MENINDAKLANJUTI ARAHAN MENTERI, BIRO HUMAS KLHK ADAKAN BIMTEK KONTEN AUDIO VISUAL HUMAS PEMERINTAH

ADMIN | Jumat , 22-Nov-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 22/11/2019)_Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada rapat teknis operasional percepatan implementasi program-program Hints Kementerian LHK beberapa waktu lalu, menyampaikan bahwa di era digital semua orang harus bisa menjadi pembawa berita dan juga mempuat berita.

“Kegiatan bimtek Konten Audio Visual Humas Pemerintah ini kita laksanakan untuk menindaklanjuti arahan Menteri LHK itu,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi, Biro Humas KLHK, Budhi Chandra, S.H, saat memberikan sambutan, Kamis (21/11/2019). Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 21-22 November 2019, di Balai Besar Litbang BPTH.

Salah satu alasan Babes Litbang BPTH dipilih sebagai tempat penyelenggaraan bimtek ini karena banyak produk hasil penelitian yang telah dicapai. “Selain itu rekan-rekan UPT di Yogyakarta seperti Taman Nasional Gunung Merapi juga banyak hal-hal yang bisa digali dari masing-masing unit kerjanya,” ujar Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan pihaknya pernah berdiskusi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bahwa KLHK ini salah satu lumbung informasi, terutama di Taman Nasional (TN) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). “Hal ini menjadi lumbung wisata alam terbesar, potensi informasi ini bisa digali lagi lebih dalam oleh teman-teman dari TN maupun BKSDA,” tambah Budi.

Sebagai contoh selama ini masih banyak orang tidak banyak mengetahui apa saja tugas Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH), sementara teman-teman dari KLHK mungkin tahunya membuat peta, begitu pula UPT lain seperti Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) bisa menjadi sumber berita untuk bidang terkait.

Sementara itu Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP menyambut dengan antusias diselenggarakannya kegiatan ini. “Saya merasa ini sangat penting, karena kerja keras kita yang selama ini kita lakukan tetapi kalau tidak kita sampaikan maka orang lain tidak tahu kerja kita, sehingga peran dan manfaat dari institusi kita dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas,” ujar Nur Sumedi sesaat sebelum membuka bimtek.

Menurut Nur Sumedi, di era seperti sekarang ini ketika gambar atau video bisa disebarkan dengan cepat, kita dituntut untuk dapat mengolah dan membuatnya menjadi menarik. “Tentu saja apa yang kita sebarkan ini masih dalam koridor-koridor karena kita berada di KLHK,” tegas Nur Sumedi.

Nur Sumedi juga mempersilahkan kepada penyelenggara dan peserta untuk memanfaatkan beberapa fasilitas yang ada. “Kami ada arboretum dan persemaian yang mempunyai koleksi tanaman khas DIY, kayuputih, merbau, nyamplung, ada juga laboratorium kultur jaringan dan lain-lain, silahkan untuk diexplore semoga bisa membantu terlaksananya acara ini,” ujarnya.

Materi Asistensi Analisis Pemberitaan disampaikan oleh Kepala Bagian dan Pemberitaan dan Publikasi, Budhi Chandra, S.H, sedangkan materi  Bimbingan Teknis Konten Audio Visual Humas oleh Wisaksono Adhi, S.PT. Project Manager Inahealth TV. Pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan praktek membuat berita, editing & features.

Bimtek diikuti oleh 41 peserta yang berasal dari beberapa UPT KLHK di wilayah DIY dan UPT lain seperti Balitek DAS Solo, TN Gunung Merbabu, TN Karimun Jawa dan TN Bromo Tengger Semeru. Keluar Sebagai peserta terbaik adalah tim Maman Sulaeman dari Balai Besar Litbang BPTH dan Nugroho Dri.***(MNA)

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index