Panduan Lengkap Induk Organisasi Senam Lantai Indonesia

Posted on

Panduan Lengkap Induk Organisasi Senam Lantai Indonesia

Induk organisasi senam lantai adalah organisasi yang menaungi dan mengatur segala kegiatan senam lantai di suatu negara atau wilayah. Organisasi ini bertanggung jawab untuk membuat peraturan dan standar dalam senam lantai, menyelenggarakan kompetisi, serta membina atlet-atlet senam lantai.

Induk organisasi senam lantai memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan senam lantai di suatu negara. Organisasi ini menyediakan wadah bagi para atlet untuk berlatih dan bertanding, serta memberikan dukungan dan bimbingan kepada mereka. Selain itu, induk organisasi senam lantai juga berperan dalam mempromosikan senam lantai kepada masyarakat dan mencari bibit-bibit atlet baru.

Di Indonesia, induk organisasi senam lantai adalah Persatuan Senam Indonesia (PERSANI). PERSANI didirikan pada tahun 1963 dan merupakan anggota dari International Gymnastics Federation (FIG). PERSANI memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan dan membina senam lantai di Indonesia, serta mengirimkan atlet-atlet senam lantai Indonesia untuk berlaga di kompetisi internasional.

Induk Organisasi Senam Lantai

Induk organisasi senam lantai memegang peranan penting dalam perkembangan senam lantai di suatu negara. Organisasi ini memiliki berbagai fungsi dan tanggung jawab, antara lain:

  • Pembuatan peraturan dan standar
  • Penyelenggaraan kompetisi
  • Pembinaan atlet
  • Promosi dan pengembangan senam lantai
  • Pencarian bibit atlet baru
  • Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional
  • Peningkatan kualitas pelatih dan juri
  • Penyediaan fasilitas latihan dan pertandingan

Semua aspek tersebut saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Misalnya, pembuatan peraturan dan standar yang baik akan menghasilkan kompetisi yang berkualitas, sehingga dapat menarik minat atlet dan masyarakat untuk terlibat dalam senam lantai. Demikian pula, pembinaan atlet yang baik akan menghasilkan prestasi yang tinggi, sehingga dapat mengharumkan nama negara di kancah internasional. Dengan demikian, induk organisasi senam lantai memiliki peran yang sangat strategis dalam mengembangkan dan memajukan senam lantai di suatu negara.

Pembuatan Peraturan dan Standar

Pembuatan peraturan dan standar merupakan salah satu fungsi penting induk organisasi senam lantai. Peraturan dan standar ini berfungsi untuk mengatur segala aspek kegiatan senam lantai, mulai dari teknis pelaksanaan, penilaian, hingga keselamatan atlet.

  • Keseragaman dan Keadilan
    Peraturan dan standar yang jelas dan seragam sangat penting untuk memastikan keseragaman dan keadilan dalam penyelenggaraan kompetisi senam lantai. Dengan adanya peraturan yang jelas, semua atlet akan berkompetisi dengan aturan yang sama, sehingga tidak ada yang dirugikan.
  • Keamanan Atlet
    Peraturan dan standar juga berfungsi untuk memastikan keselamatan atlet. Misalnya, peraturan tentang penggunaan matras dan alat bantu lainnya dapat mencegah terjadinya cedera pada atlet.
  • Peningkatan Prestasi
    Peraturan dan standar yang baik dapat mendorong atlet untuk meningkatkan prestasinya. Misalnya, peraturan tentang nilai kesulitan gerakan dapat memotivasi atlet untuk berlatih gerakan-gerakan yang lebih sulit dan spektakuler.
  • Pengakuan Internasional
    Peraturan dan standar induk organisasi senam lantai harus sesuai dengan peraturan dan standar internasional. Hal ini penting untuk memastikan bahwa atlet-atlet Indonesia dapat berlaga di kompetisi internasional tanpa hambatan.

