Panduan Lengkap Dalil tentang Sabar dalam Islam

Posted on

Panduan Lengkap Dalil tentang Sabar dalam Islam

Dalam kehidupan, kita sering dihadapkan pada berbagai cobaan dan kesulitan. Untuk menghadapinya, kesabaran sangat diperlukan. Sabar adalah sikap menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang buruk ketika ditimpa musibah atau cobaan.

Dalam ajaran Islam, sabar sangat ditekankan. Banyak ayat Al-Qur’an dan hadits yang menganjurkan umat Islam untuk bersabar dalam menghadapi cobaan. Sabar juga merupakan salah satu sifat terpuji yang dimiliki oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Sesungguhnya sabar itu separuh dari iman.”

Kesabaran mendatangkan banyak manfaat, di antaranya:

  1. Menjaga lisan dan perbuatan dari hal-hal yang merugikan
  2. Menghindarkan diri dari stres dan kecemasan
  3. Memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT
  4. Menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan

Marilah kita senantiasa berusaha untuk bersabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Dengan bersabar, insya Allah kita akan memperoleh pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT.

Dalil tentang Sabar

Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Ada banyak dalil tentang sabar yang dapat kita temukan dalam Al-Qur’an dan hadis. Kesabaran mendatangkan banyak manfaat, di antaranya menjaga lisan dan perbuatan dari hal-hal yang merugikan, menghindarkan diri dari stres dan kecemasan, memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan.

  • Definisi sabar: Menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang buruk ketika ditimpa musibah atau cobaan.
  • Manfaat sabar: Menjaga lisan dan perbuatan, menghindarkan diri dari stres dan kecemasan, memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar.
  • Contoh sabar: Rasulullah SAW bersabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan.
  • Dalil tentang sabar dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)
  • Dalil tentang sabar dalam hadis: “Sabar itu separuh dari iman.” (HR. Tirmidzi)
  • Hikmah sabar: Dengan bersabar, kita akan memperoleh pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT.
  • Sabar dalam menghadapi ujian: Ujian yang kita hadapi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesabaran kita.
  • Sabar dalam beribadah: Ibadah yang kita lakukan harus disertai dengan kesabaran.
  • Sabar dalam berdakwah: Berdakwah memerlukan kesabaran karena tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Demikianlah beberapa dalil tentang sabar yang dapat kita jadikan pedoman dalam menjalani kehidupan. Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan memperoleh pertolongan serta kasih sayang dari Allah SWT.

Definisi sabar

Definisi sabar ini merupakan bagian penting dari dalil tentang sabar. Sebab, kesabaran tidak hanya dimaknai sebagai sikap pasif dalam menerima cobaan, tetapi juga aktif dalam menahan diri dari perkataan dan perbuatan yang buruk. Dengan menahan diri dari hal-hal yang buruk, kita dapat terhindar dari perbuatan dosa dan kesalahan yang dapat memperburuk keadaan.

Contohnya, ketika kita ditimpa musibah kehilangan harta benda, kita mungkin merasa sedih dan kecewa. Namun, sebagai orang yang sabar, kita harus menahan diri dari mengeluh, menyalahkan orang lain, atau bahkan berbuat curang untuk mendapatkan harta benda kembali. Kita harus tetap bersabar dan berusaha mencari solusi dengan cara yang halal dan diridhai Allah SWT.

Dengan memahami definisi sabar ini, kita dapat lebih memahami hakikat kesabaran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bersabar, kita dapat menghadapi cobaan dengan lebih baik dan memperoleh pertolongan serta kasih sayang dari Allah SWT.

Manfaat sabar

Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Ada banyak dalil tentang sabar yang dapat kita temukan dalam Al-Qur’an dan hadis. Salah satu manfaat sabar adalah menjaga lisan dan perbuatan dari hal-hal yang merugikan, menghindarkan diri dari stres dan kecemasan, memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar.

