Rahasia Menguasai Gerakan Meroda untuk Pemula dan Profesional

Posted on

Rahasia Menguasai Gerakan Meroda untuk Pemula dan Profesional

Cara Melakukan Gerakan Meroda adalah gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara bertumpu pada tangan dan kaki, kemudian memutar tubuh ke samping hingga membentuk lingkaran penuh. Gerakan ini memerlukan kelenturan, kekuatan, dan koordinasi yang baik.

Gerakan meroda bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan, kekuatan otot tangan dan kaki, serta koordinasi tubuh. Selain itu, gerakan meroda juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian.

Untuk melakukan gerakan meroda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu.
  2. Condongkan tubuh ke depan dan letakkan tangan di lantai, selebar bahu.
  3. Angkat kaki kiri ke atas dan letakkan di belakang tangan kiri.
  4. Angkat kaki kanan ke atas dan letakkan di belakang tangan kanan.
  5. Dorong tubuh ke atas dengan tangan dan kaki hingga tubuh membentuk lingkaran penuh.
  6. Turunkan kaki kanan dan kiri secara bergantian hingga kembali ke posisi berdiri.

Tips melakukan gerakan meroda:

  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan meroda.
  • Gunakan matras atau karpet untuk menghindari cedera.
  • Latih gerakan meroda secara bertahap, mulai dari setengah lingkaran hingga lingkaran penuh.
  • Jangan menyerah jika gagal pada awalnya, teruslah berlatih hingga berhasil.

bagaimana cara melakukan gerakan meroda

Gerakan meroda merupakan salah satu gerakan senam lantai yang cukup populer. Gerakan ini memiliki banyak manfaat, antara lain untuk meningkatkan kelenturan, kekuatan otot, dan koordinasi tubuh. Untuk melakukan gerakan meroda dengan baik dan benar, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan.

  • Kelenturan
  • Kekuatan
  • Koordinasi
  • Keberanian
  • Konsentrasi
  • Kecepatan
  • Keseimbangan
  • Teknik
  • Latihan
  • Kesabaran

Kelenturan merupakan aspek yang sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Kelenturan yang baik akan membantu tubuh untuk dapat bergerak dengan mudah dan luwes, sehingga gerakan meroda dapat dilakukan dengan lancar. Kekuatan otot juga sangat penting, terutama kekuatan otot tangan dan kaki. Otot-otot ini berperan penting dalam menopang tubuh saat melakukan gerakan meroda. Koordinasi tubuh yang baik juga diperlukan agar gerakan meroda dapat dilakukan dengan tepat dan terarah. Selain itu, keberanian dan konsentrasi juga sangat penting, karena gerakan meroda membutuhkan keberanian untuk mencoba dan konsentrasi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Kecepatan, keseimbangan, dan teknik juga merupakan aspek yang penting dalam melakukan gerakan meroda. Kecepatan yang cukup akan membantu tubuh untuk dapat berputar dengan cepat, sehingga gerakan meroda dapat dilakukan dengan baik. Keseimbangan yang baik juga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap stabil saat melakukan gerakan meroda. Teknik yang tepat juga akan membantu untuk melakukan gerakan meroda dengan benar dan efisien. Terakhir, latihan dan kesabaran merupakan aspek yang sangat penting dalam menguasai gerakan meroda. Gerakan meroda merupakan gerakan yang cukup sulit, sehingga membutuhkan latihan yang rutin dan kesabaran untuk dapat menguasainya dengan baik.

Kelenturan

Kelenturan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Kelenturan yang baik akan membantu tubuh untuk dapat bergerak dengan mudah dan luwes, sehingga gerakan meroda dapat dilakukan dengan lancar.

  • Rentang Gerak

    Rentang gerak adalah kemampuan suatu sendi untuk bergerak dalam suatu bidang gerak tertentu. Rentang gerak yang baik akan memudahkan tubuh untuk melakukan gerakan meroda, terutama pada saat mengangkat kaki ke atas dan memutar tubuh.

  • Elastisitas Otot

    Elastisitas otot adalah kemampuan otot untuk kembali ke bentuk semula setelah diregangkan. Otot yang elastis akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah dan efisien.

  • Koordinasi Neuromuskular

    Koordinasi neuromuskular adalah kemampuan sistem saraf dan otot untuk bekerja sama secara efektif. Koordinasi neuromuskular yang baik akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan tepat dan terarah.

