Panduan Sunnah: Pedoman Hidup Sempurna Umat Islam

Posted on

Panduan Sunnah: Pedoman Hidup Sempurna Umat Islam

Contoh sunnah adalah segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun ketetapan beliau. Contoh sunnah dapat berupa ibadah, akhlak, maupun kebiasaan sehari-hari.

Menerapkan sunnah dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi umat Islam, karena sunnah merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna. Dengan mengikuti sunnah, umat Islam dapat meneladani akhlak dan karakter mulia Nabi Muhammad SAW, serta mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Selain itu, sunnah juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Memperkuat iman dan ketakwaan kepada Allah SWT
  • Menjadikan hidup lebih teratur dan disiplin
  • Membantu dalam berinteraksi dengan orang lain secara baik
  • Mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat

Contoh Sunnah

Contoh sunnah adalah segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun ketetapan beliau. Contoh sunnah dapat berupa ibadah, akhlak, maupun kebiasaan sehari-hari. Menerapkan sunnah dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi umat Islam, karena sunnah merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna.

  • Ibadah
  • Akhlak
  • Kebiasaan
  • Perkataan
  • Perbuatan
  • Ketetapan
  • Pedoman hidup
  • Kesempurnaan
  • Keberkahan
  • Pahala

Contoh sunnah dapat kita lihat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti cara beribadah, berpakaian, makan, minum, dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan mengikuti sunnah, umat Islam dapat meneladani akhlak dan karakter mulia Nabi Muhammad SAW, serta mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT. Selain itu, sunnah juga dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan hidup, karena sunnah merupakan ajaran yang komprehensif dan sesuai dengan fitrah manusia.

Ibadah

Ibadah merupakan salah satu aspek penting dalam contoh sunnah. Ibadah adalah segala sesuatu yang dilakukan atau ditinggalkan karena diperintahkan atau dilarang oleh Allah SWT. Ibadah memiliki banyak macam, seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan lain sebagainya.

Menerapkan ibadah sesuai dengan sunnah sangat penting, karena dengan beribadah sesuai sunnah, umat Islam dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, ibadah yang sesuai sunnah juga dapat menjadi sarana untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan.

Contoh sunnah dalam ibadah sangat banyak, seperti tata cara shalat, puasa, zakat, dan haji. Dengan mengikuti sunnah dalam beribadah, umat Islam dapat memastikan bahwa ibadah yang mereka lakukan diterima oleh Allah SWT dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Akhlak

Akhlak merupakan salah satu aspek penting dalam contoh sunnah. Akhlak adalah perilaku atau karakter seseorang yang tercermin dalam tindakan, perkataan, dan pikirannya. Akhlak yang baik sangat ditekankan dalam Islam, karena akhlak yang baik merupakan cerminan dari keimanan seseorang.

  • kejujuran

    Kejujuran merupakan salah satu akhlak yang sangat ditekankan dalam Islam. Orang yang jujur akan selalu berkata benar dan tidak akan pernah berbohong, meskipun dalam keadaan sulit. Kejujuran sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena kejujuran dapat menciptakan rasa percaya dan menghindarkan dari konflik.

  • amanah

    Amanah adalah sifat bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Orang yang amanah akan selalu menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak akan pernah mengkhianati kepercayaan yang diberikan kepadanya. Amanah sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena amanah dapat menciptakan rasa percaya dan mempererat hubungan antar sesama.

  • sabar

    Sabar adalah sifat yang sangat penting dalam menghadapi cobaan hidup. Orang yang sabar akan selalu tabah dan tidak akan pernah mengeluh, meskipun dalam keadaan sulit. Sabar sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena sabar dapat menciptakan ketenangan dan kedamaian.

  • tawadhu

    Tawadhu adalah sifat rendah hati dan tidak sombong. Orang yang tawadhu akan selalu menghargai orang lain dan tidak akan pernah merasa lebih tinggi dari orang lain. Tawadhu sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena tawadhu dapat menciptakan kerukunan dan menghindari konflik.

