Cara Ikan Tidur Atau Istirahat Tak Punya Kelopak Mata

Biotifor.or.id – Berlainan dengan hewan seperti anjing dan kucing yang tiap hari kita saksikan tidur dengan muka elok, bila kita terus-terusan memperhatikan ikan-ikan itu, seakan-akan mereka tidak tidur sama sekali Cara Ikan Tidur. Dapatkah ikan tidur? Apabila memang begitu, bagaimana ikan dapat tidur? Karena mereka terus bergerak, mereka tentu perlu istirahat dari hari ke hari, kan?

Kenyataannya, ikan tidur! Bila anda lihat ikannya cukup lama. Ada saat saat mereka terlihat “melayang-layang”, tapi bila Anda memerhatikan jika mata mereka terbuka sepanjang masa ini, apa mereka betul-betul tertidur?

Jawabnya iya! Mereka sukai tidur, dan mereka dapat tidur kapan pun, malam atau siang. Ikan tidur dengan mata terbuka, karena tidak mempunyai kelopak mata (terkecuali beberapa macam hiu) untuk tutup mata!
Tidur ikan tidak sama tidur manusia. Ikan sudah pasti tidak mempunyai tempat tidur dan memakai bantal untuk tidur seperti manusia. Tidur ikan lebih seperti saat istirahat serupa dengan mimpi bangun yang kemungkinan dirasakan seorang.

Cara Ikan Tidur Atau Istirahat

Cara Ikan Tidur

Sama dengan manusia dan hewan lain, ikan memakan waktu untuk istirahat. Untuk ikan, tidur jadi waktu yang pas untuk lakukan beberapa pembaruan beberapa sel badan, peremajaan, dan mengolah info berbentuk restorasi atau daya ingat.

Walau tiap spesies ikan mempunyai langkah tidur yang tidak sama, ikan umumnya akan diam atau seperti melamun bila sedang tidur. Ada pula tipe ikan yang cuma mengapung di dekat dasar tanpa bergerak, terkecuali siripnya.

Durasi waktu tidur tiap spesies ikan pun tidak sama, bergantung dari berapa aktif aktivitas mereka dan faktor lingkungan lainnya. Bahkan juga waktu tidur, badan ikan terlihat bergerak, karena beberapa ikan tetap harus bergerak hingga mereka terus-terusan mengedarkan air lewat insang untuk jaga tingkat oksigen yang pas pada tubuh, bahkan juga saat mereka tidur.

Baca Juga  Cara Membuat Makanan Ringan yang Mudah dan Cepat

Banyak dari kita kemungkinan bertanya, apa ikan dapat tidur? Bagaimanakah cara tidur bila mata tidak dapat terpejam dan tubuh selalu terapung di air?
Pertanyaan ini berkesan simpel, tetapi membutuhkan riset dalam untuk menjawabnya. Ya, atas sesuatu yang kita saksikan, kelihatannya kadangkala banyak ikan yang tertidur. Kurang responsive, dengan denyut jantung melamban dan gerakan umum terbatas.

Tetapi posisi istirahat ini tidak sama dengan tutup mata sama seperti yang kita manusia kerjakan. Disamping itu, ikan tidak bisa tutup matanya karena tidak memiliki kelopak mata. Disamping itu, ada ketidaksamaan neurologis yang lebih besar di antara manusia dan ikan.

“Tempat otak jadi kurang aktif saat manusia tidur – terutama di neokorteks, yang disebut tempat yang banyak mengolah kognisi. Tetapi ikan tidak mempunyai neokorteks hingga benar-benar susah memperbandingkan ke-2 otak itu.

“Benar-benar susah untuk ketahui apa yang terjadi di otak ikan saat dia tidur. Beberapa yang dijumpai beberapa periset mengenai topik ini ialah jika topik ini sudah pelajari satu spesies ikan, zebra danio [Danio rerio]. Kulitnya yang terbuka memungkinkannya kita membesarkan tiap sel otak dengan mikroskop yang kuat. cukup dan saksikan bagaimana respon mereka Cara Ikan Tidur.

Beberapa pertanda ikan sedang tidur diantaranya:

  1.  Mereka tidak bergerak sepanjang beberapa waktu.
  2.  Dia bertopang pada dasar atau beberapa benda yang terdapat dalam akuarium.
  3.  Mereka tidak bereaksi pada beberapa hal yang terjadi disekitaran mereka.

Apa ikan tidur pada malam hari, dan saat hari gelap apa transisi tidurnya serupa sama manusia?
Ya, banyak ikan yang nampaknya mempunyai transisi tidur dan biasanya tidur pada malam hari. Sebuah study di Fakultas Kedokteran Kampus Stanford memperlihatkan jika ikan, seperti manusia, hasilkan hormon yang mengontrol pola tidur dan mengkalibrasi jam intern badan mereka.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kaki Pegal dengan Mudah dan Efektif

“Ini bermakna ikan yang hidup di gua yang gelap – bahkan juga spesies yang berevolusi tidak mempunyai mata – dapat tidur dengan skema harian yang teratur,” terang Webster. Menariknya, bila ikan terserang banyak sinar dan selalu terlindungi dalam periode waktu yang lama, esok harinya mereka akan tidur lebih lama. Seperti manusia, mereka dapat tidur lama bila tidak tidur dalam kurun waktu lama.

Bukti unik yang lain ialah banyak spesies ikan yang bisa secara gampang mengubah skema tidurnya bila dibutuhkan. Misalkan, riset krusial sudah temukan jika pengisap putih [Catostomus commersonii] dapat aktif pada malam hari saat terpisahkan dari kelompoknya, untuk selalu siaga pada predator.

Anda kemungkinan tahu jika transisi tidur manusia dapat terusik sejak awal kali jadi orang tua. Hal sama terjadi pada ikan, khususnya pada spesies seperti stickleback [Gasterosteidae]. “Untuk menghambat telurnya mati lemas, ikan jantan harus terus-terusan meniupkan air beroksigen ke telurnya – sering sepanjang beberapa hari atau beberapa minggu,” kata Webster. “Umum untuk lelaki untuk wafat karena kecapekan dan kekurangan tidur!”

Dapatkah ikan ambil posisi tertentu waktu tidur?
Jawabnya bervariatif antara spesies ikan di penjuru dunia (diprediksi sejumlah 33.230, menurut instansi terpenting FishBase). Banyak ikan dijumpai berenang ke dasar laut atau dasar sungai [atau dasar akuarium] untuk tidur miring Cara Ikan Tidur.

Bahkan juga spesies, seperti loach [Cobitidae], dijumpai tidur kebalik atau terlentang, hingga membuat terlihat seperti mati. Kenyataannya, beberapa ikan karang, seperti ikan damselfish, menyelusup ke dahan karang untuk tidur.

Harus dipahami jika saat ikan dalam sikap tidur yang betul, mereka tidak dapat diam Betul-betul diam. Untuk bernapas, mereka harus mengemaskan siripnya 2x lipat kecepatan umumnya, untuk hasilkan saluran air beroksigen lewat insangnya.

Baca Juga  Bunga Lantana - Pesona Yang Menakjubkan

Menariknya, ada ikan yang lain dijumpai membentuk keluarga sendiri. “Spesies ikan seperti ikan kakatua [Scaridae] keluarkan sekantung lendir disekitaran badannya untuk menolong mereka tidur,” kata Webster. “Dengan langkah ini, predator semakin lebih susah menghirup baunya, dan kantung lendir ini membuat perlindungan mereka dari parasit seperti kutu Cara Ikan Tidur.