  • Keseimbangan

    Keseimbangan adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan posisinya dalam suatu bidang gerak tertentu. Keseimbangan yang baik akan membantu tubuh untuk dapat tetap stabil saat melakukan gerakan meroda.

Dengan memiliki kelenturan yang baik, seseorang akan dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah, indah, dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk melatih kelenturan secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

Kekuatan

Kekuatan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Kekuatan yang baik akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan baik dan benar, serta mencegah terjadinya cedera.

  • Kekuatan Otot

    Kekuatan otot adalah kemampuan otot untuk menghasilkan gaya. Kekuatan otot yang baik akan membantu tubuh untuk dapat mengangkat kaki ke atas, memutar tubuh, dan menopang tubuh saat melakukan gerakan meroda.

  • Kekuatan Eksplosif

    Kekuatan eksplosif adalah kemampuan otot untuk menghasilkan gaya secara cepat dan kuat dalam waktu yang singkat. Kekuatan eksplosif yang baik akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan cepat dan efisien.

  • Kekuatan Tahan

    Kekuatan tahan adalah kemampuan otot untuk menghasilkan gaya secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Kekuatan tahan yang baik akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda berulang-ulang tanpa merasa lelah.

  • Kekuatan Inti

    Kekuatan inti adalah kekuatan otot-otot yang mengelilingi tulang belakang dan panggul. Kekuatan inti yang baik akan membantu tubuh untuk dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas saat melakukan gerakan meroda.

Baca Juga  Rahasia di Balik Mimpi Buang Air Besar: Arti dan Tafsirnya

Dengan memiliki kekuatan yang baik, seseorang akan dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah, indah, dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk melatih kekuatan secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

Koordinasi

Koordinasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Koordinasi adalah kemampuan tubuh untuk mengoordinasikan gerakan berbagai bagian tubuh secara harmonis dan terarah. Dalam gerakan meroda, koordinasi yang baik diperlukan untuk dapat melakukan gerakan berikut secara bersamaan dan terarah:

  • Mengangkat kaki ke atas
  • Memutar tubuh
  • Menopang tubuh dengan tangan
  • Menjaga keseimbangan

Koordinasi yang baik akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan lancar, indah, dan efisien. Sebaliknya, koordinasi yang buruk akan membuat gerakan meroda menjadi kaku, tidak terarah, dan berisiko cedera.

Keberanian

Keberanian adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Keberanian adalah kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi rasa takut atau ragu-ragu. Dalam gerakan meroda, keberanian sangat diperlukan untuk dapat mencoba dan melakukan gerakan tersebut dengan percaya diri.

  • Mengatasi Rasa Takut Jatuh

    Salah satu tantangan terbesar dalam melakukan gerakan meroda adalah rasa takut jatuh. Rasa takut ini dapat membuat seseorang ragu-ragu untuk mencoba atau menyerah ketika gagal. Keberanian sangat diperlukan untuk dapat mengatasi rasa takut jatuh dan terus mencoba hingga berhasil.

  • Percaya Diri

    Keberanian juga diperlukan untuk dapat percaya diri dalam melakukan gerakan meroda. Percaya diri akan membuat seseorang merasa yakin dan mampu untuk melakukan gerakan tersebut dengan baik. Kepercayaan diri akan membantu seseorang untuk fokus pada gerakan dan tidak terpengaruh oleh rasa takut atau ragu-ragu.

  • Pantang Menyerah

    Gerakan meroda merupakan gerakan yang cukup sulit dan membutuhkan latihan yang rutin. Keberanian sangat diperlukan untuk dapat terus berlatih dan tidak menyerah ketika gagal. Pantang menyerah akan membuat seseorang terus berusaha hingga berhasil menguasai gerakan meroda.

Dengan memiliki keberanian, seseorang akan dapat lebih mudah untuk melakukan gerakan meroda. Keberanian akan membantu seseorang untuk mengatasi rasa takut, percaya diri, dan pantang menyerah. Oleh karena itu, penting untuk melatih keberanian secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

Konsentrasi

Konsentrasi adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Konsentrasi adalah kemampuan untuk memfokuskan pikiran dan mengarahkan perhatian pada suatu hal tertentu. Dalam gerakan meroda, konsentrasi sangat diperlukan untuk dapat melakukan gerakan berikut secara bersamaan dan terarah:

  • Mengangkat kaki ke atas
  • Memutar tubuh
  • Menopang tubuh dengan tangan
  • Menjaga keseimbangan

Konsentrasi yang baik akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan lancar, indah, dan efisien. Sebaliknya, konsentrasi yang buruk akan membuat gerakan meroda menjadi kaku, tidak terarah, dan berisiko cedera.

Ada beberapa cara untuk melatih konsentrasi, antara lain:

  • Melakukan latihan meditasi atau yoga
  • Melakukan latihan pernapasan dalam
  • Melakukan latihan fokus, seperti membaca buku atau mengerjakan teka-teki
  • Menghindari gangguan saat melakukan suatu kegiatan

Dengan melatih konsentrasi secara teratur, seseorang akan dapat lebih mudah untuk melakukan gerakan meroda. Konsentrasi yang baik akan membantu seseorang untuk fokus pada gerakan dan tidak terpengaruh oleh gangguan atau rasa takut. Oleh karena itu, penting untuk melatih konsentrasi secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

Kecepatan

Kecepatan merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan gerakan meroda. Kecepatan yang cukup akan membantu tubuh untuk dapat berputar dengan cepat, sehingga gerakan meroda dapat dilakukan dengan baik dan efisien.

  • Kecepatan Awal

    Kecepatan awal merupakan kecepatan yang digunakan untuk memulai gerakan meroda. Kecepatan awal yang cukup akan membantu tubuh untuk dapat mengangkat kaki ke atas dan memutar tubuh dengan cepat.

  • Kecepatan Putar

    Kecepatan putar merupakan kecepatan yang digunakan untuk memutar tubuh saat melakukan gerakan meroda. Kecepatan putar yang cukup akan membantu tubuh untuk dapat berputar dengan cepat dan stabil.

  • Kecepatan Akhir

    Kecepatan akhir merupakan kecepatan yang digunakan untuk mengakhiri gerakan meroda. Kecepatan akhir yang cukup akan membantu tubuh untuk dapat mendarat dengan selamat dan seimbang.

Dengan memiliki kecepatan yang baik, seseorang akan dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah, indah, dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk melatih kecepatan secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

Keseimbangan

Keseimbangan merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan gerakan meroda. Keseimbangan adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan posisinya dalam suatu bidang gerak tertentu. Dalam gerakan meroda, keseimbangan sangat diperlukan untuk dapat menjaga tubuh tetap stabil saat melakukan gerakan memutar.

Baca Juga  Panduan Mudah Cara Daftar BCA Mobile untuk Transaksi Aman dan Nyaman

  • Keseimbangan Statis

    Keseimbangan statis adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan posisinya dalam keadaan diam. Dalam gerakan meroda, keseimbangan statis diperlukan saat tubuh berada dalam posisi berdiri sebelum memulai gerakan dan setelah menyelesaikan gerakan.

  • Keseimbangan Dinamis

    Keseimbangan dinamis adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan posisinya dalam keadaan bergerak. Dalam gerakan meroda, keseimbangan dinamis diperlukan saat tubuh sedang melakukan gerakan memutar.

  • Keseimbangan Refleks

    Keseimbangan refleks adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan posisinya secara otomatis sebagai respons terhadap gangguan. Dalam gerakan meroda, keseimbangan refleks diperlukan saat tubuh kehilangan keseimbangan dan perlu melakukan penyesuaian secara cepat.

  • Keseimbangan Antisipatif

    Keseimbangan antisipatif adalah kemampuan tubuh untuk memprediksi gangguan dan melakukan penyesuaian sebelum gangguan tersebut terjadi. Dalam gerakan meroda, keseimbangan antisipatif diperlukan saat tubuh mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan memutar.

Dengan memiliki keseimbangan yang baik, seseorang akan dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah, indah, dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk melatih keseimbangan secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

Teknik

Teknik merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan gerakan meroda. Teknik yang tepat akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan baik dan benar, sehingga dapat terhindar dari cedera.

  • Tahapan Gerakan

    Gerakan meroda terdiri dari beberapa tahapan, antara lain: persiapan, tolakan, kayang, sikap lilin, dan pendaratan. Setiap tahapan harus dilakukan dengan benar agar gerakan meroda dapat dilakukan dengan baik dan benar.

  • Posisi Tubuh

    Posisi tubuh saat melakukan gerakan meroda sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan. Posisi tubuh yang benar akan membantu tubuh untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah dan efisien.

  • Gerakan Tangan dan Kaki

    Gerakan tangan dan kaki saat melakukan gerakan meroda harus dilakukan dengan terkoordinasi. Gerakan tangan dan kaki yang benar akan membantu tubuh untuk dapat berputar dengan cepat dan stabil.

  • Penggunaan Momentum

    Momentum sangat penting dalam melakukan gerakan meroda. Penggunaan momentum yang tepat akan membantu tubuh untuk dapat berputar dengan cepat dan efisien.

Dengan memiliki teknik yang baik, seseorang akan dapat melakukan gerakan meroda dengan lebih mudah, indah, dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan melatih teknik gerakan meroda secara teratur agar dapat menguasai gerakan tersebut dengan baik.

Latihan

Latihan merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan gerakan meroda. Latihan yang rutin akan membantu tubuh untuk dapat menguasai gerakan meroda dengan baik dan benar, serta dapat terhindar dari cedera.

  • Pengulangan

    Pengulangan latihan sangat penting untuk dapat menguasai gerakan meroda. Semakin sering berlatih, maka tubuh akan semakin terbiasa dengan gerakan tersebut dan dapat melakukannya dengan lebih baik.

  • Progresivitas

    Latihan harus dilakukan secara progresif, yaitu dari tingkat yang mudah ke tingkat yang lebih sulit. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera dan membantu tubuh beradaptasi dengan gerakan meroda secara bertahap.

  • Variasi

    Latihan meroda dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti berlatih pada matras, lantai, atau menggunakan alat bantu seperti peti lompat. Variasi latihan akan membantu melatih otot-otot yang berbeda dan membuat latihan lebih efektif.

  • Konsistensi

    Konsistensi dalam berlatih sangat penting untuk dapat menguasai gerakan meroda. Latihan harus dilakukan secara teratur, minimal 2-3 kali seminggu, agar tubuh dapat mengingat dan menguasai gerakan tersebut.

Dengan melakukan latihan secara rutin, progresif, variatif, dan konsisten, seseorang akan dapat menguasai gerakan meroda dengan lebih mudah, indah, dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk menjadikan latihan sebagai bagian dari proses belajar gerakan meroda.

Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan gerakan meroda. Gerakan meroda merupakan gerakan yang membutuhkan waktu dan latihan untuk dapat dikuasai dengan baik. Kesabaran akan membantu seseorang untuk tetap tekun berlatih dan tidak mudah menyerah ketika menemui kesulitan.

  • Fokus pada Proses

    Kesabaran akan membantu seseorang untuk fokus pada proses belajar gerakan meroda, bukan hanya pada hasil akhir. Seseorang yang sabar akan lebih menikmati proses belajar dan tidak terburu-buru untuk dapat menguasai gerakan tersebut.

  • Pantang Menyerah

    Kesabaran akan membantu seseorang untuk pantang menyerah ketika menemui kesulitan dalam melakukan gerakan meroda. Seseorang yang sabar akan terus berlatih meskipun gagal berulang kali, karena ia yakin bahwa dengan latihan yang cukup, ia akan dapat menguasai gerakan tersebut.

  • Belajar dari Kesalahan

    Kesabaran akan membantu seseorang untuk belajar dari kesalahan yang dilakukan saat melakukan gerakan meroda. Seseorang yang sabar akan menganalisis kesalahan yang dilakukan dan mencari cara untuk memperbaikinya, sehingga ia dapat meningkatkan kemampuannya secara bertahap.

  • Menikmati Proses

    Kesabaran akan membantu seseorang untuk menikmati proses belajar gerakan meroda. Seseorang yang sabar akan merasa senang dengan setiap kemajuan yang dicapai, meskipun kecil, dan tidak terbebani oleh target yang belum tercapai.

Baca Juga  Cara Mendapatkan 1000 Subscriber Gratis, Strategi Efektif

Dengan memiliki kesabaran, seseorang akan dapat lebih mudah untuk menguasai gerakan meroda. Kesabaran akan membantu seseorang untuk tetap tekun berlatih, pantang menyerah, belajar dari kesalahan, dan menikmati proses belajar. Oleh karena itu, penting untuk melatih kesabaran secara teratur agar dapat menguasai gerakan meroda dengan baik.

FAQ tentang Cara Melakukan Gerakan Meroda

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara melakukan gerakan meroda:

Pertanyaan 1: Apa saja aspek penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan meroda?

Jawaban: Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan meroda meliputi kelenturan, kekuatan, koordinasi, keberanian, konsentrasi, kecepatan, keseimbangan, teknik, latihan, dan kesabaran.

Pertanyaan 2: Mengapa kelenturan penting dalam melakukan gerakan meroda?

Jawaban: Kelenturan membantu tubuh bergerak dengan mudah dan luwes, sehingga gerakan meroda dapat dilakukan dengan lancar.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara meningkatkan kekuatan untuk melakukan gerakan meroda?

Jawaban: Kekuatan dapat ditingkatkan melalui latihan rutin yang fokus pada kekuatan otot, kekuatan eksplosif, kekuatan tahan, dan kekuatan inti.

Pertanyaan 4: Apa peran keberanian dalam melakukan gerakan meroda?

Jawaban: Keberanian diperlukan untuk mengatasi rasa takut jatuh dan terus mencoba hingga berhasil melakukan gerakan meroda.

Pertanyaan 5: Mengapa latihan sangat penting untuk menguasai gerakan meroda?

Jawaban: Latihan yang rutin dan progresif akan membantu tubuh terbiasa dengan gerakan meroda dan dapat menguasainya dengan baik.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara melatih kesabaran dalam melakukan gerakan meroda?

Jawaban: Kesabaran dapat dilatih dengan fokus pada proses, pantang menyerah, belajar dari kesalahan, dan menikmati proses belajar.

Dengan memahami aspek-aspek penting dan menjawab pertanyaan umum tentang gerakan meroda, diharapkan dapat membantu individu yang ingin mempelajari dan menguasai gerakan ini.

Bagi yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang gerakan meroda, dapat melanjutkan membaca bagian-bagian berikutnya dari artikel ini yang akan membahas secara lebih mendalam tentang teknik, manfaat, dan sejarah gerakan meroda.

Tips Melakukan Gerakan Meroda

Untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan baik dan benar, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti, antara lain:

1. Mulailah dengan Latihan Dasar
Sebelum mencoba melakukan gerakan meroda secara utuh, mulailah dengan latihan dasar terlebih dahulu. Latihan dasar ini dapat berupa latihan kelenturan, kekuatan, dan koordinasi. Dengan melakukan latihan dasar secara rutin, tubuh akan lebih siap untuk melakukan gerakan meroda.

2. Gunakan Matras atau Alas Empuk
Saat berlatih gerakan meroda, gunakan matras atau alas empuk untuk mengurangi risiko cedera. Matras atau alas empuk akan membantu melindungi tubuh dari benturan saat terjatuh.

3. Lakukan Pemanasan Sebelum Berlatih
Sebelum melakukan gerakan meroda, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan akan membantu mempersiapkan tubuh untuk melakukan gerakan meroda dan mengurangi risiko cedera.

4. Fokus pada Teknik yang Benar
Gerakan meroda memerlukan teknik yang benar agar dapat dilakukan dengan baik dan aman. Pelajari teknik yang benar dari pelatih atau instruktur yang berpengalaman. Dengan menguasai teknik yang benar, gerakan meroda akan lebih mudah dilakukan.

5. Berlatih secara Teratur dan Konsisten
Menguasai gerakan meroda membutuhkan latihan yang rutin dan konsisten. Luangkan waktu untuk berlatih secara teratur, meskipun hanya dalam waktu singkat. Dengan berlatih secara rutin, tubuh akan terbiasa dengan gerakan meroda dan akan lebih mudah menguasainya.

Selain tips di atas, hal yang tidak kalah penting adalah kesabaran. Menguasai gerakan meroda membutuhkan waktu dan latihan yang cukup. Jangan mudah menyerah jika belum berhasil, teruslah berlatih dengan sabar dan tekun.

Kesimpulan

Gerakan meroda merupakan gerakan senam lantai yang cukup populer dan memiliki banyak manfaat. Untuk dapat melakukan gerakan meroda dengan baik dan benar, diperlukan perhatian pada berbagai aspek, seperti kelenturan, kekuatan, koordinasi, keberanian, konsentrasi, kecepatan, keseimbangan, teknik, latihan, dan kesabaran. Dengan menguasai aspek-aspek tersebut, gerakan meroda dapat dilakukan dengan mudah, indah, dan efisien.

Menguasai gerakan meroda tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mempelajari dan menguasai gerakan meroda bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan senam lantai dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Youtube Video: