Rahasia Mendapat Berkah Meski Lupa Baca Doa Makan

Posted on

Rahasia Mendapat Berkah Meski Lupa Baca Doa Makan

Doa lupa baca doa makan adalah doa yang dibaca ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Doa ini dibaca setelah makanan sudah masuk ke dalam mulut. Dalam agama Islam, membaca doa sebelum makan merupakan adab yang sangat dianjurkan. Namun, jika seseorang lupa membaca doa sebelum makan, maka diperbolehkan untuk membaca doa lupa baca doa makan.

Adapun bacaan doa lupa baca doa makan adalah sebagai berikut:

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

Selain doa di atas, terdapat juga doa lupa baca doa makan yang lebih panjang, yaitu:

Bismillaahi walhamdulillaahi ‘alaa ni’matihi wabilaa hawli walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah dan segala puji bagi Allah atas nikmat-Nya dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Membaca doa lupa baca doa makan memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.
  • Terhindar dari gangguan jin dan setan.
  • Makanan yang dimakan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa lupa baca doa makan jika lupa membaca doa sebelum makan. Dengan membaca doa ini, kita dapat melengkapi adab makan yang baik dan mendapatkan manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas.

doa lupa baca doa makan

Doa lupa baca doa makan merupakan salah satu adab makan dalam agama Islam. Doa ini dibaca ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Membaca doa lupa baca doa makan memiliki beberapa manfaat, di antaranya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, terhindar dari gangguan jin dan setan, serta membuat makanan yang dimakan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

  • Pengertian: Doa yang dibaca ketika lupa membaca doa sebelum makan.
  • Hukum: Sunnah.
  • Waktu: Setelah makanan masuk ke dalam mulut.
  • Bacaan: Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.
  • Manfaat: Mendapatkan keberkahan, terhindar dari gangguan jin dan setan, makanan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.
  • Hikmah: Menyadarkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas, termasuk saat makan.
  • Contoh: Seseorang lupa membaca doa sebelum makan, kemudian ia teringat dan langsung membaca doa lupa baca doa makan.
  • Hubungan dengan topik utama: Doa lupa baca doa makan merupakan bagian dari adab makan dalam agama Islam, yang bertujuan untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari gangguan jin dan setan.
  • Relevansi: Mengingatkan kita untuk selalu menjaga adab makan, meskipun kita lupa membaca doa sebelum makan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali lupa membaca doa sebelum makan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terburu-buru, lupa, atau tidak terbiasa. Namun, ketika kita lupa membaca doa sebelum makan, kita tidak perlu khawatir. Kita bisa langsung membaca doa lupa baca doa makan. Dengan membaca doa ini, kita tetap bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dan terhindar dari gangguan jin dan setan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan diri membaca doa sebelum makan dan doa lupa baca doa makan jika kita lupa membaca doa sebelum makan.

Pengertian

Pengertian “doa yang dibaca ketika lupa membaca doa sebelum makan” merupakan komponen penting dalam memahami konsep “doa lupa baca doa makan” secara keseluruhan. Doa lupa baca doa makan adalah doa yang dibaca ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Pengertian ini menjelaskan konteks dan tujuan dari doa lupa baca doa makan, yaitu sebagai pengganti doa sebelum makan yang terlewat.

Koneksi antara pengertian tersebut dengan doa lupa baca doa makan sangat erat. Tanpa adanya pengertian yang jelas, akan sulit untuk memahami makna dan fungsi doa lupa baca doa makan. Pengertian ini memberikan landasan pemahaman tentang doa lupa baca doa makan, sehingga kita dapat mengetahui kapan dan bagaimana doa tersebut dibaca.

Dalam praktiknya, pengertian “doa yang dibaca ketika lupa membaca doa sebelum makan” sangat penting. Ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan, ia dapat langsung membaca doa lupa baca doa makan. Doa ini akan menggantikan doa sebelum makan yang terlewat, sehingga keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT tetap dapat diperoleh.

Dengan demikian, pengertian “doa yang dibaca ketika lupa membaca doa sebelum makan” merupakan komponen penting dalam memahami dan mengamalkan doa lupa baca doa makan. Pengertian ini memberikan landasan pemahaman yang jelas tentang doa lupa baca doa makan, sehingga kita dapat memperoleh manfaatnya secara optimal.

