Apresiasi Tahura Dr. H. Djuanda Pada Pelestarian Tanaman Langka Di BBPPBPTH

ADMIN | Selasa , 2-Juli-2019

BBPPBPTH (Yogja, Juni 2019) ”Kami memandang bahwa kantor BBPPBPTH sudah lebih maju dalam kegiatan pengembangan terutama untuk jenis tanaman langka” ujar Tomi selaku perwakilan dari Taman Hutan Raya (Tahura) Dr. H. Djuanda Bandung pada saat melakukan studi banding ke BBPPBPTH pada Selasa (25/06).

Selanjutnya Lukman Hakim, S.Hut, MP selaku peneliti yang menangani kegiatan pengembangan tanaman langka/khas daerah menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan konservasi dan pengembangan tanaman langka khususnya yang merupakan tanaman khas DIY yang telah dikoleksi di BBPPBPTH, seperti koleksi materi genetik Mentaok (Wrightia javanica) dan Timoho (Kleinhovia hospita), dimana dua jenis tanaman ini memiliki kelekatan dengan sejarah dan budaya masyarakat.

“Kegiatan pengembangan tanaman khas daerah ini diharapkan mampu melestarikan jenis-jenis tanaman langka sebagai sumber benih yang dapat dimanfaatkan materi genetiknya oleh masyarakat luas di masa mendatang,” tambah Lukman.

Sejalan dengan tujuan tersebut, pihak Tahura Dr. H. Djuanda merasa perlu untuk melakukan kerjasama mengenai kegiatan pengembangan jenis tanaman langka yang sudah dilakukan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Dr. Nur Sumedi, S.Pi, MP selaku Kepala BBPPBPTH mengapresiasi kegiatan studi banding terutama di bidang konservasi tanaman langka yang dilakukan oleh Tahura. “Koleksi dan penanaman tanaman khas DIY ini akan mendukung program nasional  dalam melestarikan Konservasi Sumber Daya Genetik untuk produktivitas dan pemanfaatan masa sekarang ataupun masa mendatang”, ungkap Nur.

Setelah berkunjung ke persemaian tanaman langka/khas, rombongan kemudian disambut oleh Dr. Asri Insiana Putri, MP di laboratorium Kultur Jaringan. Disana Asri menjelaskan mengenai kegiatan yang selama ini sudah dilakukan melalui sistem kultur jaringan.

Pada hari yang sama, BBPPBPTH juga mendapatkan tamu kunjungan dari Universitas PGRI Yogya. Universitas PGRI melakukan kunjungan ke laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Genetika Molekuler.***UQ

Editor   : Rinto H.

Dokumentasi: Dewi Sartika, UQ

 

 

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index