Menerapkan akhlak yang baik sesuai dengan contoh sunnah sangat penting, karena akhlak yang baik dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dan disukai oleh Allah SWT dan sesama manusia.

Kebiasaan

Kebiasaan adalah segala sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang hingga menjadi suatu kebiasaan. Kebiasaan dapat berupa hal yang baik maupun buruk. Kebiasaan yang baik disebut sunnah, sedangkan kebiasaan yang buruk disebut bid’ah.

Menerapkan kebiasaan yang baik sesuai dengan contoh sunnah sangat penting, karena kebiasaan yang baik dapat membentuk karakter seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, kebiasaan yang baik juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Contoh kebiasaan yang baik sesuai dengan contoh sunnah antara lain:

  • Bangun pagi
  • Menjaga kebersihan
  • Bersedekah
  • Membaca Al-Qur’an
  • Mengerjakan shalat sunnah

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik sesuai dengan contoh sunnah, umat Islam dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan disukai oleh Allah SWT.

Baca Juga  Mengenal Parikan Yaiku, Puisi Jawa Penuh Makna

Perkataan

Dalam contoh sunnah, perkataan memegang peranan penting. Perkataan yang dimaksud adalah segala sesuatu yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik berupa sabda, nasihat, maupun petuah.

  • Sabda

    Sabda adalah perkataan Nabi Muhammad SAW yang berisi perintah, larangan, atau penjelasan tentang suatu hukum. Sabda memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam, karena sabda merupakan wahyu dari Allah SWT yang disampaikan melalui perantaraan Nabi Muhammad SAW.

  • Nasihat

    Nasihat adalah perkataan Nabi Muhammad SAW yang berisi ajaran moral, etika, dan akhlak. Nasihat bertujuan untuk memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat Islam agar dapat menjalani hidup dengan baik dan benar.

  • Petuah

    Petuah adalah perkataan Nabi Muhammad SAW yang berisi kata-kata bijak, motivasi, dan pengingat. Petuah bertujuan untuk memberikan semangat dan kekuatan kepada umat Islam agar dapat menghadapi berbagai tantangan hidup.

Menerapkan perkataan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, karena perkataan beliau merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna. Dengan mengikuti perkataan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Perbuatan

Dalam contoh sunnah, perbuatan merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, baik berupa tindakan, perilaku, maupun kebiasaan. Perbuatan Nabi Muhammad SAW memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam, karena perbuatan beliau merupakan cerminan dari ajaran Islam yang sebenarnya.

  • Ibadah

    Ibadah adalah salah satu aspek penting dalam perbuatan Nabi Muhammad SAW. Ibadah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sesuai dengan tuntunan Allah SWT, sehingga ibadah tersebut menjadi contoh bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah.

  • Muamalah

    Muamalah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan interaksi sosial. Perbuatan Nabi Muhammad SAW dalam bermuamalah dengan orang lain menjadi contoh bagi umat Islam dalam berinteraksi dengan sesama manusia.

  • Akhlak

    Akhlak adalah perilaku atau karakter seseorang. Perbuatan Nabi Muhammad SAW mencerminkan akhlak yang mulia, sehingga akhlak beliau menjadi contoh bagi umat Islam dalam berperilaku.

  • Siyasah

    Siyasah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pemerintahan atau kepemimpinan. Perbuatan Nabi Muhammad SAW dalam memimpin umat Islam menjadi contoh bagi umat Islam dalam menjalankan pemerintahan atau kepemimpinan.

Menerapkan perbuatan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, karena perbuatan beliau merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna. Dengan mengikuti perbuatan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Ketetapan

Ketetapan adalah segala sesuatu yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik berupa hukum, aturan, atau kebijakan. Ketetapan Nabi Muhammad SAW memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam, karena ketetapan beliau merupakan bagian dari syariat Islam yang wajib ditaati oleh seluruh umat Islam.