  • Menjaga lisan dan perbuatan
    Dengan bersabar, kita dapat menahan diri dari mengucapkan kata-kata yang menyakitkan atau melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Hal ini sangat penting dalam menjaga hubungan baik dengan sesama dan menghindari konflik.
  • Menghindarkan diri dari stres dan kecemasan
    Ketika kita dihadapkan pada masalah atau cobaan, kesabaran dapat membantu kita untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Dengan begitu, kita dapat berpikir lebih jernih dan mengambil keputusan yang lebih baik.
  • Memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT
    Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang sabar. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153). Dengan bersabar, kita akan memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT dalam menghadapi cobaan.
  • Menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar
    Setiap cobaan yang kita hadapi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesabaran kita. Dengan bersabar menghadapi cobaan, kita akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar. Kita akan lebih siap menghadapi tantangan dan kesulitan di masa depan.
Baca Juga  Panduan Lengkap Ayat tentang Haji: Wajib, Rukun, dan Manfaat

Demikianlah beberapa manfaat sabar yang dapat kita peroleh dalam kehidupan. Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan memperoleh pertolongan serta kasih sayang dari Allah SWT.

Contoh sabar

Contoh sabar yang paling utama adalah Rasulullah SAW. Beliau bersabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan kesulitan sepanjang hidupnya. Sejak kecil, beliau kehilangan ayah dan ibunya. Beliau juga diboikot oleh kaumnya selama bertahun-tahun. Bahkan, beliau pernah dilempari batu dan diusir dari kampung halamannya. Namun, Rasulullah SAW tetap bersabar dan tidak pernah menyerah dalam berdakwah.

Kesabaran Rasulullah SAW merupakan bukti nyata bahwa beliau adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT. Beliau menjadi teladan bagi seluruh umat Islam dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Dengan kesabaran, kita dapat memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada berbagai masalah dan cobaan. Kita mungkin kehilangan pekerjaan, mengalami sakit penyakit, atau menghadapi konflik dengan orang lain. Dalam situasi seperti ini, kita harus mengingat contoh sabar Rasulullah SAW. Dengan bersabar, kita dapat menghadapi cobaan dengan lebih baik dan memperoleh pertolongan dari Allah SWT.

Dalil tentang sabar dalam Al-Qur’an

Dalil tentang sabar dalam Al-Qur’an tersebut merupakan salah satu ayat yang paling terkenal dan sering dikutip. Ayat ini memberikan jaminan dari Allah SWT bahwa Dia akan selalu bersama orang-orang yang sabar. Kesabaran merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Dengan bersabar, kita dapat menghadapi cobaan dan kesulitan dengan lebih baik, serta memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 153:

Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Ayat ini memberikan motivasi bagi kita untuk senantiasa bersabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Kita harus yakin bahwa Allah SWT selalu bersama kita, dan Dia akan memberikan pertolongan-Nya kepada kita jika kita bersabar.

Kesabaran tidak hanya diperlukan dalam menghadapi cobaan dan kesulitan, tetapi juga dalam menjalankan ibadah dan aktivitas sehari-hari. Dengan bersabar, kita dapat lebih fokus dan tenang dalam melakukan berbagai hal. Kita juga dapat terhindar dari perbuatan dosa dan kesalahan.

Contoh nyata dari kesabaran dapat kita lihat dari kisah Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan kesulitan sepanjang hidupnya. Beliau diusir dari kampung halamannya, dilempari batu, bahkan diancam akan dibunuh. Namun, beliau tetap bersabar dan tidak pernah menyerah dalam berdakwah.

Kesabaran Nabi Muhammad SAW memberikan pelajaran berharga bagi kita. Kita harus senantiasa bersabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Kita harus yakin bahwa Allah SWT selalu bersama kita, dan Dia akan memberikan pertolongan-Nya kepada kita jika kita bersabar.

Dalil tentang sabar dalam hadis

Dalil tentang sabar dalam hadis tersebut merupakan salah satu hadis yang paling terkenal dan sering dikutip. Hadis ini menunjukkan bahwa sabar merupakan salah satu sifat penting dalam ajaran Islam. Bahkan, Rasulullah SAW bersabda bahwa sabar itu separuh dari iman. Artinya, orang yang beriman harus memiliki sifat sabar.

