. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik, warna yang beragam, dan gerakan yang anggun. Tidak heran, banyak orang yang menggemari ikan arwana sebagai hobi atau investasi. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis ikan arwana yang berbeda-beda? Artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis ikan arwana yang keren dan eksotis, serta cara merawat dan memeliharanya.

Ikan arwana hidup di perairan tropis dan subtropis di Asia, Amerika Selatan, dan Australia. Ikan arwana biasanya ditemukan di sungai, danau, rawa, atau hutan bakau. Ikan arwana menyukai air yang tenang, hangat, dan bersih, dengan pH antara 6-7. Ikan arwana juga membutuhkan oksigen yang cukup, sehingga sering kali mengambil napas di permukaan air. Ikan arwana adalah ikan karnivora, yang memakan ikan kecil, udang, kepiting, katak, serangga, atau hewan lain yang ada di atas permukaan air.

Jenis-Jenis Ikan Arwana

jenis ikan arwana

Ada banyak jenis ikan arwana yang berbeda-beda, baik dari segi warna, ukuran, bentuk, maupun harga. Berikut ini adalah beberapa jenis arwana yang keren dan eksotis, yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera dan budget Anda.

1. Arwana Merah (Scleropages formosus)

Arwana merah adalah ikan yang berasal dari Asia Tenggara, terutama dari Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Arwana merah memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berwarna merah, oranye, atau kuning. Arwana merah juga memiliki warna merah pada sirip punggung, ekor, dan dada. Arwana merah adalah ikan yang langka dan dilindungi, sehingga harganya sangat mahal. Arwana merah dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 10 kg.

2. Arwana Hijau (Scleropages aureus)

Arwana hijau adalah ikan yang berasal dari Asia Tenggara, terutama dari Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Arwana hijau memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berwarna hijau keemasan. Arwana hijau juga memiliki warna hijau pada sirip punggung, ekor, dan dada. Arwana hijau adalah ikan yang cukup umum dan mudah ditemukan, sehingga harganya lebih terjangkau. Arwana hijau dapat mencapai panjang 80 cm dan berat 8 kg.

Baca Juga  Manfaat Daun Bayam Dengan Gizi Yang Tinggi

3. Arwana Silver (Osteoglossum bicirrhosum)

Arwana silver adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan, terutama dari Brasil, Guyana, dan Suriname. Arwana silver memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berkilau. Arwana silver tidak memiliki warna lain pada tubuhnya, kecuali pada mata yang berwarna biru. Arwana silver adalah ikan yang paling populer dan banyak dipelihara, karena mudah beradaptasi dan tahan penyakit. Arwana silver dapat mencapai panjang 120 cm dan berat 15 kg.

4. Arwana Jardini (Scleropages jardini)

Arwana jardini adalah ikan yang berasal dari Australia, terutama dari Queensland dan Northern Territory. Arwana jardini memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berbintik-bintik hitam. Arwana jardini juga memiliki warna merah pada sirip punggung, ekor, dan dada. Arwana jardini adalah ikan yang agresif dan teritorial, sehingga harus dipelihara sendiri atau dengan ikan yang seukuran. Arwana jardini dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 10 kg.

5. Arwana Super Red

Arwana super red adalah jenis ikan arwana yang merupakan hasil persilangan antara arwana merah dengan arwana lainnya. Arwana super red memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berwarna merah menyala. Arwana super red juga memiliki warna merah pada seluruh tubuhnya, termasuk mata, mulut, dan insang. Arwana super red adalah jenis ikan arwana yang sangat langka dan mahal, karena warnanya yang menarik dan sulit didapatkan. Arwana super red dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 10 kg.

6. Arwana Golden Red

Arwana golden red adalah jenis ikan arwana yang merupakan hasil persilangan antara arwana merah dengan arwana hijau. Arwana golden red memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berwarna merah keemasan. Arwana golden red juga memiliki warna merah pada sirip punggung, ekor, dan dada, serta warna kuning pada mata, mulut, dan insang. Arwana golden red adalah jenis ikan arwana yang cukup langka dan mahal, karena warnanya yang cantik dan unik. Arwana golden red dapat mencapai panjang 80 cm dan berat 8 kg.

Baca Juga  Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan: Tanaman Pengobat Alami

7. Arwana Cross Back Golden

Arwana cross back golden adalah jenis ikan arwana yang merupakan hasil persilangan antara arwana hijau dengan arwana lainnya. Arwana cross back golden memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berwarna kuning keemasan. Arwana cross back golden juga memiliki warna kuning yang melintas di punggungnya, sehingga disebut cross back. Arwana cross back golden adalah jenis ikan arwana yang sangat langka dan mahal, karena warnanya yang elegan dan mewah. Arwana cross back golden dapat mencapai panjang 80 cm dan berat 8 kg.

8. Arwana Platinum

Arwana platinum adalah jenis ikan arwana yang merupakan hasil mutasi genetik dari arwana silver. Arwana platinum memiliki warna dasar tubuh yang putih, dengan sisik yang berkilau seperti platinum. Arwana platinum tidak memiliki warna lain pada tubuhnya, kecuali pada mata yang berwarna merah. Arwana platinum adalah jenis ikan arwana yang sangat langka dan mahal, karena warnanya yang menakjubkan dan eksklusif. Arwana platinum dapat mencapai panjang 120 cm dan berat 15 kg.

9. Arwana Chili Red

Arwana chili red adalah jenis ikan arwana yang merupakan hasil persilangan antara arwana merah dengan arwana super red. Arwana chili red memiliki warna dasar tubuh yang perak, dengan sisik yang berwarna merah cabe. Arwana chili red juga memiliki warna merah yang lebih gelap pada sirip punggung, ekor, dan dada. Arwana chili red adalah jenis ikan arwana yang cukup langka dan mahal, karena warnanya yang pedas dan menggoda. Arwana chili red dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 10 kg.

10. Arwana Black Arowana

Arwana black arowana adalah jenis ikan arwana yang berasal dari Amerika Selatan, terutama dari Kolombia dan Venezuela. Arwana black arowana memiliki warna dasar tubuh yang hitam, dengan sisik yang berkilau seperti batu onyx. Arwana black arowana tidak memiliki warna lain pada tubuhnya, kecuali pada mata yang berwarna merah. Arwana black arowana adalah jenis ikan arwana yang jarang dan mahal, karena warnanya yang misterius dan elegan. Arwana black arowana dapat mencapai panjang 100 cm dan berat 12 kg.

Baca Juga  Manfaat Daun Ciplukan: Khasiat Luar Biasa dari Tanaman Herbal

Baca Juga : Ikan Predator Untuk Pemula: Paling Gampang Dirawat!

Kesimpulan

Ikan arwana adalah ikan hias yang keren dan eksotis, yang memiliki banyak jenis, karakteristik, keunikan, dan daya tarik. Ikan arwana adalah ikan yang membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang khusus dan teliti, sehingga dapat hidup sehat dan bahagia. Ikan arwana adalah ikan yang dapat memberi kebahagiaan dan kepuasan bagi pemiliknya, baik dari segi estetika, psikologis, maupun ekonomis. Ikan arwana adalah ikan yang layak untuk Anda miliki, jika Anda memiliki minat, kesabaran, dan dedikasi yang tinggi. Ikan arwana adalah ikan yang dapat menjadi teman dan sahabat Anda seumur hidup.