  • Hukum

    Hukum adalah segala sesuatu yang mengatur perbuatan manusia, baik yang wajib, sunnah, mubah, makruh, maupun haram. Hukum-hukum dalam Islam ditetapkan oleh Allah SWT melalui perantaraan Nabi Muhammad SAW. Dengan mengikuti hukum-hukum tersebut, umat Islam dapat menjalankan kehidupan sesuai dengan syariat Islam.

  • Aturan

    Aturan adalah segala sesuatu yang mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat. Aturan-aturan dalam Islam ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam masyarakat. Dengan mengikuti aturan-aturan tersebut, umat Islam dapat hidup berdampingan dengan harmonis dan damai.

  • Kebijakan

    Kebijakan adalah segala sesuatu yang mengatur jalannya pemerintahan atau kepemimpinan. Kebijakan-kebijakan dalam Islam ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengatur urusan pemerintahan dan kepemimpinan sesuai dengan syariat Islam. Dengan mengikuti kebijakan-kebijakan tersebut, umat Islam dapat menjalankan pemerintahan dan kepemimpinan sesuai dengan tuntunan Islam.

Menerapkan ketetapan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, karena ketetapan beliau merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna. Dengan mengikuti ketetapan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dapat memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Pedoman Hidup

Contoh sunnah merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna bagi umat Islam. Dengan mengikuti contoh sunnah, umat Islam dapat menjalani hidup sesuai dengan ajaran Islam dan memperoleh keberkahan serta pahala dari Allah SWT.

  • Ibadah

    Contoh sunnah dalam ibadah meliputi tata cara shalat, puasa, zakat, haji, dan ibadah lainnya. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam ibadah, umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

  • Akhlak

    Contoh sunnah dalam akhlak meliputi kejujuran, amanah, sabar, tawadhu, dan akhlak mulia lainnya. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam akhlak, umat Islam dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan disukai oleh Allah SWT dan sesama manusia.

  • Muamalah

    Contoh sunnah dalam muamalah meliputi tata cara jual beli, sewa-menyewa, utang-piutang, dan interaksi sosial lainnya. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam muamalah, umat Islam dapat menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia dan terhindar dari perselisihan.

  • Siyasah

    Contoh sunnah dalam siyasah meliputi tata cara pemerintahan, kepemimpinan, dan pengaturan negara. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam siyasah, umat Islam dapat menjalankan pemerintahan dan kepemimpinan dengan adil dan sesuai dengan ajaran Islam.

Baca Juga  Seluk Beluk Golden Buzzer: Fitur Penting dalam Kompetisi Bakat

Dengan menerapkan contoh sunnah dalam berbagai aspek kehidupan, umat Islam dapat meraih kebahagiaan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, setiap muslim hendaknya menjadikan contoh sunnah sebagai pedoman dalam menjalani hidupnya.

Kesempurnaan

Dalam ajaran Islam, contoh sunnah merupakan pedoman hidup yang sempurna dan lengkap. Kesempurnaan contoh sunnah dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain:

  • Mencakup Seluruh Aspek Kehidupan

    Contoh sunnah mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari ibadah, akhlak, muamalah, hingga siyasah. Dengan mengikuti contoh sunnah, umat Islam dapat menjalani hidup sesuai dengan ajaran Islam dalam segala bidang.

  • Sesuai dengan Fitrah Manusia

    Contoh sunnah sesuai dengan fitrah manusia yang diciptakan oleh Allah SWT. Dengan mengikuti contoh sunnah, umat Islam dapat hidup sesuai dengan nature dan potensi yang dimilikinya.

  • Membawa Kebahagiaan dan Keselamatan

    Contoh sunnah membawa kebahagiaan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Dengan mengikuti contoh sunnah, umat Islam dapat terhindar dari kesesatan dan meraih kebahagiaan sejati.

  • Teruji oleh Waktu

    Contoh sunnah telah teruji oleh waktu selama berabad-abad. Ajaran dan perilaku Nabi Muhammad SAW terbukti membawa kebaikan dan keberkahan bagi umat manusia.

Dengan demikian, kesempurnaan contoh sunnah terletak pada kelengkapannya, kesesuaiannya dengan fitrah manusia, manfaat yang dibawanya, dan keabadiannya. Oleh karena itu, umat Islam hendaknya menjadikan contoh sunnah sebagai pedoman hidup untuk meraih kesempurnaan dan kebahagiaan sejati.

Keberkahan

Keberkahan merupakan salah satu anugerah yang sangat didambakan oleh setiap muslim. Keberkahan dapat diartikan sebagai limpahan kebaikan dan manfaat yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya. Keberkahan tidak hanya terbatas pada materi, tetapi juga meliputi segala aspek kehidupan, seperti kesehatan, keluarga, dan ilmu pengetahuan.

  • Keberkahan dalam Harta

    Contoh sunnah dapat mendatangkan keberkahan dalam harta. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam mencari dan menggunakan harta, seperti bekerja halal, bersedekah, dan tidak boros, seorang muslim dapat memperoleh harta yang berkah dan bermanfaat.

  • Keberkahan dalam Keluarga

    Contoh sunnah juga dapat mendatangkan keberkahan dalam keluarga. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam membangun dan membina keluarga, seperti menikah dengan niat ibadah, menghormati orang tua, dan mendidik anak dengan baik, seorang muslim dapat memperoleh keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

  • Keberkahan dalam Ilmu Pengetahuan

    Contoh sunnah dapat mendatangkan keberkahan dalam ilmu pengetahuan. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam menuntut ilmu, seperti belajar dengan tekun, menghormati guru, dan mengamalkan ilmu, seorang muslim dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan berkah.

  • Keberkahan dalam Kesehatan

    Contoh sunnah dapat mendatangkan keberkahan dalam kesehatan. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam menjaga kesehatan, seperti makan makanan halal dan thoyyib, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup, seorang muslim dapat memperoleh kesehatan yang baik dan berkah.

Dengan demikian, contoh sunnah merupakan salah satu kunci utama untuk meraih keberkahan dalam kehidupan. Dengan mengikuti contoh sunnah dalam berbagai aspek kehidupan, seorang muslim dapat memperoleh limpahan kebaikan dan manfaat dari Allah SWT.

Pahala

Pahala adalah ganjaran atau balasan baik yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya atas segala amal perbuatan baik yang dilakukannya. Pahala memiliki kedudukan yang sangat penting dalam ajaran Islam, karena pahala merupakan motivasi utama bagi umat Islam untuk berbuat kebaikan.

  • Pahala mengikuti contoh sunnah

    Salah satu cara utama untuk mendapatkan pahala adalah dengan mengikuti contoh sunnah Nabi Muhammad SAW. Setiap perbuatan yang sesuai dengan sunnah, baik berupa ibadah, akhlak, maupun muamalah, akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  • Pahala berlipat ganda

    Pahala mengikuti contoh sunnah juga dapat berlipat ganda. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa yang mengamalkan sunnahku, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya dan pahala orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikit pun.” (HR. Tirmidzi)

  • Pahala sebagai syafaat di akhirat

    Selain mendapatkan pahala di dunia, mengikuti contoh sunnah juga akan menjadi syafaat atau pembelaan bagi umat Islam di akhirat. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Aku adalah pemimpin seluruh anak cucu Adam pada hari kiamat dan aku adalah orang pertama yang memberikan syafaat.” (HR. Muslim)

  • Pahala sebagai bentuk kecintaan Allah SWT

    Mengikuti contoh sunnah juga merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada Allah SWT. Dengan mengikuti sunnah, umat Islam menunjukkan bahwa mereka mencintai dan taat kepada Allah SWT serta Rasul-Nya.

