Cara Menonaktifkan Akun Instagram: Lengkap bisa diaktifin lagi

Cara Menonaktifkan Akun Instagram: Lengkap bisa diaktifin lagi

Posted on

Biotifor.or.idCara menonaktifkan akun Instagram adalah langkah yang perlu dilakukan jika Anda ingin sementara atau permanen tidak menggunakan platform media sosial ini. Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin menonaktifkan akun Instagram, seperti ingin fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup atau hanya merasa tidak nyaman dengan penggunaan media sosial. Berikut adalah panduan tentang cara menonaktifkan akun Instagram.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram

Persiapan

Berikut adalah persiapan yang perlu dilakukan sebelum menonaktifkan akun Instagram:

  1. Pastikan Kita memiliki akses ke akun.
  2. Simpan Data.
  3. Hubungi Orang yang Penting.
  4. Periksa Aplikasi yang Terhubung.
  5. Pikirkan Akibatnya.

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Pentingnya memiliki akses ke akun Instagram

Sebelum menonaktifkan akun, pastikan bahwa kita dapat mengaksesnya. Ingatlah nama pengguna dan kata sandi. Jika lupa, coba gunakan fitur pemulihan kata sandi.

Kenapa harus menyimpan Data?

Instagram menyediakan cara untuk mengunduh semua data, termasuk foto, komentar, info profil, dan lainnya. Untuk melakukannya, masuk ke akun Instagram, pilih ‘Pengaturan’, kemudian ‘Privasi dan Keamanan’. Pada bagian ‘Unduh Data’, masukkan alamat email dan klik ‘Kirim Tautan’.

Kenapa Harus menghubungi Orang yang Penting?

Jika memiliki kontak atau teman penting di Instagram, beri tahu mereka bahwa kita akan menonaktifkan akun. Cara ini memastikan bahwa mereka tidak merasa ditinggalkan atau khawatir.

Kenapa harus memeriksa Aplikasi yang Terhubung?

Beberapa aplikasi menggunakan Instagram untuk otentikasi. Sebelum menonaktifkan akun Instagram, periksa apakah ada aplikasi yang mungkin terpengaruh. Jika ada, carilah cara alternatif untuk masuk ke aplikasi tersebut.

Kenapa harus memikirkan Akibat Menonaktifkan akun instagram?

Menonaktifkan akun Instagram berarti kita akan kehilangan akses ke semua foto, video, komentar, suka, dan teman. Pastikan kita siap untuk ini.

Setelah semua persiapan ini selesai, kita bisa menonaktifkan akun Instagram. Mengikuti langkah-langkah ini akan membantu memastikan bahwa proses menonaktifkan akun berjalan semulus mungkin.

Langkah-langkah Menonaktifkan akun instagram

Ada dua cara menonaktifkan akun instagram. Diantaranya adalah :

  • Menonaktifkan Akun Instagram Sementara
  • Menonaktifkan Akun Instagram Permanent

Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan akun Instagram secara sementara:

  1. Buka Browser: Instagram tidak memungkinkan untuk menonaktifkan akun melalui aplikasi. Oleh karena itu, buka browser web di komputer atau perangkat mobile dan masuk ke www.instagram.com.
  2. Masuk ke Akun Instagram: Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke akun Instagram.
  3. Buka Profil: Setelah berhasil masuk, klik pada ikon profil di pojok kanan bawah untuk pergi ke halaman profil.
  4. Klik ‘Edit Profil’: Di halaman profil, klik tombol ‘Edit Profil’ yang berada di sebelah kanan nama pengguna.
  5. Pilih ‘Menonaktifkan Akun Saya Sementara’: Gulir ke bawah hingga bagian paling bawah, kemudian klik pada tautan ‘Menonaktifkan akun saya sementara’.
  6. Pilih Alasan untuk Menonaktifkan: Instagram akan meminta kita untuk memilih alasan mengapa ingin menonaktifkan akun Instagram. Pilih salah satu dari menu drop-down.
  7. Konfirmasi Kata Sandi: Setelah memilih alasan, kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi sebagai langkah konfirmasi.
  8. Klik ‘Menonaktifkan Akun Saya Sementara’: Setelah memasukkan kata sandi, klik tombol ‘Menonaktifkan akun saya sementara’ untuk menyelesaikan proses.
  9. Konfirmasi Menonaktifkan: Setelah mengeklik tombol tersebut, Instagram akan meminta konfirmasi akhir. Klik ‘Ya’ untuk menonaktifkan akun.
Baca Juga  Efek Samping Kacang Tanah Fakta yang Perlu Anda Ketahui