Hukum

Hukum membaca doa lupa baca doa makan adalah sunnah. Artinya, doa ini dianjurkan untuk dibaca, tetapi tidak wajib. Meskipun tidak wajib, sangat dianjurkan untuk membaca doa lupa baca doa makan karena memiliki beberapa manfaat, di antaranya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, terhindar dari gangguan jin dan setan, serta membuat makanan yang dimakan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

  • Dianjurkan untuk dibaca: Membaca doa lupa baca doa makan dianjurkan karena dapat melengkapi adab makan yang baik dan mendapatkan manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas.
  • Tidak wajib: Meskipun dianjurkan, doa lupa baca doa makan tidak wajib dibaca. Artinya, jika seseorang lupa membaca doa ini, tidak berdosa.
  • Waktu membaca: Doa lupa baca doa makan dibaca setelah makanan masuk ke dalam mulut.
  • Bacaan doa: Bacaan doa lupa baca doa makan adalah Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Kesimpulannya, membaca doa lupa baca doa makan hukumnya sunnah. Meskipun tidak wajib, sangat dianjurkan untuk membaca doa ini karena memiliki beberapa manfaat. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membaca doa lupa baca doa makan jika lupa membaca doa sebelum makan.

Baca Juga  Teks Doa Selamat: Perlindungan dan Kedamaian dari Tuhan

Waktu

Waktu membaca doa lupa baca doa makan adalah setelah makanan masuk ke dalam mulut. Hal ini dikarenakan doa lupa baca doa makan merupakan pengganti doa sebelum makan yang terlewat. Ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan, maka ia dapat langsung membaca doa lupa baca doa makan setelah makanan masuk ke dalam mulut.

Pentingnya waktu membaca doa lupa baca doa makan setelah makanan masuk ke dalam mulut adalah untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Doa yang dibaca setelah makanan masuk ke dalam mulut akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, membaca doa setelah makanan masuk ke dalam mulut juga dapat menghindarkan kita dari gangguan jin dan setan.

Sebagai contoh, seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Ketika ia teringat, ia langsung membaca doa lupa baca doa makan setelah makanan masuk ke dalam mulut. Dengan membaca doa tersebut, ia tetap bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dan terhindar dari gangguan jin dan setan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca doa lupa baca doa makan setelah makanan masuk ke dalam mulut.

Kesimpulannya, doa lupa baca doa makan dibaca setelah makanan masuk ke dalam mulut karena merupakan pengganti doa sebelum makan yang terlewat. Membaca doa setelah makanan masuk ke dalam mulut lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT dan dapat menghindarkan kita dari gangguan jin dan setan.

Bacaan

Bacaan Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi merupakan bacaan doa lupa baca doa makan. Doa ini dibaca setelah makanan masuk ke dalam mulut karena lupa membaca doa sebelum makan. Bacaan doa ini memiliki beberapa makna dan implikasi dalam konteks doa lupa baca doa makan.

  • Memohon keberkahan Allah SWT: Bacaan Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi mengandung makna permohonan keberkahan dari Allah SWT atas makanan yang dimakan. Dengan membaca doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar makanan yang kita makan menjadi berkah dan bermanfaat bagi tubuh kita.
  • Menolak gangguan jin dan setan: Selain memohon keberkahan, bacaan Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi juga berfungsi untuk menolak gangguan jin dan setan. Dengan membaca doa ini, kita berlindung kepada Allah SWT dari gangguan jin dan setan yang mungkin ingin mengganggu kita saat makan.
  • Pengganti doa sebelum makan: Bacaan Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi merupakan pengganti doa sebelum makan yang terlewat. Ketika kita lupa membaca doa sebelum makan, kita dapat membaca doa ini untuk menggantikannya. Dengan membaca doa ini, kita tetap dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.
  • Adab makan yang baik: Membaca doa lupa baca doa makan merupakan salah satu adab makan yang baik dalam agama Islam. Dengan membaca doa ini, kita menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat makanan yang diberikan dan melengkapi adab makan yang baik.

