Menyingkap Rahasia Surah Al-Mulk: Posisinya dalam Al-Qur'an

Posted on

Menyingkap Rahasia Surah Al-Mulk: Posisinya dalam Al-Qur'an

Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 30 ayat dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah, yaitu surah yang diturunkan di Mekah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Surah Al-Mulk memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Salah satunya adalah dapat melindungi pembacanya dari siksa kubur. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.”

Selain itu, surah Al-Mulk juga dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran. Surah ini berisi ayat-ayat yang mengingatkan kita tentang kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya dalam mengatur alam semesta. Dengan membaca dan merenungkan surah ini, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih percaya diri dalam menghadapi segala cobaan hidup.

Surah Al-Mulk ke Berapa

Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur’an. Surah ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya:

  • Melindungi dari siksa kubur
  • Memberikan ketenangan hati
  • Memperkuat iman
  • Menambah pahala
  • Menghindarkan dari kemungkaran
  • Menjadi syafaat di akhirat
  • Menambah ilmu pengetahuan
  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Mendapat surga

Dengan membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk, kita dapat memperoleh banyak manfaat dan keutamaan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur.

Melindungi dari siksa kubur

Surah Al-Mulk memiliki keutamaan dapat melindungi pembacanya dari siksa kubur. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.”

  • Bentuk perlindungan

    Perlindungan dari siksa kubur yang diberikan oleh surah Al-Mulk bersifat menyeluruh, meliputi perlindungan dari azab api neraka, siksa binatang buas, dan berbagai bentuk siksaan lainnya di alam kubur.

  • Syarat mendapatkan perlindungan

    Untuk mendapatkan perlindungan dari siksa kubur dengan membaca surah Al-Mulk, disyaratkan untuk membaca surah tersebut secara rutin setiap malam. Sebaiknya dibaca setelah shalat Isya sebelum tidur.

  • Hikmah di balik perlindungan

    Allah SWT memberikan perlindungan dari siksa kubur kepada pembaca surah Al-Mulk sebagai bentuk kasih sayang dan rahmat-Nya. Selain itu, hal ini juga menjadi motivasi bagi umat Islam untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an, khususnya surah Al-Mulk.

  • Contoh nyata

    Dalam sejarah Islam, banyak kisah nyata yang menceritakan tentang orang-orang yang terhindar dari siksa kubur karena membaca surah Al-Mulk. Salah satu contohnya adalah kisah seorang tabi’in bernama Abu Waqid Al-Laisi. Beliau adalah seorang ahli ibadah yang rajin membaca surah Al-Mulk setiap malam. Ketika beliau meninggal dunia, kuburannya mengeluarkan cahaya dan terdengar suara yang mengatakan, “Ini adalah rumah orang yang selalu membaca surah Al-Mulk.”

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa surah Al-Mulk memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu dapat melindungi pembacanya dari siksa kubur. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam agar kita dapat memperoleh perlindungan dari Allah SWT di alam kubur.

Memberikan ketenangan hati

Surah Al-Mulk memiliki keutamaan dapat memberikan ketenangan hati. Hal ini karena surah Al-Mulk berisi ayat-ayat yang mengingatkan kita tentang kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya dalam mengatur alam semesta. Dengan membaca dan merenungkan surah ini, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih percaya diri dalam menghadapi segala cobaan hidup.

Ketenangan hati merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan ketenangan hati, kita akan lebih mudah untuk berpikir jernih, mengambil keputusan yang tepat, dan menjalani hidup dengan lebih bahagia. Sebaliknya, jika hati kita tidak tenang, kita akan mudah terpengaruh oleh pikiran-pikiran negatif, merasa cemas dan khawatir, serta sulit untuk menikmati hidup.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga ketenangan hati kita. Salah satu cara untuk menjaga ketenangan hati adalah dengan membaca dan merenungkan surah Al-Mulk. Dengan membaca surah ini, kita akan diingatkan tentang kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya. Kita juga akan diingatkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah SWT. Dengan memahami hal ini, kita akan lebih mudah untuk menerima segala cobaan hidup dengan lapang dada dan tetap tenang dalam menghadapi segala situasi.

Memperkuat iman

Surah Al-Mulk memiliki keutamaan dalam memperkuat iman. Surah ini berisi ayat-ayat yang menerangkan tentang kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan dan mengatur alam semesta. Dengan membaca dan merenungkan surah ini, kita akan semakin yakin akan adanya Allah SWT dan kebesaran-Nya.

  • Menegaskan keesaan Allah SWT

    Surah Al-Mulk menegaskan keesaan Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur alam semesta. Ayat 1 surah ini berbunyi, “Maha Suci Allah yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu, dan kepada-Nya kamu akan dikembalikan.”

  • Menunjukkan kekuasaan Allah SWT

    Surah Al-Mulk juga menunjukkan kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan makhluk-Nya. Ayat 3 surah ini berbunyi, “Dialah yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?”

  • Membangkitkan rasa syukur

    Dengan membaca surah Al-Mulk, kita akan semakin bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Ayat 20 surah ini berbunyi, “Dan Dialah yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran.”

  • Menghindarkan dari kesyirikan

    Membaca surah Al-Mulk dapat menghindarkan kita dari kesyirikan, yaitu menyekutukan Allah SWT. Ayat 21 surah ini berbunyi, “Katakanlah, ‘Siapakah Tuhan langit dan bumi?’ Katakanlah, ‘Allah.’ Katakanlah, ‘Maka apakah kamu mengambil pelindung selain dari pada-Nya, yang tidak kuasa memberi manfaat dan tidak (pula) menolak mudarat dari dirinya sendiri?'”

Baca Juga  Upaya Represif: Dampak dan Strategi Menghadapinya

Dengan demikian, membaca dan merenungkan surah Al-Mulk dapat memperkuat iman kita kepada Allah SWT. Surah ini mengingatkan kita tentang kebesaran Allah SWT, kekuasaan-Nya, dan nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita. Dengan semakin kuatnya iman kita, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan semakin taat kepada perintah-Nya.

Menambah pahala

Membaca surah Al-Mulk dapat menambah pahala bagi pembacanya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk pada malam hari, maka akan dituliskan baginya pahala seperti pahala membaca seperempat Al-Qur’an.”

Pahala yang diberikan Allah SWT kepada pembaca surah Al-Mulk sangat besar karena surah ini mengandung banyak keutamaan. Di antaranya adalah dapat melindungi dari siksa kubur, memberikan ketenangan hati, memperkuat iman, dan menghindarkan dari kemungkaran.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur. Dengan membaca surah ini, kita dapat memperoleh pahala yang besar dan juga berbagai keutamaan .

Menghindarkan dari kemungkaran

Surah Al-Mulk memiliki keutamaan dapat menghindarkan pembacanya dari kemungkaran. Hal ini karena surah Al-Mulk berisi ayat-ayat yang mengingatkan kita tentang kebesaran Allah SWT dan kekuasaan-Nya dalam mengatur alam semesta. Dengan membaca dan merenungkan surah ini, kita akan semakin takut kepada Allah SWT dan tidak akan berani melakukan kemungkaran.

Kemungkaran adalah segala perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT dan bertentangan dengan nilai-nilai agama. Kemungkaran dapat berupa perbuatan dosa besar maupun dosa kecil. Contoh kemungkaran antara lain berzina, mencuri, berjudi, minum-minuman keras, dan berkata dusta.

Dengan membaca surah Al-Mulk, kita akan diingatkan tentang azab Allah SWT yang pedih bagi orang-orang yang melakukan kemungkaran. Ayat 6 surah ini berbunyi, “Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, mereka itu adalah penghuni neraka.”

Selain itu, membaca surah Al-Mulk juga akan memberikan kita kekuatan untuk melawan godaan untuk melakukan kemungkaran. Ayat 13 surah ini berbunyi, “Dan Dialah yang menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap. Dan sungguh, jika keduanya lenyap, tidak ada seorang pun yang dapat menahannya selain Dia. Sungguh, Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”

Dengan demikian, membaca surah Al-Mulk dapat menghindarkan kita dari kemungkaran. Surah ini mengingatkan kita tentang kebesaran Allah SWT, azab-Nya yang pedih bagi orang-orang yang melakukan kemungkaran, dan kekuatan Allah SWT untuk menahan langit dan bumi agar tidak lenyap. Dengan membaca dan merenungkan surah ini, kita akan semakin takut kepada Allah SWT dan tidak akan berani melakukan kemungkaran.

Menjadi syafaat di akhirat

Surah Al-Mulk memiliki keutamaan dapat menjadi syafaat di akhirat bagi pembacanya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah surah Al-Mulk, karena surah tersebut adalah penghalang dari siksa kubur. Dan surah tersebut akan menjadi syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat.”

Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di akhirat. Syafaat dapat diberikan oleh nabi, rasul, malaikat, dan orang-orang yang beriman. Syafaat yang diberikan oleh surah Al-Mulk adalah syafaat dari Allah SWT.

Allah SWT akan memberikan syafaat kepada pembaca surah Al-Mulk karena surah ini mengandung banyak keutamaan. Di antaranya adalah dapat melindungi dari siksa kubur, memberikan ketenangan hati, memperkuat iman, menghindarkan dari kemungkaran, dan menambah pahala.

