GUBERNUR DIY DUKUNG GERAKAN LITERASI YOGYAKARTA

ADMIN | Jumat , 21-Juni-2019

BBPPBPTH (Jogja, 21/06/2019)_ “Gubernur kita berkomitmen baik  dengan peningkatan literasi, bahkan DPRD DIY juga mempunyai semangat yang sama untuk mengembangkan perpustakaan”. Hal ini dikatakan Dra. Monica Nur Lastiyani, MM  Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat membuka acara Seminar Nasional dengan tema “ Membangun perpustakaan dan Kesejahteraan masyarakat”. 

Lebih lanjut Monica menegaskan bahwa dukungan Gubernur DIY dibuktikan dengan adanya Pergub DIY nomor 18 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah pada satuan pendidikan menengah. Draft Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan perpustakaan juga telah disusun tinggal menunggu disahkan.

“Grhatama Pustaka sangat terbuka untuk kegiatan literasi masyarakat Yogyakarta, karena literasi saat ini menjadi sesuatu yang digaungkan dimana-mana,  baik di sekolah, instansi maupun di masyarakat umum’. Jelas Monica.  Tahun ini menurut lembaga survei literasi, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menduduki peringkat kedua indeks literasi setelah provinsi DKI Jakarta dengan nilai 56,42. Hal ini tentu harus di pertahankan dan ditingkatkan lagi agar gerakan literasi di Yogyakarta semakin baik, disinilah peran IPI diharapkan dapat menjadi motor penggerak peningkatan Literasi, ungkap Monica.

“Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga telah menyiapkan draft kerjasama perpustakaan yang salah satunya menyebutkan adanya kewajiban seluruh perpustakaan di DIY untuk tergabung dalam Jogja Library for All (JLA)”  kata Monica di akhir sambutannya.

Seminar Nasional ini diselenggarakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional dan PDIPI DIY dan Perpustakaan Daerah bertempat di Auditorium Grhatama Pustaka Yogyakarta yang beralamat di Jl. Janti, Karangjambe, Banguntapan, bantul, Yogyakarta dan merupakan serangkaian acara dengan Musyawarah Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia tahun 2019.

Narasumber yang hadir pada seminar ini yaitu Dra Adriati Zen, M.Hum dari Perpustakaan Nasional RI yang menyampaikan tentang peran pustakawan dalam standardisasi perpustakaan; Moh. Mursyid, SIP, MA, pustakawan Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang pengembangan minat baca berbasis inklusi sosial serta Dr. Mardhani Riasetiawan, MT dari UGM dengan materi literasi digital di era 4.0.

Perpustakaan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta mengirimkan 2 pustakawan dan 1 pengadministrasi perpustakaan untuk mengikuti kegiatan seminar tersebut.  Dalam kaitannya dengan keanggotaan di Jogja Library for All, Perpustakaan BBPPBPTH siap bergabung. EDL

Editor : Rinto