Dengan demikian, pembuatan peraturan dan standar merupakan aspek penting dalam pengembangan senam lantai di suatu negara. Peraturan dan standar yang baik akan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan atlet, penyelenggaraan kompetisi yang berkualitas, dan peningkatan prestasi senam lantai di tingkat nasional dan internasional.

Penyelenggaraan Kompetisi

Penyelenggaraan kompetisi merupakan salah satu fungsi utama induk organisasi senam lantai. Kompetisi berfungsi sebagai wadah bagi para atlet untuk menguji kemampuan, mengukur kemajuan, dan meraih prestasi. Induk organisasi senam lantai memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan kompetisi yang berkualitas, adil, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kompetisi senam lantai dapat diselenggarakan dalam berbagai tingkatan, mulai dari tingkat lokal, regional, nasional, hingga internasional. Setiap tingkatan kompetisi memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda. Kompetisi tingkat lokal biasanya berfungsi sebagai ajang pencarian bibit atlet baru dan pembinaan atlet muda. Kompetisi tingkat regional dan nasional berfungsi sebagai ajang seleksi atlet untuk berlaga di kompetisi internasional. Sedangkan kompetisi internasional berfungsi sebagai ajang unjuk prestasi atlet-atlet terbaik dunia.

Penyelenggaraan kompetisi yang berkualitas sangat penting untuk pengembangan senam lantai di suatu negara. Kompetisi yang berkualitas dapat memotivasi atlet untuk berlatih lebih keras dan meningkatkan prestasinya. Selain itu, kompetisi juga dapat menjadi ajang promosi senam lantai kepada masyarakat dan menarik minat masyarakat untuk terlibat dalam olahraga ini.

Induk organisasi senam lantai harus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan kompetisi yang berkualitas. Pihak-pihak tersebut antara lain pemerintah, KONI, klub-klub senam lantai, dan sponsor. Kerjasama yang baik antara semua pihak akan menghasilkan kompetisi yang sukses dan bermanfaat bagi pengembangan senam lantai di Indonesia.

Pembinaan Atlet

Pembinaan atlet merupakan salah satu fungsi terpenting induk organisasi senam lantai. Pembinaan atlet bertujuan untuk mengembangkan potensi atlet secara maksimal, sehingga dapat mencapai prestasi yang tinggi di tingkat nasional dan internasional.

  • Pelatihan Berkualitas

    Induk organisasi senam lantai bertanggung jawab untuk menyediakan pelatihan berkualitas bagi para atlet. Pelatihan ini meliputi latihan fisik, teknik, dan mental. Pelatihan harus diberikan oleh pelatih yang berpengalaman dan berkualifikasi.

  • Fasilitas Memadai

    Selain pelatihan, induk organisasi senam lantai juga harus menyediakan fasilitas yang memadai bagi para atlet. Fasilitas ini meliputi tempat latihan, peralatan latihan, dan fasilitas pendukung lainnya.

  • Program Kompetisi

    Induk organisasi senam lantai harus menyelenggarakan program kompetisi yang berjenjang. Program kompetisi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi atlet untuk menguji kemampuan, mengukur kemajuan, dan meraih prestasi.

  • Pembinaan Mental

    Selain pembinaan fisik dan teknik, induk organisasi senam lantai juga harus memberikan pembinaan mental bagi para atlet. Pembinaan mental ini bertujuan untuk memperkuat mental atlet, sehingga dapat tampil dengan percaya diri dan fokus dalam setiap pertandingan.

Baca Juga  Panduan Lengkap untuk Mempersiapkan Debut Anda yang Sukses

Pembinaan atlet yang baik akan menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi dan berkarakter. Atlet-atlet ini akan mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional. Oleh karena itu, induk organisasi senam lantai harus terus meningkatkan kualitas pembinaan atlet, sehingga dapat mencetak atlet-atlet yang lebih baik di masa depan.