Kesimpulannya, bacaan Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi memiliki makna dan implikasi yang penting dalam konteks doa lupa baca doa makan. Bacaan ini berfungsi untuk memohon keberkahan Allah SWT, menolak gangguan jin dan setan, menggantikan doa sebelum makan yang terlewat, dan melengkapi adab makan yang baik.

Manfaat

Doa lupa baca doa makan memiliki beberapa manfaat, di antaranya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, terhindar dari gangguan jin dan setan, serta membuat makanan yang dimakan menjadi lebih berkah dan bermanfaat. Ketiga manfaat ini saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam konteks doa lupa baca doa makan.

Pertama, keberkahan Allah SWT merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, kita memohon kepada Allah SWT agar makanan yang kita makan menjadi berkah dan bermanfaat bagi tubuh kita. Makanan yang berkah akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh kita dan membuat kita sehat. Selain itu, makanan yang berkah juga akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi kita.

Kedua, gangguan jin dan setan merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas kita, termasuk saat makan. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, kita berlindung kepada Allah SWT dari gangguan jin dan setan. Doa ini akan menghalangi jin dan setan untuk mengganggu kita saat makan, sehingga kita dapat makan dengan tenang dan nyaman.

Ketiga, makanan yang berkah dan bermanfaat akan memberikan dampak positif bagi kehidupan kita. Makanan yang berkah akan membuat kita sehat dan kuat, sehingga kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik. Selain itu, makanan yang bermanfaat juga akan membuat kita lebih semangat dalam bekerja dan beribadah.

Kesimpulannya, manfaat mendapatkan keberkahan, terhindar dari gangguan jin dan setan, serta makanan menjadi lebih berkah dan bermanfaat merupakan komponen penting dari doa lupa baca doa makan. Ketiga manfaat ini saling berkaitan dan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa lupa baca doa makan setelah lupa membaca doa sebelum makan.

Hikmah

Hikmah, atau kebijaksanaan yang terkandung dalam doa lupa baca doa makan, adalah untuk menyadarkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas, termasuk saat makan. Hal ini karena makan merupakan salah satu aktivitas penting dalam kehidupan kita yang perlu dilakukan dengan penuh kesadaran dan rasa syukur.

  • Menumbuhkan rasa syukur: Doa lupa baca doa makan mengingatkan kita untuk bersyukur atas nikmat makanan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, kita akan lebih menghargai makanan yang kita makan dan tidak menyia-nyiakannya.
  • Menjauhkan dari sifat rakus: Doa lupa baca doa makan juga menjauhkan kita dari sifat rakus dan tamak. Ketika kita ingat untuk membaca doa sebelum makan, kita akan cenderung makan dengan lebih perlahan dan menikmati setiap suapan makanan yang kita makan.
  • Menjadi lebih mindful: Membaca doa lupa baca doa makan membuat kita lebih mindful atau sadar saat makan. Kita tidak hanya makan secara otomatis, tetapi kita juga merenungkan makna di balik makanan yang kita makan dan bersyukur atas berkah yang telah diberikan oleh Allah SWT.
  • Menjaga kesehatan: Makan dengan penuh kesadaran dapat membantu kita menjaga kesehatan. Ketika kita makan dengan perlahan dan menikmati setiap suapan makanan, kita akan lebih mudah merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Hal ini dapat membantu kita menghindari masalah kesehatan seperti obesitas dan gangguan pencernaan.
Baca Juga  Panduan Lengkap: Mengenal CPU dari A sampai Z

Kesimpulannya, hikmah dari doa lupa baca doa makan adalah untuk menyadarkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas, termasuk saat makan. Dengan mengingat Allah SWT saat makan, kita akan lebih bersyukur, terhindar dari sifat rakus, menjadi lebih mindful, dan dapat menjaga kesehatan kita dengan lebih baik.

Contoh

Contoh tersebut merupakan ilustrasi nyata dari praktik doa lupa baca doa makan. Seseorang yang lupa membaca doa sebelum makan kemudian teringat dan langsung membaca doa lupa baca doa makan menunjukkan pemahaman dan pengamalan yang baik terhadap adab makan dalam agama Islam.

Doa lupa baca doa makan menjadi penting karena menjadi pengganti doa sebelum makan yang terlewat. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, seseorang tetap dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT, meskipun lupa membaca doa sebelum makan.