Baca Juga  Rahasia Bernapas Lumba-Lumba: Adaptasi yang Menakjubkan

Dengan demikian, pahala merupakan salah satu motivasi utama bagi umat Islam untuk mengikuti contoh sunnah. Dengan mengikuti sunnah, umat Islam tidak hanya mendapatkan pahala di dunia dan di akhirat, tetapi juga menunjukkan kecintaan mereka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Pertanyaan Umum tentang Contoh Sunnah

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang contoh sunnah:

Pertanyaan 1: Apa itu contoh sunnah?

Contoh sunnah adalah segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun ketetapan beliau.

Pertanyaan 2: Mengapa penting mengikuti contoh sunnah?

Menerapkan contoh sunnah dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi umat Islam, karena sunnah merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna.

Pertanyaan 3: Apa saja manfaat mengikuti contoh sunnah?

Sunnah memiliki banyak manfaat, di antaranya memperkuat iman dan ketakwaan, menjadikan hidup lebih teratur dan disiplin, membantu dalam berinteraksi dengan orang lain secara baik, dan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menerapkan contoh sunnah dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh sunnah dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ibadah, akhlak, kebiasaan, perkataan, perbuatan, dan ketetapan.

Pertanyaan 5: Apa perbedaan antara sunnah dan bid’ah?

Sunnah adalah kebiasaan baik yang sesuai dengan ajaran Islam, sedangkan bid’ah adalah kebiasaan buruk yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Pertanyaan 6: Apakah mengikuti contoh sunnah dapat mendatangkan pahala?

Ya, mengikuti contoh sunnah akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Kesimpulan:

Contoh sunnah sangat penting untuk diikuti oleh umat Islam karena merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna. Dengan mengikuti contoh sunnah, umat Islam dapat meraih kebahagiaan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Artikel selanjutnya:

Tips Mengikuti Contoh Sunnah

Mengikuti contoh sunnah Nabi Muhammad SAW sangat penting bagi umat Islam. Sunnah merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna, yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Tip 1: Pelajari dan Pahami Sunnah

Pelajarilah sunnah dari sumber-sumber yang terpercaya, seperti Al-Qur’an, hadits, dan buku-buku ulama yang kredibel. Dengan memahami sunnah, Anda akan lebih mudah mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tip 2: Mulailah dari Hal Kecil

Tidak perlu langsung menerapkan sunnah secara keseluruhan. Mulailah dari hal-hal kecil yang mudah dilakukan, seperti mengucapkan salam, menjaga kebersihan, dan membantu orang lain. Secara bertahap, Anda dapat meningkatkan amalan sunnah sesuai kemampuan.

Tip 3: Konsisten dan Istiqomah

Mengamalkan sunnah membutuhkan konsistensi dan istiqomah. Jangan mudah menyerah jika belum bisa sempurna. Teruslah berusaha dan berdoa agar Allah SWT memberikan kemudahan.

Tip 4: Carilah Dukungan

Carilah dukungan dari keluarga, teman, atau komunitas Muslim untuk membantu Anda mengamalkan sunnah. Bergaul dengan orang-orang yang baik akan memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik.

Tip 5: Niatkan karena Allah SWT

Niatkan setiap amalan sunnah karena Allah SWT. Ingatlah bahwa pahala mengikuti sunnah sangat besar. Jadikanlah sunnah sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kesimpulan:

Mengikuti contoh sunnah Nabi Muhammad SAW adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Dengan mempelajari, memahami, dan mengamalkan sunnah, kita dapat memperoleh kebahagiaan, keberkahan, dan pahala yang besar di dunia dan akhirat.

Kesimpulan Contoh Sunnah

Contoh sunnah merupakan segala sesuatu yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun ketetapan beliau. Menerapkan sunnah dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi umat Islam, karena sunnah merupakan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna. Dengan mengikuti sunnah, umat Islam dapat memperoleh kebahagiaan, keberkahan, dan pahala yang besar di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, marilah kita semua mempelajari, memahami, dan mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga Allah SWT memberikan kita kemudahan dan kekuatan untuk menjadi umat yang selalu berpegang teguh pada ajaran-ajaran-Nya.

Youtube Video: