Pengantar Kepala Balai

ADMIN | Minggu , 28-Juli-2013

Di era revolusi industri 4.0, digitalisasi penyebarluasan hasil litbang melalui website adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangan teknologi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) berusaha untuk dapat memberikan layanan dan fasilitas berupa keterbukaan informasi publik yang cepat, tepat, akurat, dan mudah. Harapannya dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat melalui website instansi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Terdapat tantangan dan peluang dunia riset dalam rangka menghadapi perubahan dunia. Saat ini Teknologi Informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited). Revolusi industri 4.0 juga membuka peluang yang luas bagi siapapun untuk maju. Teknologi informasi yang semakin mudah terakses hingga ke seluruh pelosok menyebabkan semua orang dapat terhubung didalam sebuah jejaring sosial. Banjir informasi seperti yang diprediksikan menjadi realitas yang ditemukan di era revolusi industri saat ini. Informasi yang sangat melimpah ini menyediakan manfaat yang besar untuk pengembangan IPTEK.

  Dalam rangka bagian dari pertanggungjawaban kepada publik dan mendorong digitalisasi informasi hasil litbang, maka BBPPBPTH mempunyai situs resmi dengan nama domain http://www.biotifor.or.id atau http://biotifor.litbang.menlhk.go.id. Situs ini merupakan salah satu sarana resmi dari BBPPBPTH yang menyajikan berbagai informasi mengenai hasil-hasil litbang dan kegiatan yang dilaksanakan oleh BBPPBPTH.

  Situs ini diharapkan menjadi salah satu sarana dalam proses transfer IPTEK, baik kepada pengguna yang merupakan institusi pemerintah, kalangan dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, maupun kepada masyarakat luas.

  Kami mengharapkan saran dan masukan dari para pengunjung untuk dapat lebih menyempurnakan situs Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Semoga situs ini dapat menjadi salah satu referensi yang bermaanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Salam Hangat

Kepala Balai Besar,

 

Dr. Nur Sumedi, S.Pi., MP