Apakah Air Es Bikin Gemuk Mitos atau Fakta ?

Posted on

Biotifor.or.id – Apakah Air Es Bikin Gemuk Apa Anda kerap dengar jika konsumsi minuman berbasiskan es bisa membuat Anda gemuk? Dogma ini sudah tersebar dalam warga sepanjang tahun, tapi berapa benarkah pengakuan itu? Artikel berikut akan membahas dengan mendalam berkenaan dampak minuman berbasiskan es pada berat tubuh dan apa benarkah air es bisa membuat seorang gemuk.

Apa Anda sebelumnya pernah dengar dogma jika minum air es bisa membuat Anda gemuk? Kemungkinan Anda sudah dengar beragam pandangan yang tidak sama mengenai topik ini. Artikel berikut akan mengulas benarkah minum air es bisa berperan pada kenaikan berat tubuh atau apa ini cuma sebuah mitos. Silahkan kita telusuri lebih lanjut.

Apakah Air Es Bikin Gemuk

Air es ialah minuman yang terkenal, khususnya pada musim panas yang panas. Beberapa orang nikmati satu gelas air es dingin untuk menangani merasa fresh dan kehausan. Tetapi, ada banyak dogma yang menjelaskan jika konsumsi air es bisa membuat seorang gemuk. Benarkah air es dapat mengakibatkan kenaikan berat tubuh? Silahkan kita susuri selanjutnya dalam artikel ini.

Apakah Air Es Bikin Gemuk

Apa Itu Air Es?

Pertama kali, silahkan kita ulas bagaimana badan kita mengolah air es dan bagaimana ini bisa mempengaruhi metabolisme kita. Saat Anda minum air es, badan Anda perlu keluarkan energi tambahan untuk memanasi air itu supaya sesuai temperatur badan Anda. Ini disebutkan “thermic efek of food” atau dampak termogenik dari makanan. Tetapi, dampak ini relatif kecil dan tidak krusial dalam dampak berat tubuh seorang.

Saat sebelum kita mengulas apa air es bisa membuat gemuk, silahkan kita ketahui lebih dulu apa itu air es. Air es ialah air yang sudah membeku menjadi padat, umumnya dipakai untuk membikin minuman dingin yang menyegarkan. Minuman berbasiskan es bisa berbentuk minuman enteng, teh es, kopi es, atau minuman soda yang dikasih es Apakah Air Es Bikin Gemuk .

Baca Juga  Cara Memasak Rendang: Resep Rahasia Ala Rumah Masakan Padang

Mitos Air Es dan Kegemukan

Salah satunya dogma yang kerap ada ialah jika konsumsi air es bisa mengakibatkan tambahan berat tubuh yang signifikan. Teori dibalik pengakuan ini ialah jika badan harus berusaha keras untuk mengolah air es yang dingin, hingga hasilkan kenaikan metabolisme. Tetapi, apa ini betul?

Bukti Mengenai Keperluan Energi Badan

Untuk mengolah minuman atau makanan, badan memang membutuhkan energi. Ini disebutkan dampak termogenik makanan. Tetapi, harus diingat jika dampak termogenik dari minuman dingin seperti air es benar-benar kecil dibanding makanan yang memiliki kandungan kalori. Dalam masalah ini, air es nyaris tidak memberi kontributor krusial pada keperluan energi badan.

Kalori dalam Minuman Berbasiskan Es

Yang penting jadi perhatian ialah kandungan gula dan kalori pada minuman berbasiskan es. Minuman seperti minuman soda es atau minuman berbasiskan cream bisa memiliki kandungan banyak kalori dan gula. Konsumsi terlalu berlebih dari minuman memiliki kalori tinggi ini bisa mengakibatkan tambahan berat tubuh.

Air Es Sebagai Alternative Minuman Sehat

Sebagai penggantinya, air es biasa, yang cuma terbagi dalam air beku, tidak memiliki kandungan kalori tambahan bila tidak ada bahan tambahan seperti susu atau gula. Dalam masalah ini, air es bisa jadi alternative lebih sehat dibanding minuman memiliki kalori tinggi Apakah Air Es Bikin Gemuk.

Peranan Skema Makan dan Kegiatan Fisik

Saat mengulas apa air es bisa membuat gemuk, kita harus pertimbangkan beberapa faktor lain seperti skema makan dan tingkat kegiatan fisik. Tambahan berat tubuh khususnya dikuasai oleh jumlah kalori yang dimakan dan berapa kerap kita berolahraga. Air es sendiri tidak langsung mengakibatkan peningkatan berat tubuh bila dimakan dalam batasan wajar.

Baca Juga  13 Manfaat Garam Bagi Tanaman Yang Harus Kamu Ketahui

Ringkasan

Konsumsi air es tidak langsung mengakibatkan peningkatan berat tubuh. Yang lebih bernilai ialah memerhatikan kandungan gula dan kalori pada minuman berbasiskan es yang Anda konsumsi. Untuk jaga berat tubuh yang sehat, selalu lihat skema makan Anda dan pastikan untuk olahraga dengan teratur.

Maka apa air es bikin gemuk? Jawabnya, langsung, ialah tidak. Air es sendiri tidak memiliki kandungan kalori dan tidak berpotensi langsung untuk tingkatkan berat tubuh. Tetapi, bila Anda konsumsi minuman manis yang dihidangkan air es dengan jumlah besar, itu bisa berperan pada kenaikan berat tubuh.

Disamping itu, minum air es bisa menolong Anda merasakan kenyang dan mengatur konsumsi kalori Anda bila dimakan bijak. Maka jangan takut untuk nikmati satu cangkir air es kadang-kadang, tapi seperti segala hal di kehidupan, makanlah dengan imbang dan selalu lihat konsumsi kalori Anda secara kesemuaan.

asal Anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang lumrah dan tidak menambah gula atau sirup tambahan yang lebih tinggi kalori. Air es ialah minuman yang aman dan fresh, apabila Anda menikmatinya dengan arif, itu tidak mengakibatkan kenaikan berat tubuh  Apakah Air Es Bikin Gemuk.

Pertanyaan Umum

  1.  Apakah air es bisa menolong dalam pengurangan berat tubuh?
    • Tidak, air es tidak mempunyai karakter khusus yang bisa menolong dalam pengurangan berat tubuh.
  2.  Berapa banyak air es yang aman dimakan tiap hari?
    • Mengonsumsi air es dengan lumrah, seperti minum air biasa, aman bila tidak ada tambahan gula atau bahan kalori tinggi.
  3.  Apakah minuman berbasiskan es lebih sehat dari minuman memiliki kalori tinggi?
    • Secara umum, minuman berbasiskan es tanpa tambahan gula atau kalori tinggi lebih sehat.
  4.  Bagaimana dengan es cream? Apa itu membuat gemuk?
    • Es cream memiliki kandungan kalori tinggi dan lemak, hingga konsumsi terlalu berlebih bisa mengakibatkan tambahan berat tubuh.
  5.  Apakah air es lebih bagus dibanding minuman mengandung kafein?
    • Kedua tipe minuman mempunyai faedah dan kekurangan masing-masing. Opsi terbaik bergantung pada opsi individu dan keperluan kesehatan Anda.
Baca Juga  8 Teknik Black Hat SEO yang Perlu Dihindari: Panduan Lengkap