11 Cara Budidaya Tanaman Binahong, Mudah Dan Simpel!

Biotifor.or.idCara Budidaya Tanaman Binahong – Kali ini kita bahas peran tumbuhan binahong. Kalau kalian belum mengetahui tentang Binahong, Di sini akan menjelaskannya lebih dahulu.

Binahong termasuk kedalam tumbuhan merambat & Sudah sejak dulu di gunakan manfaatnya oleh rakyat Tionghoa menjadi obat traditional. Disana binahong di juluki Ding San Chi. Hampir menyeluruh dari bagian Binahong dapat di jadikan obat. Saat ini Binahong di produksi dengan tujuan mendapatkan untung.

Kapsul ekstrak binahong sudah menyebar pada beragam apotek herbal. Tanaman Binahong tentunya punya nilai ekonomi tak sedikit. Jadi tak ada ruginya anda membudidaya secara mandiri. Di lain mampu dijadikan obat, kalian jua boleh menjualnya.

Cara simpel & traditional mendapatkan khasiat binahong ialah konsumsi air rebusan daun binahong. Cara tersebut di kerjakan sampai rasa sakitnya hilang. Di sini kita akan menjelaskan kepada anda cara budidaya daun binahong. Kalian boleh menggunakannya jadi panutan untuk budidaya tanaman binahong di tempat tinggal kalian.

Cara Budidaya Tanaman Binahong

cara budidaya tanaman binahong

1. Memilih Lahan Penanaman

Hal pertama wajib dilakukan ketika menanam tumbuhan binahong ialah memilih lokasi penanaman. Tumbuhan tersebut mampu berkembang di dataran tinggi & rendah. Usahakan jauhkan terkena air laut. Sebab akan mengganggu pertumbuhan. Hal yang perlu di perhatikan pada memilih tempat penanaman ialah seperti:

  • Pilih lokasi dengan kondisi gampang mendapat air untuk irigasi
  • Pastikan jumlah cahaya surya mencukupi (minimnya 5 jm setiap hari)
  • Usahakan tanahnya gembur
  • Pilihlah tanah punya unsur hara melimpah
  • Taraf pH tanah harus imbang (5,5-7)

Kalau kalian punya pager dirumah, mampu menyulapnya jadi sarana rambatan. Bisa jua membentuk sarana rambatan memakai apapun.

2. Gali Lobang Untuk Penanaman

Kalau mau daun lebat, perbanyak lobangnya. Caranya menggunakan galian lahan berukuran 30X3 centi meter serta sedalam 20-30 centi meter, jeda tanamnya 40cm. Kemudian kasih pupuk dulu pada lobang. Kebun / halaman rumah boleh dijadikan lahan penanaman. Karena bersifat menjalar, maka dibutuhkan perbanyakan media untuk rambatan.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat: Jenis Belut Yang Menarik

3. Pemberian Pupuk Dasar

Cara budidaya tanaman Binahong dengan pemberian pupuk pengaruhnya sangat signifikan terhadap tingkat suburnya tanaman kedepannya. Usahakan memakai pupuk kombinasi antara organik & NPK dengan banding 30 organik:1 NPK. Mampu jua pakai pupuk kandang / kompos. Pupuk di tarh pada lobang lalu ditutup tanah. Diamkan sampai pupuk terurai dengan tanah.

4. Siapkan Bibit Binahong

Bibit binahong ditanam menggunakan stek. Kalian mampu mensortir batang dulu, kalau sudah lalu memotongnya sekitar 10 cm untuk di buat benih. Sediakan sarana persemaian yakni kantong kresek / kresek bekas hidroponik. Lanjut tuang tanah humus di dalamnya.

Langkah-langkah penyemaian:

  • Pangkas beberapa batang binahong
  • Buat lubang pada media pot persemaian
  • Tancapkan batang binahong
  • Usahakan tepinya terangkat
  • Sirami serta diamkan sampai ada tercipta tunas
  • Sehabis tumbuh tunas, siap ditanam di lobang penanaman yang telah di buat

5. Penanaman Bibit Binahong

Sebaiknya kalain menunggu benihnya berukuran besar lebih dulu. Anda wajib menunggu sampai sebulan sebelum menanamnya. Dengan tujuan buat memperbaiki proses terbentuknya akar bibit. Kalau akar telah terbentuk segera pindah ke lobang penenaman.

Berikut ini cara budidaya tanaman binahong pada penanaman bibit.

Langkah penanaman bibit di antaranya:

  • Pertama, buatlah lobang di area tanam seukuran wadah kresek
  • Cuci lobang tanah pakai insektisida & fungisida
  • Penanaman bibit harus membuka wadah plastiknya
  • Segera sirami Binahong yang baru ditanam

Jarang di temui benih Binahong pribadi tewas / layu usai ditanam. Tapi kalaupun ada, penyulaman mampu dilakukan kapan saja. Karena pemanenan cuma daunnya, umur tanamann tak harus sama.

