Cara Menghilangkan Stretch Mark: Tips untuk Kulit Lebih Halus

biotifor.or.idCara Menghilangkan Stretch Mark – Stretch mark, atau yang dikenal juga istilah striae, ialah garis-garis lembut pada permukaan kulit yang biasanya ada karena peralihan berat tubuh yang mencolok, kehamilan, atau faktor genetik. Walaupun stretch mark ialah hal yang biasa terjadi, beberapa orang ingin menghilangkan untuk memperoleh kulit lebih lembut dan bebas dari pertanda sisa. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas beragam cara menghilangkan stretch mark dengan efisien dan memperoleh kulit lebih optimis.

Mengapa Stretch Mark Muncul?

Stretch mark atau striya ialah tipe jaringan parut yang muncul di permukaan kulit. Mereka umumnya ada sebagai garis-garis tipis yang beda warna dengan kulit sekelilingnya. Stretch mark kerap kali terjadi saat kulit meregang dengan mendadak karena peralihan berat tubuh atau peralihan hormonal. Faktor-faktor yang mengakibatkan timbulnya stretch mark diantaranya:

  1. Peralihan Berat Tubuh: Kenaikan berat tubuh yang cepat atau pengurangan berat tubuh yang mencolok bisa mengakibatkan kulit meregang. Ini umum terjadi sepanjang kehamilan, pubertas, ataupun waktu seorang alami kenaikan otot dalam sekejap.
  2. Kehamilan: Sepanjang kehamilan, kulit perut dan payudara alami pengenduran yang krusial karena perkembangan janin dan peralihan hormon. Ini bisa menyebabkan timbulnya stretch mark pada tempat ini.
  3. Peralihan Hormon: Hormon tertentu, seperti hormon kortisol yang dilepaskan sepanjang keadaan depresi, bisa lemahkan serat elastin dalam kulit, membuat lebih rawan pada pengenduran dan timbulnya stretch mark.
  4. Faktor Genetik: Kecondongan untuk meningkatkan stretch mark bisa dikuasai oleh faktor genetik. Bila orangtua kamu mempunyai stretch mark, kamu mungkin saja beresiko merasakannya.
  5. Pemakaian Kortikosteroid Tropis: Pemakaian periode panjang kortikosteroid tropis bisa kurangi fleksibilitas kulit dan tingkatkan dampak negatif timbulnya stretch mark.
  6. Keadaan Klinis: Beberapa keadaan klinis, seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan, bisa mengakibatkan kulit jadi kurang plastis serta lebih rawan pada pengenduran.
  7. Faktor Etnis: Kelompok-kelompok etnis condong mempunyai dampak negatif semakin tinggi untuk meningkatkan stretch mark dibanding lainnya.
Baca Juga  9 Manfaat Rutin Berolahraga untuk Kesehatan Tubuh

Walaupun mustahil seutuhnya menghambat stretch mark, langkah-langkah yang bisa diambil untuk kurangi dampak negatifnya termasuk jaga berat tubuh masih tetap konstan dengan peningkatan atau pengurangan yang perlahan-lahan, jaga kulit terhidrasi dengan memakai pelembap, dan jaga gaya hidup sehat dengan gizi yang bagus dan olahraga teratur. Bila kamu mempunyai kekuatiran mengenai stretch mark yang ada atau ingin mengelolanya, konsultasilah sama dokter atau professional klinis.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Perawatan Kulit yang Teratur

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama. Menjaga kulit secara baik ialah kunci untuk menghilangkan stretch mark dan menghambatnya ada kembali. Pakai pelembap kulit yang kaya vitamin E dan C, karena ke-2 vitamin ini bisa menolong tingkatkan fleksibilitas kulit dan percepat siklus pergantian sel. Pijat halus tempat yang mempunyai stretch mark memakai pelembap ini tiap hari untuk hasil yang maksimal.