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita dapat menonaktifkan akun Instagram secara sementara. Kamu bisa mengaktifkannya kembali kapan saja dengan hanya masuk kembali.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Permanent

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan akun Instagram secara permanen:

  1. Buka Browser: Untuk menghapus akun Instagram secara permanen, kita perlu melakukannya melalui browser web, bukan melalui aplikasi. Buka browser di komputer atau perangkat mobile dan masuk ke www.instagram.com.
  2. Masuk ke Akun: Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke akun Instagram.
  3. Buka Halaman Penghapusan: Untuk memulai proses penghapusan, kita harus mengunjungi halaman khusus Instagram untuk penghapusan akun. Kunjungi tautan ini: https://www.instagram.com/accounts/remove/permanent/.
  4. Pilih Alasan untuk Menghapus: Instagram akan meminta Anda untuk memilih alasan mengapa ingin menghapus akun. Pilih salah satu opsi dari menu drop-down.
  5. Konfirmasi Kata Sandi: Setelah memilih alasan, Kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi sebagai langkah konfirmasi.
  6. Klik ‘Hapus Akun Saya Permanent’: Setelah memasukkan kata sandi, klik tombol ‘Hapus akun saya permanent’ untuk menyelesaikan proses.

Ingat, setelah akun dihapus, kita tidak dapat mengambil kembali akun tersebut atau data yang telah bagikan di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan telah mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menghapus akun secara permanen.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Permanent

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali akun Instagram:

  1. Buka Aplikasi Instagram atau Situs Web: Bisa melalui aplikasi Instagram di ponsel atau situs web www.instagram.com.
  2. Masuk ke Akun: Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke akun Instagram. Jika kata sandi terlupa, pilih opsi “Lupa Kata Sandi” dan ikuti petunjuk untuk mengatur ulang kata sandi.
  3. Konfirmasi Kode Verifikasi (jika diperlukan): Jika verifikasi dua faktor diaktifkan untuk akun, mungkin perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke email atau nomor telepon.
  4. Mulai Menggunakan Instagram Lagi: Setelah masuk, Instagram dapat digunakan seperti biasa. Semua postingan, komentar, dan suka harus kembali seperti semula.
Baca Juga  Manfaat Bawang Hitam Tunggal Kesehatan yang Luar Biasa

Perlu diingat, jika akun dinonaktifkan sementara, Instagram mungkin membutuhkan waktu hingga beberapa jam untuk mengembalikan akun tersebut. Jadi, jika tidak bisa masuk langsung setelah mengaktifkan kembali, cobalah menunggu sebentar dan coba lagi.


Setelah mengetahui cara menonaktifkan akun Instagram, kita mungkin ingin mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan. Pertama, menonaktifkan akun Instagram hanya akan menonaktifkan akun dan tidak akan menghapusnya secara permanen. Jika ingin menghapus akun Instagram secara permanen, kita harus melakukan langkah-langkah menonaktifkan secara permanent.

Kedua, menonaktifkan akun Instagram tidak akan menghentikan follower berhenti mengikuti kita. Namun, mereka tidak akan dapat melihat konten atau mengirim pesan langsung kepada kita. Jika ingin menghapus pengikut, Kamu harus melakukannya sebelum menonaktifkan akun.

Ketiga, jika memutuskan untuk menonaktifkan akun Instagram sementara, kamu dapat masuk kembali setiap saat dengan kata sandi dan profil akan tetap sama seperti sebelumnya. Namun, jika memilih untuk menonaktifkan akun Instagram secara permanen, maka kita tidak akan dapat memulihkan akun atau konten di masa depan.

Terakhir, menonaktifkan akun Instagram tidak akan menghapus tag foto atau komentar kita di profil orang lain. Namun, ketika akun dinonaktifkan, pengguna lain tidak akan dapat menemukan tag foto atau komentar kita di dalam platform.

Tips

  1. Sebelum menonaktifkan akun Instagram, pastikan telah memikirkan keputusan secara matang.
  2. Jangan khawatir tentang kehilangan pengikut atau konten. Kita selalu dapat memulihkan akun Instagram atau mengunduh konten sebelum menonaktifkan akun.
  3. Kita juga dapat mencoba untuk menonaktifkan akun Instagram untuk periode tertentu, seperti satu atau dua minggu, untuk melihat apakah ini membantu dalam menjaga kesehatan mental.
  4. Setelah menonaktifkan akun Instagram, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti membaca buku, berolahraga, atau menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman.
  5. Kita juga dapat mencoba untuk menggunakan media sosial dengan lebih bijak, seperti mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan di platform atau memilih untuk tidak mengikuti akun yang tidak bermanfaat atau tidak sehat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini adalah jawabannya seputar proses menonaktifkan dan mengaktifkan kembali akun Instagram:

Bisakah menonaktifkan Instagram sementara?
Menonaktifkan Instagram sementara adalah suatu kemungkinan. Instagram memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan akunnya secara sementara dan kembali mengaktifkannya kapan saja.

Apakah akun Instagram yang sudah dinonaktifkan bisa diaktifkan kembali?
Akun Instagram yang sudah dinonaktifkan bisa diaktifkan kembali. Pengguna hanya perlu masuk ke akunnya, dan secara otomatis akun akan diaktifkan kembali.

Kenapa Instagram saya dinonaktifkan?
Penonaktifan Instagram bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti pelanggaran terhadap Kebijakan Komunitas Instagram atau Syarat Penggunaan.

Dimana letak menonaktifkan akun Instagram?
Letak untuk menonaktifkan akun Instagram berada di pengaturan profil pengguna melalui situs web Instagram.

Apa itu suspend akun IG?
Suspend akun IG adalah penonaktifan akun oleh pihak Instagram karena suatu alasan, biasanya karena pelanggaran kebijakan atau syarat penggunaan.

Apa itu deactivate account?
Deactivate account adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti menonaktifkan akun, yang mana pengguna secara sementara menonaktifkan akunnya.

Berapa lama akun Instagram di nonaktifkan?
Lama waktu penonaktifan akun Instagram tergantung pada pengguna. Akun akan tetap nonaktif hingga pengguna memilih untuk mengaktifkannya kembali.

Apakah deactive Instagram Aman?
Deactive Instagram adalah langkah aman apabila pengguna ingin mengambil jeda dari platform ini. Namun, pengguna harus ingat bahwa selama akun nonaktif, pengguna lain tidak bisa mencari atau mengakses profil tersebut.

Harap diingat bahwa setiap proses menonaktifkan dan mengaktifkan kembali akun Instagram harus dilakukan dengan mempertimbangkan dampak yang akan terjadi, seperti hilangnya akses sementara ke fitur Instagram dan data yang ada.

Baca Juga  Manfaat Teh Susu, Kesehatan dan Kenikmatan

Penutup

Menonaktifkan akun Instagram bisa menjadi keputusan yang sulit, tetapi kadang-kadang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup. Pastikan memikirkan keputusan secara matang sebelum mengambil tindakan dan jangan khawatir tentang kehilangan pengikut atau konten. Kita selalu dapat memulihkan akun Instagram atau mengunduh konten sebelum menonaktifkan akun instagram.