Promosi dan Pengembangan Senam Lantai

Promosi dan pengembangan senam lantai merupakan salah satu fungsi penting induk organisasi senam lantai. Promosi bertujuan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan senam lantai kepada masyarakat luas. Sedangkan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan kualitas senam lantai di suatu negara, baik dari segi teknis maupun organisasi.

Promosi dan pengembangan senam lantai sangat penting karena dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan senam lantai di suatu negara. Promosi yang efektif dapat menarik minat masyarakat untuk mengenal dan terlibat dalam senam lantai. Hal ini dapat meningkatkan jumlah atlet senam lantai dan memperluas basis pendukung senam lantai di masyarakat.

Sementara itu, pengembangan senam lantai dapat meningkatkan kualitas atlet dan organisasi senam lantai di suatu negara. Pengembangan atlet dapat dilakukan melalui pembinaan yang berkualitas, penyediaan fasilitas yang memadai, dan penyelenggaraan kompetisi yang berjenjang. Pengembangan organisasi dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pelatih dan juri, penyusunan peraturan dan standar yang jelas, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Induk organisasi senam lantai memiliki peran penting dalam promosi dan pengembangan senam lantai. Induk organisasi dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, KONI, klub-klub senam lantai, dan media massa untuk mempromosikan senam lantai kepada masyarakat luas. Induk organisasi juga dapat menyelenggarakan berbagai program pengembangan senam lantai, seperti pelatihan pelatih dan juri, penyusunan kurikulum pelatihan, dan penyelenggaraan kompetisi.

Dengan melakukan promosi dan pengembangan senam lantai secara berkesinambungan, induk organisasi senam lantai dapat meningkatkan kualitas senam lantai di suatu negara dan mencetak atlet-atlet senam lantai yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Pencarian Bibit Atlet Baru

Pencarian bibit atlet baru merupakan salah satu fungsi penting induk organisasi senam lantai. Bibit atlet yang berkualitas akan menjadi tulang punggung tim nasional dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Oleh karena itu, induk organisasi senam lantai harus memiliki sistem pencarian bibit atlet yang efektif dan berkelanjutan.

  • Kerja Sama dengan Klub dan Sekolah

    Salah satu cara untuk mencari bibit atlet baru adalah dengan bekerja sama dengan klub-klub senam lantai dan sekolah-sekolah. Induk organisasi senam lantai dapat menyelenggarakan kompetisi atau festival senam lantai di tingkat lokal dan regional untuk menjaring atlet-atlet muda berbakat.

  • Penyelenggaraan Try Out

    Induk organisasi senam lantai juga dapat menyelenggarakan try out atau seleksi atlet secara berkala. Try out ini bertujuan untuk menyeleksi atlet-atlet terbaik dari seluruh Indonesia untuk masuk ke dalam pelatnas.

  • Pemantauan Atlet Berprestasi

    Induk organisasi senam lantai harus terus memantau perkembangan atlet-atlet berprestasi di tingkat daerah dan nasional. Atlet-atlet yang menunjukkan potensi dan kemajuan yang pesat dapat diikutsertakan dalam program pembinaan khusus untuk mempersiapkan mereka menghadapi kompetisi internasional.

  • Kerja Sama dengan Pihak Lain

    Untuk mencari bibit atlet baru, induk organisasi senam lantai juga dapat bekerja sama dengan pihak lain, seperti KONI, PB PON, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kerja sama ini dapat berupa penyelenggaraan kompetisi bersama, pembinaan pelatih, dan penyediaan fasilitas latihan.

Pencarian bibit atlet baru yang efektif dan berkelanjutan akan menghasilkan atlet-atlet senam lantai yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Oleh karena itu, induk organisasi senam lantai harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sistem pencarian bibit atlet dan menyediakan dukungan yang maksimal bagi atlet-atlet muda berbakat.

Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional

Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional merupakan salah satu fungsi penting induk organisasi senam lantai. Kerja sama ini sangat penting untuk pengembangan senam lantai di suatu negara, karena dapat memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Pertukaran pengetahuan dan teknologi

    Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional dapat memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan teknologi di bidang senam lantai. Induk organisasi senam lantai dapat mengirimkan pelatih dan atlet untuk mengikuti pelatihan dan kompetisi di luar negeri, sehingga dapat mempelajari teknik-teknik dan strategi terbaru dalam senam lantai.

  • Penyelenggaraan kompetisi internasional

    Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional juga dapat membantu induk organisasi senam lantai dalam menyelenggarakan kompetisi internasional di dalam negeri. Hal ini dapat meningkatkan kualitas kompetisi senam lantai di Indonesia dan memberikan kesempatan bagi atlet Indonesia untuk bertanding dengan atlet-atlet terbaik dunia.

  • Peningkatan prestasi atlet

    Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional dapat mendorong peningkatan prestasi atlet Indonesia. Atlet Indonesia dapat mengikuti kompetisi internasional dan mendapatkan pengalaman bertanding yang berharga. Selain itu, atlet Indonesia juga dapat belajar dari atlet-atlet terbaik dunia dan menerapkan teknik-teknik terbaru dalam latihan mereka.

  • Promosi senam lantai

    Kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional dapat membantu induk organisasi senam lantai dalam mempromosikan senam lantai kepada masyarakat luas. Induk organisasi senam lantai dapat bekerja sama dengan organisasi senam lantai internasional untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan promosi senam lantai, seperti festival senam lantai dan pertunjukan senam lantai.

Baca Juga  Temukan Manfaat Olahraga Body Language Bagi Wanita yang Jarang Diketahui

Dengan melakukan kerja sama dengan organisasi senam lantai internasional, induk organisasi senam lantai dapat meningkatkan kualitas senam lantai di Indonesia dan mencetak atlet-atlet senam lantai yang berprestasi di tingkat internasional.

Peningkatan kualitas pelatih dan juri

Peningkatan kualitas pelatih dan juri merupakan salah satu fungsi penting induk organisasi senam lantai. Pelatih dan juri yang berkualitas sangat penting untuk pengembangan senam lantai di suatu negara, karena mereka berperan dalam:

  • Pelatihan atlet

    Pelatih yang berkualitas dapat memberikan pelatihan yang baik kepada atlet, sehingga atlet dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Pelatih harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam senam lantai, serta mampu memotivasi dan membimbing atlet untuk mencapai prestasi yang tinggi.

  • Penilaian pertandingan

    Juri yang berkualitas dapat memberikan penilaian yang adil dan akurat dalam pertandingan senam lantai. Juri harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam peraturan dan teknik penilaian senam lantai, sehingga dapat menilai penampilan atlet secara objektif.

  • Peningkatan standar senam lantai

    Pelatih dan juri yang berkualitas dapat membantu meningkatkan standar senam lantai di suatu negara. Pelatih dapat melatih atlet untuk tampil dengan gerakan yang lebih baik dan lebih sulit, sedangkan juri dapat memberikan penilaian yang lebih ketat dan adil. Hal ini akan mendorong atlet untuk terus meningkatkan kemampuan mereka.

  • Pengembangan atlet muda

    Pelatih dan juri yang berkualitas juga dapat berperan dalam pengembangan atlet muda. Pelatih dapat memberikan pelatihan dasar yang baik kepada atlet muda, sedangkan juri dapat memberikan penilaian yang memotivasi atlet muda untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka.