Minyak Alami untuk Stretch Mark

Beberapa minyak alami mempunyai karakter regeneratif yang bisa menolong kurangi performa stretch mark. Minyak kelapa, minyak rosehip, dan minyak almond ialah contoh minyak alami yang kaya gizi dan anti-oksidan. Poleskan minyak opsi kamu dengan teratur pada tempat yang terimbas stretch mark, pijat secara halus, dan diamkan kulit menyerap minyak sepanjang beberapa saat saat sebelum dibasuh.

Perawatan Klinis: Cream Retinoid

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya. Cream yang memiliki kandungan retinoid bisa menolong menggairahkan produksi collagen dalam kulit dan membenahi penampilan stretch mark. Tetapi, pemakaian cream retinoid harus dengan pemantauan dokter, khususnya untuk mereka yang mempunyai kulit peka. Diskusikan sama dokter kamu saat sebelum memilih untuk memakai produk ini.

Mikrodermabrasi untuk Pergantian Kulit

Mikrodermabrasi ialah proses klinis enteng yang bisa menolong menghilangkan susunan atas kulit yang rusak dan menggairahkan perkembangan sel-sel kulit baru. Proses ini menolong memudarkan penampilan stretch mark seiring berjalannya waktu dan menggairahkan produksi collagen lebih sehat.

Baca Juga  15 Manfaat Bunga Telang, Bisa Menyegarkan Tubuh!

Perawatan Laser

Perawatan laser seperti fraksional laser bisa jadi jalan keluar efisien untuk menghilangkan stretch mark. Tehnologi laser menolong menggairahkan pergantian kulit dan membenahi jaringan yang rusak, hingga kurangi performa stretch mark secara krusial.

Skema Makan Sehat dan Hidrasi

Konsumsi gizi yang pas penting untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, vitamin E, zinc, dan protein bisa menolong tingkatkan fleksibilitas kulit. Disamping itu, pastikan untuk selalu terhidrasi dengan cukup minum air tiap hari.

Olahraga Teratur

Cara menghilangkan stretch mark seterusnya. Olahraga bukan hanya bagus untuk kesehatan badan, tapi juga bisa menolong tingkatkan perputaran darah dan pergantian sel-sel kulit. Dengan berolahraga teratur, proses pembaruan kulit bisa jalan lebih efisien, menolong kurangi performa stretch mark.

Menangani dengan Sabar

Penting untuk dikenang jika menghilangkan stretch mark memerlukan waktu dan stabilitas. Tidak ada sistem instant yang bisa menghapusinya dalam tadi malam. Jadilah sabar dan tetaplah menjaga kulit secara bagus untuk hasil yang maksimal.

FAQ

  1. Berapa lama biasanya dibutuhkan untuk melihat perubahan dari perawatan stretch mark?
    Waktu perubahan dapat bervariasi tergantung pada metode perawatan yang kamu pilih. Namun, hasil yang signifikan umumnya dapat terlihat dalam beberapa minggu hingga bulan.
  2. Apakah stretch mark hanya muncul akibat kehamilan?
    Tidak, stretch mark dapat muncul akibat perubahan berat badan drastis, pertumbuhan yang cepat, atau faktor genetik.
  3. Apakah perawatan laser terasa sakit?
    Perawatan laser umumnya dapat menyebabkan sensasi seperti terbakar atau sedikit nyeri, tetapi rasa tidak nyaman tersebut hanya bersifat sementara.
  4. Apakah stretch mark bisa sepenuhnya hilang?
    Meskipun beberapa metode dapat membantu mengurangi penampilan stretch mark secara signifikan, sangat jarang untuk menghilangkannya sepenuhnya.
  5. Bisakah saya melakukan perawatan di rumah tanpa bantuan profesional?
    Ya, beberapa perawatan di rumah seperti penggunaan minyak alami dan pelembap khusus dapat membantu. Namun, untuk perawatan medis seperti penggunaan krim retinoid atau perawatan laser, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.