Dengan membaca surah Al-Mulk, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keutamaan, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur.

Menambah ilmu pengetahuan

Surah Al-Mulk mengandung banyak ilmu pengetahuan, baik tentang keesaan Allah SWT, kekuasaan-Nya, maupun tentang alam semesta dan seisinya. Dengan membaca dan merenungkan surah ini, kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita tentang berbagai hal.

Baca Juga  Waktu Tepat Solat Ied: Panduan Lengkap untuk Umat Muslim

  • Tentang keesaan Allah SWT

    Dalam surah Al-Mulk, Allah SWT menegaskan keesaan-Nya sebagai pencipta dan pengatur alam semesta. Ayat 1 surah ini berbunyi, “Maha Suci Allah yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu, dan kepada-Nya kamu akan dikembalikan.”

  • Tentang kekuasaan Allah SWT

    Surah Al-Mulk juga menunjukkan kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan makhluk-Nya. Ayat 3 surah ini berbunyi, “Dialah yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?”

  • Tentang alam semesta

    Surah Al-Mulk juga berisi ayat-ayat tentang alam semesta, seperti tentang penciptaan langit dan bumi, pergantian siang dan malam, serta pergerakan matahari dan bulan. Ayat 5 surah ini berbunyi, “Dan Dialah yang menciptakan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran.”

  • Tentang seisinya

    Selain tentang alam semesta, surah Al-Mulk juga berisi ayat-ayat tentang seisinya, seperti tentang malaikat, jin, dan manusia. Ayat 6 surah ini berbunyi, “Dan Dialah yang menciptakan para malaikat menjadi utusan-utusan bersayap dua, tiga, dan empat. Dia menambah pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Dengan membaca dan merenungkan surah Al-Mulk, kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita tentang berbagai hal. Surah ini memberikan kita pemahaman tentang keesaan Allah SWT, kekuasaan-Nya, alam semesta dan seisinya. Ilmu pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kita dalam memahami dunia di sekitar kita dan semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Memperoleh Ridha Allah SWT

Memperoleh ridha Allah SWT merupakan tujuan utama setiap muslim.Salah satu cara untuk memperoleh ridha Allah SWT adalah dengan membaca Al-Qur’an, termasuk di dalamnya surah Al-Mulk. Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat, salah satunya adalah dapat membantu kita memperoleh ridha Allah SWT.

  • Membaca Al-Mulk secara rutin

    Salah satu cara untuk memperoleh ridha Allah SWT melalui surah Al-Mulk adalah dengan membacanya secara rutin. Dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Tirmidzi)

  • Mengamalkan ajaran surah Al-Mulk

    Selain membacanya, kita juga perlu mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam surah Al-Mulk. Surah Al-Mulk mengajarkan tentang keesaan Allah SWT, kekuasaan-Nya, dan kebesaran-Nya. Dengan mengamalkan ajaran-ajaran ini, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan semakin taat kepada perintah-Nya.

Dengan membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk, kita dapat memperoleh ridha Allah SWT. Ridha Allah SWT adalah hal yang sangat penting karena merupakan kunci kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Mendapat surga

Surah Al-Mulk memiliki keutamaan dapat memberikan syafaat di akhirat bagi pembacanya, termasuk dengan mendapatkan surga. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah surah Al-Mulk, karena surah tersebut adalah penghalang dari siksa kubur. Dan surah tersebut akan menjadi syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat.”

  • Membaca Al-Mulk secara rutin

    Salah satu cara untuk memperoleh syafaat surah Al-Mulk adalah dengan membacanya secara rutin. Dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Tirmidzi)

  • Mengamalkan ajaran surah Al-Mulk

    Selain membacanya, kita juga perlu mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam surah Al-Mulk. Surah Al-Mulk mengajarkan tentang keesaan Allah SWT, kekuasaan-Nya, dan kebesaran-Nya. Dengan mengamalkan ajaran-ajaran ini, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan semakin taat kepada perintah-Nya.

  • Melindungi dari siksa kubur

    Surah Al-Mulk juga memiliki keutamaan dapat melindungi pembacanya dari siksa kubur. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang sama di atas. Dengan membaca surah Al-Mulk secara rutin, kita akan terhindar dari siksa kubur dan mendapatkan syafaat di akhirat, termasuk dengan mendapatkan surga.

  • Menambah pahala

    Membaca surah Al-Mulk juga dapat menambah pahala bagi pembacanya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk pada malam hari, maka akan dituliskan baginya pahala seperti pahala membaca seperempat Al-Qur’an.”

Dengan demikian, membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk dapat memberikan banyak manfaat bagi kita, termasuk mendapatkan syafaat di akhirat dan memperoleh surga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur.

Baca Juga  30+ Kata Kata Mutiara untuk Guru Penuh Makna

FAQ tentang Surah Al-Mulk

Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang surah Al-Mulk:

Pertanyaan 1: Apa saja keutamaan membaca surah Al-Mulk?

Jawaban: Membaca surah Al-Mulk memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Melindungi dari siksa kubur
  • Memberikan ketenangan hati
  • Memperkuat iman
  • Menambah pahala
  • Menghindarkan dari kemungkaran
  • Menjadi syafaat di akhirat
  • Menambah ilmu pengetahuan
  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Mendapat surga

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendapatkan manfaat dari surah Al-Mulk?

Jawaban: Untuk mendapatkan manfaat dari surah Al-Mulk, disarankan untuk membacanya secara rutin, khususnya setiap malam sebelum tidur. Selain itu, amalkan juga ajaran-ajaran yang terkandung dalam surah Al-Mulk dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan 3: Apakah ada waktu khusus untuk membaca surah Al-Mulk?

Jawaban: Dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur. Namun, tidak ada larangan untuk membacanya pada waktu-waktu lain.

Pertanyaan 4: Apakah ada syarat khusus untuk membaca surah Al-Mulk?

Jawaban: Tidak ada syarat khusus untuk membaca surah Al-Mulk. Namun, disarankan untuk membacanya dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

Pertanyaan 5: Apakah ada batasan berapa kali membaca surah Al-Mulk dalam sehari?

Jawaban: Tidak ada batasan berapa kali membaca surah Al-Mulk dalam sehari. Semakin sering dibaca, semakin banyak manfaat yang diperoleh.

Pertanyaan 6: Siapa saja yang dianjurkan membaca surah Al-Mulk?

Jawaban: Surah Al-Mulk dianjurkan dibaca oleh semua umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang surah Al-Mulk. Semoga informasi ini bermanfaat dan semakin memotivasi kita untuk membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan lanjutan:

  • Keutamaan Surah Al-Mulk dan Cara Mengamalkannya
  • Tafsir Surah Al-Mulk Ayat 1-30
  • Surah Al-Mulk: Pelindung dari Siksa Kubur

Tips Membaca Surah Al-Mulk

Membaca surah Al-Mulk memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut adalah beberapa tips untuk membaca surah Al-Mulk secara efektif dan optimal:

Tip 1: Baca secara rutin

Dianjurkan untuk membaca surah Al-Mulk setiap malam sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Tirmidzi)

Tip 2: Baca dengan tartil

Bacalah surah Al-Mulk dengan tartil, yaitu dengan jelas dan tidak tergesa-gesa. Perhatikan tajwid dan makhraj huruf dengan baik. Hal ini akan membantu kita memahami makna dan pesan yang terkandung dalam surah Al-Mulk.

Tip 3: Renungkan maknanya

Setelah membaca surah Al-Mulk, luangkan waktu untuk merenungkan maknanya. Tafsirkan ayat-ayat dalam surah Al-Mulk dan kaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membantu kita menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung dalam surah Al-Mulk.

Tip 4: Amalkan ajarannya

Membaca surah Al-Mulk harus dibarengi dengan mengamalkan ajaran-ajarannya. Surah Al-Mulk mengajarkan tentang keesaan Allah SWT, kekuasaan-Nya, dan kebesaran-Nya. Amalkan ajaran-ajaran ini dalam kehidupan sehari-hari untuk semakin dekat dengan Allah SWT.

Tip 5: Ajak orang lain

Ajak orang lain untuk membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk. Hal ini akan menambah keberkahan dan mempererat ukhuwah Islamiyah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat membaca surah Al-Mulk secara efektif dan optimal. Semoga kita semua dapat memperoleh keutamaan dan manfaat dari surah Al-Mulk, baik di dunia maupun di akhirat.

Kesimpulan

Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Surah ini dapat melindungi kita dari siksa kubur, memberikan ketenangan hati, memperkuat iman, menambah pahala, menghindarkan dari kemungkaran, menjadi syafaat di akhirat, menambah ilmu pengetahuan, memperoleh ridha Allah SWT, dan mendapatkan surga.

Untuk mendapatkan manfaat dari surah Al-Mulk, dianjurkan untuk membacanya secara rutin setiap malam sebelum tidur, membacanya dengan tartil dan merenungkan maknanya, mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mengajak orang lain untuk membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk.

Dengan membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk, kita dapat memperoleh banyak manfaat dan keutamaan, baik di dunia maupun di akhirat. Semoga kita semua dapat menjadikan surah Al-Mulk sebagai bagian dari kehidupan kita dan memperoleh manfaatnya secara optimal.

Youtube Video: