Laboratorium

Rabu , 24-Juli-2013
Laboratorium Sifat Fisika dan Kimia kayu

Laboratorium ini sebagai ruang analisa sifat kayu terutama untuk sifat fisika dan kimia. Informasi dari sifat fisika dan kimia kayu yang diteliti di BBPBPTH sangat diperlukan guna mengetahui karakter dan atau struktur  kayu tersebut yang berguna untuk pengembangan selanjutnya sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Rabu , 24-Juli-2013
Laboratorium Kultur Jaringan

Laboratorium Kultur jaringan merupakan salah satu bagian dari kelompok peneliti (Kelti) Bioteknologi Tanaman Hutan. Di laboratorium ini dilakukan kegiatan pembiakan vegetative mikro.

Metode kultur jaringan dikembangkan untuk membantu memperbanyak tanaman, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif. Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mempunyai sifat yang identik dengan induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga  tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional. 

 Dengan adanya lab kultur jaringan di BBPBPTH ini maka diharapkan jenis – jenis yang sedang dilakukan penelitian dan pengembangannya akan lebih mudah diketahui jenis apa saja yang bisa dikembangkan melalui metode kultur jaringan dan mempercepat produksi untuk dikembangkan lebih lanjut.


Rabu , 24-Juli-2013
Laboratorium Benih

Selain sebagai tempat penyimpanan benih (Dry Cold Storage) di lab ini juga merupakan laboratorium untuk kegiatan riset pemuliaan jenis-jenis yang diteliti untuk menentukan strategi dan teknologi reproduksinya sebagai alat untuk menunjang kegiatan pemuliaan.

Rabu , 24-Juli-2013
Laboratorium Hama dan Penyakit

 Laboratorium  Hama dan Penyakit merupakan salah satu bagian dari kelompok peneliti (Kelti) Pemuliaan Tanaman Hutan. Di laboratorium Hama dan Penyakit ini terdapat fasilitas yang bisa dipergunakan untuk mengisolasi penyebab penyakit pada tanaman khususnya jamur.  Dari bagian tanaman yang terserang penyakit diambil dan dilakukan isolasi untuk mengetahui identitas penyebab penyakit yang menyebabkan kerusakan pada tanaman.Selanjutnya dari hasil isolasi bisa dilakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop

Rabu , 24-Juli-2013
Laboratorium Genetika Molekuler

Laboratorium genetika molekuler merupakan salah satu bagian dari kelompok peneliti (Kelti) Bioteknologi Tanaman Hutan.  Di laboratorium ini dilakukan analisis secara genetik menggunakan DNA. DNA merupakan kumpulan sequence basa tertentu yang membawa sifat keturunan.

Teknik analisis  DNA mempunyai banyak metode. Pemilihan metode yang akan digunakan tergantung dari tujuan penelitian.  Metode yang umum digunakan adalah metode RAPD karena  cepat, dan mudah.  Berbagai metode analisis DNA yang baru terus berkembang. Analisis DNA menggunakan mikrosatelit, MuPS dan SCAR   marker telah  dikembangkan  di laboratorium ini. 

Prosedur kerja untuk semua metode tersebut pada prinsipnya sama, yaitu  ekstraksi, PCR dan elektrophoresis.  Perbedaan prosedur kerja tergantung sampel yang digunakan, daun atau biji, dan metode yang dipilih.  Adanya suatu petunjuk lengkap yang menguraikan semua prosedur yang dilakukan di laboratorium Genetika Molekuler, akan sangat membantu keberhasilan penelitian.