Dengan demikian, peningkatan kualitas pelatih dan juri sangat penting untuk pengembangan senam lantai di suatu negara. Induk organisasi senam lantai harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelatih dan juri, sehingga dapat mencetak atlet-atlet senam lantai yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Penyediaan Fasilitas Latihan dan Pertandingan

Penyediaan fasilitas latihan dan pertandingan merupakan salah satu fungsi penting induk organisasi senam lantai. Fasilitas yang memadai sangat penting untuk pengembangan senam lantai di suatu negara, karena dapat memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Tempat latihan yang layak

    Fasilitas latihan yang layak sangat penting untuk atlet senam lantai agar dapat berlatih dengan baik dan aman. Fasilitas ini harus meliputi tempat latihan yang luas, peralatan latihan yang lengkap, dan staf pelatih yang berkualitas.

  • Tempat pertandingan yang representatif

    Tempat pertandingan yang representatif sangat penting untuk menyelenggarakan kompetisi senam lantai yang berkualitas. Tempat ini harus memenuhi standar internasional, sehingga dapat digunakan untuk menyelenggarakan kejuaraan nasional dan internasional.

  • Peningkatan motivasi atlet

    Fasilitas latihan dan pertandingan yang memadai dapat meningkatkan motivasi atlet untuk berlatih dan bertanding. Atlet akan lebih semangat berlatih jika mereka memiliki tempat latihan yang layak dan bertanding di tempat yang representatif.

  • Peningkatan prestasi atlet

    Fasilitas latihan dan pertandingan yang memadai dapat membantu meningkatkan prestasi atlet. Atlet dapat berlatih dengan lebih baik dan bertanding dengan lebih percaya diri jika mereka memiliki fasilitas yang mendukung.

Dengan demikian, penyediaan fasilitas latihan dan pertandingan merupakan aspek penting dalam pengembangan senam lantai di suatu negara. Induk organisasi senam lantai harus terus berupaya untuk menyediakan fasilitas yang memadai bagi atlet senam lantai, sehingga dapat mencetak atlet-atlet senam lantai yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Induk Organisasi Senam Lantai

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang induk organisasi senam lantai:

Pertanyaan 1: Apa itu induk organisasi senam lantai?

Jawaban: Induk organisasi senam lantai adalah organisasi yang menaungi dan mengatur segala kegiatan senam lantai di suatu negara atau wilayah. Organisasi ini bertanggung jawab untuk membuat peraturan dan standar dalam senam lantai, menyelenggarakan kompetisi, serta membina atlet-atlet senam lantai.

Pertanyaan 2: Apa saja fungsi induk organisasi senam lantai?

Jawaban: Fungsi induk organisasi senam lantai antara lain membuat peraturan dan standar, menyelenggarakan kompetisi, membina atlet, mempromosikan dan mengembangkan senam lantai, mencari bibit atlet baru, bekerja sama dengan organisasi senam lantai internasional, meningkatkan kualitas pelatih dan juri, serta menyediakan fasilitas latihan dan pertandingan.

Baca Juga  Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan: Memahami Hierarki Kehidupan

Pertanyaan 3: Apa pentingnya induk organisasi senam lantai?

Jawaban: Induk organisasi senam lantai memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan senam lantai di suatu negara. Organisasi ini menyediakan wadah bagi para atlet untuk berlatih dan bertanding, serta memberikan dukungan dan bimbingan kepada mereka. Selain itu, induk organisasi senam lantai juga berperan dalam mempromosikan senam lantai kepada masyarakat dan mencari bibit-bibit atlet baru.

Pertanyaan 4: Siapa induk organisasi senam lantai di Indonesia?

Jawaban: Induk organisasi senam lantai di Indonesia adalah Persatuan Senam Indonesia (PERSANI).

Pertanyaan 5: Apa saja tugas dan tanggung jawab induk organisasi senam lantai di Indonesia?

Jawaban: Tugas dan tanggung jawab induk organisasi senam lantai di Indonesia antara lain mengembangkan dan membina senam lantai di Indonesia, serta mengirimkan atlet-atlet senam lantai Indonesia untuk berlaga di kompetisi internasional.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menjadi anggota induk organisasi senam lantai di Indonesia?

