Cara Memutihkan Gigi: Rahasia Senyum Cerah yang Menawan

biotifor.or.idCara Memutihkan Gigi – Senyuman yang ceria dan menarik ialah mimpi untuk beberapa orang. Salah satunya kunci khusus untuk senyuman yang memikat ialah gigi putih bersih. Gigi yang kuning atau warna gelap bisa kurangi keyakinan diri seorang. Tetapi, beberapa orang hadapi permasalahan gigi yang menguning karena beragam argumen, seperti rutinitas merokok, konsumsi minuman atau makanan yang berpigmen tinggi, dan minimnya perawatan gigi yang akurat.

Dalam artikel berikut, kita akan mengulas beberapa cara efisien dan alami untuk cara memutihkan gigi dan memperoleh senyuman ceria yang kamu idamkan.

Cara Memutihkan Gigi

Memutihkan Gigi

1. Menggunakan Baking Soda dan Lemon

Salah satunya sistem alami yang terkenal untuk cara memutihkan gigi ialah memakai kombinasi baking soda dan juice lemon. Kombinasi ini bisa menolong hilangkan bintik pada permukaan gigi dan kurangi kekuningan.

Persiapan Campuran Baking Soda dan Lemon

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan beberapa tetes jus lemon segar.
  2. Aduk rata hingga menjadi pasta yang kental.

Penerapan

  1. Oleskan pasta tersebut ke gigi kamu menggunakan sikat gigi atau kapas.
  2. Biarkan selama satu atau dua menit, lalu bilas dengan air bersih.

Catatan: Jangan menggunakan campuran ini terlalu sering, karena asam pada jus lemon dapat merusak lapisan pelindung gigi.

2. Mengunyah Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa bioaktif yang bisa menolong dalam cara memutihkan gigi. Senyawa itu bisa kurangi karies dan bintik pada gigi kamu.

3. Menggunakan Minyak Kelapa untuk Oil Pulling

Metode oil pulling dengan minyak kelapa telah digunakan sejak zaman kuno untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Caranya cukup mudah:

  1. Ambil satu sendok makan minyak kelapa organik.
  2. Kocok minyak di mulut selama sekitar 15-20 menit.
  3. Setelah itu, buang minyak kelapa dan berkumur dengan air garam hangat.
  4. Sikat gigi kamu seperti biasa.
Baca Juga  Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid dengan Mudah

4. Hindari Makanan dan Minuman Berpigmen Tinggi

Kopi, teh, anggur merah, dan makanan berpigmen tinggi yang lain bisa mengakibatkan bintik pada gigi. Untuk menghambat gigi menguning, batasanilah konsumsi minuman dan makanan ini, atau pastikan untuk menyikat gigi sesudah mengkonsumsinya.

5. Perawatan Gigi yang Tepat

Cara memutihkan gigi yaitu, salah satu cara terbaik untuk menjaga gigi tetap putih adalah dengan menjalani perawatan gigi yang tepat. Rutinlah mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan profesional dan perawatan gigi lainnya.

6. Gunakan Jeruk Nipis dan Garam

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang bisa menolong hilangkan bintik pada gigi. Campur juice jeruk nipis fresh dengan sedikit garam dan gosokkan pada gigi kamu sepanjang beberapa saat saat sebelum berkumur.

7. Konsumsi Buah dan Sayuran yang Mengandung Serat Tinggi

Buah-buahan seperti apel dan pepaya, serta sayuran seperti wortel, mentimun, dan brokoli, mengandung serat tinggi yang dapat membersihkan gigi secara alami. Selain itu, buah-buahan ini juga dapat meningkatkan produksi air liur yang membantu melawan bakteri penyebab plak.

8. Hati-hati dengan Pasta Gigi yang Mengandung Bahan Abrasif

Walaupun pasta gigi memiliki kandungan bahan abrasif bisa menolong hilangkan bintik pada gigi, pemakaian yang terlalu berlebih dapat menghancurkan enamel gigi. Pakai pasta gigi dengan arif, dan pilih pasta gigi yang memiliki kandungan bahan non-abrasif untuk pemakaian setiap hari.

9. Pemutih Gigi Komersial

Kamu juga dapat menggunakan produk pemutih gigi komersial yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan untuk membaca label dengan teliti dan mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan.

10. Jaga Kesehatan Gusi

Cara memutihkan gigi berikutnya, gigi yang sehat mainkan peranan penting pada senyuman yang memikat . Maka, pastikan untuk mempertahankan kesehatan gusi kamu dengan menyikat gigi 2x satu hari, memakai benang gigi, dan berkumur sama air antiseptik.

Baca Juga  Berapa Lama Duri Ikan Hancur di Tenggorokan yang Terjadi Setelah Menelanya

11. Kurangi Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama gigi menguning. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok dapat membantu mencegah lebih lanjutnya perubahan warna pada gigi.

12. Gunakan Sedotan saat Minum Minuman Berpigmen

Minuman berpigmen seperti teh atau kopi dapat menyebabkan noda pada gigi. Menggunakan sedotan saat minum minuman ini dapat membantu mengurangi paparan langsung minuman tersebut pada gigi kamu.

13. Perawatan Dokter Gigi Profesional

Jika kamu memiliki masalah gigi yang parah, seperti noda yang membandel atau perubahan warna yang signifikan, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan profesional.

14. Pantau Konsumsi Gula

Konsumsi gula yang berlebihan dapat merusak gigi dan menyebabkan plak. Batasi konsumsi gula dan perhatikan kebersihan gigi kamu.

15. Konsumsi Susu dan Keju

Susu dan keju mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi. Kalsium membantu menjaga gigi tetap kuat dan mencegah gigi berlubang.

Kesimpulan

Dengan meng ikuti panduan dan sistem di atas, cara memutihkan gigi secara natural serta memperoleh senyuman ceria yang menarik. Ingat-ingatlah untuk lakukan perawatan gigi yang pas dan menghindar dari rutinitas yang bisa menghancurkan kesehatan gigi kamu.


FAQs

  1. Apakah pasta gigi pemutih aman digunakan setiap hari?
    Penggunaan pasta gigi pemutih sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena dapat merusak enamel gigi. Gunakan dengan bijaksana.
  2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari pemutihan gigi alami?
    Hasil pemutihan gigi alami dapat bervariasi tergantung pada kondisi awal gigi dan metode yang digunakan. Beberapa orang mungkin melihat hasil dalam beberapa minggu, sementara yang lain mungkin memerlukan waktu lebih lama.
  3. Apakah jeruk nipis aman untuk gigi?
    Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat merusak enamel gigi jika digunakan secara berlebihan. Sebaiknya gunakan dengan hati-hati.
  4. Bisakah gigi kuning menjadi putih kembali?
    Ya, gigi yang kuning dapat memutih dengan perawatan dan metode yang tepat, baik alami maupun profesional.
  5. Apakah oil pulling efektif untuk pemutihan gigi?
    Oil pulling dengan minyak kelapa dapat membantu membersihkan gigi dan mulut, namun hasilnya mungkin tidak secepat metode lainnya.
Baca Juga  Manfaat Brokoli Untuk Bayi : Membantu Bayi Tumbuh Dengan Kuat