Cara Bahagia dalam Hidup: Faktor Kebahagiaan & Tips Sederhana

Biotifor.or.id – Cara Bahagia. Hidup bahagia ialah mimpi dan tujuan dari semua manusia. Tetapi, bagaimana cara agar hidup lebih bahagia di tengah-tengah rintangan dan penekanan yang terdapat di bumi ini? Adakah beberapa cara simpel yang dapat kita kerjakan untuk tingkatkan kebahagiaan kita?

Ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat kebahagiaan kita? Artikel berikut akan menjawab beberapa pertanyaan itu dengan memberi wacana yang dalam, statistik terkini, dan contoh riil.

Cara Bahagia dalam Hidup: Wacana, Statistik, dan Contoh Nyata

Cara Bahagia

Wawasan: Apa Itu Kebahagiaan dan Bagaimana Menghitungnya?

Kebahagiaan ialah sebuah hati subyektif yang susah untuk diartikan dengan obyektif. Tiap orang kemungkinan mempunyai pengertian dan standard kebahagiaan yang berbeda. Tetapi, pada umumnya, kebahagiaan bisa disimpulkan sebagai keadaan di mana seorang merasa senang, suka, dan memiliki makna saat jalani hidupnya.

Untuk menghitung tingkat kebahagiaan seorang atau sesuatu barisan, ada banyak sistem yang dapat dipakai. Satu diantaranya dengan memakai Index Kebahagiaan (Happiness Index), yang disebut sebuah angka yang menggambarkan tingkat kebahagiaan rerata dari sesuatu populasi. Index Kebahagiaan umumnya dihitung berdasar beberapa dimensi, seperti kepuasan hidup, hati positif dan negatif, dan arti hidup.

Di Indonesia, Tubuh Pusat Statistik (BPS) sudah lakukan survey pengukur tingkat kebahagiaan sekitar 3x, yakni di tahun 2014, 2017, dan 2021. Survey paling akhir memperlihatkan jika Index Kebahagiaan Indonesia di tahun 2021 ialah sejumlah 71,49 pada rasio 0-100. (Sumber BPS.go.id) Angka ini memperlihatkan jika orang Indonesia cukup berbahagia dan alami kenaikan dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebahagiaan

Berdasar hasil survey BPS tahun 2021 (Indek Kebahagiaan), ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat kebahagiaan orang Indonesia, diantaranya:

Baca Juga  6 Manfaat Ikan Bandeng bagi Kesehatan, Simak!

• Status perkawinan. Orang yang masih belum menikah atau bujang mempunyai tingkat kebahagiaan paling tinggi (72,76), di ikuti oleh orang yang menikah (71,67), orang yang berpisah (69,87), dan orang yang duda/janda (69,09).

• Pendidikan. Orang yang mempunyai pendidikan tinggi (S1 ataupun lebih) mempunyai tingkat kebahagiaan paling tinggi (73,03), di ikuti oleh orang yang mempunyai pendidikan menengah atas (SMA/SMK/MA) (71,83), orang yang mempunyai pendidikan dasar (SD/SMP/MTs) (70,97), dan orang yang tidak/tidak tamat SD (69,65).

• Tugas. Orang yang bekerja sebagai karyawan negeri sipil/militer/polri mempunyai tingkat kebahagiaan paling tinggi (74,15), di ikuti oleh orang yang bekerja sebagai wiraswasta/professional (73,32), orang yang bekerja sebagai pekerja/pegawai swasta (71,57), dan orang yang tidak bekerja/tidak bekerja (70,07).

• Pengeluaran. Orang yang mempunyai pengeluaran per kapita /bulan lebih dari Rp dua juta mempunyai tingkat kebahagiaan paling tinggi (73,58), di ikuti oleh orang yang mempunyai pengeluaran Rp 1 juta-Rp dua juta (72,02), orang yang mempunyai pengeluaran Rp 500 ribu-Rp 1 juta (70,54), dan orang yang mempunyai pengeluaran kurang dari Rp 500 ribu (68,67).

• Propinsi. Orang yang ada di propinsi Kalimantan Utara mempunyai tingkat kebahagiaan paling tinggi (76,33), di ikuti oleh orang yang ada di propinsi Maluku (76,28), Maluku Utara (76,34), dan Sulawesi Utara (74,96). Orang yang ada di propinsi Papua mempunyai tingkat kebahagiaan paling rendah (69,87), di ikuti oleh orang yang ada di propinsi Nusa Tenggara Barat (69,98), Bengkulu (69,74), dan Banten (68,08).

Contoh Nyata: Cara-Cara Simpel untuk Tingkatkan Kebahagiaan

Walaupun kebahagiaan ialah hati subyektif yang dikuasai oleh beberapa faktor, ada cara-cara simpel yang dapat kita kerjakan untuk tingkatkan kebahagiaan kita, diantaranya:

Baca Juga  Manfaat Rebusan Kulit Petai: Khasiat Luar Biasa yang Tersembunyi

• Tersenyum atau memperbanyak tawa.

Tersenyum dan ketawa bisa memunculkan hati berbahagia karena badan akan hasilkan hormon endorfin, yang disebut zat kimia alami yang bisa kurangi depresi dan ngilu. Tersenyum dan ketawa bisa tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh dan kesehatan jantung.

• Teratur olahraga.

Olahraga bisa tingkatkan kebahagiaan karena bisa membakar kalori, jaga berat tubuh bagus, tingkatkan stamina, dan menggairahkan produksi endorfin. Olahraga bisa tingkatkan rasa optimis, kurangi stres, dan tingkatkan kualitas tidur.

• Tidur yang cukup.

Tidur yang memadai bisa tingkatkan kebahagiaan karena dapat regenerasi beberapa sel badan, jaga kesetimbangan hormon, tingkatkan fokus, dan kurangi iritabilitas. Jam tidur yang bagus untuk orang dewasa ialah 7 sampai 8 jam setiap harinya.

• Mengonsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang sehat bisa tingkatkan kebahagiaan karena bisa memberi gizi yang diperlukan badan, mempertahankan kesehatan beberapa organ penting, dan menghambat penyakit. Makanan yang sehat diantaranya ialah buah-buahan, sayur, beberapa bijian, kacang-kacangan, ikan, telur, susu, dan yogurt.

• Beri sanjungan ke seseorang.

Memuji ke seseorang bisa tingkatkan kebahagiaan karena bisa memperlihatkan rasa hormat, penghargaan, dan empati. Memuji bisa tingkatkan jalinan sosial, perkuat ikatan pertemanan, dan tumbuhkan kepercayaan diri.

Kesimpulan

Kebahagiaan ialah hati subyektif yang dikuasai oleh beberapa faktor. Untuk menghitung tingkat kebahagiaan seorang atau sesuatu barisan, salah satunya sistem yang dapat dipakai dengan memakai Index Kebahagiaan. Di Indonesia, Index Kebahagiaan di tahun 2021 memperlihatkan jika orang Indonesia cukup berbahagia dan alami kenaikan dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat kebahagiaan orang Indonesia, diantaranya status perkawinan, pendidikan, tugas, pengeluaran, dan propinsi. Disamping itu, ada cara-cara simpel yang dapat kita kerjakan untuk tingkatkan kebahagiaan kita, diantaranya tersenyum atau memperbanyak tawa, teratur olahraga, tidur yang memadai, mengonsumsi makanan yang sehat, dan beri sanjungan ke seseorang.

Baca Juga  Weton Selasa Wage : Lakuning Bumi Dan Mantri Sinaroja

Mudah-mudahan artikel berikut berguna untuk Anda yang ingin hidup lebih berbahagia. Janganlah lupa selalu untuk mengucapkan syukur pada sesuatu yang Anda punyai dan share kebaikan sama orang lain. Selamat mempraktikkan!