Kesabaran tidak hanya diperlukan dalam menghadapi cobaan dan kesulitan, tetapi juga dalam menjalankan ibadah dan aktivitas sehari-hari. Dengan bersabar, kita dapat lebih fokus dan tenang dalam melakukan berbagai hal. Kita juga dapat terhindar dari perbuatan dosa dan kesalahan.

Contoh nyata dari kesabaran dapat kita lihat dari kisah Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan kesulitan sepanjang hidupnya. Beliau diusir dari kampung halamannya, dilempari batu, bahkan diancam akan dibunuh. Namun, beliau tetap bersabar dan tidak pernah menyerah dalam berdakwah.

Kesabaran Nabi Muhammad SAW memberikan pelajaran berharga bagi kita. Kita harus senantiasa bersabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Kita harus yakin bahwa Allah SWT selalu bersama kita, dan Dia akan memberikan pertolongan-Nya kepada kita jika kita bersabar.

Hikmah sabar

Hikmah sabar merupakan salah satu aspek penting dari dalil tentang sabar. Sabar tidak hanya dimaknai sebagai sikap pasif dalam menerima cobaan, tetapi juga aktif dalam mencari pertolongan dari Allah SWT. Dengan bersabar, kita menunjukkan sikap tawakal dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan jalan keluar bagi setiap masalah yang kita hadapi.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman: “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46)

Ayat ini menunjukkan bahwa sabar merupakan salah satu sifat yang dicintai oleh Allah SWT. Dengan bersabar, kita akan memperoleh pertolongan dan kemudahan dari-Nya dalam menghadapi segala kesulitan.

Sabar dalam menghadapi ujian

Kesabaran merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Sabar tidak hanya dimaknai sebagai sikap pasif dalam menerima cobaan, tetapi juga aktif dalam mencari pertolongan dari Allah SWT. Dengan bersabar, kita menunjukkan sikap tawakal dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan jalan keluar bagi setiap masalah yang kita hadapi.

Baca Juga  Temukan Rahasia Manfaat Air yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan

  • Sabar sebagai sarana peningkatan kualitas diri
    Ujian yang kita hadapi dalam hidup dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas diri kita. Dengan bersabar menghadapi ujian, kita belajar untuk mengendalikan emosi, berpikir lebih jernih, dan mencari solusi terbaik. Hal ini pada akhirnya akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih baik.
  • Sabar sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT
    Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an: “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46). Ayat ini menunjukkan bahwa sabar merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dengan bersabar, kita menunjukkan bahwa kita percaya pada janji Allah SWT dan yakin bahwa Dia akan memberikan pertolongan kepada kita.
  • Sabar sebagai sarana memperoleh pahala
    Allah SWT telah menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang sabar. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar dan bagi orang-orang yang sabar disediakan pahala tanpa batas.” (HR. Bukhari). Hadis ini menunjukkan bahwa sabar merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan akan dibalas dengan pahala yang besar.
  • Sabar sebagai contoh akhlak mulia
    Rasulullah SAW merupakan teladan terbaik dalam hal kesabaran. Beliau bersabar dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang berat. Kesabaran beliau menjadi contoh bagi kita semua untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala kesulitan yang kita hadapi.

Dengan demikian, sabar dalam menghadapi ujian merupakan salah satu aspek penting dari dalil tentang sabar dalam ajaran Islam. Dengan bersabar, kita dapat meningkatkan kualitas diri kita, menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT, memperoleh pahala yang besar, dan memberikan contoh akhlak mulia kepada orang lain.

Sabar dalam beribadah

Sabar dalam beribadah merupakan salah satu aspek penting dari dalil tentang sabar dalam ajaran Islam. Ibadah yang kita lakukan harus disertai dengan kesabaran, baik dalam menjalankan ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Kesabaran dalam beribadah menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan keyakinan kita bahwa setiap ibadah yang kita lakukan akan dibalas dengan pahala yang besar.