Dalam praktiknya, doa lupa baca doa makan dapat dibaca kapan saja setelah makanan masuk ke dalam mulut. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengamalkan adab makan dalam Islam. Dengan demikian, setiap Muslim dapat dengan mudah melengkapi adab makannya, meskipun lupa membaca doa sebelum makan.

Kesimpulannya, contoh yang diberikan merupakan representasi dari pemahaman dan pengamalan doa lupa baca doa makan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa doa lupa baca doa makan memiliki peran penting dalam melengkapi adab makan dalam Islam dan mudah diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hubungan dengan topik utama

Doa lupa baca doa makan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adab makan dalam agama Islam. Adab makan merupakan aturan atau tata cara yang mengatur bagaimana seseorang harus bersikap dan berperilaku ketika makan. Adab makan yang baik tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan, tetapi juga untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari gangguan jin dan setan.

Membaca doa sebelum makan merupakan salah satu adab makan yang sangat penting. Doa sebelum makan merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat makanan yang telah diberikan. Selain itu, doa sebelum makan juga berfungsi untuk memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Namun, jika seseorang lupa membaca doa sebelum makan, maka ia dapat membaca doa lupa baca doa makan.

Doa lupa baca doa makan memiliki kedudukan yang sama dengan doa sebelum makan. Artinya, doa lupa baca doa makan juga berfungsi untuk memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, seseorang tetap dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT, meskipun lupa membaca doa sebelum makan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali lupa membaca doa sebelum makan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terburu-buru, lupa, atau tidak terbiasa. Namun, ketika kita lupa membaca doa sebelum makan, kita tidak perlu khawatir. Kita bisa langsung membaca doa lupa baca doa makan. Dengan membaca doa ini, kita tetap bisa mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Kesimpulannya, doa lupa baca doa makan memiliki hubungan yang erat dengan adab makan dalam agama Islam. Doa lupa baca doa makan merupakan bagian dari adab makan yang bertujuan untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari gangguan jin dan setan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca doa lupa baca doa makan jika lupa membaca doa sebelum makan.

Relevansi

Doa lupa baca doa makan sangat relevan dengan adab makan dalam Islam. Adab makan mencakup aturan dan tata cara makan yang baik, tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk mendapatkan berkah dan terhindar dari gangguan setan.

  • Mengingatkan kewajiban adab makan
    Doa lupa baca doa makan mengingatkan kita bahwa membaca doa sebelum makan adalah kewajiban. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, kita tetap menjalankan adab makan, meskipun lupa membaca doa sebelumnya.
  • Menjaga kesucian makanan
    Membaca doa sebelum makan dan doa lupa baca doa makan berfungsi untuk menyucikan makanan dari gangguan setan. Doa-doa ini memohon perlindungan dari Allah SWT agar makanan yang kita makan bebas dari hal-hal negatif.
  • Menyadarkan pentingnya rasa syukur
    Doa lupa baca doa makan menyadarkan kita untuk selalu bersyukur atas makanan yang kita konsumsi. Rasa syukur ini penting untuk mengembangkan sifat qanaah dan tidak berlebihan dalam makan.
  • Memperkuat keimanan
    Membaca doa lupa baca doa makan memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT. Kita percaya bahwa segala sesuatu, termasuk makanan, adalah pemberian dari-Nya dan kita wajib untuk mensyukuri nikmat tersebut.
Baca Juga  Temukan Manfaat Baca Al-Quran yang Jarang Diketahui

Dengan demikian, doa lupa baca doa makan sangat relevan dalam menjaga adab makan dan memperkuat aspek spiritual kita dalam kehidupan sehari-hari.

Tanya Jawab tentang Doa Lupa Baca Doa Makan

Berikut ini adalah beberapa tanya jawab seputar doa lupa baca doa makan yang sering ditanyakan:

Pertanyaan 1: Apa hukum membaca doa lupa baca doa makan?

Jawaban: Hukum membaca doa lupa baca doa makan adalah sunnah. Artinya, doa ini dianjurkan untuk dibaca, tetapi tidak wajib.

