Si "JAINAL", ALAT MONITOR PEJABAT FUNGSIONAL

ADMIN | Kamis , 5-Juli-2018

YOGYA (biotifor.or.id) – Sistem Informasi Jabatan Fungsional atau lebih mudahnya disingkat dengan Si Jainal, secara umum dapat meningkatkan efektifitas manajemen kepegawaian khususnya dalam pengelolaan jabatan fungsional. “Secara internal hadirnya Si Jainal diharapkan mampu menjadi alat monitoring mandiri para pejabat fungsional”, tutur Priyo Kusumedi, S.Hut.,MP, Kabag Umum B2P2BPTH Yogyakarta di sela-sela kesibukannya, Rabu (04/07/2018).

Lebih lanjut Priyo mengatakan bahwa Si Jainal dapat pula sebagai Early Waning System,  untuk mengetahui kekurangan angka kredit, pemberitahuan pembebasan sementara maupun pemberhentian permanen.

Menurut Priyo, saat ini proses layanan administrasi kepegawaian untuk para pegawai yang memangku jabatan fungsional seperti peneliti, teknisi litkayasa, pustakawan dan pranata komputer di BBPPBPTH masih belum optimal.
 
Banyak pejabat fungsional yang diperingatkan, dibebaskan sementara ataupun terancam di berhentikan secara permanen. “Belum tersedianya early warning system dan self assesment/monitoring mandiri menyebabkan  banyak fungsional yang diberhentikan sementara maupun tercancam diberhentikan secara permanen”, tegas Priyo.

Hal lain yang kadang dialami pejabat fungsional adalah pengambilan keputusan yang terlambat tidak adanya informasi secara dini, akurat dan tepat serta mudah diakses oleh para pejabat fungsional maupun pengelola kepegeawaian.

Untuk mengatasi kesenjangan itu diperlukan suatu inovasi baru. Inovasi ini terrepresentasikan melalui Aplikasi Si Jainal. Aplikasi ini didesain responsif, interaktif dan mudah diakses sehingga sangat sesuai dengan era teknologi zaman ini.

Aplikasi ini memungkinkan pengelola kepegawaian melakukan tindak lanjut dan pengambilan keputusan lebih cepat terkait hal-hal yang diperlukan dalam menangani permasalahan jabatan fungsional.
 
Selain itu, secara eksternal aplikasi ini dapat mempermudah sistem monitoring dan evaluasi pejabat fungsional, bisa sebagai bahan untuk pengambilan kebijakan, tindak lanjut pembinaan pejabat fungsional dan langkah-langkah memenuhi PAK dan untuk pengembangan pejabat fungsional kedepannya.

Si Jainal berbasis android, sudah terupload di playstore dengan kata kunci “SIJAINAL” yang bisa diakses dan di install oleh para pengguna dengan menggunakan user name dan password dari pengelola kepegawaian.

Priyo berharap dalam jangka panjang, Si Jainal siap digunakan oleh seluruh satker di Badan Litbang dan Inovasi (BLI), sebagai alat monitoring bagi para pejabat fungsional dan pengelola kepegawaian sehingga pengelolaan jabatan fungsional lebih efektif dan efesien. UMP***

 

Editor : Priyo Kusumedi