  • Kesabaran dalam menjalankan ibadah wajib
    Ibadah wajib seperti shalat, puasa, zakat, dan haji harus kita jalankan dengan penuh kesabaran. Kesabaran dalam menjalankan ibadah wajib menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan kesadaran kita bahwa ibadah wajib merupakan kewajiban yang harus kita tunaikan dengan sebaik-baiknya.
  • Kesabaran dalam menjalankan ibadah sunnah
    Ibadah sunnah seperti shalat sunnah, puasa sunnah, dan sedekah sunnah juga harus kita jalankan dengan penuh kesabaran. Kesabaran dalam menjalankan ibadah sunnah menunjukkan kerinduan kita kepada Allah SWT dan keinginan kita untuk mendapatkan pahala yang besar dari-Nya.
  • Kesabaran dalam menghadapi rintangan dalam beribadah
    Dalam menjalankan ibadah, kita seringkali menghadapi berbagai rintangan dan hambatan. Misalnya, ketika kita shalat, kita mungkin merasa malas atau mengantuk. Ketika kita puasa, kita mungkin merasa lapar atau haus. Ketika kita bersedekah, kita mungkin merasa berat untuk mengeluarkan harta kita. Dalam situasi seperti ini, kita harus tetap bersabar dan berusaha sekuat tenaga untuk menjalankan ibadah kita dengan sebaik-baiknya.
  • Kesabaran dalam menunggu hasil ibadah
    Setiap ibadah yang kita lakukan pasti akan dibalas oleh Allah SWT, namun balasan tersebut tidak selalu datang dengan segera. Terkadang, kita harus menunggu dengan sabar hingga balasan ibadah kita datang. Kesabaran dalam menunggu hasil ibadah menunjukkan keyakinan kita kepada Allah SWT dan kesadaran kita bahwa segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya.

Dengan demikian, sabar dalam beribadah merupakan salah satu aspek penting dari dalil tentang sabar dalam ajaran Islam. Dengan bersabar dalam beribadah, kita menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT, kerinduan kita kepada-Nya, dan keyakinan kita bahwa setiap ibadah yang kita lakukan akan dibalas dengan pahala yang besar.

Sabar dalam berdakwah

Dalam melaksanakan dakwah, seorang dai dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi. Karena, dakwah tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan keinginan kita.

  • Kegigihan
    Dalam berdakwah, diperlukan kegigihan dan kesabaran. Karena, tidak semua orang akan langsung menerima ajaran yang kita sampaikan. Terkadang, kita perlu mengulangi penjelasan berkali-kali hingga mereka benar-benar paham.
  • Menguasai emosi
    Seorang dai juga harus mampu menguasai emosi. Karena, dalam berdakwah, kita sering kali akan menghadapi penolakan dan hinaan. Jika kita tidak sabar, kita akan mudah terpancing emosi dan justru akan merusak citra dakwah kita.
  • Berorientasi pada tujuan
    Dalam berdakwah, kita harus berorientasi pada tujuan. Kita harus sabar dan terus berusaha, walaupun hasilnya belum terlihat secara nyata. Karena, dakwah adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu.
  • Tawakal
    Seorang dai juga harus memiliki sifat tawakal. Karena, kesuksesan dakwah tidak hanya bergantung pada usaha kita, tetapi juga pada kehendak Allah SWT. Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, maka kita harus sabar dan tawakal.
Baca Juga  Panduan Lengkap: Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

Jadi, sabar dalam berdakwah merupakan salah satu aspek penting dari dalil tentang sabar. Karena, dengan bersabar, kita akan mampu menghadapi berbagai rintangan dan hambatan dalam berdakwah, dan terus berusaha hingga tujuan dakwah kita tercapai.

Pertanyaan Umum tentang “Dalil tentang Sabar”

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai “Dalil tentang Sabar” dalam ajaran Islam:

Pertanyaan 1: Apakah sabar itu?