Jawaban: Untuk menjadi anggota induk organisasi senam lantai di Indonesia, Anda dapat menghubungi pengurus PERSANI di alamat berikut: Jl. Senayan No. 1, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10270, Indonesia.

Dengan demikian, induk organisasi senam lantai memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan senam lantai di suatu negara. Induk organisasi senam lantai berfungsi untuk mengatur segala kegiatan senam lantai, membina atlet, dan mempromosikan senam lantai kepada masyarakat.

Baca juga:
– Fungsi Induk Organisasi Senam Lantai
– Pentingnya Induk Organisasi Senam Lantai
– Tugas dan Tanggung Jawab Induk Organisasi Senam Lantai di Indonesia

Tips-Tips Penting dari Induk Organisasi Senam Lantai

Induk organisasi senam lantai memiliki peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan senam lantai di suatu negara. Salah satu tugas induk organisasi senam lantai adalah memberikan pembinaan dan dukungan kepada para atlet senam lantai. Berikut adalah beberapa tips penting dari induk organisasi senam lantai yang dapat membantu para atlet meningkatkan prestasi mereka:

Tip 1: Berlatih Secara Teratur dan Konsisten

Latihan yang teratur dan konsisten merupakan kunci untuk meningkatkan kemampuan senam lantai. Atlet harus mengikuti program latihan yang terstruktur dan disiplin, serta berlatih dengan sungguh-sungguh setiap hari.

Tip 2: Fokus pada Teknik Dasar

Teknik dasar senam lantai sangat penting untuk dikuasai dengan baik. Atlet harus fokus pada penguasaan teknik-teknik dasar, seperti handstand, cartwheel, dan salto, sebelum berlatih gerakan-gerakan yang lebih sulit.

Tip 3: Perhatikan Keselamatan

Keselamatan harus menjadi prioritas utama dalam latihan senam lantai. Atlet harus selalu menggunakan matras dan peralatan yang sesuai, serta berlatih di bawah pengawasan pelatih yang berpengalaman.

Tip 4: Jaga Kondisi Fisik

Atlet senam lantai harus menjaga kondisi fisik mereka dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan latihan fleksibilitas secara teratur.

Tip 5: Dengarkan Instruksi Pelatih

Pelatih memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berharga. Atlet harus selalu mendengarkan instruksi pelatih dan mengikuti arahan mereka dengan baik.

Tip 6: Berani Mengambil Risiko

Dalam senam lantai, keberanian sangat penting. Atlet harus berani mengambil risiko dan mencoba gerakan-gerakan baru, namun tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Tip 7: Jangan Menyerah

Senam lantai adalah olahraga yang menantang, namun jangan pernah menyerah. Tetaplah berlatih dengan tekun dan pantang menyerah, maka atlet pasti akan mencapai tujuan mereka.

Dengan mengikuti tips-tips ini, atlet senam lantai dapat meningkatkan prestasi mereka dan meraih kesuksesan dalam olahraga yang mereka cintai.

Induk organisasi senam lantai selalu mendukung dan membina para atlet senam lantai. Bersama-sama, kita dapat memajukan senam lantai di Indonesia dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Kesimpulan

Induk organisasi senam lantai memegang peranan penting dalam pengembangan dan kemajuan senam lantai di suatu negara. Organisasi ini memiliki berbagai fungsi dan tanggung jawab, antara lain membuat peraturan dan standar, menyelenggarakan kompetisi, membina atlet, mempromosikan dan mengembangkan senam lantai, mencari bibit atlet baru, bekerja sama dengan organisasi senam lantai internasional, meningkatkan kualitas pelatih dan juri, serta menyediakan fasilitas latihan dan pertandingan.

Dengan menjalankan fungsi dan tanggung jawab tersebut, induk organisasi senam lantai dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan senam lantai di suatu negara. Atlet senam lantai dapat berlatih dan bertanding dengan baik, sehingga dapat meningkatkan prestasi mereka dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Youtube Video: