Ayurveda: Mengenal Pengobatan Kuno dari India dan Manfaatnya

Biotifor.or.id – Ayurveda. Ayurveda ialah mekanisme pengobatan atau penyembuhan holistik kuno yang dari India lebih dari 5.000 tahun lalu. Asal dari bahasa Sansekerta, “Ayurveda” yang bermakna “pengetahuan kehidupan” (ayur bermakna hidup, dan veda bermakna ilmu atau pengetahuan). Ini ialah pendekatan mendalam untuk kesejahteraan dan kesehatan yang mengutamakan kesetimbangan dan kesesuaian di antara pemikiran, badan, dan jiwa.

Tentang Ayurveda

pengobatan ayurveda

Ayurveda didasari pada kepercayaan jika kesejahteraan dan kesehatan diraih saat ada kesetimbangan di antara pemikiran, badan, dan jiwa. Ini melihat tiap pribadi sebagai unik, dengan konstitusi dan skema energi tertentu. Dengan pahami dan menyesuaikan beberapa unsur ini, pengobatan ini berusaha menghambat penyakit, tingkatkan penyembuhan, dan mempertahankan kesehatan keseluruhannya.

Baca Juga | Tanaman Herbal Untuk Kolesterol Obat Alami Untuk Jantung Sehat

Konsep Ayurveda

ayurveda

1. Tiga Dosha

Pokok dari filosofi Ayurveda ialah tiga dosha: Vata, Pitta, dan Kapha. Doshas ini sebagai wakil kemampuan dinamis yang beda atau komedi biologis yang terdapat pada tubuh. Tiap orang mempunyai gabungan unik dari ke-3 dosha, yang tentukan karakter mental dan fisik mereka.

– Vata: Berkaitan dengan komponen udara dan ruangan, Vata atur gerakan dan komunikasi. Ini bertanggungjawab untuk peranan badan seperti pernafasan, perputaran, dan kegiatan mekanisme saraf.
– Pitta: Sebagai wakil elemen api dan air, Pitta atur metabolisme dan alih bentuk. Ini mengatur pencernaan, temperatur badan, dan kesetimbangan hormon.
– Kapha: Menggambarkan elemen tanah dan air, Kapha atur kestabilan dan susunan. Ini memberi pemulasan, memberikan dukungan peranan ketahanan tubuh, dan mempertahankan kesehatan jaringan.

2. Lima Komponen

Ayurveda mengaku keutamaan lima komponen di alam: ruangan, udara, api, air, dan bumi. Komponen-komponen ini gabung secara berlainan untuk membuat doshas dan mempengaruhi beragam faktor fisiologi dan psikologi manusia.

Baca Juga  Tanpa Disadari ! Ini Daftar Makanan Penyebab Jerawat

Perawatan dan Therapy Ayurveda

ayurveda

Ayurveda tawarkan beragam perawatan dan therapy yang diperuntukkan untuk mengembalikan kesetimbangan dan tingkatkan kesejahteraan. Beberapa pendekatan yang biasa dipakai diantaranya:

1. Diet dan Gizi

Diet dan gizi Ayurveda fokus pada mengonsumsi makanan fresh, angin-anginan, dan utuh yang pas untuk dosha pribadi. Ini mengutamakan keutamaan makan dengan berhati-hati, gabungan makanan yang pas, dan menghindar dari bahan olahan atau bikinan. Diet dikustomisasi untuk menangani permasalahan kesehatan tertentu dan tingkatkan pencernaan dan peresapan gizi yang maksimal.

2. Pengobatan Herbal

Obat herbal ialah faktor fundamental dari Ayurveda. Ini mengikutsertakan pemakaian beragam tanaman obat, herbal, dan pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit dan mengembalikan kesetimbangan. Pegiat Ayurweda dengan berhati-hati pilih tumbuhan berdasar manfaatnya dan konstitusi dosha pribadi. Tumbuhan umum yang dipakai dalam pengobatan Ayurveda termasuk kunyit, jahe, ashwagandha, dan kemangi suci.

Baca Juga | Tanaman Herbal untuk Asam Lambung Solusi Alami Kesehatan

3. Yoga dan Meditasi

Terapi Yoga dan meditasi ialah praktek integral dalam Ayurweda yang memberikan dukungan kesejahteraan fisik, psikis, dan religius. Yoga mengikutsertakan bentuk fisik (asana), latihan pernafasan (pranayama), dan tehnik meditasi untuk tingkatkan elastisitas, kemampuan, dan kejernihan psikis. Meditasi menolong menentramkan pemikiran, kurangi depresi, dan tingkatkan kesadaran diri.

4. Pijat dan Bodiwork

Pijat Ayurvedic dan therapy bodiwork, yang dikenali sebagai Abhyanga, benar-benar menentramkan dan meremajakan. Mereka mempunyai tujuan untuk menyamakan doshas, tingkatkan perputaran, melepas racun, dan tingkatkan kesehatan keseluruhannya. Minyak herbal yang dihayati herbal tertentu dipakai sepanjang pemijatan untuk tingkatkan dampak terapeutik.

Manfaat Kesehatan dari Pengobatan Ayurveda

pengobatan ayurvweda

Perawatan dan praktek Ayurveda tawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk:

1. Mempromokan Kesetimbangan dan Serasi

Ayurweda fokus pada perolehan kesetimbangan di antara doshas, memungkinkannya badan berperan dengan maksimal. Dengan menangani kesetidakimbangan dan tingkatkan keserasian, perawatan Ayurveda bisa menolong mengembalikan kesehatan keseluruhannya.

Baca Juga  Cara Mengawinkan Ikan Cupang Panduan Lengkap untuk Pemula

2. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Ayurveda membantu dalam proses mekanisme pencernaan yang sehat untuk kesehatan keseluruhannya. Perawatan Ayurveda dan referensi diet bisa tingkatkan pencernaan, memudahkan permasalahan pencernaan, dan tingkatkan peresapan gizi.

3. Kekebalan

Therapy Ayurweda dan pengobatan herbal perkuat mekanisme kebal dengan kurangi infeksi, memberikan dukungan detoksifikasi, dan sediakan gizi penting. Mekanisme kebal yang kuat menolong menghambat penyakit dan tingkatkan vitalitas.

Baca Juga | Manfaat Akar Valerian bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

4. Memberikan dukungan Kesejahteraan Psikis

Ayurveda mengenal jalinan pikiran-tubuh dan tawarkan beragam praktek untuk memberikan dukungan kesehatan psikis. Yoga, meditasi, dan pengobatan herbal bisa menolong kurangi depresi, kekhawatiran, dan tingkatkan kesetimbangan emosional.

5. Mendetoksifikasi Badan

Perawatan Ayurweda fokus pada pembuangan racun (ama) dari badan lewat praktek seperti Panchakarma. Proses detoksifikasi ini menolong hilangkan produk sampah, tingkatkan peranan organ, dan meremajakan badan.

6. Membantu Kulit jadi Sehat

Ayurveda mengutamakan langkah alami untuk memperoleh kulit yang sehat dan bersinar. Formula herbal Ayurweda, kegiatan rutin perawatan kulit, dan referensi diet bisa tingkatkan kesehatan kulit, menangani permasalahan kulit yang biasa, dan membuat kulit tahan lama muda.

7. Kurangi Depresi dan Kekhawatiran (Rasa Cemas)

Therapy Ayurveda, seperti yoga, meditasi, dan pengobatan herbal tertentu, sudah bisa dibuktikan kurangi depresi dan kekhawatiran. Praktik-praktik ini tingkatkan rileksasi, menyamakan mekanisme saraf, dan tingkatkan kesehatan psikis dengan keseluruhnya.

Baca Juga | Manfaat Kangkung: Keajaiban Hijau untuk Kesehatan Anda

Kesimpulan

Metode pengobatan ini tawarkan pendekatan holistik dan individual untuk kesejahteraan dan kesehatan. Dengan pahami konstitusi unik seorang dan menangani kesetidakimbangan, perawatan Ayurveda mempunyai tujuan untuk tingkatkan keserasian di antara pemikiran, badan, dan jiwa. Beragam therapy, termasuk diet dan gizi, jamu, yoga, dan meditasi, memberi banyak manfaat kesehatan dan memberikan dukungan kesehatan keseluruhannya.

Baca Juga  Penyebab Cegukan Yang Harus Diketahui Dan Cara Mengatasinya
Artikel Terkait :