INDONESIA, LEWAT KLHK MENINGKATKAN KAPASITAS SDM NEGARA FIJI DAN TIMOR LESTE

ADMIN | Senin , 25-Nov-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 26/11/2019)_Sebagai pelaksanaan program internasional Kementerian LHK dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan menyelenggarakan program magang bagi pegawai Kehutanan Fiji dan Timor Leste di Indonesia tentang bioteknologi hutan dan teknik pengendalian longsor 25 November - 1 Desember 2019 di Yogyakarta dan Solo.

Acara yang bertajuk Internship Programme on Forest Biotechnology and Landslide Mitigation dibuka oleh Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri, Dr. Teguh Rahardja bersama Dr. Arif Nirsatmanto di Balai Besar Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Litbang BPTH) Yogyakarta (25/11).

“Enam peserta magang tersebut, terdiri atas tiga orang pegawai Kementerian Kehutanan Republik Fiji, dan tiga orang pegawai Kementerian Pertanian dan Kelautan Republik Timor Leste,” ungkap Teguh.

Dalam pembukaannya, Dr. Teguh Rahardja menyebut bahwa program ini untuk mengimplementasikan perjanjian kerja sama bilateral dalam bidang kehutanan antara Indonesia dengan Fiji dan Timor Leste. Adapun perjanjian kerja sama KLHK dengan Kementerian Kehutanan Fiji telah ditandatangani di Yogyakarta dalam acara Second Asia Pasific Regional Summit pada tahun 2018, sedangkan dengan Timor Leste sejak tahun 2016.

Kerjasama bidang kehutanan ini akan membuat Indonesia lebih banyak membagi pengelolaan hutan lestari serta pemanfaatan hasil hutan termasuk pemanfaatan teknologi kayu dan non kayu, perdagangan kayu legal, pengembangan energi biomassa serta penelitian dan pengembangan bidang kehutanan. Seperti disampaikan sebelumnya oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, bahwa implementasi dari MoU tersebut antara lain adalah upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

Dr. Arif Nirsatmanto mewakili Balai Besar Litbang BPTH menyampaikan kebanggaannya dimana KLHK telah memilih Balai Besar Litbang BPTH sebagai tuan rumah program magang tahun 2019. Balai ini memiliki 41 peneliti termasuk 1 profesor riset dan 5 Peneliti Ahli Utama yang mempunyai berbagai hasil penelitian dan pengembangan yang membanggakan dan sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak.

Harapannya Indonesia lewat KLHK, dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia global khususnya negara Fiji dan Timor Leste.

“Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Balai Besar Litbang BPTH dalam program magang tahun ini diantaranya kegiatan terkait kayuputih, kultur jaringan, konservasi genetik, hama penyakit, bioenergi nyamplung dan lain lain,” kata Arif.

Setelah hari pertama berkunjung ke laboratorium hama penyakit dan genetika molekuler di kantor Balai Besar Litbang BPTH, keenam peserta magang pada hari kedua (26/11) melakukan kunjungan lapangan ke plot konservasi genetik nyawai (Ficus variegata Blume) di RPH Mangunan Yogyakarta dengan narasumber sekaligus peneliti Liliek Haryjanto, S.Hut.,M.Sc. dan Prastyono, S.Hut.,M.Sc.

Nyawai yang merupakan spesies yang jarang diketahui, menurut Director of Silviculture Research Kementerian Kehutanan Fiji, Mr. Jale Tauraga, banyak terdapat negara Fiji. “Nyawai disana banyak sekali tapi belum dimanfaatkan, saya ingin mulai meneliti dan mengeksplore jenis tersebut”, ungkap salah satu peserta magang asal Fiji tersebut.

“Nyawai yang ditanam di plot penelitian ini ditanam pada tahun 2012 merupakan jenis baru yang dipromosikan untuk menggantikan fast growing species seperti sengon,” imbuh Liliek.

Dalam perkembangannya, sengon mempunyai beberapa masalah diantaranya karat tumor. Untuk itu dipilih nyawai yang merupakan fast growning species dengan berbagai potensi mulai dari kayunya sebagai bahan furniture maupun hasil hutan bukan kayu lainnya. Kulit, buah, getah nyawai berpotensi sebagai obat, serta pohon ini dapat dijadikan sebagai penahan longsor karena perakarannya yang banyak.***(RH)

 

  

Dokumentasi : MNA, NS dan RH.

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index