6. Pemberian Rambatan

Sifat tanaman binahong ini pula merambat yaitu menebarkan sulurnya buat mencari tumbuhan / media lalu menyebarkannya. Cara tersimpel ialah dengan menyusun kayu & tali. Bisa jua memanfaatkan pager tempat tinggal menjadi wahana rambat. Harus di ingat, jangan menebarkan binahong ke pohon lainnya. Lebatnya daun Binahong menutupi cahaya surya menuju pohon yang di tumbuhinya sehingga menghambat dalam proses fotosintesis.

Baca Juga  Manfaat Kayu Jati : Mengulas Keistimewaan Dan Kekuatan

7. Menyiram Binahong

Bila kalian mau Binahong cepat tumbuh, wajib menyiramnya dengan hati-hati. Kalian mampu menyiramnya setiap lima sampai seminggu 1X. namun, jangan membiarkan air menumpuk di zona akar, efeknya menyebabkan busuk akar. Saat masa penghujan perlu dilakukan penataan drainase, meninggikan lahan pada wilayah akar supaya air tak menumpuk.

8. Penyiangan

Karena penanaman pada pekarangan, kalian mampu menyianginya kapan saja. Kurang lebih sebulan 1X. Cara Budidaya Tanaman Binahong simpel & praktis.

9. Tindak Lanjut Pemupukan

Faktanya, pupuk tambahan kurang di perlukan kalau menanamnya pada jumlah sedikit. Tetapi kalau penanaman jumlah besar buat penjualan, pupuk tambahan amat krusial buat mensuport produktivitas tumbuhan. Pupuk susulan di lakukan sehabis tumbuhan sudah mengeras. Pupuk mampu kalian pakai ialah NPK 15 menggunakan perbandingan satu gelas NPK, 40 liter air.

Proses pupuk di awal lakukan setelah tumbuhan merambat dengan baik di tiang, kemudian di ulang per 10-14 hari 1X. Kalian mampu membentuk lobang menggunakan jarak 10cm dari akar, lanjut tuangkan pupuk ke dalam lobang tersebut. Baru pengaplikasian ke 2 & seterusnya, di aplikasikan di pangkal batang (menggunakan takaran serupa).

10. Pengendalian Hama & Penyakit

Binahong sangat kuat dari serangan fungi. Hama umumnya lebih menyerang ke arah daun. mirip ulat bulu & kutu daun tumbuhan. Hama lainnya ialah uretra merusak akar tumbuhan. Sedangkan buat penyakit, serangan virus cuma terdapat jamur daun / bakteri. Cara mengendalikan hama, jangan melakukan penyemprotan insektisida berbahan kimia ke daun, Soalnya daun ingin di pergunakan. Pakai insektisida alami.

11. Memanem Binahong

Sehabis berumur 6 bulanan, tumbuhan kalian mampu mempunyai daun tebal. Kalian bisa boleh melakukan pemanenan. Petiklah daun ukurannya relatif besar saja serta jangan memetik daun ukuran mungil. Setelah pemanenan, lalu proses pengeringan buat di pasarkan.

Baca Juga  Cara Melemaskan Rambut Untuk Tampilan Yang Lebih Halus

Cara budidaya tanaman binahong terbilang simpel. Tapi warga tak banyak menanamnya, sebab kurangnya informasi nilai pasaran daun binahong kering. Pemasaran Rp 30 ribu per kilonya. Padahal, kalau menanam Binahong jumlah sedikit, maka keuntungan di dapat tak akan besar. Tapi kalau kalian bercocok tanam besar-besaran, untungnya jua gede.

Selain cara menanam tanaman binahong sudah di sebutkan di atas, kami pula menambahkan cara sukses menanam binahong.

Cara Sukses Budidaya Tanaman Binahong

  • Pakai pupuk NPK 16, walaupun harganya tak murah, tetapi nutrisinya melimpah di bandingkan NPK 15.
    Di lahan kering, bisa menambahkan ZA jadi pupuk susulan karena nitrogennya lebih tinggi.
  • Stop penggunaan pupuk di musim penghujan sebab simpanan nitrogen alami melimpah saat musim penghujan.
  • Pakai pupuk organik cair buat di semprotkan ke daun supaya produksinya optimal.
  • Pakai ZPT Auksin serta GA di daun supaya ukuran daun jadi lebih besar .

Itulah cara budidaya tanaman binahong secara simpel & praktis di halaman rumah. Manfaatkan lahan pada rumah kalian buat menanam tanaman dengan nilai jual tinggi. Selamat mencoba!