PENYULINGAN PERDANA HASIL INOVASI BENIH UNGGUL KAYUPUTIH MENUJU SWASEMBADA MINYAK KAYUPUTIH NASIONAL

ADMIN | Selasa , 3-Des-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogyakarta, 03/12/2019)_Balai Besar Litbang BPTH, menyelenggarakan penyulingan perdana kayuputih unggul di Playen Gunungkidul.  Kegiatan penyulingan perdana ini dilaksanakan sebagai bagian dari program insentif inovasi industri yang diterima Balai Besar Litbang BPTH dari Kemenristek-BRIN sejak tahun 2017. Kebun kayuputih yang dipanen merupakan kebun yang ditanam menggunakan benih unggul hasil inovasi pemuliaan tanaman kayuputih Balai Besar Litbang BPTH pada lahan seluas 10 hektar di Playen Gunungkidul. Kegiatan pemuliaan tanaman kayuputih oleh Balai Besar Litbang BPTH ini telah dilaksanakan selama kurun waktu lebih dari 20 tahun  sejak tahun 1995 dan merupakan program pemuliaan tanaman kayuputih yang pertama dan terbesar  di Indonesia dengan fokus keunggulan pada kandungan cineole 1,8 mencapai di atas 65%, dan rendemen minyak kayuputih mencapai  di atas 1,2% atau mencapai peningkatan di atas 150% dibandingkan benih biasa.  Sebagaimana diketahui bahwa tanaman kayuputih dengan nama botanis Melaleuca cajuput ini merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh secara alami di beberapa lokasi di wilayah Kepulauan Maluku dan menjadi sumber genetik utama dalam program pemuliaan kayuputih oleh Balai Besar Litbang BPTH.

Kebutuhan bahan baku minyak untuk industri kemasan minyak kayuputih dalam negeri cukup besar, yaitu mecapai ±3500 ton setiap tahun dan belum mampu dipenuhi oleh produksi minyak dalam negeri yang hanya mencapai ±600 ton per tahun. Kekurangan bahan baku ini selanjutnya masih dipenuhi melalui impor minyak substitusi dari tanaman Ekaliptus.  Memperhatikan kondisi ini, Balai Besar Litbang BPTH terus mengembangkan produk pemuliaan tanaman melalui benih unggul tanaman kayuputih dan mendorong penanaman kebun kayuputih yang produktif untuk meningkatkan produksi minyak kayuputih dalam negeri. Pola kemitraan dalam penanaman kayuputih selanjutnya dibangun dan dikembangkan  baik berbasis pada kebun kayuputih skala luas, sebagaimana sudah dibangun di Katupa, Bima Nusa Tenggara Barat oleh PT Sanggar Agrokarya Persada, maupun berbasis kebun kayuputih rakyat yang dikelola oleh masyarakat dan kelompok tani sebagaimana kebun kayuputih seluas 10 hektar di Petak 93 dan 95 Playen, Gunungkidul ini. Kemitraan dengan masyarakat dan kelompok tani dimulai dari kegiatan penanaman kebun kayuputih sampai pada proses penyulingan minyak dan pemasarannya yang dikemas dalam model kemitraan usaha INTI-PLASMA.  Masyarakat dan kelompok tani pemilik kebun dan produsen minyak kayuputih sebagai PLASMA, sedangkan industri kemasan berbasis bahan baku minyak kayuputih selaku pembeli minyak, yaitu PT EAGLE INDO PHARMA sebagai INTI. 

Melalui dukungan program insentif inovasi industri dari Kemenristek-BRIN, selain di Playen-Gunungkidul Balai Besar Litbang BPTH juga membangun kemitraan kebun plasma kayuputih di beberapa lokasi lainnya, yaitu di Biak-Papua, Pekanbaru, Lampung dan Madura. Jumlah kebun plasma kayuputih nampaknya akan terus bertambah seiring naiknya minat masyarakat dan peluang pasar yang besar. Dalam rangkaian acara penyulingan perdana kayuputih unggul dari kebun kayuputih yang dikelola oleh BBPPBPTH bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Inovasi Tani Makmur 95 dan 93, juga  akan ditandai dengan penyerahan produksi minyak kayuputih secara simbolis kepada CEO PT Eagle Indo Pharma yang disaksikan oleh Kepala Balai Besar Litbang BPTH, dan Direktur Inovasi Industri Kemenristek-BRIN. Dukungan inovasi hasil riset tanaman kayuputih dan terjalinnya kemitraan usaha industri yang saling menguntungkan, diharapkan akan mampu memdorong terwujudnya Indonesia swasembada minyak kayuputih yang berdampak pada peningkatan perekomomian bangsa dan kesejahteraan masyarakat. [AN]

 

Dokumentasi : MNA, DS dan RH.

 

Kontak isi pers release:  Dr. Anto Rimbawanto (email: rimba@indo.net.id; WA :0813 2880 1444)

 

 Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram        : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal        : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index