Pertanyaan 2: Kapan waktu membaca doa lupa baca doa makan?

Jawaban: Doa lupa baca doa makan dibaca setelah makanan masuk ke dalam mulut.

Pertanyaan 3: Apa bacaan doa lupa baca doa makan?

Jawaban: Bacaan doa lupa baca doa makan adalah Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Pertanyaan 4: Apa manfaat membaca doa lupa baca doa makan?

Jawaban: Manfaat membaca doa lupa baca doa makan adalah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, terhindar dari gangguan jin dan setan, serta membuat makanan yang dimakan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Pertanyaan 5: Apa hikmah dari membaca doa lupa baca doa makan?

Jawaban: Hikmah dari membaca doa lupa baca doa makan adalah untuk menyadarkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap aktivitas, termasuk saat makan.

Pertanyaan 6: Bagaimana jika kita lupa membaca doa lupa baca doa makan?

Jawaban: Jika kita lupa membaca doa lupa baca doa makan, maka kita tidak perlu khawatir. Kita tetap bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dengan membaca doa makan setelah selesai makan.

Dengan memahami tanya jawab di atas, diharapkan kita dapat lebih memahami dan mengamalkan doa lupa baca doa makan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Penting tentang Doa Lupa Baca Doa Makan

Doa lupa baca doa makan merupakan bagian dari adab makan dalam ajaran Islam. doa ini dibaca ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, kita tetap dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa tips penting yang dapat membantu kita untuk selalu ingat dan mengamalkan doa lupa baca doa makan:

Tip 1: Biasakan Membaca Doa Sebelum Makan
Membiasakan diri membaca doa sebelum makan akan meminimalisir kemungkinan kita lupa membaca doa. Usahakan untuk selalu membaca doa sebelum makan, meskipun sedang terburu-buru atau lupa.Tip 2: Letakkan Pengingat
Jika sering lupa membaca doa sebelum makan, kita dapat meletakkan pengingat di tempat yang mudah terlihat, seperti di meja makan atau di pintu kulkas. Pengingat ini akan membantu kita untuk tidak lupa membaca doa sebelum makan.Tip 3: Berdoa Bersama
Jika makan bersama keluarga atau teman, kita dapat mengajak mereka untuk membaca doa bersama-sama. Berdoa bersama akan menciptakan suasana yang lebih khusyuk dan membantu kita untuk tidak lupa membaca doa.Tip 4: Baca Doa Lupa Baca Doa Makan
Jika terlanjur lupa membaca doa sebelum makan, jangan khawatir. Kita tetap bisa mendapatkan keberkahan dengan membaca doa lupa baca doa makan setelah makanan masuk ke dalam mulut.Tip 5: Minta Ampun
Jika kita lupa membaca doa sebelum makan dan tidak sempat membaca doa lupa baca doa makan, kita dapat memohon ampun kepada Allah SWT. Mohon ampun atas kelalaian kita dan bertekad untuk lebih disiplin dalam membaca doa sebelum makan di kemudian hari.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat lebih mudah untuk selalu ingat dan mengamalkan doa lupa baca doa makan. Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam menjalankan segala bentuk ibadah, termasuk dalam hal adab makan.

Kesimpulan:
Doa lupa baca doa makan merupakan bagian penting dari adab makan dalam Islam. Dengan membiasakan diri membaca doa sebelum makan dan mengamalkan doa lupa baca doa makan, kita dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Doa lupa baca doa makan merupakan bagian penting dari adab makan dalam ajaran Islam. Doa ini dibaca ketika seseorang lupa membaca doa sebelum makan. Dengan membaca doa lupa baca doa makan, kita tetap dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Mengamalkan doa lupa baca doa makan memiliki banyak manfaat, di antaranya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, terhindar dari gangguan jin dan setan, serta membuat makanan yang dimakan menjadi lebih berkah dan bermanfaat. Selain itu, membaca doa lupa baca doa makan juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu bersyukur atas nikmat makanan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk membiasakan diri membaca doa sebelum makan dan doa lupa baca doa makan jika lupa membaca doa sebelum makan. Dengan mengamalkan adab makan yang baik, kita dapat memperoleh keberkahan dan manfaat yang berlimpah dari Allah SWT.

Youtube Video: