Berita

Jumat , 9-April-2021
PEMBANGUNAN MODEL PERCONTOHAN PENGEMBANGAN KAYUPUTIH

Biotifor.or.id - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta telah melakukan serangkaian kegiatan pemuliaan kayuputih sejak tahun 1993 dan telah menghasilkan bibit unggul dengan potensi rendemen minyak kayuputih dua kali lipat dari tanaman kayuputih komersil di Pulau Jawa.

Kamis , 8-April-2021
BIOTIFOR SUKSES MEMBERIKAN PENDAMPINGAN MAHASISWA PKL STAN DAN SEKOLAH VOKASI IPB

BIOTIFOR (08/04/2021) - ”Selamat kepada adik-adik yang telah berhasil menyelesaikan praktek kerja lapangan (PKL) di Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan” ujar Retisa Mutiaradevi selaku Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama dalam sambutannya pada acara Laporan Hasil Praktek Kerja Lapangan di Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Kamis 08 April 2021 yang dilakukan secara daring.

Kamis , 8-April-2021
BBPPBPTH-FAKULTAS FARMASI UGM-UMKM, BERKOLABORASI UNTUK MENGEMBANGKAN INDUSTRI MINYAK NYAMPLUNG

Biotifor.or.id - BBPPBPTH–Fakultas Farmasi UGM–UMKM BUMDES Bantul, berencana melakukan kolaborasi dalam pengembangan industri minyak nyamplung (minyak tamanu) sebagai bahan baku obat-obatan dan kosmetik. Kerjasama ini sebagai upaya untuk mendorong kemandirian bahan baku, dan meningkatkan kualitas minyak minyak tamanu, serta produk obat-obatan dan kosmetik yang dihasilkan.

Kamis , 8-April-2021
POTENSI PEMULIAAN EMPAT JENIS JATI

Biotifor.or.id – “Buku ini memberikan gambaran peluang pemuliaan yang bisa dilakukan dimasa mendatang berdasarkan variasi morfologi dari empat spesies jati yang ada, dengan membaca buku ini diharapkan para peneliti, pemerhati dan pemerhati hutan tanaman jati semakin tergugah untuk membuat terobosan penelitian pemuliaan jati dimasa mendatang” kata M. Anis Fauzi peneliti Balai Besar Litbang BPTH dalam buku berjudul “Beberapa Jenis jati (Tectona sp), variasi dan potensi pemuliaannya”.

Rabu , 31-Maret-2021
HARGA KAYUPUTIH YANG STABIL MEMBUAT PT SRI REJEKI FERTILIZER MELIRIK RENCANA KERJASAMA DENGAN BIOTIFOR

BIOTIFOR (31/03/21) Pandemi, tidak menyurutkan PT Sri Rejeki Fertilizer menjajaki kerjasama dengan BIOTIFOR. Berawal dari pertemuan lewat media zoom yang dilakukan sebelumnya, PT Sri Rejeki Fertilizer merealisasikan proses pembelajaran langsung mengenai budidaya dan pengolahan kayuputih di Balai Besar Litbang BPTH.

Rabu , 31-Maret-2021
Penyegaran Analisis Minyak Kayuputih Dengan Gas Chromatography

BIOTIFOR - Dalam rangka penyegaran pengoperasian alat Gas Chromatography (GC) untuk analisis minyak kayuputih, telah dilakukan hands-on training yang diberikan oleh teknisi GC Bapak Syafaat dari Simpli Lab Teknologi. Pelatihan ini diselenggarakan dari tanggal 24-26 Maret 2021, diikuti oleh seluruh peneliti dan teknisi Tim Penelitian Kayuputih Balai Besar Litbang BPTH

Selasa , 30-Maret-2021
PERTAMA DI KLHK, VARIETAS BARU TANAMAN KEHUTANAN DIMOHONKAN HAK PVT

Empat varietas baru hasil pemuliaan Biotifor sedang dalam Uji BUSS untuk memperoleh Hak PVT.

Biotifor.or.id - Menurut Dr. Ir. Arif Nirsatmanto, M.Sc. peneliti BBPPBPTH, varietas baru tanaman kehutanan yang memperoleh Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) sebelumnya telah ada yang menjadi milik swasta dan BUMN, namun apabila varietas-varietas baru yang sedang dalam Uji BUSS ini memperoleh hak PVT akan menjadi yang perlama di KLHK.

Selasa , 23-Maret-2021
10 TAHUN PERJALANAN JABON MERAH BIOTIFOR YOGYAKARTA

Biotifor.or.id - Kegiatan pemuliaan Jabon yang dilakukan oleh B2P2BPTH telah berumur 10 tahun, salah satunya adalah dengan terbangunnya plot KBSUK generasi pertama (F-1) jenis Jabon merah di Wonogiri, dengan Penanggungjawab kegiatan adalah Teguh Setyaji, S.Hut., M.Sc dengan anggota tim Dr. Arif Nirsatmanto, Dr. Sri Sunarti, Dwi Kartikaningtyas, S.Hut, Betty Rahma H, S. Hut, M.Sc, Surip, S. Hut, M.Sc, Dwi Siwi Y, S.Hut dan Sumaryana. Jabon merah dengan riap dan kualitas kayu yang baik, sangat prospektif sebagai bahan baku playwood, hal ini terbukti beberapa perusahaan playwood di Jawa telah memanfaatkan kayu jabon sebagai bahan baku playwood.

Senin , 22-Maret-2021
REGENERASI PERAKARAN BIBIT TANAMAN CENDANA HASIL KULTUR JARINGAN

Biotifor.or.id – “Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan klon dalam menumbuhkan akar primer maupun sekunder dan perbedaan perkembangan rambut akar dari akar primer dan sekunder saat invitro dan exvitro dalam rangka meningkatkan keberhasilan tahap aklimatisasi kultur jaringan cendana”, jelas Dr. Asri Insiana Putri peneliti BBPPBPTH. Hal tersebut ditulis bersama Dr. Toni Herawan berupa tulisan ilmiah  pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) volume 12 no 2 tahun 2018 halaman 143-150.


 

Senin , 15-Maret-2021
PENANDA SSR (MICROSATELLITES) UNTUK MENGETAHUI STRUKTUR GENETIK NYAMPLUNG

Biotifor.or.id – Simple Sequences Repeats (SSR) atau microsatellites adalah salah satu sekuen di untai DNA yang mampu mendeteksi alel heterozigot (co- dominan) dan mempunyai tingkat polimorfisme tinggi. Penanda SSR banyak diaplikasikan untuk meningkatkan efisiensi strategi konservasi dan pemuliaan. Dengan diketahuinya struktur genetik maka akan diketahui pula keragaman dan kekerabatan genetiknya sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam pengelolaan plot penghasil benih dengan keragaman genetik tinggi dan bukan hasil kawin kerabat. Hal ini ditulis oleh peneliti Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH), ILG. Nurtjahjaningsih; Purnamila Sulistyawati dan Anto Rimbawanto  pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) volume 13 no 1 tahun 2019 halaman 45-51.

Senin , 8-Maret-2021
LIMBAH "EMAS" INDUSTRI MINYAK NYAMPLUNG

Biotifor.or.id – Berbicara tentang tanaman penghasil bioenergi, pada artikel sebelumnya telah disampaikan beberapa jenis tanaman yang berpotensi menghasilkan bioenergi dan hal-hal terkait. Salah satu tanaman penghasil bioenergi yaitu nyamplung tidak hanya menghasilkan biofuel saja. Limbahnya pun sangat potensial untuk dimanfaatkan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Seperti yang dijelaskan Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP dalam buku “Kumpulan Pemikiran 17 Profesor Riset untuk Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan”. 

Senin , 8-Maret-2021
PENYAKIT PADA ACACIA AURICULIFORMIS

Biotifor.or.id – Dua peneliti Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Nur Hidayati, S.Hut. M.Sc. dan Prof. Ris Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, MP telah melakukan penelitian mengenai penyakit pada Acacia auriculiformis yang diterbitkan pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan Vol 12 no 2 tahun 2018 halaman 105 - 113.


 

Jumat , 5-Maret-2021
POTENSI BISNIS BENIH UNGGUL TANAMAN KEHUTANAN

Biotifor.or.id – “Sumber daya hutan dan lahan di Jawa timur ini harus kita jaga agar dapat memberikat manfaat bagi masyarakat dan menjadi peluang bisnis sumber benih unggul” kata Purnomo Hadi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur pada saat menyampaikan sambutan pembukaan webinar “Potensi tanaman unggul kehutanan” pada hari Selasa 2 Maret 2021 secara daring menggunakan media zoom cloud meeting dan streaming youtube.

Kamis , 4-Maret-2021
SOSIALISASI DESAIN SPIP

Biotifor.or.id -- Hallo Sobat Biotifor, Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan baru saja melaksanakan virtual meeting Sosialisasi Desain SPIP 2021 

Acara Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dibuka oleh Ketua Satgas SPIP Suwarno, SE, MP dan  dihadiri oleh tim satgas internal SPIP BBPPBPTH baik secara virtual meeting maupun tatap muka dengan pembatasan & prosedur Covid-19.

Kamis , 4-Maret-2021
RAPAT PEMBAHASAN RENCANA OPERASIONAL NON PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (RONP)

Biotifor.or.id -- Rapat pembahasan Rencana Operasional Non Penelitian dan Pengembangan (RONP) yang dibuka oleh Ir. Nina Juliaty, MP (Kepala Bidang Program dan Evaluasi).

Acara tersebut menggundang pejabat struktural  dan para ketua kelompok peneliti secara virtual. Masing-masing kepala seksi/subbag memaparkan pencapaian di tahun 2020 dan rencana apa saja yang akan di laksanakan di tahun 2021. 

Kamis , 4-Maret-2021
RAPAT PEMBAHASAN RENCANA OPERASIONAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (ROPt & ROPg)

Biotifor.or.id – Melaksanakan Rapat Pembahasan Rencana Operasional Penelitian & Pengembangan (ROPt & ROPg).

Acara yang dibuka oleh Kababes Dr. Nur Sumedi, dihadiri oleh tim peneliti, struktural serta mengundang koordinator dan wakil koordinator masing-masing RPPII baik secara virtual meeting maupun tatap muka dengan pembatasan & prosedur Covid-19.

Minggu , 14-Feb-2021
TANAMAN-TANAMAN PENGHASIL BIOENERGI DI LAHAN TERDEGRADASI

Biotifor.or.id – Menurut Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP., peneliti BBPPBPTH, sudah banyak dilakukan penelitian untuk mendapatkan spesies tanaman hutan sebagai energi terbarukan yang berasal dari bahan baku organik, terutama pada lahan terdegradasi.

Kamis , 11-Feb-2021
PEMULIAAN NYAWAI

Biotifor.or.id --- Dalam pembangunan hutan tanaman, penggunaan materi genetic unggul menjadi suatu kebutuhan.  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan telah mengawali program pemuliaan nyawai melalui pembangunan plot uji keturunan nyawai di Mangunan, Bantul, Yogyakarta pada tahun 2012. Hal ini ditulis oleh peneliti Balai Besar Litbang BPTH Liliek Haryjanto, Prastyono dan Yayan Hadiyan pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan Vol 12 no 2 tahun 2018 berjudul “ Seleksi dan perolehan genetik pada uji keturunan nyawai (Ficus variegate Blume) di Bantul.”

Senin , 8-Feb-2021
TEKNOLOGI EMBRIOGENESIS SOMATIK UNTUK PERBANYAKAN ROTAN TOHITI

Biotifor.or.id – Perbanyakan rotan tohiti secara konvensional masih mempunyai beberapa masalah karena musim berbuah yang tidak menentu dan jumlah buah yang terbatas. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah melalui teknologi embriogenesis somatik. Hal ini di tulis oleh salah satu peneliti BBPPBPTH Dra. Yelnititis, M.Si. pada karya ilmiah yang berjudul Embriogenesis Somatik Rotan Tohiti (Calamus inops Becc. Ex Heyne) yang terbit pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH).

Kamis , 4-Feb-2021
POTENSI JASA LINGKUNGAN DAN WISATA ALAM KHDTK KALIURANG

Hallo sobat Biotifor, sebelumnya sudah dikupas tentang Pesona KHDTK Kaliurang dan juga salah satu primata penghuninya, kesempatan ini kita akan sedikit membahas tentang Potensi Jasa Lingkungan dan Wisata Alam.


Hal 1 dari 30
Hal