Jawaban: Sabar adalah menahan diri dari perkataan dan perbuatan buruk ketika ditimpa musibah atau cobaan.

Pertanyaan 2: Mengapa sabar itu penting?

Jawaban: Sabar itu penting karena dapat mendatangkan banyak manfaat, seperti menjaga lisan dan perbuatan, menghindarkan diri dari stres dan kecemasan, memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar.

Pertanyaan 3: Apa saja contoh sabar?

Jawaban: Contoh sabar antara lain: menahan diri dari mengeluh saat ditimpa musibah, menahan diri dari marah saat diprovokasi, dan tetap berusaha meskipun menghadapi kesulitan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara melatih kesabaran?

Jawaban: Ada beberapa cara untuk melatih kesabaran, seperti: mengingat Allah SWT dan berdoa kepada-Nya, selalu berpikir positif, dan mengambil hikmah dari setiap kejadian.

Pertanyaan 5: Apa saja dalil tentang sabar dalam Al-Qur’an?

Jawaban: Beberapa dalil tentang sabar dalam Al-Qur’an antara lain: “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153) dan “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46).

Pertanyaan 6: Apa saja dalil tentang sabar dalam hadis?

Jawaban: Beberapa dalil tentang sabar dalam hadis antara lain: “Sabar itu separuh dari iman.” (HR. Tirmidzi) dan “Orang yang sabar akan mendapatkan pahala tanpa batas.” (HR. Bukhari).

Kesimpulan:

Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Sabar mendatangkan banyak manfaat dan dapat dilatih dengan berbagai cara. Dalil tentang sabar dalam Al-Qur’an dan hadis sangat banyak dan jelas, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersabar.

Lanjut membaca:

Artikel tentang “Manfaat Sabar dalam Kehidupan Sehari-hari”

Tips Mengamalkan Dalil tentang Sabar

Mengamalkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk memperoleh ketenangan dan kebahagiaan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkannya:

Tip 1: Tingkatkan Iman dan Tawakal

Landasan utama kesabaran adalah keimanan yang kuat. Percaya bahwa semua kejadian yang menimpa kita adalah kehendak Allah SWT akan membuat kita lebih mudah untuk menerima dan menghadapinya dengan sabar.

Tip 2: Ingat Pahala Kesabaran

Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang sabar. Ingatlah selalu hal ini untuk memotivasi diri dalam menghadapi ujian dan cobaan.

Tip 3: Kendalikan Emosi

Saat menghadapi situasi yang memicu emosi, tarik napas dalam-dalam dan tenangkan diri sebelum bertindak atau berkata. Kendalikan amarah dan hawa nafsu untuk menghindari penyesalan dikemudian hari.

Tip 4: Berpikir Positif

Pandanglah setiap ujian sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Berpikir positif akan membantu kita lebih sabar dan tidak mudah putus asa.

Tip 5: Bersyukur

Luangkan waktu untuk bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah SWT berikan. Rasa syukur akan membuat kita lebih mudah menerima ujian dan cobaan yang menimpa.

Tip 6: Berdoa

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesabaran dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, kita dapat lebih sabar dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Kesabaran akan membawa kita pada ketenangan, kebahagiaan, dan pahala dari Allah SWT.

Kesimpulan

Dalam ajaran Islam, sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat ditekankan. Sabar memiliki banyak manfaat, di antaranya menjaga lisan dan perbuatan, menghindarkan diri dari stres dan kecemasan, memperoleh pertolongan dan kasih sayang dari Allah SWT, serta menjadi pribadi yang lebih kuat dan tegar. Berbagai dalil tentang sabar dapat kita temukan dalam Al-Qur’an dan hadis.

Melatih kesabaran dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk mencapai ketenangan dan kebahagiaan. Dengan meningkatkan iman dan tawakal, mengingat pahala kesabaran, mengendalikan emosi, berpikir positif, bersyukur, dan berdoa, kita dapat mengamalkan sikap sabar dengan baik. Sabar akan membawa kita pada kebaikan di dunia dan akhirat.

Youtube Video: