BALAI BESAR LITBANG BPTH DAMPINGI PENGEMBANGAN HTI PT WAHANA SUBUR PERSADA

ADMIN | Kamis , 5-Des-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 04/12/2019)_Penandatangan kerjasama antara Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan dan PT Wahana Subur Persada tentang pendampingan kegiatan penelitian dan pengembangan Hutan Tanaman Industri di PT WSP dilakukan Rabu (04/12) di Ruang Rapat Balai Besar Litbang BPTH.

Direktur PT Wahana Subur Persada Ir. Adriat Halim, MMSI mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan kerjasama berlokasi di areal PT WSP di Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. “Kami akan membangun sumber benih unggul tanaman hutan untuk HTI dengan jenis tanaman Eucalyptus,” tutur Halim pada saat memberikan sambutan setelah penandatangan naskah kerjasama.

Halim juga berharap bahwa kerjasama ini merupakan permulaan yang baik untuk selanjutnya setelah 5 tahun kedepan dapat bekerjasama lagi dalam pembangunan kebun benih dengan jenis tanaman hutan lainnya seperti Acacia, Cendana maupun Gaharu.

Ruang lingkup kerjasama meliputi pendampingan dalam penyusunan strategi penelitian, pelaksanaan penelitian, pembangunan HTI dan bimbingan teknis dalam pembangunan sumber benih unggul tanaman hutan untuk pembangunan HTI serta publikasi hasil kerjasama. Hal ini tertuang dalam naskah perjanjian kerjasama.

Dr. Nur Sumedi, S.Pi., MP selaku Kepala Balai Besar Litbang BPTH menyambut baik kerjasama ini. “Prinsip sebuah kerjasama adalah dengan modal trust and benefit, kepercayaan dan kemanfaatan bersama. Kita senang kalau kantor kita dalam hal ini keahlian peneliti bermanfaat bagi perusahaan maupun masyarakat. Semoga kerjasama ini menjadi jalan kemanfaatan bersama,” ujarnya setelah menandatangani perjanjian kerjasama.  

Pada kesempatan yang sama Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP sebagai peneliti yang terlibat dalam kerjasama ini mengucapkan terima kasih atas kepercayaan perusahaan kepada beliau.

“Saya telah melakukan penelitian jenis Acacia dan Eucalyptus selama 15 tahun, ini akan saya sharing ke perusahaan karena salah satu kewajiban peneliti adalah membagikan teknologi dan pengetahuannya kepada masyarakat luas,” sambung peneliti senior ini.***(EDL)

 

Dokumentasi :DS

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index