Berita

Kamis , 22-Juni-2017
PERLU UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN SUMBER BENIH TANAMAN HUTANAN SEBAGAI LEGACY KLHK

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Prof. Dr. M. Na’iem bahwa Program Masyarakat Silvikulturis Indonesia (MASI) dalam upaya untuk meningkatkan produktifitas hutan baik tanaman industri, hutan alam maupun hutan rakyat sangat penting dalam mendukung aspek lingkungan hidup maupun ekonomi nasional.

 

Kamis , 15-Juni-2017
PEMBINAAN TEKNIS PEMBANGUNAN KEBUN BENIH SEMAI SENGON DI BPDASHL UNDA ANYAR, BALI

Denpasar (biotifor.or.id) – Menurut Ir. Tandya Tjahjana, M.Si, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta telah menghasilkan beberapa benih unggul dan Iptek bidang pemuliaan tanaman hutan yang didukung oleh sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan litbang bioteknologi hutan dan pemuliaan tanaman hutan.

Senin , 12-Juni-2017
BIMBINGAN MAGANG, MERUPAKAN SALAH SATU TUGAS PENTING SEORANG PENELITI

YOGYA (biotifor.or.id) – Kunjungan ilmiah, Magang, Praktek Kerja Lapangan, Penelitian Mahasiswa di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta mengindikasikan bahwa institusi Litbang ini diakui oleh dunia pendidikan sebagai tempat pembelajaran di luar sekolah.

Kamis , 8-Juni-2017
PENGELOLAAN PENYIMPANAN BENIH TANAMAN HUTAN, PERLU SEGERA "MOVE ON"


YOGYA (biotifor.or.id) – Belum tersedianya sistem informasi yang cepat dan efisien dalam pengelolaan dokumentasi/penyimpanan benih tanaman hutan, sebagai material penelitian di Dry Cold Storage (DCS) di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta perlu mendapat inovasi alternatif.

Rabu , 31-Mei-2017
MENDESAK DAN PERLU: SUMBER BENIH TANAMAN HUTAN ADAPTIF DAERAH EXTRIM KERING

Bali (biotifor.or.id) - Menurut Ir. Tandya Tjahjana, M.Sibahwa Balai Besar Penelitian dan Bioteknologi dan Pemuliaan tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta mendukung kegiatan aksi-aksi adaptasi perubahan iklim di daerah ekstrim kering.

Senin , 29-Mei-2017
URGENSI PERUBAHAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 1999 TENTANG KEHUTANAN

YOGYA (biotifor.or.id) - Paradigma pengelolaan hutan Indonesia memerlukan perubahan yang sangat mendasar. Fakta-fakta deforestasi dan degradasi hutan selama beberapa dekade terakhir menunjukkan kegagalan cita-cita pengelolaan hutan lestari dan pengawetan biodiversitas.

Jumat , 19-Mei-2017
KEBUN RAYA BOGOR, SALAH SATU BENTENG TERAKHIR PENYELAMATAN FLORA INDONESIA

BOGOR (biotifor.or.id) – Menurut Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain bahwa Kebun Raya Bogor (KRB) yang awalnya berupa taman belakang Kantor Gubernur Hindia Belanda (Buitenzorg) pada tahun 1817 sekarang telah menjadi kebun raya yang memiliki lima fungsi sebagai pusat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan lingkungan, wisata dan jasa lingkungan.

Jumat , 12-Mei-2017
FORESTRY STUDY CLUB FAKULTAS KEHUTANAN UGM MENGGALI NYAMPLUNG DI B2P2BPTH YOGYAKARTA

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Ramadhany Ayu Purnama bahwa tujuan mahasiswa yang tergabung dalam Forestry Study Club (FSC) berkunjung ke Kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta adalah ingin menggali ilmu atau belajar dari peneliti dan pengembangan Nyamplung (Calophyllum inophyllum L.) sebagai bahan baku biodisel yang prosepektif di masa mendatang.

Rabu , 10-Mei-2017
KADERISASI PENELITI, TANTANGAN LEMBAGA LITBANG INDONESIA

BOGOR (biotifor.or.id) – Menurut Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc, para pemegang kebijakan di instansi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) baik di bawah Pemerintah Pusat maupun Daerah diharapkan sadar dan segera memperjuangkan kaderisasi para peneliti yang terancam dengan kebijakan zero growth.

Rabu , 10-Mei-2017
PERTANDINGAN PERSAHABAN ANTARA B2P2BPTH YOGYAKARTA DENGAN BALITEK DAS SOLO

YOGYA (biotifor.or.id) – Dengan pertandingan persahabatan antara Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta dengan Balitek DAS Solo akan terjalin lebih akrab.Hubungan kedua keluarga besar institusi Litbang di bawah Badan Litbang dan Inovasi (BLI) ini tidak hanya sebatas formalitas kegiatan kantor saja.

Selasa , 9-Mei-2017
SUMBANGSIH BIBIT TANAMAN LANGKA B2P2BPTH PADA HARI BUMI DI ISI SURAKARTA

SURAKARTA (biotifor.or.id) “Harapan kami di kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dapat menjadi hutan kota di lingkungan mahasiswa, yang artinya dapat memberikan manfaat berupa udara segar, pengaturan air untuk mencegah terjadinya banjir, menjadi tempat destinasi wisata, dapat mengurangi dampak cuaca yang buruk” kata Prof. Dr. Sri Rochana Widyastutieningrum, S.Kar., Rektor ISI Surakarta saat Peringatan Earth Celebration Day (Hari Bumi) di Kampus ISI Surakarta, Jum’at (28/04/2017).

Rabu , 3-Mei-2017
PURNA TUGAS PAK DIDIK PURWITO

YOGYA (biotifor.or.id.) –“Bermain tali sambil menari-nari..... Talinya putus kena di kaki.... Hatiku sedih di bulan mei.......Karena mau ditinggal Pak Didik....”

Jumat , 28-April-2017
BIBIT UNGGUL SENGON TOLERAN KARAT TUMOR, HASIL LITBANG UNTUK MENAHAN LAJU PERKEMBANGAN PENYAKIT YANG CEPAT (OUTBREAK)

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Dr. Liliana Baskorowati, permintaan dan nilai ekonomi yang tinggi dari kayu sengon (Falcataria moluccana) menyebabkan masyarakat antusias untuk mengembangkannya. Namun meluasnya budidaya sengon secara monokultur berpotensi meningkatkan intensitas serangan penyakit karat tumor di berbagai wilayah di Indonesia. Sejak tahun 2015 telah terjadi epidemik, yaitu menyerang secara luas dan sulit untuk dibasmi.

Kamis , 27-April-2017
FORENSIK DNA, UPAYA MENEKAN PERDAGANGAN KAYU DAN HEWAN DILINDUNGI SECARA ILEGAL

YOGYA (biotifor.or.id) – Perdagangan kayu maupun hewan yang dilindungi secara ilegal semakin marak terjadi di Indonesia. Kayu ilegal yang diperdagangkan baik di pasar domestik maupun internasional, diperoleh melalui cara-cara yang melanggar ketentuan perundangan, baik menyangkut penebangan, pengangkutan, pengolahan dan jual belinya.

Selasa , 25-April-2017
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TANAMAN KAYUPUTIH, "DARI KEPULAUAN MALUKU UNTUK INDONESIA"

YOGYA (biotifor.or.id) – Hampir tidak ada rumah tangga yang tidak menyimpan sebotol minyak kayuputih. Minyak kayuputih memang telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Namun mungkin tidak banyak yang mengetahui asal-usul minyak kayuputih.

Selasa , 25-April-2017
BENIH UNGGUL NYAMPLUNG, TAWARAN SOLUSI KRISIS ENERGI MASA DEPAN

YOGYA (biotifor.or.id) – Krisis energi dunia mendorong banyak negara untuk mencari energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015-2019, pada akhir tahun 2019 ditargetkan produksi Bahan Bakar Nabati (BBN) nasional berupa biodiesel 2,35-4,12 juta kilo liter dan bioetanol 0,2-0,58 juta kilo liter.

Jumat , 21-April-2017
HASIL LITBANG B2P2BPTH SIAP MENDUKUNG PROGRAM KEMANDIRIAN BANGSA


YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Dr. Henry Bastaman, image lembaga litbang sebagai “Rumah Hantu”, dimana para peneliti diibaratkan bekerja di bawah menara gading, harus dibongkar. Hasil litbang seharusnya sangat dekat dengan upaya pemecahan masalah masyarakat sehari-hari, misalnya untuk peningkatan taraf hidupnya.

Rabu , 19-April-2017
KOLABORASI ENAM NEGARA ASIA TENGGARA DALAM PENELITIAN KONSERVASI SONOKELING

YOGYA (biotifor.or.id) - Menurut Dr. Vivi Yuskianti, SP.,M.Si bahwa CITES telah memasukkan semua jenis Dalbergia spp. ke dalam Appendix II. Hal ini berarti semua spesies Dalbergia telah menjadi jenis yang dilindungi. Sonokeling (Dalbergia latifolia) adalah salah satu spesies dari genus Dalbergia.

Selasa , 11-April-2017
ASN WAJIB LAPOR HARTA KEKAYAAN

YOGYA. biotifor.or.id – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib melaporkan harta kekayaannya, dimana yang bertanggung jawab pengelolaanya adalah APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) di masing-masing Lembaga atau Kementerian, sedangkan muatan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) ini adalah data pribadi dan keluarga, harta kekayaan seluruh keluarga dimiliki, penghasilan, pengeluaran, dan surat pernyataan” Ungkap Priyo Kusumedi.

 

Jumat , 7-April-2017
MASA DEPAN PERTANIAN INDONESIA ADA DIPUNDAK GENERASI MUDA

YOGYA (biotifor.or.id) – Masa depan pertanian di Indonesia sebagai bangsa agraris ada di pundak generasi muda. Termasuk para mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Namun sayangnya, bidang ini sudah jarang diminati oleh calon mahasiswa.

Hal ini disampaikan  oleh Ir. Agung Astuti, M.Si, dihadapan 140 mahasiswa peserta Kunjungan Lapangan di Kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta, Selasa (04/04/2017).


Hal 1 dari 17
Hal