Cara Mengolah Biji Selasih Menjadi Lezat dan Bergizi Dan Bermanfaat Tinggi

Posted on

Biotifor.or.id – Cara Mengolah Biji Selasih , Selasih, dikenal juga sebagai biji selasih atau basil seeds, ialah bahan alamiah yang banyak memiliki faedah kesehatan. Biji selasih kerap dipakai dalam beragam sajian, dimulai dari minuman dingin sampai makanan penutup. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas cara mengolah biji selasih secara betul hingga bisa nikmati faedahnya yang luar biasa.

Biji selasih, dikenal juga sebagai biji rami atau basil seeds, ialah bahan alamiah yang terkenal dalam masakan Indonesia. Mereka bukan hanya memberi struktur dan rasa yang unik pada makanan, tapi juga mempunyai beberapa faedah kesehatan yang luar biasa. Dalam artikel berikut, kita akan menerangkan cara mengolah biji selasih dan share resep-resep sedap yang bisa Anda coba.

Mengenali Biji Selasih

Biji selasih asal dari tanaman selasih atau Ocimum basilicum, yang disebut bagian keluarga mint. Biji ini dikenali nama alias, seperti tukmaria atau sweet basil seeds. Biji selasih mempunyai kulit keras yang menyerap air dan membuat susunan gelembung saat dipendam. Ini ialah karakter unik yang membuat pas untuk beragam resep.

Biji selasih ialah biji kecil yang dari tanaman Ocimum basilicum. Mereka kerap dipakai pada sajian penutup, minuman makanan penutup, dan fresh. Biji selasih mempunyai struktur jelly saat dipendam di air, serupa dengan chia seeds, tapi lebih halus.

 

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Saat sebelum kita awali mengolah biji selasih, silahkan persiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan:

Alat:

  1.  Gelas atau tempat tahan panas
  2. Sendok
  3.  Saringan lembut

Bahan:

  1.  Biji selasih
  2.  Air bersih

Beberapa langkah Cara Mengolah Biji Selasih

Cara Mengolah Biji Selasih

1. Pilih dan Membersihkan Biji Selasih

Saat sebelum mengolah biji selasih, pastikan untuk pilih biji yang berkualitas baik. Lantas, bersihkan biji selasih dalam saringan lembut untuk hilangkan kotoran dan debu.

Baca Juga  Menjelajahi Efek Samping Daun Kersen, Wajib Tahu!

2. Memendam Biji Selasih

Tempatkan biji selasih yang telah dicuci ke gelas atau tempat tahan panas. Tambah air bersih dengan jumlah yang cukup buat memendam biji selasih. Diamkan biji selasih memendam sepanjang minimal 15-30 menit atau sampai mereka membuat susunan gelembung di sekelilingnya.

3. Meningkatkan Biji Selasih

Sesudah biji selasih merekah secara baik, aduk perlahan-lahan dengan memakai sendok. Ini akan menolong melepas gelembung dan membuat struktur biji jadi lebih enak.

4. Menyuguhkan Biji Selasih

Biji selasih yang telah merekah siap agar dihidangkan. Anda bisa menambahnya ke beragam sajian, seperti minuman dingin, makanan penutup, atau yogurt. Selasih kerap dipakai sebagai hiasan pada sajian.

Cara Mengolah Biji Selasih

1. Memendam Biji Selasih

Langkah awal saat mengolah biji selasih ialah memendamnya. Mengambil satu sendok makan biji selasih dan campur dengan 3 sendok makan air. Biarkan sepanjang sekitaran 15 menit, sampai biji selasih membesar dan hasilkan struktur jelly yang khas.

2. Memakai Biji Selasih dalam Minuman

Biji selasih kerap dipakai pada minuman segar. Anda bisa menambahnya ke teh, air lemon, atau es buah sebagai pemanis alami. Mereka akan memberi struktur yang memikat dari minuman Anda.

3. Membuat Puding Selasih

Salah satunya sajian penutup yang terkenal ialah puding selasih. Campur biji selasih yang sudah dipendam susu, sedikit vanili, dan gula. Diamkan kombinasi ini dingin di almari es sepanjang beberapa jam. Anda akan memperoleh puding yang beri kesegaran dan sedap.

4. Topping Salad dan Sereal

Biji selasih ialah tambahan yang baik untuk salad atau sereal pagi Anda. Mereka akan memberi struktur dan rasa yang menarik pada sajian itu.

Baca Juga  10 Ikan Predator Air Tawar : Seru, Menantang, Dan Mengasyikkan

5. Membuat Juice Fresh

Anda pun bisa menambah biji selasih ke juice buah fresh Anda. Mereka akan memberi tambahan nutrisi yang bagus dan membuat juice Anda lebih kaya Cara Mengolah Biji Selasih .

Faedah Biji Selasih

Biji selasih bukan hanya sedap, tapi juga kaya faedahnya kesehatan. Beberapa faedah biji selasih mencakup:

  1.  Sumber Serat: Biji selasih memiliki kandungan serat tinggi, yang bagus untuk pencernaan.
  2.  Kaya Anti-oksidan: Biji selasih memiliki kandungan anti-oksidan yang menolong menantang radikal bebas dalam badan.
  3. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Konsumsi biji selasih dengan teratur bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung.
  4.  Mengatur Gula Darah: Biji selasih bisa menolong atur kandungan gula darah.
  5.  Penurun Berat Tubuh: Biji selasih bisa menolong dalam program pengurangan berat tubuh karena seratnya yang tinggi.

Ringkasan

Mengolah biji selasih tidak susah, dan faedah kesehatannya membuat patut dicoba. Anda bisa menambahnya ke makanan setiap hari Anda untuk memperoleh faedah kesehatan yang luar biasa. Coba resep-resep yang memakai biji selasih, dan cicipi sajian yang bergizi dan sedap.

Biji selasih ialah bahan makanan yang serbaguna dan berguna dalam masakan Indonesia. Anda bisa memprosesnya secara beragam cara untuk membuat sajian sehat dan sedap. Jangan sangsi untuk coba resep-resep di atas dan cicipi faedah biji selasih.

walaupun mereka mempunyai struktur sama sesudah dipendam di air, biji selasih asal dari tanaman basil, dan chia seeds asal dari tanaman Salvia Hispanica. Biji selasih seharusnya diletakkan dalam tempat kedap udara di lokasi yang kering dan sejuk.

biji selasih ialah opsi yang bagus untuk vegetarian karena memiliki kandungan banyak gizi penting. Anda bisa coba menambahnya ke makanan lain seperti bubur, smoothie, atau yogurt Cara Mengolah Biji Selasih .

Baca Juga  Tips Agar Anak Cepat Bicara, Panduan Lengkap

Pertanyaan Umum

  1.  Bisakah saya konsumsi biji selasih tiap hari?
    Ya, Anda bisa konsumsi biji selasih tiap hari dengan jumlah moderat. Tetapi, dianjurkan tidak untuk berlebihan.
  2. Bagaimana cara simpan biji selasih yang tidak dipakai?
    Biji selasih yang tidak dipakai seharusnya diletakkan dalam tempat kedap udara pada tempat kering dan sejuk.
  3.  Dapatkah saya menambah biji selasih ke smoothie?
    Sudah pasti, biji selasih ialah tambahan yang prima untuk smoothie, memberi struktur faedah kesehatan dan unik.
  4. Apa biji selasih pas untuk vegetarian atau vegan?
    Ya, biji selasih ialah opsi yang baik untuk vegetarian dan vegan karena kandungan gizinya yang kaya.
  5. Berapakah lama biji selasih dapat bertahan di dalam penyimpanan?
    Biji selasih bisa bertahan sampai 2 tahun bila diletakkan baik di lokasi yang sesuai. Pastikan untuk mengecek tanggal lewat waktu pada bungkusan.